ELEMENTAL LORD CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)

     Hujan-hujan gini enaknnya bahas yang panas-dingin. Saya akan kembali membahas tentang Analisis Elemental Lord Class. Elemental Lord terdiri dari dua job yaitu Elestra (Cyromancer) dan Saleana (Pyromancer). Seharusnya Postingan ini selesai kemarin, cuman karena dah pusing liat angka jadi ditunda hari ini.  Saya perhatikan hasil Vote skill build selalu berubah-ubah dan ketat. Saya jadi ingin cepat-cepat menyelesaikan Posting Analisis supaya bisa lebih fokus membuat Skill Build. Apalagi seminggu ke depan akan banyak waktu kosong, karena DN SEA belum Update Cap 90.
     Diantara Elestra dan Saleana, saya lebih sering menggunakan Elestra untuk Raid/Nest biasa. Gara-gara keseringan pakai Sorceress jadi dapat julukan Tante. Kemampuan Ice Stacking yang membuat saya betah pakai Elestra, karena kerjaan saya hanya merotasi skill Freeze saja alias gabut. Pada Cap 80, Elestra hanya membutuhkan HP dan Defence yang besar dan tidak perlu menempa Senjata sampai +10-13-an (Hemat mode). Ketika Patch Note 90 keluar saya Spechless karena skill yang biasa saya pakai untuk Solo Daily/Nest dihapus yaitu Frozen Burst, selain itu Shield ada durasi dan cooldown. Yang paling buruk adalah hilangnya kemampuan Ice Stacking, ice resist debuff dan pengurangan damage dari Freeze Status. Saya tidak membayangkan bagaimana perasaan Elestra saat ini.
     Perubahan di Elestra membuat saya mulai melirik Char Saleana saya yang ada di daftar koleksi Char. Harap maklum ya, terakhir saya memfokuskan Equip untuk Saleana adalah ketika Cap 50, selanjutnya saya jatuh cinta dengan Elestra sampai hari ini (Sebelum DN SEA Patch 90). Melihat Patch Note untuk Saleana, saya melihat ada harapan baru dengan Boost Skill dan Buffnya. Dan lagi-lagi Developer membuat kesal karena dua Skill Pasif utama Saleana di Nerf beberapa bulan setelah Update Cap 90 DN Korea (kayanya DN INA sudah yang versi Nerf). Intinya kedua Job ini membuat saya pesanaran bagaimana nasibnya di Cap 90 ini.



Skill Buff dan Debuff

Hellfire
Cap 80: Meningkatkan 20% + 5000 Kritikal dan +50% damage untuk musuh yang kena Burn.
Cap 90: Meningkatkan 20% + 5000 Kritikal dan +30% damage untuk musuh yang kena Burn.

Ice/Fire Shield
Cap 90: Mengurangi serangan 30% dan +10000 Superarmor selama 20 detik. Cooldown 30 detik
(Berarti pada Cap 90, Elemental Lord Class tidak bisa menggunakan Shield terus menerus)

Frozen Burst
Cap 80: Meningkatkan 30% Ice Attack
Cap 90: Buff dihapus

Glacial Spike + Glacial Wave + Blizzard
Cap 90: Freeze Status dihilangkan (tidak dapat membekukan musuh)

Freezing Field EX (Elestra)
Cap 90: Freeze Status dihilangkan

Frost Wind + Icy Shard + Frozen Spike + Chilling Mist
Cap 80: -10% Ice Resist dan Slow
Cap 90: Slow

Phoenix Storm
Cap 80: -30% Fire Resist 
Cap 90: -20% Elemental Resist

Inferno EX (Saleana)
Cap 80: -20% Fire Resist
Cap 90: -20% Kritikal Resist

Burning Hand (Saleana)
Efeknya masih sama dengan Cap 80.
(cap 90 awal Burning Hand +140% damage kemudian dikurangi menjadi 100%)

Freeze Status
Cap 80: +30% Damage 
Cap 90: +20% Damage
(Butuh Konfirmasi dari pengguna EL di DN INA)

Perhitungan Damage


    Skill Pasif Level 65 untuk Elestra dan Saleana sama-sama menambahkan 20% Element Attack. Jadi saya bisa menggunakan Gear yang sama untuk keduanya.
- MATK: 43887
- Element: 61%

