Pada posting kali ini saya akan membahas tentang Destroyer Skill Build Level 90. Jujur saja ketika awal Cap 90, Warrior Class yang membuat saya tertarik adalah Destriyer. Bukan karena peningkatan damagenya, melainkan karena perubahan beberapa skillnya. Destroyer seperti didesain menjadi Tanker sekaligus DPS. Itulah yang membuat saya tertarik, soalnya di Cap 80 saya hanya menjadikan Destroyer sebagai salah satu koleksi char saja dan tidak pernah berniat untuk menggearnya.
     Saya berharap ke depannya akan muncul Nest atau Raid yang cukup sulit dan sakit, sehingga Job-Job seperti Destroyer bisa digunakan untuk Party. Sekarang sih, kebanyakan party butuh Job Pure DPS yang besar dan Healer, sehingga banyak player yang kurang menggali potensi Job lainnya. Saya jadi ingin tahu bagaimana pengalaman para Destroyer selama Cap 90 ini.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT 
Weapon: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Mercenary Class
- Semua Skill dihitung Full Hit dan Buff


Skill Build

Build PVE

Circle Break
Secara Potensi DPS Circle Break cukup besar dan memiliki Iframe 0.3 detik.

Stomp 
Hanya sebagai syarat saja, Potensi DPSnya di Barbarian Skill Build saja sangat kecil apalagi untuk Destroyer.

Demolition Fist 
Potensi DPSnya memang paling besar diantara Skill Barbarian Line, tapi area serangannya terlalu kecil. 

Circle Swing vs Whirlwind vs Flying Swing
Sebenarnya permasalah ketiga skill ini adalah Skill Point. Beberapa orang beranggapan menurunkan level Flying Swing untuk menaikan Whirlwind + Circle Swing Level 11 itu sangat wajar, karena damage keduanya lebih besar. Padahal secara Potensi DPS saja sudah terlihat bahwa Flying Swing EX unggul sangat jauh dan itupun belum dihitung pengaruh INS Flying Swing. Biar lebih jelas saya berikan tabel perbandingannya saja.
Pada tabel di atas bisa kalian lihat bahwa kenaikan Potensi DPS untuk setiap Peak Level Flying Swing lebih besar dibandingkan Circle Swing atau Whirlwind. Jadi mengorbankan Skill Point Flying Swing untuk Whirlwind itu kurang tepat. Jika alasannya karena Flying Swing EX agak susah untuk Full Hit. Yah walaupun 1/2 Full Hit, Potensi DPS Flying Swing EX masih lebih besar dibandingkan Circle Swing dan Whirlwind.

Sudah Fix ya masalah Flying Swing, sekarang tinggal Circle Swing vs Whirlwind level 11. Potensi DPS Whirlwind lebih besar sedikit dibandingkan Circle Swing. Saya memilih Circle Swing karena kemungkinan Full Hitnya lebih mudah dan araenya cukup luas.

Punishing Swing + Ring Bomb + Rolling Attack
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan besar dibawah Flying Swing. Saya sarankan untuk Ring Bomb harus menggunakan Skill Ring +1, agar potensi DPSnya maksimal.

Cyclone Axe vs Gigantic Bomb
Keterbatasan Skill Point jadi saya hanya bisa memilih salah satunya. Cyclone Axe memang memiliki potensi DPS yang lebih besar, tapi Giganic Bomb lebih instan Hit.

Highlander (Life Saver)
Masalahnya masih sama dengan sebelumnya yaitu perlu 10 Skill Point untuk menaikannya. Jika kamu ingin menaikan Life Saver bisa menurunkan Circle Swing ke level 1. Pendapat saya tentang Life Saver untuk Destroyer sih antara perlu atau tidak perlu. Perlu untuk menyelamatkan Destroyer dari One Hit KO Skill Boss Raid. Durasinya memang akan turun menjadi 5 detik ketika HP Destroyer dibawah 1%, tetapi dalam waktu 5 detik itu Destroyer masih bisa mengaktifkan Class Master I yang bisa Heal HP sebesar 3% per 2 detik (5 detik bisa 6%-9% HP) dan menggunakan Havoc Howl (+116% HP) + Howl Charging (Barier 20% HP). Tidak perlu itu jika kamu hanya bermain aman di Solo Dungeon Abyss dan Nest-nest biasa. 

Howl Charging
Skill ini seperti Guardian Force milik Guardia, hanya saja cooldownnya terlalu lama.

Maelstorm Howl
Skill pake komplitnya Destroyer karena memiliki Potensi DPS besar, Buff damage berdasarkan VIT dan debuff menurunkan damage musuh.

Build PVP

Rising Slash + Circle Break 
Semua Warrior Build PVP saya pasti menaikan kedua skill ini untuk kombo.

Stomp 
Saya menaikan Stomp level 11 hanya untuk mendapatkan debuff slown selama 6.5 detik. Slow itu bisa sangat mengganggu pergerakan musuh.

Flying Swing + Punishing Swing
Damage keduanya tidak sebesar di PVE. Selain itu Flying Swing agak susah untuk Full hit di PVP. Malahan saya lebih sering menggunakannya untuk menahan skill musuh yang memiliki damage besar.

Circle Swing + Whirlwind + Ring Bomb + Rolling Attack
Keempat skill ini memiliki damage yang besar di PVP.

Devitalizing Howl
Saya tidak tahu apa nama skill ini di DN INA, yang jelas skill ini berfungsi untuk menghilangkan Buff dan Silent musuh. Kenaikan levelnya maka akan menghilangkan Buff lebih banyak dan Silent lebih lama.

Maelstrom Howl
Saya sudah bilang kan, Maelstrom Howl adalah skill paket komplitnya Destroyer.

Skill Heraldry
PVE:
1. Ring Bomb (damage)
2. Iron Skin  (cooldown)
3. Howl Charging (cooldown)
4. Maelstorm Howl (cooldown)
Optional: Havoc Howl(cooldown), Gigantic Bomb, Rolling Attack, Flying Swing, Punishing Swing (damage) Crisis Howl (reset cooldown)
*Havoc Howl di DN SEA itu skill yang bisa meningkatkan HP 116%

PVP:
1. Maelstorm Howl (cooldown)
2. Side Kick (action speed)
3. Ring Bomb (damage)
4. Rolling Attack (damage)
Optional: Relieve, Cyclone Axe (cooldown)
    Maaf ya untuk Post Skill Build akhir-akhir ini akan lebih singkat penjelasannya, soalnya lagi kurang mood bahas panjang-panjang. Nanti kalau ada pertanyaan bisa langsung aja tanya di kolom komentar. Skill Build yang akan saya bahas kali ini adalah Elestra (Cyrcomancer) Skill Build Level 90.
   Elestra merupakan job yang memiliki pengurangan damage permanen + cukup besar dan bisa Ice Stacking. Kedua hal itulah yang membuat saya sering menggunakannya untuk Nest/Raid di cap 80 lalu. Pada Cap 90, Elestra harus kehilangan kemampuan Ice Stackingnya dan Shieldnya memiliki durasi (tidak permanen). Hal ini diperburuk dengan hilangnya Buff Frozen Burst. Developer memaksa para Elestra untuk menjadi Job DPS. Tekanan ini lah yang membuat sebagian Elestra Change Job ke Smasher, Majesty atau Saleana (duh perasaan Change Job mulu ya).
      Saya sih tidak pernah terbawa ke arus Change Job seperti beberapa orang. Saya berusaha tetap tegar dan tabah walaupun salah satu Main Job saya ini harus kehilangan pesonanya di Cap 90. Doa para Elestra pun dikabulkan. Pada 9 Desember lalu, Elestra kembali di Boost oleh Developer. Saya pun sudah sedikit menganalisis pengaruh Boostnya terhadap DPS Elestra nanti (Baca: Elestra, Gladiator, Acrobat Boost). Patch ini juga memberi harapan untuk Job-job lain yang mengalami penurunan DPS. Semoga bulan depan giliran kalian...


