SWORD MASTER CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)

    Seharusnya hari ini saya membuat Postingan Analisis untuk Acrobat Class. Namun setelah melihat pemenang Vote Skill Build adalah Lunar Knight/Moonlord, jadi saya harus Analisis Swordmaster untuk membantu pembuatan Skill Build level 90. Bagi yang melakukan Vote untuk Lunar Knight bisa mengganti pilihan ke Next Job.
    Analisis Swordmaster Class ini salah satu analisis yang banyak ditunggu pengunjung Blog. Swordmaster Class terdiri dari 3 Job yaitu Gladiator, Lunar Knight (Moonlord) dan Dark Avenger. Jika kalian mengikuti perkembangan Revamp Skill dari Awal Patch Cap 90 di DN Korea, maka saya rasa awalnya Gladitor akan mengungguli kedua saudaranya. Tetapi beberapa bulan kemudian Lunar Knight atau Moonlord mendapatkan Boost lagi, sehingga persaingan Lunar Knight dan Gladiator semakin memanas.
    Berbeda dengan Lunar Knigt dan Gladiator, Dark Avenger yang merupakan salah satu Job terbaru ini malah mendapatkan banyak pengurangan Damage. Padahal beberapa orang di Blog sering Curhat kalau susah mencari party menggunakan Dark Avenger di DN INA. Bayangkan saja, dengan DPS yang super di CAP 80 saja sudah kena diskriminasi apalagi di CAP 90 ini. Jujur sih, melihat kondisi itu saya juga sedih karena pernah mengalaminya sendiri. Saya akan berusaha membuka wawasan kalian tentang  Swordmaster Class di Cap 90, agar diskriminasi ini bisa berkurang/hilang.






Skill Buff dan Debuff

Breaking Point 
Buff pengganti Highlander yang meningkatkan 10% PATK dan MATK selama 300 detik dan Cooldownnya 10 detik.

Provoking Slam/Luring Slash
Cap 80: +50% Damage
Cap 90: +20% Damage

Brave
Cap 90: Buff sama dengan Cap 80 yaitu +30% PATK/MATK tapi debuff super armor dihilangkan.

Skill Pasif 65 (Gladiator)
Cap 80: 1 Bubble Attack = 6% PATK, max 10 Bubble.
Cap 90: 1 Bubble Attack = 6% STR, max 10 Bubble.

Skill Pasif 65 (Lunar Knight/Moonlord)
Cap 80: 1 INT = 1.6 MATK
Cap 90: 1 INT = 1.4 MATK

Cyclone Slash EX (Lunar Knight/Moonlord)
Cap 80: +30% Magic Damage
Cap 90: -20% Critical Resist

Dark Avenger

Avenger Force
Cap 80: +28% Damage dan -30% Speed musuh.
Cap 90: -30% Speed musuh

Shadow Call
Cap 80: Meningkatkan 32% Fire Attack
Cap 90: Meningkatkan 40% Fire Attack

Soul Cutter
Cap 80: Fire Resist -28%
Cap 90: Element Resist -20%

Dark Stinger
Cap 80: -
Cap 90: +20% Damage selama 10 detik

Status Conversion
Gladiator dan Dark Avenger:
Cap 80: 1 STR = 0.5 PATK
Cap 90: 1 STR = 0.75 PATK

Lunar Knight:
Cap 80: 1 INT = 0.5 MATK
Cap 90: 1 INT = 1 MATK

Perhitungan Damage

Gladiator
THX to: Mas eko yang udah minjemin Charnya buat Foto-Foto.

Cap 80
PATK: 50150
STR: 22886

Skill Pasif Level 65 + Brave
Pasif 65: +60% PATK (Full Buff)
Brave: +30% PATK
PATK: 50150 x 1.9 = 95285

Cap 90
PATK: 50150
STR: 22886

Status Conversion:
Cap 80: 1 STR = 0.5 PATK
Cap 90: 1 STR = 0.75 PATK
Peningkatan = 0.25

Peningkatan PATK:
- 22886 x 0.25 x 1.26 = 7209

Skill Pasif level 65:
Cap 90: +60% STR (Full Buff)

Peningkatan PATK:
- 22886 x 0.6 x 0.75 x 1.26 = 12976

PATK Total: 50150 + 7209 + 12976 = 70335

Breaking Point + Brave:
Breaking Point: +10% PATK
Brave: +30% PATK

PATK: 70335 x 1.4 = 98470

Moonlord
THX to: Dede yang udah minjemin Charnya buat Foto-Foto. (walaupun di sensor)

Cap 80
MATK: 53351
INT: 22385

Brave
Buff: +30% MATK
MATK: 53351 x 1.3 = 69356

Skill Pasif Level 65:
- 1 INT = 1.6 MATK

MATK: 22385 x 1.6 = 35816

MATK TOTAL: 69356 + 35816 = 105172

Cap 90
MATK: 53351
INT: 22385

Status Conversion:
Cap 80: 1 INT = 0.5 MATK
Cap 90: 1 INT = 1 MATK
Peningkatan: 0.5

Peningkatan MATK:
- 22385 x 0.5 x 1.26 = 14103

MATK: 53351 + 14103 = 67454

Brave + Breaking Point:
- 67454 x 1.4 = 94435

Skill Pasif Level 65:
- 1 INT = 1.4 MATK

MATK: 22385 x 1.4 = 31339

MATK TOTAL: 94435 + 31339 = 125774

Dark Avenger
THX to: Mas eko yang udah minjemin Charnya buat Foto-Foto.

