WINDWALKER SKILL BUILD LEVEL 90

    Pada post kali ini saya akan membahas tentang Windwalker Skill Build Level 90. Saya tidak akan memberikan banyak pilihan untuk Skill Build Windwalker, karena saya tetap mennggunakan Hybrid Build (PVE+PVP). Saya heran saja, bagaimana bisa Windwalker menang Vote. Padahal saya agak jarang melihat orang yang menggunakan Acrobat Class di Cap 90 ini.
     Berdasarkan Analisis Acrobat Class, Windwalker mendapatkan peningkatan damage yang lumayan besar. Sayangnya peningkatan tersebut kurang membantu Windwalker untuk bersaingan di deretan Job DPS teratas. Apalagi Spirit Boost yang merupakan Buff Andalannya tidak bisa diberikan ke teman Party. Dan akhirnya pun ketebak, lumayan banyak Acrobat Class yang berpindah ke Bow Master Class. Saya saja sampai bingung sendiri ketika melihat Friend/Guild List, banyak yang ganti-ganti Job.
    Saya pernah membahas sedikit tentang Element Resist Boss Nest 90 di Majesty Skill Build. Nah jika kita asumsikan All Resist Element Boss Nest 90 itu 40%, maka para Job DPS yang bermain Element seperti Abysswalker, Saleana, Physician dll akan mengalami penurunan DPS. Disinilah kesempatan bagi Job non Element seperti Windwalker untuk mengambil alih posisi DPS. Oleh karena itu, para Windwalker harus tetap optimis dan tidak putus asa ketika mengahadapi Party-Party yang hobi diskriminasi Job.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Acrobat Class
- Skill Full Hit + Buff
- Saya tidak mempehitungan Spirit Boost
 
Skill Build

Magic Arrow
Mau bagaimanapun Magic Arrow tetap DPS Skill terbaik di Archer Skill Tree. Damagenya masih lebih tinggi lagi

Willow Kick + Multi Shot
Hanya untuk keperluan PVP

Double Somersault Kick
Beberapa orang pernah tanya berapa Cooldown yang saya gunakan untuk mendapatkan angka Potensi DPS itu. Windwalker sebenarnya bisa melakukan Double Somersault Kick lebih sering dibandingkan Tempest, karena Windwalker bisa menggunakan DSK setelah Eagle Dive EX dan Binding Shot. Eagle Dive memiliki Cooldown 12 detik sedangkan Binding Shot 11 detik. Berarti dalam 12 detik Double Somersault Kick bisa dicast sebanyak 2x, sehingga saya asumsikan Cooldownnya menjadi 12/2 atau 6 detik. Dengan Potensi DPS yang cukup besar itulah saya tetap menaikan Double Somersault Kick Max + Skill Ring.

Spiral Vortex + Eagle Dive
Potensi DPS keduanya hampir sama di PVE. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan besar. Selain itu, damagenya lumayan besar di PVP. Yah dibandingkan harus menaikan Skill lain, saya masih suka dengan dua skill ini.

Air Pounce + Spiral Kick
Mungkin nanti ada yang nanya, kenapa dua skill yang masuk Top 5 DPS ini malah saya tidak naikan max. Potensi DPS itu dihitung berdasarkan Damage Total dibagi Cooldown. Dalam artian Air Pounce atau Spiral Kick ex (Showtime) jika di cast terus menerus setiap kali cooldown selesai, maka akan mendapatkan Potensi DPS seperti di atas. Semenjak Acrobat Boost di Cap 80, sudah jarang orang yang Spam Spiral Kick EX padasaat Showtime. Kebanyakan Windwalker lebih fokus reset Spiral Edge dibandingkan harus terus menurus cast Spiral Kick. Oleh karena itu, saya tidak menaikan Spiral Kick sampai Max. Selain itu, Spiral Kick level 1 bisa menghemat konsumsi MP juga di PVP.

