GLADIATOR, ACROBAT AND ELESTRA BOOST

     Hari ini saya mau istirahat dulu dari Post Skill Build, soalnya Update terbaru lumayan menggiurkan untuk dibahas. Pada tanggal 9 desember 2015 lalu ada Update Skill Boost terbaru di DN Korea. Job yang di Boost kali ini adalah Gladiator, Acrobat (Tempest + Windwalker) dan Elestra (Cyromancer). Padahal minggu lalu saya baru Curhat masalah acrobat di Windwalker Skill Build, eh 4 hari kemudian Developer update Acrobat Boost (wah curhatan saya dibaca Developer "Geer mode"). Boost Acrobat lebih kepeningkatan Board Damage Skill di Acrobat Skill Treenya saja.
     Gladiator dan Elestra (Cyromancer) mendapatkan Boost yang agak berbeda dengan Acrobat. Mereka mendapatkan Boost untuk Mekanisme Skill EX dan Class Mastery I.  Boost untuk Gladiator ini bisa menjadi ancaman untuk Barbarian atau Moonlord (Lunar Knight). Seandainya Boost ini bisa cepat sampai DN INA dan SEA, bisa-bisa harga Change Job akan naik di TH. Sedangkan untuk Elestra saya agak kurang yakin kalau DPSnya setelah Boost akan bisa menyaingi Saleana (Pyromancer) dan Smasher. 
    Tidak hanya Acrobat, Gladiator dan Elestra yang mendapatkan Boost, tetapi Priest dan Machina juga. Priest hanya mendapatkan perbaikan error damage dari Skill Grand Cross, sedangkan Machina banyak Skill yang di Boost. Berhubung saya belum punya char Machina dan sedang tidak sempat leveling Machina di DN INA, jadi saya tidak bisa menganalisis Machina-nya (termasuk membuat Skill Buildnya :P). Saya juga sedang malas mengedit Analisis Swordmaster, Elemental Lord dan Acrobat sebelumnya. Lebih baik saya langsung beri hasilnya saja disini, supaya kalian tidak pusing lihat banyak angka bergentayangan di layar. hehehe



Sword Master
Triple Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Deep Straight (Front Shove): cooldown menjadi 13 detik (PVP)

Provoking Slam (Luring Slash): serangan meningkat (PVE)
Lv1: 148% > 433%
Lv9: 217% > 920%

Eclipse: Setiap peningkatan level maka cooldown akan berkurang 1 detik (PVE)

Line Drive: serangan meningkat
Lv1: 1198% > 1748%
Lv6: 1621% > 2381%
Lv11: 2042% > 3013%
Lv13: 2139% > 3159%


Gladiator
Evasion Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Class Mastery I:
- Bubble STR dari 10 menjadi 20 (PVE/PVP)
- Durasi Buff dari 5 detik menjadi 60 detik (PVE/PVP)
- 1 Bubble dari 0.6% STR menjadi 0.4% STR (Berarti dari Max 60% menjadi 80% STR)
- Ketika Bubble mencapai 20 maka cooldown dari Skill Gladiator** berkurang 50%
(**Triple Slash, Deep Straight (Front Shove), Hacking Stance, Line Drive dan Evasion Slash)
- Cooldown Bubble STR dari 0.5 detik menjadi 0.3 detik (PVE) dan 2 detik (PVP)

Line Drive EX:
- Damage untuk setiap Wind Blade meningkat dari 5% menjadi 10% (PVE/PVP)
- Menekan tombol mundur + Cast Skill akan membuat jarak serangan berkurang dan klik kanan setelah Cast akan otomatis melakukan Dash Kick (PVE/PVP)
(Mekanisme terbaru ini sangat membantu untuk cast Line Drive EX + Line Drive INS)

Finish Attack EX:
- Pada Versi EX, cooldownya berubah menjadi 5 detik dan hanya bisa di Cast dengan mengorbankan Bubble STR sebanyak 15. (PVE/PVP)

Evasion Slash:
- Efek tambahan: Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE)

Analisis Potensi DPS
Sebelumnya terima kasih yang udah koreksi tentang Boost Gladiator ini ya. Berdasarkan Video yang salah lihat tentang Boost Gladiator terbaru maka kemungkinan kalian bisa menggunakan 2 Gameplay. Pertama tetap bertahan di 20 Bubble untuk mendapatkan pengurangan cooldown skill 50% atau Spam Finish Attack setiap 5 detik. Spam Finish Attack itu memerlukan beberapa syarat yang tidak mudah, yaitu:

Gladiator harus melakukan 1 Hit setiap 0.3 detik (cooldown Bubble STR)
Dengan melakukan 1 Hit/0.3 detik maka gladiator bisa melakukan Cast Finish Attack setiap 5 detik sekali. Memang agak tidak mungkin kalau kita perhitungkan Casting Time untuk Skill, tapi saya tetap menghitung Potensi DPS terbesarnya. Soalnya pada perhitungan kolom Cap 80 dan 90 juga menggunakan Potensi DPS maksimal. 