Cap 80
PATK: 55420
STR; 26714
Fire Attack: 63%

Dark Mastery
Pasif: 1 Avenger Force = 3% STR + 50 PATK
Asumsi:
- 30 Avenger Force = 90% STR + 1500 PATK

Peningkatan PATK:
- (26714 x 0.9 x 0.5 x 1.1) + 1500 = 14732

PATK TOTAL: 55420 + 14732 = 70143

Shadow Call
Buff: +32% Fire Attack

Fire Attack: 63% + 32% = 95%

Cap 90
PATK: 55420
STR; 26714
Fire Attack: 63%

Status Conversion
Cap 80: 1 STR = 0.5 PATK
Cap 90: 1 STR = 0.75 PATK
Peningkatan: 0.25

Peningkatan PATK:
- 26714 x 0.25 x 1.1 = 7346

Dark Mastery
Pasif: 1 Avenger Force = 3% STR + 50 PATK
Asumsi:
- 30 Avenger Force = 90% STR + 1500 PATK

Peningkatan PATK:
- (26714 x 0.9 x 0.75 x 1.1) + 1500 = 21335

PATK TOTAL: 55420 + 21335 + 7346 = 84101

Shadow Call
Buff: +40% Fire Attack

Fire Attack: 63% + 40% = 103%


Analisis Skill

Gladiator

Dash Slash
Board Damage 
Cap 80: 289% + 13489
Cap 90: 250% 
Perhitungan:
Cap 80: 2.89 x 95285 + 13489 = 288863
Cap 90: 2.5 x 98470 = 246174
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 288863 x 1.5 = 433294
Cap 90: 246174 x 1.2 = 295409

Jadi pada Cap 90 Damage Dash Slash berkurang 32% 

Dash Combo
Board Damage 
Cap 80: 257% + 11985
Cap 90: 242% 
Perhitungan:
Cap 80: 2.57 x 95285 + 11985 = 256867
Cap 90: 2.42 x 98470 = 238297
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 256867 x 1.5 = 385301
Cap 90: 238297 x 1.2 = 285956

Jadi pada Cap 90 Damage Dash Combo berkurang 26%

Triple Slash EX
Board Damage 
Cap 80: 832% + 31585
Cap 90: 1995% 
Perhitungan:
Cap 80: 8.32 x 95285 + 31585 = 824356
Cap 90: 19.95 x 98470 = 1964469
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 824356 x 1.5 x 1.3 = 1607495
Cap 90: 1964469 x 1.2 x 1.3 = 3064572

Jadi pada Cap 90 Damage Triple Slash EX meningkat 91%

Deep Straight EX
Board Damage 
Cap 80: 685% + 33446
Cap 90: 1510% 
Perhitungan:
Cap 80: 6.85 x 95285 + 33446 = 686148
Cap 90: 15.10 x 98470 = 1486891
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 686148 x 1.5 x 1.5 = 1543834
Cap 90: 1486891 x 1.2 x 1.5 = 2676405

Jadi pada Cap 90 Damage Deep Straight EX meningkat 73%

Hacking Stance EX
Board Damage 
Cap 80: 463% + 12992
Cap 90: 424% 
Perhitungan:
Cap 80: 4.63 x 95285 + 12992 = 454162
Cap 90: 4.24 x 98470 = 417511
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 454162 x 1.5 x 18.2 = 12398610
Cap 90: 417511 x 1.2 x 21 = 10521283

Jadi pada Cap 90 Damage Hacking Stance EX berkurang 15%

Line Drive EX
Board Damage 
Cap 80: 1973% + 58954
Cap 90: 2237% 
Perhitungan:
Cap 80: 19.73 x 95285 + 58954 = 1938927
Cap 90: 22.37 x 98470 = 2202766
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 1938927 x 1.5 x 1.7 = 4944264
Cap 90: 2202766 x 1.2 x 1.7 = 4493642

Jadi pada Cap 90 Damage Line Drive EX berkurang 9%

Infinity Edge
Board Damage 
Cap 80: 3336% + 46653
Cap 90: 5129% 
Perhitungan:
Cap 80: 33.36 x 95285 + 46653 = 3225361
Cap 90: 51.29 x 98470 = 5050507
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 3225361 x 1.5 x 1.5 = 7257061
Cap 90: 5050507 x 1.2 x 1.5 = 9090913

Jadi pada Cap 90 Damage Infinity Edge meningkat 25%

Evasion Slash
Board Damage 
Cap 80: 420% + 31877
Cap 90: 1326% 
Perhitungan:
Cap 80: 4.2 x 95285 + 31877 = 432074
Cap 90: 13.26 x 98470 = 1305707
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 432074 x 1.5 = 648111
Cap 90: 1305707 x 1.2 = 1566849

Jadi pada Cap 90 Damage Evasion Slash meningkat 142%

Finish Attack EX (Hp 10%)
Board Damage 
Cap 80: 1572% + 63875
Cap 90: 1847% 
Perhitungan:
Cap 80: 15.72 x 95285 + 63875 = 1561755
Cap 90: 18.74 x 98470 = 1818734
Provoking Slam/Luring:
Cap 80: 1561755 x 1.5 x 5.7 = 13353007
Cap 90: 1818734 x 1.2 x 5.7 = 12440141

Jadi pada Cap 90 Damage Finish Attack EX berkurang 7%


Perbandingan DPS Cap 80 vs 90

Berdasarkan data di atas, DPS Gladiator pada CAP 90 dapat meningkat sebesar 16%.