Saleana/Pyromancer
MATK: 43887
Fire Attack: 61%

Elestra/Saleana
MATK: 43887
Ice Attack: 61%

Cap 80
Ice Attack: 61%

Ice Barier + Frozen Burst
Ice Barier: +30% Ice Attack
Frozen Burst: +30% Ice Attack 
Kenapa saya pakai Frozen Burst? karena Potensi DPS Elestra di Cap 80 lebih besar ketika Frozen Burst dan analisis ini untuk membandingkan Potensi DPS tertinggi di Cap 80 dengan 90.

Ice Attack:  61 + 30 + 30 = 121%

Cap 90
Ice Attack: 61%

Ice Barier
Buff: +30%

Ice Attack: 61 + 30 = 91%

Analisis Skill

Saleana

Fireball EX
Board Damage
Cap 80: 618% + 42080
Cap 90: 1571%
Perhitungan
Cap 80: 6.18 x 43887 + 42080 = 313302
Cap 90: 15.71 x 43887 = 689465
Full Buff + Debuff
Cap 80: 313302 x 1.61 x 1.83 x 2.4 x 1.5 = 3323090
Cap 90: 689465 x 1.61 x 1.4 x 2.4 x 1.3 = 4848647

Jadi Pada Cap 90 Damage Fireball EX meningkat 46%

Inferno EX
Board Damage
Cap 80: 519% + 35225
Cap 90: 1830%
Perhitungan
Cap 80: 5.19 x 43887 + 35225 = 262999
Cap 90: 18.3 x 43887 = 803132
Full Buff + Debuff
Cap 80: 262999 x 1.61 x 1.83 x 1.4 x 1.5 = 1627232
Cap 90: 803132 x 1.61 x 1.4 x 1.4 x 1.3 = 3294673

Jadi Pada Cap 90 Damage Inferno EX meningkat 102%

Fire Wall EX
Board Damage
Cap 80: 444% + 46125
Cap 90: 1425%
Perhitungan
Cap 80: 4.44 x 43887 + 46125 = 240983
Cap 90: 14.25 x 43887 = 625390
Full Buff + Debuff
Cap 80: 240983 x 1.61 x 1.83 x 1.6 x 1.5 = 1704022 
Cap 90: 625390 x 1.61 x 1.4 x 1.6 x 1.3 = 2932027

Jadi Pada Cap 90 Damage Fire Wall EX meningkat 72%

Flame Road EX
Board Damage
Cap 80: 562% + 24588
Cap 90: 973%
Perhitungan
Cap 80: 5.62 x 43887 + 24588= 271233
Cap 90: 9.73 x 43887 = 427021
Full Buff + Debuff
Cap 80: 271233 x 1.61 x 1.83 x 7.8 x 1.5 = 9349863
Cap 90: 427021 x 1.61 x 1.4 x 7.8 x 1.3 = 9759793

Jadi Pada Cap 90 Damage Flame Road EX meningkat 4%

Phoenix Storm
Board Damage
Cap 80: 195% + 4922
Cap 90: 168%
Perhitungan
Cap 80: 1.95 x 43887 + 4922 = 90502
Cap 90: 1.68 x 43887 = 73730
Full Buff + Debuff
Cap 80: 90502 x 1.61 x 1.83 x 3 x 1.5 = 1199903
Cap 90: 73730 x 1.61 x 1.4 x 3 x 1.3 = 648132

Jadi Pada Cap 90 Damage Phoenix Storm berkurang 46%

Ignite
Board Damage
Cap 80: 685% + 13670
Cap 90: 652%
Perhitungan
Cap 80: 6.85 x 43887 + 13670 = 314296
Cap 90: 6.52 x 43887 = 286143
Full Buff + Debuff
Cap 80: 314296 x 1.61 x 1.83 x 1.5 = 1389015
Cap 90: 286143 x 1.61 x 1.4 x 1.3 = 838457

