Halo, tidak terasa sudah 2 minggu lebih tidak Posting di Blog. Tadinya saya agak bingung mau bahas apalagi. Banyak saran yang masuk untuk bahas macam-macam, seperti DPS Chart, Perhitungan Element, Kostum dll. Khusus untuk DPS Chart seperti sudah tidak dibutuhkan lagi di Cap 90 ini. Soalnya saya tidak ada waktu untuk testingnya yang kira-kira butuh seharian untuk satu Job dan tidak mau disalahkan kalau ada Diskriminasi Job. Kalau saya tidak salah, di DN INA sudah ada DPS dan Damage Meter kan. Nah mungkin itu bisa membantu kalian yang penasaran dengan DPS/Damage Charnya.
      Beberapa hari lalu, ada Update terbaru di DN Korea tentang perubahan skill untuk beberapa Job. Perubahan skill yang paling banyak ada pada Dancer (Spirit Dancer dan Blade Dancer) dan Chaser (Raven dan Ripper) Class. Saya tidak menduga kalau Dancer akan di Boost lagi karena sebelumnya sudah di Boost lumayan besar. Sedangkan untuk Chaser Class ini bisa menjadi momen kebangkitan para Raven dan Ripper. Selain kedua Class tersebut ada beberapa Job lain yang ikutan diubah sedikit-sedikit seperti Saleana, Gladiator, Machina dll.


Warrior
Dash Kick: Cooldown berkurang 1 detik untuk setiap kenaikan level (PVE)
Sekarang Cooldownnya masih 20 detik dengan level Max 14. Setelah di Boost nanti, cooldown Dash Kick MAX bisa menjadi 7 detik. Perubahan ini lumayan juga untuk membantu Gladiator untuk mereset Line Drive INS lebih cepat.

Sword Master
Line Drive: Kekakuan Skill dihilangkan (PVE)
Jujur saya masih belum mengerti maksudnya apa, mungkin bisa slow animation pada saat Cast Line Drive akan dihilangkan.

Gladiator
Finish Attack:
- Serangan meningkat (PVE) : 1788% > 3476%
- Serangan tambahan meningkat (PVE): 8% > 16%

Sebelum di Gladiator, Acrobat dan Elestra Boost saya pernah membahas tentang dua gameplay Gladiator yaitu Spam Finish Attack dan 20x Bubble. Pada analisisnya, gameplay 20x Bubble bisa mengungguli Spam Finish Attack. Nah dengan Boost ini, ada kemungkinan gameplay Spam FA bisa berbalik unggul. Biar tidak penasaran mari kita lihat tabel dibawah ini:
*Gear yang digunakan sama dengan post Analisis Sword Master Class

Nah kan setelah Boost Finish Attack, Potensi DPS untuk gameplay 20x Bubble bisa diungguli.

Class Mastery I:
- Cooldown untuk mendapatkan Physical Bubble menjadi 1 detik (PVP)
- Pengurangan cooldown pada Bubble MAX menjadi 20% (PVP)

Paladin 
Thor Hammer:
- Invincible (tidak bisa dihit) ketika Casting Skill (PVE)

Crusader
Judgement Hammer:
- Kenaikan damage berdasarkan jarak dihilangkan (PVE,PVP)
- Serangan meningkat: 202%,229% > 2377%,2979%

Saya belum dapat info lebih lanjut tentang Boost yang satu ini, apakah Board Damage yang baru itu hitungannya per Hit atau Full Hit. Mari saya kasih lihat Potensi Damagenya kalau Per Hit:
- Max Hit Judgement Hammer EX: 20x Hit
- Board Damage Max: 20 x (2377%,2979%) = 47540%,59580% per 13 detik

Potensi Damagenya sangat besar kan? saya berharap sih perhitungannya Per Hit agar pengguna Crusader lebih bergairah lagi di PVE

Elemental Lord
Inferno: cooldown menjadi 16 detik (PVE)

Firewall: cooldown menjadi 16 detik (PVE)

Flame Road: cooldown menjadi 25 detik (PVE)

Saleana (Pyromancer)
Burning Hand: Penambahan damage berkurang menjadi 50% (PVE)