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: ICE + INT atau MATK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Elemental Lord Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff


Skill Build

Build PVE

Wheeling Staff vs Void Blast vs Poison Missile vs Glacial Spike
Ini adalah perbandingan yang seru antara empat Skill di Sorceress Skill Tree. Alasan saya memilih Wheeling Staff dan Poison Missile karena untuk menaikan keduanya hanya butuh 33 Skill Point. Sedangkan jika kita menaikan Glacial Spike butuh 25 SP dan Void Blast butuh 27 SP + Skill Ring. Dengan perbedaan 8 atau 6 SP saja, saya sudah mendapatkan Potensi DPS yang jauh lebih besar. Memang Wheeling Staff dan Poison Missile lumayan susah untuk Full Hit, tetapi damage 1/2 Full Hitnya saja masih lebih besar dari Void Blast atau Glacial Spike.

Beberapa orang memang kurang cocok atau belum terbiasa dengan Wheeling Staff. Jadi bisa saja menggunakan susunan skill seperti ini:
Glacial Spike lv 26  + Poison Missile lv 6
Di Update terbaru Elestra Boost mungkin kalian akan lebih sering menggunakan Glacial Spike untuk mengurangi cooldown Ice Barrier EX.

Fireball + Flame Road
Dua Skill Fire yang memiliki Potensi DPS yang cukup besar untuk Elestra, padahal dengan Fire Attack 9% saja. Oleh karena itu, jika harus memilih untuk menaikan skill di Fire Line karena skill Point melimpah, saya memilih kedua skill ini. Potensi DPS di atas sudah termasuk skill pasif Hellfire (+30% damage untuk Burn Status). Ingat ya "Burn Status", jadi kalian harus menggunakan Phoenix Storm, Flame Spark  atau Fire Burst sebelum menggunakan Fireball atau Flame Road.

Phoenix Storm + Flame Spark
Sebelumnya saya sudah bilang, kedua skill ini bisa digunakan untuk Burn Status. Phoenix Storm juga memiliki Debuff untuk mengurangi Element Resist sebesar 20%.

Icy Shard (Freezing Sword) + Freezing Field + Frozen Spike (Ice Stab) + Chilling Mist
Keempat skill ini saya naikan Max karena memiliki Potensi DPS yang berada di urutan 1-4. Potensi akan menjadi lebih besar lagi ketika Update Elestra Boost sudah di patch.

Blizzard Storm 
Pada Update terbaru, Elestra akan Invincible (tidak bisa dihit) saat menggunakan Blizzard Storm (Seperti Heavenly Judgement).

Ice Sphere
Di Cap 80, Ice Sphere (Frozen Burst) merupakan Top DPS Skill untuk Elestra. Sayangnya Buff Frozen Burst sudah dihapuskan sehingga Potensi DPSnya harus turun. Ice Sphere ini juga menjadi satu-satunya skill Elestra yang bisa membekukan musuh pada Update terbaru nanti.

Build PVP

Wheeling Staff + Poison Missile
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Kalian bisa menggunakan kombo Wheeling Staff + Hit biasa + Poison Missile.

Flame Road
Jika dihitung-hitung sih, Flame Road memiliki damage yang paling besar diantara ketiga skill di atasnya.

Ignite vs Shatter
Di PVP, semua skill fire memiliki Burn Status. Burn Status juga memiliki durasi yang lebih lama daripada Frosbite. Oleh karena itu dengan casting time sekitar 2 detik, menggunakan Ignite akan memiliki kemungkinan berhasil lebih besar dibandingkan Shatter.

Icy Shard (Freezing Sword) + Freezing Field + Frozen Spike (Ice Stab) + Chilling Mist
Seperti biasa, ke empat skill Ice ini masih menjadi andalan saya di PVP.

Blizzard Storm + Fiery Vortex
Kedua Ultimate Skill ini bisa kalian gunakan di PVP. Diantara keduanya memang Fiery Vortex yang paling aman, karena bisa di cancel dan ada pengurangan damagenya juga. Di Update terbaru memang dikatakan kalau casting Blizzard Storm bisa tidak kena hit, tetapi saya tidak tahu apakah itu berlaku untuk PVP. Soalnya jika disamakan dengan Heavenly Judgement sih, sepertinya masih bisa kena hit.

Ice Sphere
Skill beku andalan Elestra. Semakin tinggi levelnya maka durasi bekunya akan semakin lama.


Skill Heraldry
PVE:
- Freezing Field (damage)
- Chilling Mist (damage)
- Frozen Spike (damage)
- Icy Shard (damage)
Optional: Ice Shield (damage reduction), Blizzard Storm (cooldown)

PVP:
- Freezing Field (damage)
- Chilling Mist (damage)
- Ice Shield (damage reduction)
- Icy Shard (damage)
Optional: Blizzard Storm (cooldown), Frozen Spike (damage)
    Wah ditinggal dua hari (Sabtu + Minggu) kolom komentar masih bernuansa Machina aja. Saya tidak akan Update Skill Build Machina sebelum semua Skill Build job terdahulu selesai.  Dua hari kemarin kebetulan saya sibuk persiapaan dan tanding untuk Event PVP Guild 4v4 di DN SEA. Yah walaupun Team saya hanya sampai 8 besar, tapi setidaknya pengalaman pertama ikut event PVP lumayan seru juga. Kali ini saya tidak akan membahas masalah PVP, tapi tentang Crusader Skill Build Level 90.
    Crusader sempat menjadi JOB yang memiliki DPS yang sangat besar di Cap 80, terutama pada Light Party. Revamp Buff/Debuff membuat Light Party tidak bisa melakukan Stacking Light Attack dan Light Resist, sehingga Potensi DPS Crusader di Party lumayan terjun bebas. Selain itu, hilangannya Buff +STR dan INT di Ultimate Skill Paladin memperburuk Potensi DPSnya. Beberapa kali Crusader sudah di Boost, tetapi Potensi DPSnya memang tidak bisa seperti Cap 80 lalu. Hal itulah yang membuat beberapa player melakukan Change Job. Padahal jika saya bandingkan Potensi DPS Solo-nya (no Party) malah meningkat. 



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: LIGHT + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Heraldry + Talisman
- Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Intellect (Wise)
- Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Magician, Fatal dan Intellect (Wise)

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear, PATK = 35986, MATK = 35171, Light Attack = 70%
- Semua Skill Full Hit dan Buff/Debuff

Skill Build

Build PVE

Charge Bolt
Diantara semua Skill DPS Aktif di Cleric Skill Tree, Charge Bolt memang yang terbaik untuk Job Light Attack. Selain memiliki Potensi DPS yang cukup besar, Charge Bolt juga mempunyai jumlah Hit yang banyak sehingga bisa membantu/mempercepat pengurangan cooldown Electric Smite.

Block
Sebenarnya saya agak malas ambil Block untuk Build PVE, karena mengaktifkan Block bisa mengganggu kelancaran kombo. Yah daripada bingung mau buang 10 Skill Point kemana lagi. Jika kalian tidak ingin menaikan Block juga, bisa memasukan 10 Skill Pointnya ke Lightning Zap saja.

Holy Relic
Potensi DPS menduduki peringkat ketiga jadi sudah sewajarnya untuk MAX.

Sacred Hammering
Saya tidak memasukan Sacred Hammering di tabel Potensi DPS karena sedang malas menghitungnya. Jika dihitung pun sudah pasti Potensi DPS yang besar, sehingga wajib untuk MAX.