Lunar Knight/Moonlord

Moonlight Splitter EX
Board Damage 
Cap 80: 138% + 8146
Cap 90: 294% 
Perhitungan:
Cap 80: 1.38 x 105172 + 8146 = 153284
Cap 90: 2.94 x 125774 = 369775
Provoking/Luring + Cyclone Slash EX:
Cap 80: 18382 x 1.8 x 4.5 = 1241599
Cap 90: 64888 x 1.2 x 4.5 = 1996788

Jadi pada Cap 90 Damage Moonlight Splitteer EX meningkat 61% 

Cyclone Slash EX
Board Damage 
Cap 80: 525% + 20785
Cap 90: 2236% 
Perhitungan:
Cap 80: 5.25 x 105172 + 20785 = 572940
Cap 90: 22.36 x 125774 = 2812306
Provoking/Luring + Cyclone Slash EX:
Cap 80: 572940 x 1.8 x 1.5 = 1546937
Cap 90: 2812306 x 1.2 x 1.5 = 5062151

Jadi pada Cap 90 Damage Cyclone Slash EX meningkat 227% 

Crescent Cleave EX
Board Damage 
Cap 80: 523% + 18197
Cap 90: 692% 
Perhitungan:
Cap 80: 5.23 x 105172 + 18197 = 568248
Cap 90: 6.92 x 125774 = 870356
Provoking/Luring + Cyclone Slash EX:
Cap 80: 568248 x 1.8 x 8.4 = 8591912
Cap 90: 870356 x 1.2 x 8.4 = 8773187

Jadi pada Cap 90 Damage Crescent Cleave EX meningkat 2% 

Halfmoon Slash EX
Board Damage 
Cap 80: 1973% + 45349
Cap 90: 2161% 
Perhitungan:
Cap 80: 19.73 x 105172 + 45349 = 2120398
Cap 90: 21.61 x 125774 = 2717975
Provoking/Luring + Cyclone Slash EX:
Cap 80: 2120398 x 1.8 x 1.5 = 5725076
Cap 90: 2717975 x 1.2 x 1.5 = 4892356

Jadi pada Cap 90 Damage Halfmoon Slash EX menurun 15% 

Great Wave
Board Damage 
Cap 80: 713% + 18780
Cap 90: 3265% 
Perhitungan:
Cap 80: 7.13 x 105172 + 18780 = 768658
Cap 90: 32.65 x 125774 = 4106520
Provoking/Luring + Cyclone Slash EX:
Cap 80: 768658 x 1.8 x 6 = 8301512
Cap 90: 4106520 x 1.2 x 6 = 29566945

Jadi pada Cap 90 Damage Great Wave meningkat 256% 

Moonblade Dance EX
Board Damage 
Cap 80: 416% + 10331
Cap 90: 683% 
Perhitungan:
Cap 80: 4.16 x 105172 + 10331 = 447848
Cap 90: 6.83 x 125774 = 859036
Provoking/Luring + Cyclone Slash EX:
Cap 80: 447848 x 1.8 x 16 = 12898016
Cap 90: 859036 x 1.2 x 16 = 16493495

Jadi pada Cap 90 Damage Moonblade Dance EX meningkat 28% 

Flash Stance
Board Damage 
Cap 80: 160% + 8425
Cap 90: 213% 
Perhitungan:
Cap 80: 1.6 x 105172 + 8425 = 176701
Cap 90: 2.13 x 125774 = 267899
Provoking/Luring + Cyclone Slash EX:
Cap 80: 176701 x 1.8 x 17 = 5407041
Cap 90: 267899 x 1.2 x 17 = 5465131

Jadi pada Cap 90 Damage Flash Stance meningkat 1% 


Perbandingan DPS Cap 80 vs 90





Berdasarkan data di atas, DPS Lunar Knight pada CAP 90 dapat meningkat sebesar 45%.


Dark Avenger

Avenger Force
Board Damage 
Cap 80: 860% + 53359
Cap 90: 647% 
Perhitungan:
Cap 80: 8.6 x 70143  + 53359 = 656592
Cap 90: 6.47 x 84101 = 544137
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 656592 x 1.95 x 1.56 = 1997354
Cap 90: 544137 x 2.03 x 1.4 = 1546436

Jadi pada Cap 90 Damage Avenger Force berkurang 23%

Graves
Board Damage 
Cap 80: 1788% + 90881
Cap 90: 1376% 
Perhitungan:
Cap 80: 17.88 x 70143  + 90881 = 1345046
Cap 90: 13.76 x 84101 = 1157237
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 1345046 x 1.95 x 1.56 x 2 = 8183257
Cap 90: 1157237 x 2.03 x 1.4 x 2 = 6577733

Jadi pada Cap 90 Damage Graves berkurang 20% 

Dark Stinger
Board Damage 
Cap 80: 2449% + 89860
Cap 90: 1274% 
Perhitungan:
Cap 80: 24.49 x 70143  + 89860 = 1807673
Cap 90: 12.74 x 84101 = 1071453
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 1807673 x 1.95 x 1.56 x 1.5 = 8248410
Cap 90: 1071453 x 2.03 x 1.4 x 1.5 = 4567604

Jadi pada Cap 90 Damage Dark Stinger berkurang 45% 

Piercing Crescent
Board Damage 
Cap 80: 871% + 30034
Cap 90: 541% 
Perhitungan:
Cap 80: 8.71 x 70143  + 30034 = 640983
Cap 90: 5.41 x 84101 = 454989
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 640983 x 1.95 x 1.56 x 4.5 = 877442
Cap 90: 454989 x 2.03 x 1.4 x 4.5 = 5818855