Beberapa skill dikurangi cooldownnya, namun Skill Pasif andalannya dikurangi 50%. Saya jadi bingung apakah ini di Boost atau malah di Nerf. Biar tidak bingung, saya akan coba hitung Potensi DPS Saleana + Burning Hand:
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Elemental Lord Class
- Asumsikan Burning Hand memiliki Chance 100%

Ternyata perubahan Burning Hand bisa membuat Potensi DPS Maksimalnya turun sebesar 10%. Tapi jangan bersedih ya, soalnya saya mengasumsikan Burning Hand 100% Chance. Tentunya hasil dilapangan pasti akan berbeda dan saya yakin Potensi DPSnya malah akan meningkat.

Dancer
Estatic Dance: Orc dan Ghoul dance bisa dikeluarkan dengan menggunakan Spasi

Graze Dance: serangan meningkat (PVE)
level max: 2901% > 4301%

Sweet Circle: serangan meningkat (PVE)
level max: 1643% > 2414%

Twinkle Spin: serangan meningkat (PVE)
level max: 1236% > 1805%

Deadly Drill: serangan meningkat (PVE)
level max: 2544% > 3766%

Elegant Storm: serangan meningkat (PVE)
level max: 4555% > 6782%

Inner Fire: serangan meningkat (PVE)
level max: 5659% > 8438%

Stalker: serangan meningkat (PVE)
level max: 768% > 2104%

Dusk Hunter: serangan meningkat (PVE)
level max: 1526% > 3308%

Abolisher: serangan meningkat (PVE)
level max: 915% > 3767%

Sufi Dancer: serangan meningkat (PVE)
level max: 740% > 1074%

General Dunblade: serangan meningkat (PVE)
level max: 2955% > 6524%

Storm of Erwinia: serangan meningkat (PVE)
level max: 8866% > 13249%

Blade Dancer
Squall Flaker: serangan meningkat (PVE)
level max: 1312% > 1944%

Hurricane Gust: serangan meningkat (PVE)
level max: 4133% > 402% per hit (8040%)

Twinkle Spin EX
- Setelah cast serangan tambahan (EX), tekang klik kiri untuk melakukan cast Hurricane Gust (PVE,PVP)
- Reset cooldown dari Hurricane Gust jika Twinkle Spin mengenai musuh (PVE,PVP)

Hurricane Gust EX
- Penambahan jumlah Hit dihilangkan
- Serangan meningkat 50% (PVE) dan 25% (PVP)

Potensi DPS
Note: Gear yang digunakan masih sama dengan post Analisis Dancer Class
Potensi DPSnya bisa meningkat sebesar 71%

Spirit Dancer
Wide Stinger: serangan meningkat (PVE)
level max: 1972% > 4311%

Praetor: serangan meningkat (PVE)
level max: 3300% > 6340%

Potensi DPS
Note: Gear yang digunakan masih sama dengan post Analisis Dancer Class
Potensi DPSnya bisa meningkat sebesar 114%

Kedua job dancer ini benar-benar sedang digenjot habis-habisan Potensi DPSnya. Saya rasa dengan Potensi sebesar itu, sudah sangat layak untuk menjadi salah satu Main DPS.

Assassin
Triple Edge: cooldown skill menjadi 12 detik (PVE,PVP)

Chaser
Open Edge
- Skill menjadi Element Dark (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1098% > 1597%

Applause
- Skill menjadi Element Dark (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1151% > 2433%

Rake
- Skill menjadi Element Dark (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 180% > 259%

Open Edge
- Cooldown menjadi 6 detik (PVE)

Punishment
- Skill menjadi Element Dark (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1412% > 4069%

The End
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 237% > 578%

Shift Blow
- Skill menjadi Element Fire (PVE,PVP)
- Serangan dikurangi (PVE)
level max: 1665% > 1527%

Camouflage
- Skill menjadi Element Fire (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1187% > 2017%

Blade Runner
- Skill menjadi Element Fire (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1516% > 1940%

Mortal Blow
- Skill menjadi Element Fire (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1306% > 3115%