Lightning Zap
Saya masih heran kenapa Lightning Zap masih termasuk Magic Damage, padahal Crusader sekarang termasuk Physical Job (berdasarkan PATK). Jadi untuk Crusader tipe STR, Potensi DPS Lightning Zap tanpa Judge Power akan lebih kecil daripada di atas.

Electric Smite
TOP DPS skill wajib MAX

Shin Breaker + Armor Break + Shield Charge
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan kecil, jadi hanya digunakan untuk pelengkap Instan Skill saja.

Skill Guardian Line
Saya sebenarnya hanya ingin mengambil Iron Will tetapi apa daya harus ambil skill di atasnya. Divine Ascension saya gunakan sebagai pelengkap saja, soalnya tidak bisa di spam seperti Guardian.

Divine Avatar + Thor Hammer
Divine Avatar bisa kalian gunakan disaat-saat genting di Nest/Raid karena masih invincible (tidak bisa dihit). Sedangkan Thor Hammer bisa digunakan ketika saat santai, seperti tidak ada skill boss yang pedih atau bisa menggagalkan cast Thor Hammer.

Judgement Hammer
Saya pernah ditegur oleh pembaca gara-gara skill ini. Dia bilang mana mungkin Judgement Hammer bisa memiliki Potensi DPS yang besar seperti itu. Sekali lagi itu adalah Potensi DPS Full Hit ya, kalau kamu tidak percaya bisa coba lepas semua Armor/ACC dan Plate, lalu coba lakukan Judgement Hammer lawan Black Dragon. Hal itu dikarenakan Potensi DPS maksimalnya hanya bisa didapatkan ketika melawan musuh yang super panjang dan besar, seperti naga-naga.

Build PVP

Divine Combo + Holy Kick 
Holy Kick memiliki kemungkinan Stun yang cukup besar, sedangkan Divine Combo bisa membuat lawan terjatuh.

Provoke
Selalu menggunakan Provoke sebelum melakukan kombo karena bisa mengurangi Stun dan Critical Resist musuh.

Sacred Hammering
Damagenya di PVP memang besar tetapi cooldownnya terlalu cepat.

Lightning Zap
Di PVP, skill ini sangat berguna ketika melawan musuh yang super lincah karena bisa mengganggu pergerakan mereka. Damageya juga di PVP lumayan besar juga, apalagi ditambah Skill Ring +1.

Elecric Smite
Masih menjadi salah satu skill yang damagenya besar di PVP.

Divine Ascension + Divine Vengeance
Saya menaikan kedua skill ini di PVP untuk counter attack saat sedang block.

Judgement Hammer
Skill ini bisa digunakan untuk mengerjai musuh yang memiliki Stun Resist kecil, karena kadang-kadang bisa membuat musuh Stun.

Skill Heraldry
PVE:
- Electric Smite (damage)
- Holy Relic (damage)
- Divine Avatar/Thor Hammer (cooldown)
- Judgement Hammer (damage)
Optional: Judge Power (Buff Duration)

PVP
- Half Turn Kick (action speed)
- Holy Kick (action speed)
- Holy Relic (damage)
- Electric Smite (damage)
Optional: Divine Avatar, Block (cooldown), Stomping Kick (action speed)
      
     Hari ini saya mau istirahat dulu dari Post Skill Build, soalnya Update terbaru lumayan menggiurkan untuk dibahas. Pada tanggal 9 desember 2015 lalu ada Update Skill Boost terbaru di DN Korea. Job yang di Boost kali ini adalah Gladiator, Acrobat (Tempest + Windwalker) dan Elestra (Cyromancer). Padahal minggu lalu saya baru Curhat masalah acrobat di Windwalker Skill Build, eh 4 hari kemudian Developer update Acrobat Boost (wah curhatan saya dibaca Developer "Geer mode"). Boost Acrobat lebih kepeningkatan Board Damage Skill di Acrobat Skill Treenya saja.
     Gladiator dan Elestra (Cyromancer) mendapatkan Boost yang agak berbeda dengan Acrobat. Mereka mendapatkan Boost untuk Mekanisme Skill EX dan Class Mastery I.  Boost untuk Gladiator ini bisa menjadi ancaman untuk Barbarian atau Moonlord (Lunar Knight). Seandainya Boost ini bisa cepat sampai DN INA dan SEA, bisa-bisa harga Change Job akan naik di TH. Sedangkan untuk Elestra saya agak kurang yakin kalau DPSnya setelah Boost akan bisa menyaingi Saleana (Pyromancer) dan Smasher. 
    Tidak hanya Acrobat, Gladiator dan Elestra yang mendapatkan Boost, tetapi Priest dan Machina juga. Priest hanya mendapatkan perbaikan error damage dari Skill Grand Cross, sedangkan Machina banyak Skill yang di Boost. Berhubung saya belum punya char Machina dan sedang tidak sempat leveling Machina di DN INA, jadi saya tidak bisa menganalisis Machina-nya (termasuk membuat Skill Buildnya :P). Saya juga sedang malas mengedit Analisis Swordmaster, Elemental Lord dan Acrobat sebelumnya. Lebih baik saya langsung beri hasilnya saja disini, supaya kalian tidak pusing lihat banyak angka bergentayangan di layar. hehehe



Sword Master
Triple Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Deep Straight (Front Shove): cooldown menjadi 13 detik (PVP)

Provoking Slam (Luring Slash): serangan meningkat (PVE)
Lv1: 148% > 433%
Lv9: 217% > 920%

Eclipse: Setiap peningkatan level maka cooldown akan berkurang 1 detik (PVE)

Line Drive: serangan meningkat
Lv1: 1198% > 1748%
Lv6: 1621% > 2381%
Lv11: 2042% > 3013%
Lv13: 2139% > 3159%


Gladiator
Evasion Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Class Mastery I:
- Bubble STR dari 10 menjadi 20 (PVE/PVP)
- Durasi Buff dari 5 detik menjadi 60 detik (PVE/PVP)
- 1 Bubble dari 0.6% STR menjadi 0.4% STR (Berarti dari Max 60% menjadi 80% STR)
- Ketika Bubble mencapai 20 maka cooldown dari Skill Gladiator** berkurang 50%
(**Triple Slash, Deep Straight (Front Shove), Hacking Stance, Line Drive dan Evasion Slash)
- Cooldown Bubble STR dari 0.5 detik menjadi 0.3 detik (PVE) dan 2 detik (PVP)

Line Drive EX:
- Damage untuk setiap Wind Blade meningkat dari 5% menjadi 10% (PVE/PVP)
- Menekan tombol mundur + Cast Skill akan membuat jarak serangan berkurang dan klik kanan setelah Cast akan otomatis melakukan Dash Kick (PVE/PVP)
(Mekanisme terbaru ini sangat membantu untuk cast Line Drive EX + Line Drive INS)

Finish Attack EX:
- Pada Versi EX, cooldownya berubah menjadi 5 detik dan hanya bisa di Cast dengan mengorbankan Bubble STR sebanyak 15. (PVE/PVP)

Evasion Slash:
- Efek tambahan: Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE)

Analisis Potensi DPS
Sebelumnya terima kasih yang udah koreksi tentang Boost Gladiator ini ya. Berdasarkan Video yang salah lihat tentang Boost Gladiator terbaru maka kemungkinan kalian bisa menggunakan 2 Gameplay. Pertama tetap bertahan di 20 Bubble untuk mendapatkan pengurangan cooldown skill 50% atau Spam Finish Attack setiap 5 detik. Spam Finish Attack itu memerlukan beberapa syarat yang tidak mudah, yaitu:

Gladiator harus melakukan 1 Hit setiap 0.3 detik (cooldown Bubble STR)
Dengan melakukan 1 Hit/0.3 detik maka gladiator bisa melakukan Cast Finish Attack setiap 5 detik sekali. Memang agak tidak mungkin kalau kita perhitungkan Casting Time untuk Skill, tapi saya tetap menghitung Potensi DPS terbesarnya. Soalnya pada perhitungan kolom Cap 80 dan 90 juga menggunakan Potensi DPS maksimal. 