Jadi Pada Cap 90 Damage Ignite berkurang 40%

Fiery Vortex
Board Damage
Cap 80: 2274% + 63617
Cap 90: 4636%
Perhitungan
Cap 80: 22.74 x 43887 + 63617 = 1061607
Cap 90: 46.36 x 43887 = 2034601
Full Buff + Debuff
Cap 80: 1061607 x 1.61 x 1.83 x 1.5 = 4691721
Cap 90: 2034601 x 1.61 x 1.4 x 1.3 = 5961789

Jadi Pada Cap 90 Damage Fiery Vortex meningkat 27%

Rolling Lava
Board Damage
Cap 80: 2400% + 93603
Cap 90: 3840%
Perhitungan
Cap 80: 24 x 43887 + 93630 = 1146891
Cap 90: 38.4 x 43887 = 1685261
Full Buff + Debuff
Cap 80: 1146891 x 1.61 x 1.83 x 2.1 x 1.5 = 1064418
Cap 90: 1685261 x 1.61 x 1.4 x 2.1 x 1.3 = 10370118

Jadi Pada Cap 90 Damage Rolling Lava EX berkurang 3%


Perbandingan DPS Cap 80 vs 90

Note:

- DPS Cap 90 sudah termasuk Debuff Inferno EX (critical resist -20%)
- Burning Hand tidak diperhitungkan, karena efeknya masih sama dengan Cap 80 

Berdasarkan Data di atas, DPS Saleana di Cap 90 dapat meningkat 21%


Elestra

Frozen Burst Cap 80 vs No Frozen Burst 90

Glacial Spike 
Board Damage
Cap 80: 765% + 65566
Cap 90: 217%
Perhitungan
Cap 80: 7.65 x 43887 + 65566 = 401302
Cap 90: 2.17 x 43887 = 95235
Full Buff + Debuff
Cap 80: 401302 x 2.21 x 1.6 = 1419002
Cap 90: 95235 x 1.91 x 1.4 = 254658

Jadi Pada Cap 90 Damage Glacial Spike berkurang 82%

Frost Wind 
Board Damage
Cap 80: 157% + 7351
Cap 90: 267%
Perhitungan
Cap 80: 1.57 x 43887 + 7351 = 76254
Cap 90: 2.67 x 43887 = 117178
Full Buff + Debuff
Cap 80: 76254 x 2.21 x 1.6 = 269633
Cap 90: 117178 x 1.91 x 1.4 = 313335

Jadi Pada Cap 90 Damage Frost Wind meningkat 16%

Glacial Wave
Board Damage
Cap 80: 1685% + 54512
Cap 90: 332%
Perhitungan
Cap 80: 16.85 x 43887 + 54512 = 794008
Cap 90: 3.32 x 43887 = 145705
Full Buff + Debuff
Cap 80: 794008 x 2.21 x 1.6 = 2807612
Cap 90: 145705 x 1.91 x 1.4 = 389615
Cooldown
Cap 80: 24 detik
Cap 90: 12 detik
DPS
Cap 80: 2807612/24 = 116984
Cap 90: 389615/12 = 32468

Jadi Pada Cap 90 Damage Glacial Wave berkurang 72%

Shatter
Board Damage
Cap 80: 571% + 13670
Cap 90: 796%
Perhitungan
Cap 80: 5.71 x 43887 + 13670 = 264265
Cap 90: 7.96 x 43887 = 349341
Full Buff + Debuff
Cap 80: 264265 x 2.21 x 1.6 = 934440
Cap 90: 349341 x 1.91 x 1.4 = 934137

Jadi Pada Cap 90 Damage Shatter masih sama dengan Cap 80

Icy Shard (Freezing Sword) EX
Board Damage
Cap 80: 643% + 19885
Cap 90: 1350%
Perhitungan
Cap 80: 6.43 x 43887 + 19885 = 302078
Cap 90: 13.5 x 43887 = 592475
Full Buff + Debuff
Cap 80: 302078 x 2.21 x 1.6 x 1.3 = 1388594
Cap 90: 592575 x 1.91 x 1.4 x 1.3 = 2059560
Cooldown:
Cap 80: 13 detik
Cap 90: 9 detik
DPS:
Cap 80: 1388594/13 = 106815
Cap 90: 2059560/9 = 228840