Izuna Drop
- Skill menjadi Element Fire (PVE,PVP)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1084% > 3642%
(Akhirnya di Boost juga ini Skill)

Burning Call
- Skill menjadi Element Fire (PVE,PVP)
- Pengurangan cooldown untuk setiap kenaikan level dihilangkan
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 394% > 2000%

Access Chain
Lv 1: Cooldown menjadi 15 detik (PVE)

Fade
- Buff Attack dan damage yang diterima dihapuskan (PVE,PVP)
- Durasi menjadi 10 detik (PVE,PVP)

Dedicated Shadow
- Buff menjadi Heal 6% HP (PVE) dan 3% HP (PVP) setiap 2 detik, durasi 10 detik
- Penambahan konsumsi MP sebesar 30.000 (PVE,PVP)
(Sepertinya Dedicated Shadow terbaru tidak perlu terkena Hit dulu)

Raven
Umbra
- Cooldown menjadi 15 detik (PVE)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1528% > 2956%

Crooking Deadfall
- Cooldown menjadi 15 detik (PVE)
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 1581% > 4671%

Class Mastery I
- Penambahan efek: pengurangan cooldown untuk Triple Edge (PVE, PVP)
- Meningkatkan Final Damage sebesar 30% selama 10 detik setelah menggunakan Fade (PVE)
- Dark Elemental Attack Buff meningkat menjadi 30% (PVE)
(Seperti Fade akan lebih berguna untuk Raven dibandingkan Ripper)

Class Mastery II
- Rake EXinstant dan Rake tidak share cooldown (PVE, PVP)
- Buff Attack meningkat menjadi 20% (PVE)

Open Edge EX: cooldown menjadi 6 detik (PVE)

Rake EX: cooldown menjadi 12 detik (PVE)

Punishment EX: cooldown menjadi 20 detik (PVE)

Umbra EX:
- Efek ledakan dapat menarik musuh yang mendekat (PVE)
- Damage ledakan meningkat (PVE)

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear Char: PATK 49000 dan Dark Attack 75%
- Umbra EX saya beri warna merah karena belum ada konfirmasi seberapa besar kenaikan damagenya.

Brace your self, Raven akan kembali menjadi salah satu job DPS yang diperhitungkan. Kita pasti ingat pada saat Cap 80, Raven menjadi salah satu Main DPS karena memiliki konsistensi DPS dan casting time skill yang cepat. Semenjak cap 90, popularitas Raven sebagai Main DPS harus turun. Boost kali ini dapat meningkatkan potensi DPS Raven sebesar 251% dan bisa membuat Raven menjadi saingan yang cukup berat untuk job DPS lain.

Ripper
Arsonist
- Cooldown menjadi 10 detik dan durasi menjadi 60 detik (PVE)
- Efek tambahan: mengurangi cooldown Shift Blow sebesar 50% (PVE)
(owh, mungkin ini alasannya kenapa Shift Blow menjadi satu-satunya skill yang dikurangi)

Arftful Chaser
- Serangan meningkat (PVE)
level max: 4044% > 4478%

Class Mastery I
- Menghilangkan efek yang berhubungan dengan Dedicated Shadow (PVE,PVP)
- Mengurangi cooldown Burning Call sebesar 50% (PVE)
- Buff Fire Attack meningkat menjadi 20% (PVE)

Class Mastery II
- Buff Attack meningkat menjadi 30% (PVE)

Camouflage EX: damage tambahan meningkat sebesar 200% (PVE)
(WOW, luar biasa Boostnya)

Blade Runner EX: cooldown menjadi 8 detik (PVE)

Izuna Drop EX
- Cooldown menjadi 16 detik (PVE)
- Ada Iframe (tidak bisa dihit) ketika sedang Casting Skill (PVE)

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear Char: PATK 50000 dan Fire Attack 50%
- Perhitungan sudah Full Buff dan Hit

Menyusul saudaranya, Ripper juga mendapatkan boost yang lumayan besar yaitu 144%.  Ini berarti Chaser Class akan kembali mewarnai Job Per-DPSan.