Jika konsisten, maka cooldown skill menjadi:
- Triple Slash: 5 detik
- Deep Straight (Front Shove): 6.5 detik
- Hacking Stance: 24 detik
- Line Drive: 26 detik
- Evasion Slash:  5 detik

Efek tambahan Evasion Slash
Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE). Dengan asumsi cooldown Evasion Slash = 5 detik, maka Triple Slash atau Deep Straight bisa digunakan setiap 5 detik sekali. Kita tidak mungkin menggunakan Triple Slash dan Deep Straight bersamaan kan? jadi saya tambahankan sedikit pengaruh casting timenya, sehingga cooldown Triple Slash tetap 5 detik dan Deep Straight menjadi 6.5 detik (+1.5 detik Casting Time Triple Slash).

Kesimpulan
Berdasarkan Analisis di atas saya lebih memilih untuk menggunakan Gameplay 20 Bubble pada Gladiator Boost nanti. Hal tersebut dikarenakan cooldown skillnya akan tetap konsisten di pengurangan 50%. Jika kalian Spam Finish Attack, cooldown skill akan berjalan seperti biasa (tanpa pengurangan 50%), karena Finish Attack akan mengonsumsi 15 Bubble kalian setiap 5 detik. Saran saya sih gunakan Gameplay campur-campur, misalnya hanya menggunakan Spam FA ketika HP Boss di bawah 20%.

Acrobat
Spiral Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 240% > 414%
Lv6: 343% > 647%
Lv11: 446% > 879%
Lv16: 550% > 1112%
Lv19: 581% > 1182%

Blooming Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 489% > 1151%
Lv6: 804% > 2000%
Lv11: 1118% > 2635%

Cyclone Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1140% > 1972%
Lv6: 1521% > 2658%
Lv11: 1902% > 3344%
Lv13: 1984% > 3491%

Kick Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 478% > 894%
Lv6: 623% > 1198%
Lv11: 768% > 1502%
Lv16: 912% > 1806%
Lv19: 948% > 1881%

Binding Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 370% > 626%
Lv6: 503% > 885%
Lv11: 636% > 1144%
Lv16: 769% > 1404%
Lv17: 780% > 1425%

Double Somersault Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 514% > 907%
Lv6: 743% > 1353%
Lv11: 971% > 1799%
Lv 15+1: 1200% > 2204%

Spiral Vortex: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 932% > 2221%
Lv6: 1290 > 3135%
Lv11: 1648% > 4048%
Lv13: 1731% > 4258%

Eagle Dive: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 450% > 791%
Lv6: 645% > 948%
Lv11: 645% > 1178%
Lv16: 743% > 1371%
Lv18: 760% > 1403%


Tempest
Hurricane Dance: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 705% > 1462%
Lv6: 868% > 1828%
Lv11: 1031% > 2194%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Tempest meningkat sebesar 61%


Windwalker
Rising Strom: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1137% > 2424%
Lv6: 1421% > 3072%
Lv11: 1705% > 3711%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Windwalker meningkat sebesar 54%


Elemental Lord
Blizzard Storm: tidak dapat dihit ketika cast Skill


Elestra
Ice Sphere: cooldown menjadi 25 detik (PVP)

Ice Barier:
- Efek Freeze (beku) dihilangkan (PVE/PVP)
- Durasi menjadi 60 detik dan cooldown menjadi 120 detik (PVE/PVP)
- Durability Shield 195% MATK

Class Mastery I: Setiap serangan Ice yang berhasil mengenai musuh maka cooldown Ice Barier akan berkurang 1 detik (PVE/PVP). Ice Attack meningkat 20%.

Ice Barrier EX
- Tidak bisa memcahkan Barrier secara manual
- Selama durasi Ice Barrier, cooldown dari Elestra Skill** menjadi lebih cepat 30%
(**Freezing Sword (Icy Shard), Freezing Field, Ice Stab (Frozen Spike), Chilling Mist, Blizzard dan Ice Sphere)
- Ice Attack Buff hanya berpengaruh ketika durasi Ice Barrier
- Buff Ice Attack +30%
Analisis Potensi DPS
Note:
- Asumsikan Ice Barrier EX tidak pernah pecah dan Elestra berhasil melakukan minimal 60x Hit serangan Ice selama 60 detik, sehingga Buff Ice Barrier menjadi permanen.


Priest
Grand Cross: perubahan damage karena adanya Bug Fix (PVE/PVP)
Lv1: 471% > 361%
Lv6: 568% > 428%
Lv11: 663% > 494%
Lv16: 758% > 561%

Koefisien:
Sebelum: 5 Hit = 1x Board Damage
Sesudah: 1x Hit = 1x Board Damage

Analisis Potensi DPS
Ada dua job yang terpengaruh dengan Boost Grand Cross di atas yaitu Saint dan Inquisitor. Inquisitor mendapatkan keuntungan paling besar dengan Boost itu, karena damage Grand Cross ketika Consecration. Oleh karena itu, saya gunakan Potensi DPS Inquisitor saja.

Potensi DPS Inquisitor meningkat sebesar 68%

Sekalian nitip pesan deh buat Inquisitor yang tidak suka menaikan Grand Cross Max. Tuh Potensi DPSnya segede gitu, masa kalian masih tetap menaikan Grand Cross level 1. Hmm~



     Hasil Polling untuk Guardian sama dengan Flurry, jadi biar adil saya posting dihari yang sama (sekalian biar cepat kelar juga). Oh ya saya baru ingat juga ternyata hari ini DN INA keluar Machina (Maquina). Maaf ya tidak bisa membantu membahas Maquina karena saya tidak punya char itu, kecuali ada yang mau kasih pinjam Machina level 90 untuk test skill (ngarep banget).
     Kembali ke topik utamanya tentang Flurry Skill Build level 90. Kejayaan Job Non Element di Cap 90 ini, ikut mengangkat nama Flurry menjadi salah satu Top DPS. Sebenarnya potensinya sudah mulai terlihat di Cap 80 dan saya juga sering menggunakan Flurry untuk Nest. Sayangnya itu hanya berlaku untuk beberapa Party saja. Kebanyakan Party masih terpaku pada susunan Element Party yang membosankan. Di Cap 90, ketika pengaruh Element Party menjadi loyo, banyak party yang mulai mencari Job Non Element (ih baru sadar).
     Kelemahan Flurry itu tergantung dengan Gameplay pilotnya. Jika pilotnya hanya melakukan Spam Skill asal-asalan, jangan berharap kalian mendapatkan Potensi DPS yang besar. Flurry harus pandai dalam merotasi Skill yang memiliki Hit banyak, agar Vulnerable Status bisa sering muncul minimal 7 detik sekali. Selain itu, Flurry harus pandai mengatur Fatigue ketika sedang menggunakan Buff (Scar/Wall Maker dan Eratic Power), agar efek Fatiguenya tidak mengganggu pergerakan kalian.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau  STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Lancea Class
- Skill Full Hit + Buff


Skill Build

Build PVE

Cross Cutter
Cross Cutter memiliki Potensi DPS yang paling tinggi diantara semua skill di Lancea Skill Tree.

Shutter Bounce
Saya hanya menaikan Shutter Bounce sampai level 16 untuk mendapatkan Peak level dan penghematan Skill Point.