Jadi Pada Cap 90 DPS Icy Shard EX meningkat 114%

Freezing Field EX
Board Damage
Cap 80: 498% + 15332
Cap 90: 18.13%
Perhitungan
Cap 80: 4.98 x 43887 + 15332 = 233889
Cap 90: 18.13 x 43887 = 795671
Full Buff + Debuff
Cap 80: 233889 x 2.21 x 1.6 x 1.3 = 1075142
Cap 90: 795671 x 1.91 x 1.4 x 1.3 = 2765913
Cooldown:
Cap 80: 25 detik
Cap 90: 15 detik
DPS:
Cap 80: 1075142/13 = 43006
Cap 90: 2765913/9 = 184394

Jadi Pada Cap 90 DPS Freezing Field EX meningkat 329%

Frozen Spike (Ice Stab) EX
Board Damage
Cap 80: 171% + 8072
Cap 90: 355%
Perhitungan
Cap 80: 1.71 x 43887 + 8072 = 83119
Cap 90: 3.55 x 43887 = 155799
Full Buff + Debuff
Cap 80: 83119 x 2.21 x 1.6 x 20 = 5878159
Cap 90: 155799 x 1.91 x 1.4 x 20 = 8332122

Jadi Pada Cap 90 Damage Frozen Spike EX meningkat 42%

Chilling Mist EX
Board Damage
Cap 80: 1285% + 49175
Cap 90: 2385%
Perhitungan
Cap 80: 12.85 x 43887 + 49175 = 613123
Cap 90: 23.85 x 43887 = 1046705
Full Buff + Debuff
Cap 80: 613123 x 2.21 x 1.6 x 2.3 = 4986406
Cap 90: 1046705 x 1.91 x 1.4 x 2.3 = 6437445
Cooldown:
Cap 80: 40 detik
Cap 90: 30 detik
DPS:
Cap 80: 4986406/40 = 124660
Cap 90: 6437445/30 = 214581

Jadi Pada Cap 90 DPS Chilling Mist EX meningkat 72%

Blizzard 
Board Damage
Cap 80: 2047% + 25447
Cap 90: 8169%
Perhitungan
Cap 80: 20.47 x 43887 + 25447 = 923814
Cap 90: 81.69 x 43887 = 3585129
Full Buff + Debuff
Cap 80: 923814 x 2.21 x 1.6 = 3266606
Cap 90: 3585129 x 1.91 x 1.4 = 9586635

Jadi Pada Cap 90 Damage Blizzard meningkat 193%

Ice Sphere EX
Board Damage
Cap 80: 141% + 3380
Cap 90: 37%
Perhitungan
Cap 80: 1.41 x 43887 + 3380 = 65261
Cap 90: 0.37 x 43887 = 16238
Full Buff + Debuff
Cap 80: 65261 x 2.21 x 1.6 x 56 = 12922657
Cap 90: 16238 x 1.91 x 1.4 x 56 = 2431572
Cooldown:
Cap 80: 34 detik
Cap 90: 25 detik
DPS:
Cap 80: 12922657/34 = 380078
Cap 90: 2431572/25 = 97263

Jadi Pada Cap 90 DPS Icy Sphere EX berkurang 74%

Perbandingan DPS Cap 80 vs 90

Note:
- Debuff Freeze = 30% (1 Layer)
- Ice Resist = 30%

Berdasarkan data di atas, DPS Elestra di Cap 90 dapat meningkat 4%


Cap 80 vs  90 (No Frozen Burst)

Glacial Spike 
Board Damage
Cap 80: 187% + 14010
Cap 90: 217%
Perhitungan
Cap 80: 1.87 x 43887 + 14010 = 96079
Cap 90: 2.17 x 43887 = 95235
Full Buff + Debuff
Cap 80: 401302 x 1.91 x 2 = 367021
Cap 90: 95235 x 1.91 x 1.4 = 254658

Jadi Pada Cap 90 Damage Glacial Spike berkurang 31%

Frost Wind 
Board Damage
Cap 80: 157% + 7351
Cap 90: 267%
Perhitungan
Cap 80: 1.57 x 43887 + 7351 = 76254
Cap 90: 2.67 x 43887 = 117178
Full Buff + Debuff
Cap 80: 76254 x 1.91 x 2 = 291289
Cap 90: 117178 x 1.91 x 1.4 = 313335