Machina
Fly By: Retro Charging dapat tetap dilakukan walaupun Fly By mengenai musuh
Wah ini berguna sekali, soalnya saya juga kadang kesal ketika Fly By menabrak benda/teman/musuh, lalu tidak bisa di reset cooldownnya oleh Retro Charging

Patrona
Follow Up
- Deskripsi skill berubah dari damage per hit menjadi total damage (PVE,PVP)
- Serangan dikurangi (PVE,PVP)
level max: setiap hit 656% > total damage 1212%

Follow Through
- Area dari Shockwave berkurang (PVE,PVP)
- Jumlah Hit dari Shockwave meningkat 1 Hit (PVE,PVP)

Kidney Blow
- cooldown menjadi 23 detik (PVE)

Beat Down
- cooldown menjadi 14 detik (PVE)
- memperbarui rangkaian animasi dari Charging Gear (PVE,PVP)

Leaping Over
- cooldown menjadi 24 detik (PVE)
- memperbarui rangkaian animasi dari Charging Gear (PVE,PVP)
- Deskripsi skill berubah dari damage per hit menjadi total damage (PVE,PVP)

Overclocking
- Jumlah Steam yang didapatkan meningkat menjadi 2 Steam per 0.25 detik (PVE)
(berarti hanya membutuhkan 3.75 detik untuk mendapatkan Steam MAX)

Ruina
Follow Through EX
- Area Shockwave berkurang (PVE,PVP)
- Durasi dari Shockwave berkurang (PVE,PVP)
- Super Armor Break dari Shockwave berkurang (PVE, PVP)

Overheating
- Serangan dikurangi (PVE,PVP)
level max: 4113% > 3622%

Overheating EX
- walaupun 3 Hit pertama tidak berhasil mengenai musuh, Final hit akan tetap keluar (PVE)
(seandainnya perubahan ini untuk PVP, pasti akan sangat menguntungkan)

Defensio
Beat Down EX: serangan tambahan dikurangi (PVE)

Leaping Over EX: serangan tambahan dikurangi (PVE)

Class Masterty II: Beat Down EXinstan dapat aktif secara instan (PVE, PVP)

Saya tidak bisa melakukan analisis untuk Machina Class karena beberapa skillnya masih belum jelas pengurangannya
    Akhirnya sudah sampai ke pembahasan Skill Build terakhir yaitu Defensio (Defena) Skill Build level 90. Timingnya sangat pas sekali dengan Update Machina di DN SEA hari ini. Setelah ini saya akan rehat melakukan Postingan di Blog dan hanya akan menjawab-jawab pertanyaan di Blog saja. Sampai hari ini, saya belum pernah menggunakan Defensio sama sekali. Soalnya tidak seperti Ruina, kali ini saya tidak mendapatkan pinjaman Defensio level 90. Untungnya setelah melihat dan mencari tahu tentang keterangan Skill di Defensio Skill Tree, saya bisa mendapatkan data-datanya.
    Membahas tentang Defensio Skill Build ini tidak akan sepanjang dan serumit Ruina. Soalnya DPS Defensio tidak berdasarkan Kombo-Kombo Skill yang panjang. Di Ruina Skill Build, saya sudah bilang kalau Defensio ini lebih ke arah Support DPS. Defensio dibekali dengan skill yang bisa meningkatkan def + mdef kita, mengurangi serangan musuh, heal, dan barrier.  Tidak hanya skill buff/debuff, Defensio juga memiliki skill EX yang daamgenya lumayan besar. Diantara semua skill Defensio, saya paling suka dengan Auto Repair yang bisa mengurangi Cooldown semua Aktif Skill.
    Pengalaman membuat Defensio Skill Build untuk pertama kalinya ini kelihatannya memang tidak sesulit Ruina. Hanya saja menghitung efek Skill Auto Repair agak sulit, karena itu harus menggunakan asumsi-asumsi lagi. Nanti saya akan menjelaskanya bertahap-tahap. Jadi kalian harus membacanya pelan-pelan, supaya kalau saya ada salah bisa cepat dikoreksi.


Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Saya akan membuat tahapan yang sama dengan Ruina Skill Build.

Machina Skill Tree
Dari Tabel di atas, saya akan membahas 5 Skill saja yaitu Body Check, Fly By, Knuckle Charge, Charging Gear dan Pivot Gun Shot.