Stab Screw vs Spear Hand
Kalian bisa memilih antara Stab Screw atau Spear Hand level 16. Potensi DPS Spear Hand di atas itu ketika serangan berada di tengah musuh (biasanya dengan melakukan Spear Hand berdempetan dengan musuh). Memang agak sulit dijelaskan dengan kata-kata, mungkin video saya tentang Sting Breezer Skill Deskripsi bisa sedikit membantu.

Kalian bisa melihat pada bagian Spear Hand EX yang memiliki 2.4x Board Damage (untuk Flurry hanya 2.1x Board Damage). Jika kalian belum terbiasa lebih baik memilih Stab Screw level 16, karena menggunakan Spear Hand tidak dengan cara di atas akan memiliki Potensi DPS yang lebih kecil dari Stab Screw EX.

Spinning Cut + Spinning Swing
Dua skill yang memiliki Potensi DPS besar ini sangat layak dinaikan sampai Peak Level (6,11,16,21,26). Potensi DPS di atas untuk Spinning Cut EX (Stage 2 + klik kanan) dan Spinning Swing (4x putaran + klik kanan).

Lollipop Chups vs Fling-Fling
Kedua Skill ini memiliki DPS yang tidak jauh berbeda. Potensi DPS di atas untuk Lollipop Chups dan Fling-Fling level 16. Kalian hanya bisa memilih salah satunya untuk MAX (Skill Point terbatas). Saya lebih memilih Lollipop Chups karena memiliki Iframe dan casting timenya lebih cepat, sehingga kemungkinan Full Hitnya lebih besar.

Fling Sky
Ultimate skill yang wajib untuk Flurry.

Eratic Power + Scar Maker + Wall Maker
Seperti yang saya katakan di awal post, kalian harus bisa mengatur Fatigue dari ketiga skil ini. Jika tidak ada Healer jangan memaksa untuk tetap mengaktifkan Eratic Power karena HP kalian akan terus berkurang dan jalan pun menjadi lambat. Saran saya setiap 10 Fatigue, kalian non aktifkan Eratic Power selama 10 detik untuk mengembalikan Fatigue ke 0. Selain itu, jangan terlalu sering Cast Scar/Wall Maker ketika Eratic Power Aktif karena akan mempercepat Fatigue sampai 10. Sebaiknya setiap akan menggunakan Scar/Wall Maker bisa mematikan sebentar Eratic Powernya.

Spinning Skewer
TOP DPS Flurry ini sangat tergantung dari gameplay kalian. Cobalah merotasi skill yang memiliki banyak Hit seperti Lollipop Chups, Stab Screw, Spinning Swing dan Rough Sweep, agar Vulnerable statusnya lebih sering.

Rough Sweep
Saya perhatikan masih ada Flurry yang sering menggagalkan Rough Sweep dipertengahan cast. Padahal damagenya akan berkurang 50% jika kalian melakukan itu. Saya juga akan menggagalkan Castnya jika ditengah cast Vulnerable Status muncul (demi mendapatkan 5x Damage Spinning Skewer :P).

Build PVP


Cross Cutter + Wheel Blade 
Skill untuk pelengkap kombo di PVP

Headbutt vs MP Recovery
Flurry PVP biasanya sering sekali spam skill ini. Supaya damagenya besar saya naikan sampai level 16, tetapi MP Recovery harus diturunkan ke level 1. Saya belum test bagaimana konsumsi MP Flurry di PVP level 90 (Flurry saya belum 90). Jika kalian merasa MPnya terlalu bocor, bisa mengurangi Headbutt ke level 6 atau 11 dan naikan MP Recovery Max.

Skill Line Flurry
Diantara semua skill di Line Flurry, haya Stab Screw saja yang saya tidak naikan sampai Peak Level/Max. Alasan utamanya lebih kepada penghematan Skill Point supaya bisa menaikan Skill lain yang damagenya besar di PVP.

Fling-Fling + Dent Blow
Kedua Skill ini merupakan Skill Sting Breezer Line yang paling saya sering gunakan di PVP.

Spring Haze
Fungsinya agak mirip dengan Fan of Edge/Swift Shot, hanya versinya lebih besar. Skill ini memiliki damage yang lumayan besar dan bisa membuat musuh terpental di PVP.

Spinning Skewer
Selain damagenya pada saat Vulnerable Status, jangan lupa juga kalau Spinning Skewer memiliki Iframe 0.3 detik.


Skill Heraldry
PVE:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (damage)
- Spinning Cut (damage)
Optional: Flying Sky, Shutter Bounce  (cooldown) Cross Cutter, Spear Hand (damage)

PVP:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (cooldown)
- Headbutt (action speed)
Optional: Fling-Fling, Flying Sky, Shutter Bounce (cooldown) Spinning Cut, Cross Cutter, Spear Hand (damage)

    Sehabis pulang Travelling kembali disibukan dengan Update Skill Build terbaru. Job yang memenangkan hasil Polling selanjutnya adalah Guardian. Saya agak khawatir kalau harus membahas tentang Guardian Skill Build Level 90, karena banyak pro Guardian di DN INA/SEA. Kalian harus bantu koreksi Skill Build saya ya, soalnya saya hanya memiliki waktu yang terbatas untuk masing-masing job. Sehingga pasti akan ada hal-hal yang tidak saya ketahui/terlewat juga.
    Pada Cap 90, Guardian kembali mendapatkan harapan untuk lolos dari masalah diskriminasi Job. Developer benar-benar merancang Skill Guardian untuk menjadi Tanker. Saya sedikit aneh ketika ada yang bertanya tentang Guardian tipe DPS. Walaupun di Boost lumayan besar tetapi Guardian tetap tidak akan bisa menjadi DPS. Kecuali kalian hanya menjadi Solo Player saja, sehingga perlu menaikan skill-skill yang memiliki Potensi DPS besar untuk menyelesaikan Solo Nest/Dungeon dengan cepat.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT
Weapon + Ring: LIGHT + STR/VIT atau PATK + STR/VIT
Earring + Necklace: STR + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Paladin Class
- Skill Full Hit + Buff
- Holy Kick + Plate = Half Turn Kick + Holy Kick (action speed) / cooldown:  1 detik
- Holy Kick (16/2) = digunakan setiap 2 detik sekali (cd 2 detik)/ no plate
- Holy Kick (16/3) - (16/5) = cast Holy Kick setiap 3-5 detik sekali.

Skill Build

Build PVE

Build 2
Build ini untuk yang suka dengan Stance of Faith Max

Divine Combo 
Di Cap 90 ini saya tidak merekomedasikan kalian menaikan Divine Combo untuk Max karena potensi DPSnya sangat kecil. Kalian bisa menaikannya ke level 1 atau 6.

Holy Kick vs Sacred Hammering
Membandingkan kedua lumayan sulit karena sangat tergantung pada Gameplay masing-masing. Saat bermain Guardian saya lebih menyukai Gameplay Full Skill atau tidak hanya Spam satu skill saja. Di PVE saya jarang sekali bermain tendangan karena saya merasa itu kurang efektif jika dijadikan sebagai DPS utama Guardian. Kalian bisa hitung sendiri berapa detik sekali kalian menggunakan Holy Kick dengan merekamnya lewat video ketika Nest/Dungeon. Nah jika rata-rata kalian menggunakan Holy Kick lebih dari 6 detik sekali, saya sarankan sih naikan saja sampai level 6.

Sacred Hammering juga sama dengan Holy Kick, jika kalian jarang menggunakan normal hit maka Potensi DPSnya tidak akan sebesar di atas. Dilema antara Skill perusak klik kanan (Holy Kick) atau klik kiri (Sacred Hammering). Kebiasaan saya sih lebih sering Normal Hit (klik kiri), sehingga saya memilih Sacred Hammering level 11.

Holy Relic
Potensi DPSnya memang tidak besar, tetapi Holy Relic ini mudah di Cast dari jarak agak jauh dan areanya lumayan besar.