Sama halnya dengan Spiral Kick, saya juga tidak akan mungkin terus-terusan melompat di kepala boss (Air Pounce). Okelah kalau kepalanya bisa diinjak-injak, kalau tidak? bisa rugi Skill Point naikan Air Pounce Max. Oleh karena itu saya hanya menaikannya sampai level 6, agar bisa 5x lompatan.

Blooming Kick
Blooming Kick adalah skill yang mendapatkan peningkatan damage terbesar di Windwalker (baca: Analisis Acrobat Class). Jadi sangat wajar jika Potensi DPSnya melompat dari urutan di bawah (Cap 80) menjadi di atas (Cap 90). Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1 agar mendapatkan damage yang lebih maksimal di level 11.

Cyclone Kick
Cyclone Kick merupakan Skill INS level 90 Windwalker. Oleh karena itu agar damage INSnya lebih  besar, saya naikan Cyclone Kick Max.

Spiral Edge
Spiral Edge + Showtime memiliki Potensi DPS yang paling besar karena 2x damage normal. Tanpa Showtime pun Potensi DPS Spiral Edge masih tinggi. Saya mengasumsikan cooldown Spiral Edge + Showtime adalah 13 detik, Memang masih bisa lebih cepat tapi itu rata-rata waktu saya ketika uji coba di video ini:

Rising Storm
Sejak Cap 80, Potensi DPS Rising Storm tetap kosisten di posisi bawah, padahal sudah dinaikan damagenya.

Skill Heraldry
- Spiral Edge (damage)
- Spirit Boost (cooldown)
- Cyclone Kick (damage)
- Showtime (buff duration)
Optional: Blooming Kick (reset cooldown), Eagle Dive, Rising Storm, Double Somersault Kick (damage), Spiral Vortex (action speed)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

37 comments:

  1. mungkin yg bikin wind walker menang vote karena damage ultinya yg lumayan wow..

    ReplyDelete
  2. crusader kapan?
    oh ya,kunjung balik ya
    http://sakatayoga.blogspot.co.id/2015/11/dragon-nest-leveling-guide.html

    ReplyDelete
  3. ingat om ramdan klo gk salah dmg somersault dance dari eagle dive ex itu = 20% dmgnya eagle dive ex itu sendiri bukan 100% dari sommersault dancenya mohon ralat jika saya salah

    ReplyDelete
  4. eh apa sommersault kick yg 20 %?

    ReplyDelete
  5. masih menunggu build elestra, tpi kyaknya masih lama ya ._.

    ReplyDelete
  6. Om kalo skill build dah slese aku request kalo bisa perhitungan element ke damage dan resist momon, dan Final Damage calcutaion/ cap lvlnya

    ReplyDelete
  7. ah kecewa kirain da 90 gendut

    ReplyDelete
  8. Oot dikit, build smashernya koq ga bisa kebuka yah

    ReplyDelete
  9. salah satu job yang susah dimainin harus cepet tangannya biar damagenya bisa gede perlu keahlian ekstra buat maininnya dan mungkin karena job acro lebih identik buat pvp (imho). kalo saya sisain sp buat naikin ulti tempest menurut ente gimana? terus kenapa air pouch nya ga dimentokin gan? apa peak nya paling gede disitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh rugi banget karna Ulti Tempest sama WW itu Share Cooldown..
      Jadi kalau kamu rajin reset SPiral Edge, itu ulti tempest gak kelar" cdnya

      Hmm.. Air Pounce max itu butuh SP yang banyak, sedangkan pengunaannya di PVP/PVE jarang banget.. Level 6 itu supaya bisa 5x lompat aja biar injek kepalanya agak lamaan

      Delete
  10. ww pke ulti tempest kurang efektif
    gk bkalan ke pke trus trusan
    iya hmm padahal mah air pounce bagus dps nya (klo bosnya diem aj)