Jadi pada Cap 90 Damage Piercing Crescent berkurang 34% 

Doom Blade
Board Damage 
Cap 80: 1266% + 42655
Cap 90: 610% 
Perhitungan:
Cap 80: 12.66 x 70143  + 42655 = 930671
Cap 90: 6.1 x 84101 = 513019
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 930671 x 1.95 x 1.56 x 1.5 = 4246651
Cap 90: 513019 x 2.03 x 1.4 x 1.5 = 2187001

Jadi pada Cap 90 Damage Doom Blade berkurang 49% 

Vengeance Storm
Board Damage 
Cap 80: 2750% + 80864
Cap 90: 1391% 
Perhitungan:
Cap 80: 27.5 x 70143  + 80864 = 2009808
Cap 90: 13.91 x 84101 = 1169852
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 2009808 x 1.95 x 1.56 x 1.5 = 9170755
Cap 90: 1169852 x 2.03 x 1.4 x 1.5 = 4987078

Jadi pada Cap 90 Damage Vengeance Storm berkurang 46% 

Death Knell
Board Damage 
Cap 80: 1142% + 15023
Cap 90: 829% 
Perhitungan:
Cap 80: 11.42 x 70143  + 15023 = 816061
Cap 90: 8.92 x 84101 = 697201
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 816061 x 1.95 x 1.56 x 21 = 52131607
Cap 90: 697201 x 2.03 x 1.4 x 21 = 41610374

Jadi pada Cap 90 Damage Death Knell berkurang 20% 

Soul Cutter
Board Damage 
Cap 80: 586% + 26622
Cap 90: 781% 
Perhitungan:
Cap 80: 5.86 x 70143  + 26622 = 437662
Cap 90: 7.81 x 84101 = 656833
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 437662 x 1.95 x 1.56 x 6 = 7988216
Cap 90: 656833 x 2.03 x 1.4 x 6 = 11200311

Jadi pada Cap 90 Damage Soul Cutter meningkat 40% 

Dark Riser
Board Damage 
Cap 80: 1137% + 19352
Cap 90: 934% 
Perhitungan:
Cap 80: 11.37 x 70143  + 19352 = 816883
Cap 90: 9.34 x 84101 = 785508
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 816883 x 1.95 x 1.56 x 1.5 = 3727436
Cap 90: 785508 x 2.03 x 1.4 x 1.5 = 3348620

Jadi pada Cap 90 Damage Dark Riser berkurang 10% 

Dark Suffering
Board Damage 
Cap 80: 588% + 17153
Cap 90: 454% 
Perhitungan:
Cap 80: 5.88 x 70143  + 17153 = 429596
Cap 90: 4.54 x 84101 = 381821
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 429596 x 1.95 x 1.56 x 15 = 19602482
Cap 90: 381821 x 2.03 x 1.4 x 15 = 16277020

Jadi pada Cap 90 Damage Dark Suffering berkurang 17% 

Dark Crash
Board Damage 
Cap 80: 3115% + 116012
Cap 90: 1567% 
Perhitungan:
Cap 80: 31.15 x 70143  + 116012 = 2300980
Cap 90: 15.67 x 84101 = 1317870
Full Buff/Debuff:
Cap 80: 2300980 x 1.95 x 1.56 x 3 = 20998742
Cap 90: 1317870 x 2.03 x 1.4 x 3 = 11236163

Jadi pada Cap 90 Damage Dark Crash berkurang 46% 

Perbandingan DPS Cap 80 vs 90

Berdasarkan data di atas, DPS Dark Avenger pada CAP 90 dapat berkurang sebesar 30%.

Kesimpulan
      Persaingan DPS antara Gladiator vs Lunar Knight sudah ada sejak Cap 60-80. Pada Cap 80, Lunar Knight berhasil mengungguli Gladiator di posisi DPS. Saya rasa kejadian Cap 80 akan terulang di Cap 90. Lunar Knight kembali di Boost hingga 45% sedangkan Gladiator hanya 16%. Padahal developer sudah mengurangi Debuff dari Cyclone Slash EX yang +30% Magic Damage, tapi tetap saja peningkatan damagenya masih sulit dikejar oleh Gladiator. Saya tidak mengerti kenapa Developer terus melakukan Boost untuk Lunar Knight yang sudah memiliki DPS yang besar di Cap sebelumnya.
     Beberapa pembaca mungkin bertanya-tanya kenapa peningkatan DPS Lunar Knight dan Gladiator tidak begitu besar, padahal hampir semua Skill DPSnya dinaikan damagenya. Pengaruh yang paling besar adalah pengurangan Debuff, seperti Luring Slash (Provoking Slam) yang turun 30% dan perubahan pada Skill pasif level 65nya. Jika diperhatikan perubahan Skill Pasif Level 65 untuk Gladiator (60% PATK menjadi 60% STR) memiliki pengaruh lebih besar untuk penurunan DPSnya dibandingkan dengan  Lunar Knight (1.6 menjadi 1.4 MATK).
    Kalau boleh jujur ya, saya cukup gembira melihat Debuff Luring Slash dikurangi. Soalnya Debuff ini lah yang kadang membuat Dark Avenger ditolak gabung Party untuk Nest (Berdasarkan Pengalaman saya di DN INA). Sedih sih, padahal Dark Avenger di Cap 80 punya DPS yang Luar biasa, apalagi buat Fire Party. Berita buruk untuk pengguna Dark Avenger disaat Debuff Luring Slash diturunkan, eh DA malah mendapatkan penurunan DPS sekitar 30%. Perhatikan saja rincian di atas, hampir semua Skill DA dikurangin 20-50% Damagenya. Sayangnya Gear untuk ketiga Job di atas berbeda-beda sehingga saya tidak bisa membandingkan secara langsung mana yang lebih baik sebagai DPS. Perkiraan saya sih sepertinya Potensi DPS Dark Avenger masih lebih unggul dibandingkan Lunar Knight dan Gladiator.