Lightning Zap
Awalnya saya kira damage Lightning Zap itu berdasarkan PATK Guardian, tapi ternyata masih MATK Guardian. Potensi DPSnya pun sangat kecil jadi tidak perlu dinaikan.

Electric Smite
Jika tidak ada Sacred hammering dan Holy Kick, Electric Smite bisa menempati posisi ke 5 DPS Skill., sehingga masih bagus untuk Max.

Shin Breaker + Armor Break + Shield Charge
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan kecil. Jika kalian menyukai salah satunya, bisa menaikan Armor Break saja karena hanya butuh 9 Skill Point (+ 1 Skill Ring) dan Potensi DPSnya paling besar.

Stance of Faith
Stance of Faith level 6 sudah cukup untuk Spam 10x Divine Ascension.

Divine Ascension  vs Guardian Force
Ketiga skill ini membutuhkan Bubble dari Block/SoF, sehingga bisa saling bentrok. Potensi DPS terbesar adalah spam 10x Divine Ascension EX ketika Stance of Faith. Di Nest/Raid, melakukan spam Divine Ascension itu tidak mungkin karena teman party pasti lebih membutuhkan Guardian Force. Kalian perlu ingat bahwa posisi Guardian itu lebih ke arah Tanker yang mementingkan keselamatan Party. Oleh karena itu kalian perlu pintar-pintar melihat situasi agar nantinya tidak merugikan orang lain, kecuali kalian hanya bermain Solo Dungeon/Nest.

Divine Vengeance
Potensi DPSnya juga lumayan besar di PVE tetapi tidak sebesar Divine Ascension. Jadi lebih baik Spam Divine Ascension dibandingkan dengan Divine Vengeance.

Divine Avatar + Thor Hammer
Saya menaikan Dua Ultimate Skill ini. Divine Avatar saya gunakan untuk Nest/Raid disaat situasi genting saja, sedangkan Thor Hammer saya gunakan ketika solo leveling/dungeon atau kadang-kadang pada saat Nest.

Justice Crash
Pengurangan 50% cooldown membuat Justice Crash bisa menempati urutan kedua. Justice Crash EX juga memiliki Debuff pengurangan damage musuh yang sangat berguna ketika menjadi Tanker.

Build PVP
Saya tidak pernah membuat Skill Build untuk PVP jadi harap maklum kalau kacau.

Divine Combo + Holy Kick 
Skill wajib untuk guardian di PVP. Holy Kick memiliki kemungkinan Stun yang cukup besar. Seandainya Ladder Cap 90 dikembalikan seperti Cap 80, mungkin dengan menggunakan Jade Stun akan meningkatkan kemungkinan Stun lebih sering lagi,

Holy Bolt
Terimakasih untuk Infonya, Holy Bolt level 11 bisa mengikat musuh selama 2 detik di PVP.

Sliding Knee Kick
Bisa kalian naikan ke level 6 atau 1 sesuaikan dengan gameplay kalian saja. Kelebihan level 6 adalah memiliki penambahan serangan diakhir cast.

Holy Relic + Sacred Hammering + Lightning Zap
Saya mencoba ketiga skill ini di Practice Mode dan damagenya tidak terlalu besar. Sacred Hammering memang lumayan sakit di Level 11, tetapi durasi Buffnya terlalu cepat di PVP.

Elecric Smite
Masih menjadi salah satu skill yang damagenya besar di PVP.

Shin Breaker + Armor Break + Shield Charge
Diantara ketiga skill ini yang memiliki damage lumayan di PVP adalah Armor Break level 11. Kalian bisa saja menukar skill point dari skill lain, misalnya tidak menaikan Sliding Knee Kick lalu semua Skill Point sisanya dimasukan ke Armor Break sampai level 10.

Stance of Faith
Perbedaan waktu Stance antara level 6 dengan 11 hanya 2 detik. Jadi saya kira level 6 saja sudah cukup untuk menahan serangan seperti Tracking Arrow dll.

Divine Ascension + Divine Vengeance
Saya menaikan kedua skill ini di PVP untuk counter attack saat sedang block.

Justice Crash
Skill ini memiliki damage yang besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
Tipe 1 (Tanker)
- Stance of Faith (buff duration)
- Iron Will (buff duration)
- Divine Avatar (cooldown)
- Block (cooldown)
Optional: Electric Smite, Holy Relic, Divine Ascension (damage), Divine Punisment (Buff Duration)

Tipe 2 
- Half Turn Kick (action speed)
- Holy Kick (action speed)
- Divine Ascension (damage)
- Electric Smite (damage)
Optional: Block, Divine Avatar/Thor Hammer(cooldown), Holy Relic (damage), Divine Punisment. Iron Will (Buff Duration)

PVP
- Half Turn Kick (action speed)
- Holy Kick (action speed)
- Block (cooldown)
- Justice Crash (cooldown)
Optional: Divine Avatar(cooldown), Electric Smite (damage), Stomping Kick (action speed)
    Maaf ya dua hari kemarin saya sibuk banget sampai tidak bisa posting Skill Build. Kayanya sih seminggu ini bakal susah buat bikin postingan di blog, soalnya masih banyak acara. Seharusnya posting ini buat hari minggu kemarin tapi baru sempat saya post hari ini. Skill Build yang akan saya bahas adalah Ripper Skill Build Level 90.
    Ripper hampir memiliki nasib yang sama dengan Raven di Cap 90. Job yang naik daun di Cap 80 ini tiba-tiba meredup di Cap 90. Ini bisa jadi dikarenakan kenaikan Potensi DPSnya tidak terlalu besar di Cap 90 (baca: Analisis Chaser Class). Seharusnya sih buat Job dengan Gameplay agak ribet di PVE, peningkatan damagenya lebih besar lagi.
    Izuna Drop dan Cripple Punisher mendapatkan pengurangan damage yang paling besar untuk Ripper. Kedua skill ini saling berhubungan karena pada saat Cripple Punisher, clone bisa melakukan Izuna Drop. Berati Cripple Punisher mendapatkan kerugian 2x, pertama Board Damagenya dikurangin lalu damage Izuna Drop Clone juga berkurang. Untungnya damage skill lainnya dinaikan lumayan besar bahkan ada yang lebih dari 100%, sehingga bisa menutupi kekurangan DPS dari Izuna Drop dan Cripple Punsiher. Harapan saya sih semoga ada kenaikan damage yang lebih layak lagi untuk Job-Job Element dengan Gameplay ribet seperti Ripper.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: FIRE+ AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS

Keterangan:
- PATK: 50000, Fire Attack: 50% dan Dark Attack: 18%
- Skill Full Hit + Buff

Skill Build

Build PVE
Build tanpa Dedicated Crow (Heal)

Build dengan Dedicated Crow (Heal)

Fan of Edge
Tidak ada pilihan skill lain untuk PVE. Fan of Edge sudah yang paling besar DPSnya dibandingkan dengan DPS Skill lain di Assassin Skill Tree.

Shift Blow
Salah satu skill yang mendapatkan efek Class Mastery II (INS 90).Shift blow memiliki Potensi DPS yang besar juga dan menempati urutan ke 3 terbesar.

Camouflage (Flame Locust)
Level 16 sudah Peak Level karena memiliki damage yang besar dan cooldown yang cepat.