Jika konsisten, maka cooldown skill menjadi:
- Triple Slash: 5 detik
- Deep Straight (Front Shove): 6.5 detik
- Hacking Stance: 24 detik
- Line Drive: 26 detik
- Evasion Slash:  5 detik

Efek tambahan Evasion Slash
Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE). Dengan asumsi cooldown Evasion Slash = 5 detik, maka Triple Slash atau Deep Straight bisa digunakan setiap 5 detik sekali. Kita tidak mungkin menggunakan Triple Slash dan Deep Straight bersamaan kan? jadi saya tambahankan sedikit pengaruh casting timenya, sehingga cooldown Triple Slash tetap 5 detik dan Deep Straight menjadi 6.5 detik (+1.5 detik Casting Time Triple Slash).

Kesimpulan
Berdasarkan Analisis di atas saya lebih memilih untuk menggunakan Gameplay 20 Bubble pada Gladiator Boost nanti. Hal tersebut dikarenakan cooldown skillnya akan tetap konsisten di pengurangan 50%. Jika kalian Spam Finish Attack, cooldown skill akan berjalan seperti biasa (tanpa pengurangan 50%), karena Finish Attack akan mengonsumsi 15 Bubble kalian setiap 5 detik. Saran saya sih gunakan Gameplay campur-campur, misalnya hanya menggunakan Spam FA ketika HP Boss di bawah 20%.

Acrobat
Spiral Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 240% > 414%
Lv6: 343% > 647%
Lv11: 446% > 879%
Lv16: 550% > 1112%
Lv19: 581% > 1182%

Blooming Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 489% > 1151%
Lv6: 804% > 2000%
Lv11: 1118% > 2635%

Cyclone Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1140% > 1972%
Lv6: 1521% > 2658%
Lv11: 1902% > 3344%
Lv13: 1984% > 3491%

Kick Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 478% > 894%
Lv6: 623% > 1198%
Lv11: 768% > 1502%
Lv16: 912% > 1806%
Lv19: 948% > 1881%

Binding Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 370% > 626%
Lv6: 503% > 885%
Lv11: 636% > 1144%
Lv16: 769% > 1404%
Lv17: 780% > 1425%

Double Somersault Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 514% > 907%
Lv6: 743% > 1353%
Lv11: 971% > 1799%
Lv 15+1: 1200% > 2204%

Spiral Vortex: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 932% > 2221%
Lv6: 1290 > 3135%
Lv11: 1648% > 4048%
Lv13: 1731% > 4258%

Eagle Dive: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 450% > 791%
Lv6: 645% > 948%
Lv11: 645% > 1178%
Lv16: 743% > 1371%
Lv18: 760% > 1403%


Tempest
Hurricane Dance: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 705% > 1462%
Lv6: 868% > 1828%
Lv11: 1031% > 2194%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Tempest meningkat sebesar 61%


Windwalker
Rising Strom: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1137% > 2424%
Lv6: 1421% > 3072%
Lv11: 1705% > 3711%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Windwalker meningkat sebesar 54%


Elemental Lord
Blizzard Storm: tidak dapat dihit ketika cast Skill


Elestra
Ice Sphere: cooldown menjadi 25 detik (PVP)

Ice Barier:
- Efek Freeze (beku) dihilangkan (PVE/PVP)
- Durasi menjadi 60 detik dan cooldown menjadi 120 detik (PVE/PVP)
- Durability Shield 195% MATK

Class Mastery I: Setiap serangan Ice yang berhasil mengenai musuh maka cooldown Ice Barier akan berkurang 1 detik (PVE/PVP). Ice Attack meningkat 20%.

Ice Barrier EX
- Tidak bisa memcahkan Barrier secara manual
- Selama durasi Ice Barrier, cooldown dari Elestra Skill** menjadi lebih cepat 30%
(**Freezing Sword (Icy Shard), Freezing Field, Ice Stab (Frozen Spike), Chilling Mist, Blizzard dan Ice Sphere)
- Ice Attack Buff hanya berpengaruh ketika durasi Ice Barrier
- Buff Ice Attack +30%
Analisis Potensi DPS
Note:
- Asumsikan Ice Barrier EX tidak pernah pecah dan Elestra berhasil melakukan minimal 60x Hit serangan Ice selama 60 detik, sehingga Buff Ice Barrier menjadi permanen.


Priest
Grand Cross: perubahan damage karena adanya Bug Fix (PVE/PVP)
Lv1: 471% > 361%
Lv6: 568% > 428%
Lv11: 663% > 494%
Lv16: 758% > 561%

Koefisien:
Sebelum: 5 Hit = 1x Board Damage
Sesudah: 1x Hit = 1x Board Damage

Analisis Potensi DPS
Ada dua job yang terpengaruh dengan Boost Grand Cross di atas yaitu Saint dan Inquisitor. Inquisitor mendapatkan keuntungan paling besar dengan Boost itu, karena damage Grand Cross ketika Consecration. Oleh karena itu, saya gunakan Potensi DPS Inquisitor saja.