Body Check
Sama seperti Ruina, Potensi DPS Body Check memang besar tapi kalian tidak akan mungkin menjadikan skill ini sebagai DPS utama juga.

Fly By
Skill ini walaupun DPSnya besar, kebanyakan lebih sering saya gunakan untuk lompat-lompat atau dikombo degan Knuckle Charge. Lagi pula kalian hanya memerlukan 3 Skill Point untuk menaikan skill ini.

Charging Gear
Skill pasif ini memiliki potensi DPS yang lumayan besar juga. Normal Hit + Charging Gear memiliki damage 5.8x PATK kalian. Sama halnya dengan Body Check dan Fly By, Spam Normal Hit + Charging Gear bukan pilihan DPS terbaik.

Knuckle Charge vs Pivot Gun Shot
Pivot Gun Shot + Charging Gear vs  Knuckle Charge. Secara potensi DPSnya tetap masih unggul Knuckle Charge (Fly By). Jadi saya tetap akan memilih Knuckle Charge saja, yah walaupun pada akhirnya skill di Machina Tree tidak akan banyak terpakai untuk DPS. Soalnya kita pasti akan lebih fokus ke Skill di Line Patrona dan Defensio.

Patrona Skill Tree

Ducking
Dapat mengurangi Cooldown dari Gear Step Skill yaitu Rock Away, Step Up dan Foot Stomping (Saya beri warna biru). Kenaikan level Ducking akan membesar pemotongan cooldownnya. Pada level 6 (MAX) cooldown Gear Step dikurangi sebesar 90%.

Bagaimana mengaktifkannya?
Simpelnya kalian dapat menekan Spasi (lompat) ketika menggunakan Gear Step Skill.

Overhowl 

Buff untuk meningkatkan Final Damage 10%. Final Damage disana bukan FD dari Plate/Equip dll, tapi Out Put Damage kalian. Misalkan salah satu skill kalian damagenya 100.000 (tanpa Buff), setelah menggunakan Over Howl maka damagenya akan menjadi 110.000 atau 1.1x damage.

Repair
Buff ini bisa mengilangkan abnormal status dan mengurangi cooldown skill untuk semua skill aktif termasuk Repair sendiri. Cooldown dasarnya itu 22 detik, tetapi jika rajin menggunakan Repair maka cooldownnya bisa menjadi 15 detik sekali.

Overboost (Defence)
Buff ini baru bisa digunakan ketika jumlah Steam kalian mencapai 30. Steam ini bisa kalian dapatkan dari penggunaan Gear Step (Class Mastery I) atau menggunakan skill Overclocking. Setelah mengkonsumi semua Steam, maka akan muncul Buff Overboost selama 160 detik. Fungsi Buffnya adalah:
- Heal 16% HP
- Reset Cooldown Ducking
- Final Damage +30%, Action Speed +15% dan Magic Defence +22%
- Mengurangi cooldown Taunting Blow ketika Gear Step digunakan.

Perhitungan Final Damage Overboost stacking dengan Overhowl, sehingga ketika menggunakan keduanya damage kalian bisa meningkat 1.4x. Ducking awalnya memiliki cooldown 5 detik, namun ketika menggunakan Overboost akan menjadi no cooldown (selalu reset).

Mari kita bahas Potensi DPS Gear Step Skill (Rock Away, Step Up dan Foot Stomping)

Rock Away + Step Up + Foot Stomping
Ketiganya termasuk ke dalam Skill Gear Step (Warna Biru pada Tabel). Potensi DPSnya tidak terlalu besar jika kalian hanya melakukannya secara biasa saja (Normal). Ketika kalian menaikan Ducking MAX, maka Potensi DPSnya bisa naik 2.5x lipat. Hal tersebut dikarenakan kalian ada efek pengurangan cooldown Gear Step Skill sebesar 90%. Belum cukup sampai disana, Potensinya bisa naik lagi jika kalian menggunakan Overboost. Hasil uji coba, Gear Step Skill bisa digunakan setiap 2 detik ketika Overboost aktif. Spam Gear Step bisa membantu juga untuk mengurang cooldown Taunting Blow EX ketika Overboost Aktif. Saya memiliki rencana untuk menaikan 2 Gear Step yang saya sering pakai yaitu Rock Away dan Step Up.