Jadi Pada Cap 90 Damage Frost Wind meningkat 8%

Glacial Wave
Board Damage
Cap 80: 347% + 12459
Cap 90: 332%
Perhitungan
Cap 80: 3.47 x 43887 + 12459 = 164747
Cap 90: 3.32 x 43887 = 145705
Full Buff + Debuff
Cap 80: 164747 x 1.91 x 2 = 629333
Cap 90: 145705 x 1.91 x 1.4 = 389615
Cooldown
Cap 80: 24 detik
Cap 90: 12 detik
DPS
Cap 80: 629333/24 = 26222
Cap 90: 389615/12 = 32468

Jadi Pada Cap 90 Damage Glacial Wave meningkat 24%

Shatter
Board Damage
Cap 80: 571% + 13670
Cap 90: 796%
Perhitungan
Cap 80: 5.71 x 43887 + 13670 = 264265
Cap 90: 7.96 x 43887 = 349341
Full Buff + Debuff
Cap 80: 264265 x 1.91 x 2 = 1009491
Cap 90: 349341 x 1.91 x 1.4 = 934137

Jadi Pada Cap 90 Damage Shatter berkurang 7%

Icy Shard (Freezing Sword) EX
Board Damage
Cap 80: 643% + 19885
Cap 90: 1350%
Perhitungan
Cap 80: 6.43 x 43887 + 19885 = 302078
Cap 90: 13.5 x 43887 = 592475
Full Buff + Debuff
Cap 80: 302078 x 1.91 x 2 x 1.3 = 1500121
Cap 90: 592575 x 1.91 x 1.4 x 1.3 = 2059560
Cooldown:
Cap 80: 13 detik
Cap 90: 9 detik
DPS:
Cap 80: 1500121/13 = 106815
Cap 90: 2059560/9 = 228840

Jadi Pada Cap 90 DPS Icy Shard EX meningkat 98%

Freezing Field EX
Board Damage
Cap 80: 498% + 15332
Cap 90: 18.13%
Perhitungan
Cap 80: 4.98 x 43887 + 15332 = 233889
Cap 90: 18.13 x 43887 = 795671
Full Buff + Debuff
Cap 80: 233889 x 1.91 x 2 x 1.3 = 1161494
Cap 90: 795671 x 1.91 x 1.4 x 1.3 = 2765913
Cooldown:
Cap 80: 25 detik
Cap 90: 15 detik
DPS:
Cap 80: 1161494/13 = 46460
Cap 90: 2765913/9 = 184394

Jadi Pada Cap 90 DPS Freezing Field EX meningkat 297%

Frozen Spike (Ice Stab) EX
Board Damage
Cap 80: 171% + 8072
Cap 90: 355%
Perhitungan
Cap 80: 1.71 x 43887 + 8072 = 83119
Cap 90: 3.55 x 43887 = 155799
Full Buff + Debuff
Cap 80: 83119 x 1.91 x 2 x 20 = 6350274
Cap 90: 155799 x 1.91 x 1.4 x 20 = 8332122

Jadi Pada Cap 90 Damage Frozen Spike EX meningkat 31%

Chilling Mist EX
Board Damage
Cap 80: 1285% + 49175
Cap 90: 2385%
Perhitungan
Cap 80: 12.85 x 43887 + 49175 = 613123
Cap 90: 23.85 x 43887 = 1046705
Full Buff + Debuff
Cap 80: 613123 x 1.91 x 2 x 2.3 = 5386898
Cap 90: 1046705 x 1.91 x 1.4 x 2.3 = 6437445
Cooldown:
Cap 80: 40 detik
Cap 90: 30 detik
DPS:
Cap 80: 5386898/40 = 134672
Cap 90: 6437445/30 = 214581

Jadi Pada Cap 90 DPS Chilling Mist EX meningkat 59%

Blizzard 
Board Damage
Cap 80: 2047% + 25447
Cap 90: 8169%
Perhitungan
Cap 80: 20.47 x 43887 + 25447 = 923814
Cap 90: 81.69 x 43887 = 3585129
Full Buff + Debuff
Cap 80: 923814 x 1.91 x 2 = 3528969
Cap 90: 3585129 x 1.91 x 1.4 = 9586635