Potensi DPS Inquisitor meningkat sebesar 68%

Sekalian nitip pesan deh buat Inquisitor yang tidak suka menaikan Grand Cross Max. Tuh Potensi DPSnya segede gitu, masa kalian masih tetap menaikan Grand Cross level 1. Hmm~



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

44 comments:

  1. bang, bisa request skill build buat ruina? makasih :D

    ReplyDelete
  2. Mantaf boostnya Gladiator jadi serasa gak rugi yah pindah ke Gladiator

    ReplyDelete
  3. Kira - Kira kapan ya di-update di DN INA?

    ReplyDelete
  4. Hmm....Berarti sekarang potensi DPS-nya Inqui lebih tinggi dari Saint, kan?

    *Nunggu update patch boost untuk Engineer... @.@

    ReplyDelete
  5. mantap Gladiator berjaya nanti!! untung ane ga jadi change job waktu itu :D btw tq mas infonya

    ReplyDelete
  6. Bang di DN INA udh kluar char baru Maquina,, tlng donk skill build'a hehehe

    ReplyDelete
  7. gendut is back bicheeeeeeeeeeessssssssss

    ReplyDelete
  8. Kalo dilihat dr beberapa boost, ada beberapa job dps yg diarahkan menjadi burst dps agar bisa mereset cooldown skill kuncinya seperti gladi, dancer, crusaderdan elestra

    ReplyDelete
  9. ye acrobat di boost lagi, gini dong naekin damage skill.a ga kagok kaya kemarin. kaya.a januari ato februari baru nyampe di INA

    ReplyDelete
  10. mas minta minta skill build Spirit Dancer lvl 90 dong makasih

    ReplyDelete
  11. min, minta skill buildnya Defena

    ReplyDelete
  12. Gan ad saran ga gan yg cocok bwt pve/nest di cap 90 ww atau tempest?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah Boostkan maksudnya? Soalnya kalau blum d boost agak susah di ajak nest ini Job acro..

      Saya sih lebih suka Windwalker sih..

      Delete
  13. Untung Gw Punya LK dan GL dalam 1 ID jadi gak masalah tinggal oper2 equip aja, mana yang lagi ngetrend itu yang dipake hahahaah...
    *maniac char warrior

    ReplyDelete
  14. kpn boost ini smpe di dn ina ka ?

    ReplyDelete
  15. Permisi bang, kayanya untuk mekanisme class mastery 1 Gladiator bang ramdan salah mengira ya? pengurangan main skill gl kalau sudah 20 stack itu persis seperti mode Dark Avenger. Jadi contohnya, cool down triple slash ketika dipakai saat 20 stack hanya 6,5 detik seperti gravenya DA mode, mohon dicek ulang bang. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah salah analisa ya..
      Nanti saya cari video Gladiator Boost terbarunya, soalnya awal2 dulu blum ada yang buat..

      Delete
    2. https://www.youtube.com/watch?v=5rpzQ0db54c
      https://www.youtube.com/watch?v=UG1sc2XCoRw

      Delete
    3. Oh ya makasih videonya..
      Duh itu pasti makin susah di hitung ya..
      Soalnya harus milih stack Buff di 20 atau Spam FA.

      Delete
    4. Nanti coba saya koreksi lagi ya..

      Delete
  16. bukan nya cd evasion slash itu 6 dtk? jadi kalau di stack 20 kurang 50% cd = 3 dtk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 detik tu evasion slash level 9 gan, dan itu harus pake skill acc/ heraldry, jadi normalnya 6,5 detik (level 8)

      Delete
    2. iya CDnya sekitar itu..
      CD yg ditulis di atas kan, khusus untuk gameplay Finish Attack

      Delete
  17. yaudah tetap aja 6,5 dtk dikurang 50% jadi 3,25 dtk

    ReplyDelete
  18. kalau gitu bikinkan gameplay tetap bertahan di 20 bubble dong gan :D

    ReplyDelete
  19. Kalo memang Skill FA membutuhkan 15 bubble dari 20 bubble, ini skill jadi kayak buah simalakama aja ya..(Dipake bubble berkurang dan CD jadi normal, gak dipake juga gak asik, ga seru, ga greget (kalo pun di pake itu juga pas HP boss tinggal dikit). Padahal yang saya suka dari job Gladiator itu skill FA'nya loh. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mangkanya jd ada 2 gameplauy pilihan.
      Saya juga aneh kalau main Gladiator tp gak pake FA..

      Delete
  20. mau tanya bang. dan mhon di jawab. hehehe.
    GL stelah boost bkl nyaingi job job WR lain'a ato msi tetep?
    ato gni. stelah boost bkl nyaingin LK ato imbang. ato msi tetep di bawah'a?
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya gak pernah menghitung sejauh itu sih..
      cmn kalau dilihat2, boost GL nanti bisa lah di atas Barbarian/LK :P

      Delete
  21. mas lebih milih ML apa GL ? secara mekanisme DPS ama Damage nih :D

    ReplyDelete