Blade Runner vs Applause
Kedua skill ini memiliki cooldown yang sama dan debuff. Blade Runner EX memiliki debuff mengurangi Element Defence dan Applause mengurangi Critical Resist. Dilihat dari Board Damagenya Blade Runner lebih unggul, tetapi Applause bisa juga unggul bila 2x Damage. Setelah saya hitung Potensi DPSnya pada Ripper Full Fire, Blade Runner EX berhasil unggul hampir 2x lipat dari Applause 2x Damage. Beberapa orang bilang, Blade Runner kurang efektif karena damagenya tidak akan keluar jika tidak menghit monster (ya iyalah namanya juga Miss). Itu sih terlalu pesimis, masa dari Cap 70-80 alasannya masih tetap sama. Saya hitung-hitung sih, jika kalian Miss sebanyak 3x dalam 5x Cast Blade Runner, itu masih memiliki DPS yang lebih besar dibandingkan 5x Applause (Normal) mengenai musuh.

Mortal Blow vs Rain Drop
Mungkin kalian heran, bagaimana Rain Drop yang memiliki elemen Dark bisa mengalahkan Potensi DPS Mortal Blow yang berelemen Fire. Sebagian mungkin belum mengerti tentang Koefisien setiap Skill. Memang Mortal Blow memiliki Board Damage yang lebih besar di keterangan Skillnya, tetapi Full Hit Rain Drop adalah 8x Board Damage yang tertera. Simpelnya kita coba bandingkan saya Mortal Blow vs Rain Drop (Level 11).
Mortal Blow: 1250%
Rain Drop: 351% x 8 = 2808%
Lumayan jauh kan? untungnya damage Mortal Blow bisa ditolong oleh Fire Attack Ripper. Selain itu, Mortal Blow memiliki jumlah Hit lebih sedikit (1 Hit) sehingga potensi untuk Full Hitnya lebih besar dibandingkan Rain Drop yang 8 Hit.

Izuna Drop
Duh saya malas bahas skill ini. Tadinya saya berfikir untuk menaikannya hanya level 1, cuman masih tidak tega. Lagian kan Izuna Drop termasuk skill INS 90 juga, jadi saya kira masih cukup layak untuk level 11.

Cripple Punisher
Senasib dengan Izuna Drop, skill ini juga mendapat penurunan DPS yang lumayan besar di Cap 90. Tetapi Cripple Punisher (clone mode) masih memiliki Potensi DPS yang jauh lebih baik dibandingkan Izuna Drop.

Artful Chaser
Skill ini masih tetap mempertahankan posisinya sebagai TOP DPS Skill Ripper.

Build PVP

Shadow Hand + Piercing Strike + Triple Edge
Seperti biasa, Assassin saya selalu menggunakan ketiga Skill ini di PVP.

Applause + Punishment + Izuna Drop
Ketiga skill ini memiliki damage yang lumayan besar di PVP.

Rain Drop + Mortal Blow
3x CTC sangat berguna sekali di PVP

The End
Ultimate Skill Raven ini kadang-kadang saya gunakan di PVP, terutama ketika melawan musuh Sorceress atau job-job yang bisa Counter Serangan Cripple Punisher.

Dedicated Crow
Saya copy paste penjelasan di Raven Skill Build aja ya, hehehe.
"Saya perhatikan masih banyak Chaser yang kurang bisa menggunakan Skill ini di Ladder/PVP. Heal hanya bisa didapatkan jika kalian terkena serangan Magic saja. Kalian harus menunggu musuh mengeluarkan Skill baru menabrakan diri ke Skillnya, misalnya Poison Missile (Toxic Spray) Sorce atau Lightning Zap Paladin dll. Alasannya supaya kalian bisa mendapatkan 1-2x Heal. Jangan pernah menabrakan diri untuk Skill yang memiliki damage besar ya. Saya suka tertawa ketika memakai Saleana (Pyromancer) di Ladder, ada Chaser yang menabrakan diri ke Rolling Lava EX (Itu sih namanya tekor/rugi) ;P."

Skill Heraldry
PVE:
- Shift Blow (action speed)
- Cripple Punisher (cooldown)
- Artful Chaser (action speed)
- Arsonist (cooldown)
Optional: Izuna Drop, Camouflage (damage), Blade Runner, Rain Drop (cooldown)

PVP
- Shift Blow (action speed)
- Cripple Punisher (cooldown)
- Artful Chaser (action speed)
- Izuna Drop (cooldown)
Optional: Camouflage (damage), Blade Runner, Rain Drop, Punishment (cooldown)
    Pada post kali ini saya akan membahas tentang Windwalker Skill Build Level 90. Saya tidak akan memberikan banyak pilihan untuk Skill Build Windwalker, karena saya tetap mennggunakan Hybrid Build (PVE+PVP). Saya heran saja, bagaimana bisa Windwalker menang Vote. Padahal saya agak jarang melihat orang yang menggunakan Acrobat Class di Cap 90 ini.
     Berdasarkan Analisis Acrobat Class, Windwalker mendapatkan peningkatan damage yang lumayan besar. Sayangnya peningkatan tersebut kurang membantu Windwalker untuk bersaingan di deretan Job DPS teratas. Apalagi Spirit Boost yang merupakan Buff Andalannya tidak bisa diberikan ke teman Party. Dan akhirnya pun ketebak, lumayan banyak Acrobat Class yang berpindah ke Bow Master Class. Saya saja sampai bingung sendiri ketika melihat Friend/Guild List, banyak yang ganti-ganti Job.
    Saya pernah membahas sedikit tentang Element Resist Boss Nest 90 di Majesty Skill Build. Nah jika kita asumsikan All Resist Element Boss Nest 90 itu 40%, maka para Job DPS yang bermain Element seperti Abysswalker, Saleana, Physician dll akan mengalami penurunan DPS. Disinilah kesempatan bagi Job non Element seperti Windwalker untuk mengambil alih posisi DPS. Oleh karena itu, para Windwalker harus tetap optimis dan tidak putus asa ketika mengahadapi Party-Party yang hobi diskriminasi Job.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Acrobat Class
- Skill Full Hit + Buff
- Saya tidak mempehitungan Spirit Boost
 
Skill Build

Magic Arrow
Mau bagaimanapun Magic Arrow tetap DPS Skill terbaik di Archer Skill Tree. Damagenya masih lebih tinggi lagi

Willow Kick + Multi Shot
Hanya untuk keperluan PVP

Double Somersault Kick
Beberapa orang pernah tanya berapa Cooldown yang saya gunakan untuk mendapatkan angka Potensi DPS itu. Windwalker sebenarnya bisa melakukan Double Somersault Kick lebih sering dibandingkan Tempest, karena Windwalker bisa menggunakan DSK setelah Eagle Dive EX dan Binding Shot. Eagle Dive memiliki Cooldown 12 detik sedangkan Binding Shot 11 detik. Berarti dalam 12 detik Double Somersault Kick bisa dicast sebanyak 2x, sehingga saya asumsikan Cooldownnya menjadi 12/2 atau 6 detik. Dengan Potensi DPS yang cukup besar itulah saya tetap menaikan Double Somersault Kick Max + Skill Ring.

Spiral Vortex + Eagle Dive
Potensi DPS keduanya hampir sama di PVE. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan besar. Selain itu, damagenya lumayan besar di PVP. Yah dibandingkan harus menaikan Skill lain, saya masih suka dengan dua skill ini.

Air Pounce + Spiral Kick
Mungkin nanti ada yang nanya, kenapa dua skill yang masuk Top 5 DPS ini malah saya tidak naikan max. Potensi DPS itu dihitung berdasarkan Damage Total dibagi Cooldown. Dalam artian Air Pounce atau Spiral Kick ex (Showtime) jika di cast terus menerus setiap kali cooldown selesai, maka akan mendapatkan Potensi DPS seperti di atas. Semenjak Acrobat Boost di Cap 80, sudah jarang orang yang Spam Spiral Kick EX padasaat Showtime. Kebanyakan Windwalker lebih fokus reset Spiral Edge dibandingkan harus terus menurus cast Spiral Kick. Oleh karena itu, saya tidak menaikan Spiral Kick sampai Max. Selain itu, Spiral Kick level 1 bisa menghemat konsumsi MP juga di PVP.