Jadi Pada Cap 90 Damage Blizzard meningkat 172%

Ice Sphere EX
Board Damage
Cap 80: 141% + 3380
Cap 90: 37%
Perhitungan
Cap 80: 1.41 x 43887 + 3380 = 65261
Cap 90: 0.37 x 43887 = 16238
Full Buff + Debuff
Cap 80: 65261 x 1.91 x 2 x 56 = 3493410
Cap 90: 16238 x 1.91 x 1.4 x 56 = 2431572
Cooldown:
Cap 80: 34 detik
Cap 90: 25 detik
DPS:
Cap 80: 2493410/34 = 102747
Cap 90: 2431572/25 = 97263

Jadi Pada Cap 90 DPS Icy Sphere EX berkurang 5%

Perbandingan DPS Cap 80 vs 90
Note:
- Debuff Freeze = 90% (3 Layer)
- Ice Resist = 10%

Berdasarkan data di atas, DPS Elestra di Cap 90 dapat meningkat 47%


Kesimpulan
     Saelana mendapatkan Boost yang lumayan juga yaitu sekitar 21%. Memang pada Cap 90 Saleana kehilangan Debuff 33% Fire Resist dan 20% Addtional Damage (Hellfire), tetapi DPSnya masih bertahan diangka positif. Bayangkan saja jika Debuff Saleana tidak dikurangi/diganti, Saleana bisa saja  menjadi saingan berat untuk para DPS Mainstream, walaupun saya merasa Saleana tetap menjadi Kuda Hitam dijajaran DPS. Hilangnya Freeze status di Sorceress dan Elemental Lord Skill Tree membuat harapan baru untuk Saleana, karena gara-gara tidak bisa Ice Stacking Saleana sering dikick dari Party (Based on true Story). 
    Kalian mungkin bertanya, kenapa saya melakukan 2x Analisis untuk Elestra. Alasannya adalah pada Cap 80 Elestra masih memiliki Frozen Burst, sehingga DPSnya akan beda ketika Frozen Burst Mode atau tidak. Frozen Burst biasanya saya gunakan untuk Solo Dungeon/Nest saja, sedangkan Party Nest/Raid pasti menggunakan Ice Shield karena sangat membutuhkan Ice Stack. Dihapusnya Frozen Burst membuat DPS Elestra untuk Solo Dungeon turun drastis di awal Patch 90 dulu. Beruntungnya pihak Developer sadar dan melakukan Elestra Boost sebulan kemudian, Boostnya sedikit berbeda dengan yang lain, bukan Damagenya yang ditingkatkan namun Cooldown Skill Elestra Line yang dikurangi. Hasilnya Boostnya berhasil mendongkrak Potensi DPSnya naik sebesar 4% (kecil sih tapi lebih baik daripada minus). 
    Setelah kehilangan Frozen Burst dan Ice Stacking, beberapa orang sempat bertanya bagaimana nasib Elestra di Party Nest/Raid. Oleh karena itu, saya membuat Perbadingan kedua untuk DPS non Frozen Burst di Cap 80 dan 90. Hasilnya menunjukan kalau DPS Elestra di Party Nest/Raid bisa meningkat sebesar 47%. Ini berarti Developer memberikan kompensasi DPS yang lebih besar untuk para Elestra. Sejujurnya saya lebih memilih menjadi Ice Stacker dibandingkan harus Spam All Skill untuk bantu DPS. Selain itu saya tidak perlu untuk menempa senjata saya untuk meningkatkan DPS Elestra di Nest/Raid (Efek kebiasaan pakai senjata polos). 
    Ada point yang aneh di DN INA yang mengatakan kalau Freeze (Beku) tidak mendapatkan penambahan Damage. Saya benar-benar penasaran atas penyataan itu, tapi sayangnya saya tidak punya Elestra di DN INA. Semoga saja ada pengguna Elestra yang bisa mengkonfirmasi hal ini, soalnya dari info yang saya dapat seharusnya Freeze Status itu masih meningkatkan 20% damage.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