Nah Bagaimana pendapat kalian??
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

68 comments:

  1. sayang banget ya gan padahal dark avenger jov kesukaan gua dulu namun sekarang malah mengalami penurunan sedih rasanya T_T,tapi ngomong-ngomong gan ad sedikit peningkatan serangan untuk DA di PVP gk? hehehehe soalnya PVP lover saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew perasaan DA dah GG di PVP masa ditingkatkan lagi,,

      Delete
    2. iyo gan GGnya waktu ngebokong aja tapi kalau 1 by 1 pvp tetep aja kalah T_T

      Delete
    3. saya suka pake DA di Ladder enak banget.. ^^

      Delete
  2. Wah lucu ya, pdhl lk kena nerf sebagian besar skillnya, malah naek dmgnya lol, mungkin gara2 convert intnya yg jadi 100%, meanwhile gladi passive 65nya malah jadi 60% str.
    Belum lagi karna 3rd job skrg nentuin kalkulasi dmg, lk lbih diuntungkan karna skill gladi tanpa expun dah sakit, sedangkan gladi yg pengen ambil skill lk itu kudu mikir2 karna skill lk tanpa ex itu meh banget.

    oh ya, kok itu angka skillnya lk beda ya sama yg official, apa ini udah yg direvamp lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, itu mbd bukannya malah naej ya ddmgnya kok nulisnya turun. Cyclone slash jg malah dibilang moonlight splitter

      Delete
    2. Oh ya itu Board Damagenya sesuai sama Update terbaru di DN Korea..

      BTW makasih koreksi, dah diusahkan teliti tetep aja masih ada yg ngaco"

      Delete
    3. Lebih menguntungkan untuk GL yg mengambil skill LK, sprti cyclone slash/moonlight split bisa mempertahankan skill 65GL (60% STR), dibandingkan dengan LK yang bermain mid dan menggunakan skill GL yg mele (LK sejati ^^). Untuk 60% STR itu bergantung pada jade, jadi lebih banyak STR maka damage akan menutupi 60% atck.

      Delete
  3. Nice update bang, untukng ndak jadi berubah ke gladi ternyata damagenya masih kalah ma LK :v

    ReplyDelete
  4. untuk skill DA masih elemen api atau udah jadi psycal atack aja?? soalnya yg saya liat dari keterangan skillnya udah gag tercantum fire atribute di setiap skillnya... tq

    ReplyDelete
  5. maaf gan mau nanya kalo yang da itu udah pas berubah jadi dark avenger belum hitungan damagenya ?

    ReplyDelete
  6. sebagai pemain DA, saya kecewa berat dgn developer dan juga DA di cap 90.
    bahkan di cap 90 dgn full buff saya (patk 130k, fire 90%, FD 30%, crit 70%) damagenya sangat mengecewakan..
    sementara DA saya vakumkan (tidak difokuskan lagi) dan beralih ke char ke-2 saya saint.. dimana secara burst mode dan equip standart.. damage saint saya jauh lebih baik drpd DA saya.. apalg kategori saint yg seharusnya healer tp malah memiliki damage di atas hitter sekelas DA yg menurut saya di cap 80 sblmnya sangat luar biasa damage nya..

    ini komentar saya soal DA.. (tdnya mo change job, apa daya job limited edition malah dinerf sangat habis2an sebagai hitter dan malah lbh mengenaskan damage bisa di bawah job healer... *sigh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew kok bisa kalah sama Saint..
      Padahal seharusnya walaupun di Nerf, DPSnya pasti masih di atas Saint..
      Apa ini gara2 Shock Relicnya yg CDnya dikurangin jd lbh cepet..

      Delete
    2. soalnya healing relic cd.a bentar ama bisa banyak. kumpulin aja relic/petir/heal/bind. trus sock. kaya di sini :https://www.youtube.com/watch?v=hkYKhkous7E dan https://www.youtube.com/watch?v=FS1ICtqfbEo. healer ama bisa jadi dps yg bgus ngalahin lf

      Delete
    3. Wkwkwk Healing Relic emang agak2 sekarang..
      max bisa 3 Relic + Relic lain2 bisa menggila Shocknya..

      Delete
  7. mantap gan... tapi sayang ya saya penggemar DA turut sedih liatnya ahaha...
    :)
    berharap GL bisa ngalahin LK tapi perbedaannya jauh banget hehe XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stt jangan ngetawain DA,,
      Saya juga sedih nih

      Delete
    2. ahahahahahahaha XD >.<

      Delete
  8. Setelah Lamanya NUNGGU sm anilisis akhirnya keluar juga, ngeharep gladi bisa ngalahin LK, tapi.......... -_-

    ReplyDelete
  9. healing relic cd hanya 10s, lightning relic juga 10s, SoR cd 15s..

    rotasi 1x burst saya (kalo tuh momon stayer lbh bagus) 2x light relic + 1 healing + 4 mini relic (1 light relic = 2 mini relic) total semua 7 relic utk 1x burst SoR dlm wkt 15s.. full burst awal bisa 9 relic dgn bind + cure relic..

    saint saya dgn equip standart mampu menghasilkan 2 juta dmg per relic.. tinggal kalikan 9 relic.. dan kalikan 3 lagi.. karna SoR ex menghasilkan 3 hantaman per relic..

    jd jgn kaget liat saint solo nest 90 daedolus sangat amazing..

    saya malah skrg lg build critical ke saint saya karna heal sdh gak ada pengaruh matk lagi..

    btw maap jd bahas saint.. out of topic.. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iler mana Dps mana tambah gak jelas

      Delete
    2. BTW saya mau tanya nih, itu 1 Light Relic bukannya 3 mini relic ya?
      Soalnya di SEA kan blum Patch 90 dan saya tidak punya Saint juga di INA..