Follow Up vs Follow Through vs Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Diantara keempat skill ini, Follow Up yang memiliki potensi DPS paling besar. Sedangkan untuk Flying Knee Kick + Kidney Blow memiliki perbedaan DPS yang tipis dan Follow Through masih memiliki potensi DPS terkecil.

Beat Down vs Leaping Over
Kedua skill ini memiliki Potensi DPS yang besar karena menduduki peringkat 2 dan 3. Leaping Over sangat tergantung dengan Jumlah Hitnya, sedangkan Beat Down memiliki area serangan yang besar.

Taunting Blow EX
Dari namanya saja sudah menggunakan kata "Taunt". Skill ini memang bisa mem-provoke musuh, hanya saya tidak tahu apakah sebaik Provokenya Guardian. Saya sih lebih tertarik ke Potensi DPSnya yang sangat besar ketika Over Boost.


Kombo Skill (Enhance Command)

Step up > Leaping Over/Beat Down
Potensi DPSnya dengan Enhance Command semakin besar. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menaikan Leaping Over + Beat Down Max.

Follow Up vs Follow Through vs Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Diantara keempat skill ini saya harus memilih salah satu saja karena keterbatasan skill point. Saya hanya tertarik pada dua skill saja yaitu Follow Up atau Kidney Blow. Potensi DPS Follow Up memang yang paling besar, tetapi Kidney Blow memiliki damage yang lebih besar. Saya lihat jangkauan Areanya, Kidney Blow memiliki area lebih besar dibandingkan dengan Follow Up. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menaikan Kidney Blow saja.

Note:
Penambahan damage Enhance Command untuk Footing Stomping dan Rock Away berbeda dengan keterangan Skill. Seharusnya penambahan damagenya sebesar 20% tetapi setelah ditest sebesar 50% damage. Saya tidak tahu apakah ini Bug atau gimana ya, soalnya Damage +50% itu seharusnya ketika Cap 80 lalu.


Skill Build
Rencananya Defensio saya menggunakan Build ini untuk PVE dan PVP

Skill Plate
PVE:
- Beat Down (damage)
- Repair (cooldown)
- Taunting Blow (damage)
- Leaping Over (damage)
Optional: Kidney Blow  (action speed) Step Up, Rock Away (damage) Beyond The Wall, Man to Man (cooldown).

PVP:
- Kidney Blow (action speed)
- Repair (cooldown)
- Taunting Blow (cooldown)
- Beat Down (damage)
Optional: Body Check  (action speed) Leaping Over, Step Up, Rock Away (damage) Man to Man (cooldown).
     Sejujurnya, saya agak takut bahas job baru ini, karena jam terbang pake Machina belum terlalu lama. Saya mendapatkan pinjaman Char Ruina level 90 dari teman di DN INA (Makasih ya Luki :P). Kalau dihitung-hitung saya menggunakan Ruina tidak lebih dari 24 jam T_T, jadi kemungkinan akan banyak penjelasan atau detail skill yang saya lewatkan. Sampai sekarang saja saya masih belum hapal nama-nama skillnya, hehehehe.
     Pertama kali saya mendapatkan info akan ada Job baru di Dragon Nest, saya agak sedikit kecewa karena lagi-lagi gendernya perempuan. Populasi Hode akan meningkat lagi nih di dunia per DN-an. Ketika Update di DN INA, banyak juga yang tanya-tanya tentang Machina ini. Pertanyaan standar sih "Mana yang paling bagus antara Ruina dan Defensio (Defena)" dan saya pun bingung jawabnya. Soalnya saya belum membaca atau mencari tahu info tentang Machina. Yang saya tahu sih jika ingin menjadi DPS lebih baik pilih Ruina, sedangkan Support DPS pilih Defensio.
      Awalnya saya kira akan mudah menghitung Potensi DPS Ruina, tetapi kenyataannya benar-benar rumit. Kerumitannya itu karena banyakannya efek penambahan skill + kombo. Skill yang lumayan merepotkn adalah Over Charging. Menghitung Potensi DPS Over Charging tidak semudah melihat keterangan skill. Selain itu, ada pula beberapa penambahan damage yang tidak sesuai dengan keterangan Skillnya. Saya sarankan untuk posting Ruina Skill Build Level 90 ini, kalian harus baca baik-baik agar bisa tahu penjelasannya.Saya juga meminta kalian untuk mengkoreksi kesalahan-kesalahan di Post ini.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Berhubung Ruina adalah Job baru, saya perlu menjelaskan sedikit langkah-langkah pembuatan Buildnya. Pertama saya pasti mengasumsikan dulu PATK Ruinanya adalah 50000. Selanjutnya bisa menganalisis masing-masing Skill Treenya.