    ReplyDelete
  11. Setuju bgt sm oom Ramdhan, class acrobat langka bgt juga di DN gemscool. Dari 9 char lv 90 yg saya punya, belum tentu dpt 1x party sm acro waktu daily Abyss. Saya rasa yg request cuma segelintir orang penasaran aja dan tidak mewakili secara mayoritas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoooh.. kasian loh..
      ini Job udah 2x di Boost mayan gede, tapi DPSnya masih aja nanggung..
      Heran musti digimanain

      Delete
    2. andai di boost gedenya kaya gladiator pasti party teriak teriak -acro :v

      Delete
  12. sya sendiri pengguna windwalker, soal.a acro itu damage yg sakit.a ulti.a
    board damage skill lain kecil banget kalah ama dancer. aku sendiri pas liat dancer boost langsung tercengang peningkatan board damage.a itu loh gede banget. +buff/debuff dancer bikin ngiler dance p3.a 60% atack @@ + high survival dari pada acro. semenjak spiral kick i frame di ilangin survive acro jadi turun T_T
    padahal itu skill penyelamat banget. kalo aku reset ulti ga usah injek" momon gampang" aja ah. misal bloming+spindel+spirit sot+spindel_spiral kick langsung ke reset :3.
    kemaren boost acro kurang memuaskan dikit banget damage,a yg di naekin. kya eagle dari 600 san cma ke 700 san -_-.
    +cd rising strom kelamaan 40 detik kurangin kek, ama coba aja instan.a ga share cd pasti ngebantu banget :v.
    yah setidaknya ww masih lebih banyak dari pada tempest. tempest super langka lebih langka dari lancea :v
    tempest damage ulti.a nyicil sih, ga instan jebret gede. + instan.a tempest ga guna di pvp makan.a peminat.a dikit amat :v
    walaupun aku ada sniper tetep aja yg sering di pake ww, dah enak high mobility buat ngehindar skill bos yg ngeselin ama enak buat nyiksa org di pvp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Njirr "Nyiksa Orang di pvp" kalo rusuh males om kena carpetnya inqui di pojokin relic relic die deh heheheh

      Delete
  13. Waduh gara" jaringan ngga stabil jadi double tu postnya x.x

    ReplyDelete
  14. Gan ane mau nanya ane pemula WW cara supaya spiral edge dipake terus gimana yak ? (CD cepet kayak video diatas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya kamu harus bisa bertahan selama 3 detik di udara..
      1. bisa pake Air Pounce 5x berturut trus Tip TOp + Spiral Kick..
      2. Tiptop + Spirit Shot (sebelum jatuh ketahan/di udara) + spiral kick tanpa tambahan klik kanan.
      Coba kamu pelajari aja videonya

      Delete
  15. bang boleh nanya dikit ga, Tempest dan/atau WW itu dapet CD SS nya dari spam skill apa? sempet pinjem tempest temen (berhubungan kurang gitu ngerti juga) gabisa. Dan aye liat video disini spam SS mulu

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwwkwk yang di Video kan WW, kalau Tempest itu berkurang CDnya dari pake Skill di Linenya + Willow Kick. Tiap Skill ngurangin CD 20 detik. Beda sama WW yang bisa reset dengan berthan di udara selama 3 detik saja.

      Delete
  16. oh jadi kalo WW selama di udara itu termasuk ngurangin CD / reset SS nya ya? sipsip thx kang

    ReplyDelete
  17. ada yang bisa bantu cara WW terbang di udara???

    ReplyDelete
  18. misi gan mau tanya,kan di class mastery II abis rising storm bisa cyclone kick, kok puny ane gak bisa langsung ya? apa ada key lagi?
    thx

    ReplyDelete
  19. kk sy mau tny , cara spindle tumble itu gmn sih , msih gagal faham sy , jd sy klo mau ulti nunggu cd showtime bs d gunakan dlu :3

    ReplyDelete
  20. itu buat reset susah banget kombonya,pas Spirit shot kgk bisa lanjutin kombo lagi,gmn cara ngatasinya ya?.rencana kalau dah bisa reset cd gua mau ngambil ww kalau tetap kgk bisa bikin charakter lain :3

    ReplyDelete