      Saya sudah menghitung potensi atau analisis DPS saint untuk Cap 90 kok..
      Saya sendiri aja kaget melihat hasilnya, nanti deh saya buat postingannya..

      Saint saya di DN SEA sudah main Krit dari cap 70, jadi d Cap 90 tingga Hunting Plate + Acc Krit lagi de.. ^^

      Duh kalau bahas DPS, hawa2nya pengen bikin DPS chart tp gak da waktu banget..

      Delete
  10. wahhh... maaf ralat..
    benar 1 light relic = summon 3 mini relic..

    dan mini relic masuk dalam hitungan SoR...

    ReplyDelete
  11. Terus terang, saya agak kecewa dgn langkah yg diambil oleh pihak gemscool selaku pemegang lisensi resmi Dragonest do Indonesia (Dn Ina). Karena kenapa? Kita cuma menikmati cap lv 80 cuma sekitar 5 bulan. Sedangkan untuk untuk RDN saja belum lulus, belum lagi Sekarang dropan plate Dan jewel epic gampang bgt, jadi semakin Susah cari gold. Seolah2 DN Ina lagi kejar setoran macam sopir metromini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kami di DN SEA udah merasakannya 11 bulan..
      DN INA memang terlalu ngebut atau takut tertinggal dengan DN lain.

      Sayangnya ngebut2an itu memang cepat sampai, tapi ada dampak buruknya..
      Selain kurang bisa menikmati Cap, ad juga Konten2 yang terlewatkan.

      Delete
  12. gold sebenarnya bisa dpt lumayan kalo mau farming habisin FTG di DG baru 90 abyss..
    masalahnya bosen aja spam DG nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwwkw jangan bosen lah..
      Gimana kamu maen di SEA yang 2 minggu lalu Eventnya 100x RR Abyss untuk per-char..

      Delete
  13. Kalo mau bahas masalah nerf atau boost, pertama kita harus sadar ini sdh bukan cap 80 yg sangat menyiksa. Sy pake char crus bareng tman DA tadi main ABN berdua. Dengan gear 80 standar, kami aman2 aja di nest. Sebenarnya kita ga boleh cuma lihat dari sisi jobnya tapi juga perubahan2 lain yg dibuat dev

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener perubahan DN R memang lebih memanjakan player terutama dalam mencari Gear dan Clear Nest.

      Di DN SEA, masih banyak orang yang ingin Clear RDN HC, sehingga info masalah Revamp Buff/Debuff da Nerf/Boost Skill lumayan pengaruh disana, terutama ketika memilih Team.

      Delete
    2. ABN apa dulu itu? normal apa hardcore?
      normal pake equip 80 mau solo juga pasti lancar.. masalah waktu aja...

      nah coba duet nya di hardcore... msh aman gak? LOL

      Delete
  14. hardcore mode maksa bawa healer tuh skrg... kecuali dah siap masuk buang nyawa sampai selesai nest.. (not wise)
    dps abal2an cm bikin gatel boss nya doank di hardcore..
    dilihat content nya.. ttp aja job bkn dps gak akan dicari di nest hardcore kecuali nest 90 biasa..
    paling ngga bawa healer biar dps abal2an nya survive..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti bawa Healer sekaligus DPS aja kaya Saint atau Physician...

      Delete
    2. g juga sih,job support macam guardian gw rasa masih dibutuhin di nest HC beda bgt rasanya nest HC dgn komposisi 1 healer 3 DPS dgn 1 helaer 1 support dan 2 DPS

      Delete
    3. Guardian bagus juga tuh,, saya malah penasaran sama Destroyer.. ada yg punya pengalaman bawa Destro?

      Delete
    4. nest HC lv90 enak bawa 3 dps + 1 healer/guardian.
      tp tetap saja ada diskriminasi job kok, job sperti DA, Kali, acrobat dll slalu tersisih kecuali bkin party sendiri atau run sama temen.

      job yg slalu d cari tidak jauh berbeda dari cap sbelumnya, kayak lk, enginer, hunter.
      untuk destroyer party lebih memilih BB. damagenya jauh berbeda.

      Delete
    5. Yah.. sedih banget Destro dan di Boost gede2an masih kena Diskriminasi..

      Itu Soul Eater ada yang diskriminasi juga?
      Waduh padahal DPSnya GG banget itu job

      Delete
  15. mgkn lbh benefit physician atau LF?? secara saint utk dps bergantung relic...
    kalo mas ramdan dah coba msk nest 90 manti/ABN.. mgkn akan liat bagaimana mekanisme nest nya yg cukup sulit bagi saint..
    tmn guild saya ada physician tp blm diuji coba.. (blm 90)
    normal saya yakin gak akan ada masalah hampir di semua stage nya..
    namun hardcore? stage 1 aja kalo gak sanggup kill mini gargoyle sblm sampe tgh bisa rata 1 party..
    saya gak tau bagaimana kalo party saya sdh all gear 90 nantinya.. tp kmrn wkt test sampai limit.. tanpa sniper.. susah bunuh mini gargo nya.. dan dorrr... sukur2 sekarat.. malah yg ada tiwas semua... hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Physician vs LF ya, hmm buat Nest dua2nya oke sih..
      Physician lebih unggul kalau jadi Healer DPS, cmn maennya agak repot dan jangan sampe gak fokus/heal karena keasikan DPS (biasanya gara2 kebanyakan spam injector).