Sama halnya dengan Spiral Kick, saya juga tidak akan mungkin terus-terusan melompat di kepala boss (Air Pounce). Okelah kalau kepalanya bisa diinjak-injak, kalau tidak? bisa rugi Skill Point naikan Air Pounce Max. Oleh karena itu saya hanya menaikannya sampai level 6, agar bisa 5x lompatan.

Blooming Kick
Blooming Kick adalah skill yang mendapatkan peningkatan damage terbesar di Windwalker (baca: Analisis Acrobat Class). Jadi sangat wajar jika Potensi DPSnya melompat dari urutan di bawah (Cap 80) menjadi di atas (Cap 90). Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1 agar mendapatkan damage yang lebih maksimal di level 11.

Cyclone Kick
Cyclone Kick merupakan Skill INS level 90 Windwalker. Oleh karena itu agar damage INSnya lebih  besar, saya naikan Cyclone Kick Max.

Spiral Edge
Spiral Edge + Showtime memiliki Potensi DPS yang paling besar karena 2x damage normal. Tanpa Showtime pun Potensi DPS Spiral Edge masih tinggi. Saya mengasumsikan cooldown Spiral Edge + Showtime adalah 13 detik, Memang masih bisa lebih cepat tapi itu rata-rata waktu saya ketika uji coba di video ini:

Rising Storm
Sejak Cap 80, Potensi DPS Rising Storm tetap kosisten di posisi bawah, padahal sudah dinaikan damagenya.

Skill Heraldry
- Spiral Edge (damage)
- Spirit Boost (cooldown)
- Cyclone Kick (damage)
- Showtime (buff duration)
Optional: Blooming Kick (reset cooldown), Eagle Dive, Rising Storm, Double Somersault Kick (damage), Spiral Vortex (action speed)

    Saya baru mengetahui kalau DN INA minggu depan akan Update Machina. Soalnya sudah mulai banyak yang bertanya masalah Machina. Saya belum pernah mencoba pakai char itu, apalagi tahu masalah Skill Buildnya. Bagi yang ingin buat Machina mungkin bisa cek skillnya di Freedomplays.Kembali ke topik pembahasan utamanya, pada post kali ini saya akan membahas Majesty Skill Build level 90.
     Saya sedih ketika melihat Gravity Switch EX dikurangi segitu besarnya (baca: Analisis Force User Class). Hal itu yang membuat posisi Majesty sebagai DPS semakin sulit bersaing, terutama dengan Smasher. Apalagi nanti Update Nest 90 yang Bossnya memiliki Element Resist besar sekitar 30-40%. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana nasib Job-Job element nanti, termasuk Majesty ini. Semenjak Cap 90, saya hanya menggunakan Majesty untuk PVP. Harapan saya sih sederhana, semoga damage Gravity Switch dikembalikan seperti semula ^^.



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: DARK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Force User Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff


Skill Build

Build PVE
Build ini untuk yang lebih suka bermain Void Blast

Build ini untuk yang lebih suka bermain Wheeling Staff

Wheeling Staff vs Void Blast
Berbeda dengan Smasher Skill Build, pada Majesty Void Blast level 26 (25+1) bisa mengimbangi Potensi DPSnya Wheeling Staff. Saya sih bimbang untuk memilih mana yang terbaik. Dilihat dari berbagai sisi (Casting time, kemungkinan Full Hit dan area) saya pasti akan milih Void Blast. Sedangkan jika kita melihat update ke depannya, Wheeling Staff punya potensi lebih baik karena Element Resist Boss Nest 90 sangat besar.

Gravity Ball + Triple Orb
Kedua TOP DPS Skill Majesty ini wajib max, kalau bisa salah satunya dinaikan ke level 21.

Summon Comet vs Black Hole
Kedua skill ini memiliki Potensi DPS yang hampir sama. Saya lebih memilih Summon Comet karena lebih mudah untuk Full Hit.

Gravity Ascension
Lumayan kaget lihat Potensi DPS Gravity Ascension bisa diperingkat 4. Padahal waktu Cap 80, banyak Majesty yang hanya menaikannya sampai level 1 saja.

Meteor Storm
Sudah Cap 90 tapi Developer tidak memberikan Invulnerable Status pas Majesty Cast Skill ini, Memang Board Damagenya ditingkatkan lumayan tinggi, tapi saya masih deg-degan setiap cast skill ini.

Teleport
Mobilitas itu penting.

Smasher Skill
Diantara tiga Skill DPD di Smasher Line, saya tidak berminat menaikan satu pun, karena Potensi DPSnya kurang begitu besar untuk Majesty. Selain itu Skill Pointnya juga kan pas-pasan.

Gravity Switch
Sedih banget melihat salah satu Skill GG di Sorceress Class ini kena Nerf yang lumayan besar. Pertama Board Damagenya dikurangi, lalu efek Duplikat Damage dari Pasif 65nya juga dikurangi. Sehingga posisinya harus turun dari peringkat 1 menjadi 3 TOP DPS Majesty.

Build PVP

Wheeling Staff + Poison Missile
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Kalian bisa menggunakan kombo Wheeling Staff + Hit biasa + Poison Missile.

Void Blast + Nine Tail Laser + Black Hole
Void Blast biasa saya kombinasikan dengan Nine Tail Laser untuk jaga-jaga jika Nine Tail Laser tidak berhasil membuat musuh terjatuh. Selanjutnya bisa langsung cast Black Hole EX.

Summon Comet
Damage dan Areanya lumayan besar di PVP.

Gravity Ascension 
Skill yang sangat berguna ketika melawan musuh yang tidak memiliki Escape, seperti warrior atau cleric. Berbeda dengan Smasher, Majesty bisa sambil melakukan Skill lain ketika Gravity Ascension. Ada pilihannya antara menggunakan Poison Missile + Triple Orb + Summon Comet + Gravity Trap atau Gravity Switch. Gravity Switch biasanya saya gunakan ketika melawan Mercenary yang sedang Iron Skin karena duplikat damagenya akan aktif. Perlu di ingat juga, Debuff dari Gravity Ascension baru aktif ketika akhir Cast. Jadi kalian bisa juga menggunakan Gravity Switch di akhir untuk mendapatkan 20% tambahan damage. Oh ya untuk melawan musuh yang memiliki Escape, seperti Sorceress Class kalian harus memastikan Escapenya sedang delay dulu ya.

Teleport
Mobilitas itu penting banget di PVP.

Time Stop  + Time Dodge
Dua skill yang berguna di PVP untuk membuat musuh diam lebih lama.

Gravity Trap
Slownya sangat bagus untuk menghambat pergerakan musuh. Gunakan skill ini di saat musuh terkunci oleh poison missile supaya pas bangun menjadi slow motion. Gravity Trap juga bisa digunakan untuk menghabiskan Block atau menakut-nakuti musuh :P.

Gravity Swicth
Skill andalan Majesty di PVP.

Magic Steal
Skill ini bisa mengopi Buff musuh, biasanya digunakan setelah musuh menggunakan Beyond Time (Fast Forward), Ice Barrier dll.

Skill Heraldry
PVE:
- Gravity Switch (damage)
- Triple Orb (damage)
- Gravity Ball (damage)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
Optional: Teleport, Meteor Storm (cooldown), Summon Comet, Gravity Ascension (damage)

PVP:
- Teleport (cooldown)
- Beyond Time/Fast Forward (cooldown)
- Gravity Ball (cooldown)
- Time Stop (cooldown)
Optional: Gravity Switch, Meteor Storm (cooldown), Triple Orb, Summon Comet, Gravity Ascension (damage).
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home