26 comments:

  1. Pertamaxx :p
    Lihat analisis ini entah kenapa merasa elemental lord jobnya gk terlalu over gitu :v
    Di DN INA memang gk ada penambahan damage lagi buat status freeze sekarang -_-

    ReplyDelete
  2. Kemarin di Dn Ina sempat ada bagi2 reset job scroll gratisan (cuma sehari), jauh sebelum oom Ramdhan bikin analisys job diatas, saya sudah mencium isu miring soal nerf 2 job tante tersebut, Dan buru2 saya ubah elemental lord saya jadi Smasher. Karena kepincut juga dgn skill laser cutter ex yg disediakan untuk lv 90 nanti. Menurut oom Bagaimana nasib 2 class tante yg lainnya di caps 90 ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banyak Tante EL yg ubah job jadi FU, bahkan temen2 Guild juga udah mulai gitu..
      Tante yang paling nonjol di Cap 90 masih Smasher karena Boostnya gede banget..
      Kalau Majesty (salah satu job fav saya) kayanya harus sabar karena DPS utamanya kena Nerf..

      Delete
    2. Sepertinya bukan 1 hari bro. Bertahan 1 minggu scroll reset job.
      Opini gw aja. Gw masih bertahan sama tante es :*

      Delete
  3. sepertinya di cap 90 elestra/cyro statusnya naik jadi hitter murni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, canggung banget pas pake Cyro biasa maen Ice Stack, eh skrng malah jd DPS.

      Delete
  4. Bang analisisnya priest mana bang masa diduain :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkwkw sengaja.. Soalnya ada kejutan..

      Delete
  5. Om , post analisisnya Screamer ya ditunggu.

    ReplyDelete
  6. Sabar klo gitu bang saya nunggu tapi enak ni blog jelas + guna moga tambah maju

    ReplyDelete
  7. Update blog nya 2 atau 3 artikel donk perhari, biar cpet kelar ngatur skill build cap 90 nya coz bnyk charnya aku,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. T_T saya ngurus blognya sendirian, jadi gak da yang bantu buat Artikelnya..
      Ini aja kalau DN SEA dah patch 90 saya gak yakin bisa Update Blog tiap hari

      Delete
    2. T_T sini ku bantu..

      Delete
  8. keep up the good work bang Ramdan
    jangan sampe sakit aja mikirin banyak angka2
    hahaha

    ReplyDelete
  9. Asli sakit hati sama skill Elestra di cap 90 ini T_T
    Tq bro infonya

    ReplyDelete
  10. Salaena hybrid gabisa beku-bekuan lagi dong gegara glacial ga debuff es lagi =(

    ReplyDelete
  11. bang cryo/elestra gw char PVP :v jadinya rada bingung buat build skillnya lagian juga abang postingnya char buat nest/DG kan mohon balesannya thanks :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di setiap Post skill build ada PVE dan PVPnya sih..
      Cuman emang blum giliran Cyro aja

      Delete
  12. Full Buff + Debuff
    Cap 80: 240983 x 1.61 x 1.83 x 1.6 x 1.5 = 1704022
    Cap 90: 625390 x 1.61 x 1.4 x 1.6 x 1.3 = 2932027
    mau tanya full buff + debuff itu apa" aja? 1,4? 1,6? 1,3? 1,61?
    terus mau tanya lagi buat itungan fire atack gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.61 = 61% Fire Attack
      1.83 = Fire Resist + Freeze
      1.6 = Koefisien Skill
      1.5 = Hellfire

      Khusus 1.4 saya salah itu, seharusnya 1.2 karena efek Freeze sudah tidak dimiliki Pyro/Saleana

      Delete
  13. koreksi dikit Mas.fireball version charge juga di tambahin
    FB Ex:420216(non charge)
    FB Ex:10085184(charge)
    full charge FB itu 2kali board tambah version Ex 40% total:240% kenaikan board alias 2,4 kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas bukannya udah 2.4x ya..^^

      Delete
    2. eh iya baru ngeh ternyata udah ada maaf maaf

      Delete
  14. bro bagusan salaena atau elestra buat update sekarang?

    ReplyDelete