      LF beberapa Skill DPS lightnya di Nerf, cmn di Cap 90 jauh lbh mudah buat bantu DPS karena gak perlu Meditasi lagi. Jarak Healnya lebih jauh/ 1 map, ini bagus buat anggota party yang kadang suka salah posisi.

      Subjektif sih Physician, Objektif lebih ke LF.. hehehehe

      Buat HC kayanya emang perlu Gear 90 buat naekin DEF ma MDEFnya deh

      Delete
    2. bagus pisician dari lf lbih bagus lg ya saint. terus untuk gear jangan gunakan weapon/secondary lv90 karna penurunanya sangat banyak. gunakan epic lv80 +12/+13 rekomen sih bdn hc.
      untuk armor pakai epic lv90. kmrin saya duet ABN HC LK & Saint kelar 16 mnit tnpa mati.

      Delete
  16. 1 support, 1 healer, 2 dps?
    coba lbh spesifik support, healer, dan 2 dps nya apa aja...
    sistem revamp 90 dah gak ada lagi job class support menurut saya.. hampir bbrp job punya debuff dan boost dmg ke musuh yg setara.. max 20%.. dan itu gak bisa distack lg.. hanya diprolong..
    all bergantung dps class dan dmg out put nya.. ice stacking pun sdh punah..
    beruntung aja mekanisme nest 90 lbh mudah drpd VN/VTN abyss..
    dmn burn VN/VTN bisa 150k HP per tick sedang nest 90 burn tidak sesakit itu.. itu jg mgkn karna heal sekarang antara LF, physician, dan saint sdh disama ratakan semua.. jumlah dan cooldown.. mgkn lbh benefit physician bila cocktail bisa reduce cooldown heal nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ABN//manti itu cuma hidangan pembuka wajar dibikin gampang kalau nest 90 yg sebenarnya daidalus ud keluar pasti butuh support job selain healer

      Delete
    2. Yap bener, Damage dan Elemental resist itu max 20%.
      Yang saya sebut Support itu sebenernya Healer kaya LF, Saint, Physician dll..
      Bukan Debuffer kaya di Cap 80 lalu.

      Kalau saya bole milih party untuk Nest sekarang lebih ke Saint, Physician, Smasher dan Moonlord. Jadi aslinya 2 healer dan 2 DPS.
      Beruntungnya di awal cap ini Physician dan Saint punya Damage yang oke juga.

      Delete
  17. apa lagi dengan sistem self buff skrg ini... saya mau tau job support seperti apa yg dimaksud?
    bahkan sampai lifesaver/highlander pun self buff...

    ReplyDelete
  18. hahaha lagi2 support.. deskripsi mu gak jelas om.. sekelas saint sudah punya bind relic ex yg bisa boost damage ke momon dan sudah max 20%.. dah permanen itu jg.. mau bawa support apa lg? crit resist debuff? elemental debuff? boost crit archer? 1 nest cm 4 org om.. kecuali konten raid.. jd perjelas mau support seperti apa?
    mau bawa semua job buat support? mana dps nya? skrg skema dps aja berubah drastis.. beruntung aja nest 90 gak ada mekanisme wipe party.. atau wipe buff..
    daedulus nest? mau konten apa lg soal support di sana? gak usa jauh2 lah.. sering2 aja msk hardcore 90 yg skrg..
    saya pengen tau formasi party nya kek gmn?
    konten revamp 90 saat ini yg ada cm 2..
    dps-support atau healer support..
    dah gak ada support pure..
    3 dps 1 healer itu dah bagus.. emg dps gak bisa support? semua all class dah ada debuff dan boost ke monster masing2 om..
    diskriminasi job ttp ada di 90.. karna nerf dan boost board dmg yg gak sesuai.. healer bisa lbh dps drpd dps murni..
    da indo jg aneh.. korea aja msh testing dan nerf + boost sana sini.. blm fix..
    msk nest 90 bawa sniper.. lbh bagus lg yg PRO dan gear well di atas rata2.. case closed.. dah gak perlu support2an.. healer 1 atau 2 itu lbh baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kayanya ada perbedaan isitilah ya..
      Soalnya saya biasa sebut Support itu untuk Healer kaya Saint atau LF, Buffer/Debuffer untuk tukang Buff/debuff kaya Acrobat atau FU (sebagian malah nyebutnya Damage Booster), Sub Healer untuk job yang punya skill Heal + bisa bantu DPS juga kaya Physician, Dancer dll. Mungkin karena terbiasa dengan isitilah2 itu di DN SEA jd ada miss komunikasi. Di INA mungkin Crusader masuk jd DPS Class tp di SEA biasanya sering disebut Subhealer Class.

      Update Cap 90 menjadi semakin mempersempit istilah2 itu dan jujur saya masih belum terbiasa. APalagi seharian masih fokus di Blog dan Ladder DN SEA doank blum masuk ke Area Nest/Raid lg.

      Saya juga biasanya bawa 1 Healer + 3 DPS untuk nest be4.
      Kalau DPS/teamnya Gear Standar bawa 2 Healer + 2 DPS

      Delete
  19. nah saya gak tau ini anonymous nya sama org atau ngga.. di atas dia sebut 1 healer 1 support 2 dps..
    secara sejak revamp 90 all konten class nya dah berubah.. bahkan dah gak jelas.. saya jg bingung mo komentar apa.. yah maen aja dah..
    ttp aja kok kalo mas ramdan liat shout world msh banyak yg shout cari dps keras hahaha..
    ttp aja no balance dan emg gak akan pernah balance sih.. dan dari dulu maen sejak dari cap 24 mulai dari SEA sampe INA yah begitu2 aja.. hahaha..
    yah keep spirit playing aja lah.. sayang aja konten blm selesai di luar sono.. indo dah adaptaso cap 90 yg blm fix...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow komen saya selalu pake ID/Nick yg sama..

      Diskriminasi sih selalu ada, apalagi Info DPS List udah tersebar dr bulan oktober lalu.. Jadi party semakin pilih2 dah.

      Bener kata kamu game ini gak akan pernah Balance. Cap 24 aja misalnya, ngebuat Balance 4 Job aja susah, apalagi sekarang sampai 32 job. Pasti setiap Update ada yg senang dan ada yg kecewa.

      Revamp 90 padahal niat awalnya untuk Balancing, tapi malah ngebuat beberapa Job terpuruk. Mangkanya hampir setiap bulan terus direvisi. Setelah dilihat-lihat kayanya DN INA baru sampe update bulan Agustus/September gt.

      Berharap DN SEA nanti sampai Update bulan November, hehehe

      Delete
  20. haha iya.. kita liat aja update selanjutnya bagaimana...
    1 sisi DA nasib nya.. haizzz..
    1 sisi saint yg OP secara healer class..
    tdnya mau ta modalin equip 90 biar bisa boost crit nya..
    tp nanti malah dinerf lagi.. hadehhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari aman kaya saya aja bikin semua Job, tapi Gearnya abal2 semua. heheheh

      Delete
  21. kak mo tanya.. saya bingung sama ECJ nya LK.. bagusan pake LIGHT apa DARK ? T_T
    kasi saran dong kak.. maap masi newbie >.<

    ReplyDelete
  22. apa mending maen aman ya make magic attck T_T

    ReplyDelete
  23. mau extreme main dark.. tp wajib tough acc..
    dan sepertinya ECJ yg baru blm keluar.. (atau sdh?) karna reduce penalti terbaru antara 20%/15%

    sementara itu yg worth banget main matk.. stack int sebanyak2nya..
    jgn lupa crit.. hitter cap 90 naiknya cukup jauh kalo crit memble.. apa kata dunia? hahaha...

    just my 'cent...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nest lv90 ga disarankan pakai ecj. mau pakai dark + tough skalipun damage tetap minus jika dibandingkan tanpa bermain element. (sudah saya buktikan) dark sniper + tough total dark attack 53% tapi sangat menggelikan, saat ga pakai ecj baru terasa damagenya.

      kecuali kalau buat RDN normal/HC sangat disarankan pakai ecj apapun mau dark/light/ice/fire damage akan naik banyak kalau di RDN. pilihan terbaik sih di ICE karna ice resist di RDN sngat kcil kalau ada tough ya pakai dark.

      Delete
    2. Efek Element Resist yg super ya 30-40%an rata T_T

      Mangkanya semnjak Cap 90, sya hanya menggunakan ECJ di Ladder atau RDN saja. Buat Nest 90 ya musti pake Destruc/Magician lg

      Delete
  24. ia kak pengen juga make dark masalah nya saya maen DN indo.. dan DN indo kagak ada ECJ DARK semua nya LIGHT T_T...
    kalo crit itu mesti mentok 89% apa gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak cmn di DN INA kok, di DN SEA juga lbh banyak Light Party..
      Tapi ngelihat Revamp Buff dan Debuff di Cap 90 ini, saya ngerasa job Non element kaya ML, Smasher dll kurang efektif untuk pakai ECJ. Jadi mending main MATK saja dan kalau ada gold lebih bisa sambil kejar Kritikal.

      Delete
    2. oke kak siap (^_^)7 makasi masukannya kak :) (y)

      Delete
  25. saya gak tau ECJ dgn penalti 15%/20% dah ada atau blm..
    kalo blm ada, matk aja dulu sementara...
    soal crit, pakai equip 90 lalu pasang jade dgn int crit..
    lihat di angka brp critnya..
    kalau masih kurang.. saya sarankan fatal ring dgn jade matk..
    kelemahan HP bakal kecil..
    tp kalo bisa equip 90 semua.. di jade senjata dan 2nd ada opsi vit..
    lalu neck dan earring bila ada acc 90 bisa pasang jade int + vit..
    bila blm ada, earring dan neck benedict full gede int + agi, jade pasang vit jade 80..
    banyak sih variasinya..
    di cap 90 harusnya sudah memudahkan class STR dan INT utk boost crit nya..
    sepanjang yg ta liat equip 90 dah menolong karna jade nya..
    bila gak memaksa sekali.. 3rd plate ttp cari int, kalo ngga stack crit di 3rd plate..

    selebihnya kembali ke budget kamu aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mantap kak (^_^)7 nice nice :) (y)

      Delete
    2. udah ada bang di DN ina... yg high kan ? kayak high Abyss yg elemen dark, - 15% kalo yg biasa -20%.. terus gimana bang.. beli yg dark atw light >.< kasi saran dong XD ahahaha

      Delete
  26. Kampret apa ini iler-iler
    Iler terbaik tetep aja emergency pot 30%/3detik cc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sword Master Gak Kroso Wani macenery Enak Kroso Isok Muter2

      Delete
    2. Sword Master Gak Kroso Wani macenery Enak Kroso Isok Muter2

      Delete