Machina Skill Tree
Dari Tabel di atas, saya akan membahas 5 Skill saja yaitu Body Check, Fly By, Knuckle Charge, Charging Gear dan Pivot Gun Shot.

Body Check
Potensi DPSnya paling besar jika kalian hanya spam special attack (klik kanan) saja. Sedangkan Ruina memerlukan kombo dan rotasi skill, bukan hanya Spam satu Skill saja. Oleh karena itu, saya mencoret Body Check dari pilihan skill DPS saya.

Fly By
Pengguna Ruina mungkin heran kenapa Fly By bisa memiliki Potensi yang cukup besar. Spam Fly By setiap 2.5 detik bisa memiliki Potensi yang lumayan besar juga. Maksimal hit yang saya dapatkan selama uji coba di BDN/GDN itu 7 Hit. Lagi-lagi Spam Fly By juga bukan menjadi pilihan terbaik untuk Ruin. Saya lebih sering menjadikannya sebagai Skill Blink saja.

Charging Gear
Skill pasif ini memiliki potensi DPS yang lumayan besar juga. Normal Hit + Charging Gear memiliki damage 5.8x PATK kalian. Sama halnya dengan Body Check dan Fly By, Spam Normal Hit + Charging Gear bukan pilihan DPS terbaik. Okelah jika DPSnya besar, itupun hanya menduduki peringkat ke 4 atau 5 (LOL). Lagi pula ketika Ruina sedang mengaktifkan Over Boost, Charging Gear tidak akan bisa di Cast.

Knuckle Charge vs Pivot Gun Shot
Saya agak sedikit bimbang ketika menganalisis kedua Skill ini. Pivo Gun Shot memiliki DPS yang lebih stabil dibandingkan Knuckle Charge. Hal tersebut dikarenakan Knuckle Charge memiliki casting time yang lebih lama dan terdiri dari banyak Hit. Jika kalian tidak menggunakn Fly By terlebih dahulu, maka Knuckle Charge tidak akan mendapatkan penambahan 50% damage dan potensinya bisa berbeda sedikit dengan Pivot Gun Shot. Setelah melihat Knuckle Charge level 6++ yang bisa digunakan untuk menarik monster/mobbing, saya akhirnya memilih Knuckle Charge saja.

Patrona Skill Tree
Nah yang ini bakal mulai ribet penjelasannya.
Supaya nyambung, saya beri info tentang Ducking, Over Howl dan Over Boost dulu ya..

Ducking
Dapat mengurangi Cooldown dari Gear Step Skill yaitu Rock Away, Step Up dan Foot Stomping (Saya beri warna biru). Kenaikan level Ducking akan membesar pemotongan cooldownnya. Pada level 6 (MAX) cooldown Gear Step dikurangi sebesar 90%.

Bagaimana mengaktifkannya?
Simpelnya kalian dapat menekan Spasi (lompat) ketika menggunakan Gear Step Skill.

Overhowl 

Buff untuk meningkatkan Final Damage 10%. Final Damage disana bukan FD dari Plate/Equip dll, tapi Out Put Damage kamu. Misalkan salah satu skill kalian damagenya 100.000 (tanpa Buff), setelah menggunakan Over Howl maka damagenya akan menjadi 110.000 atau 1.1x damage.

Overboost
Buff ini baru bisa digunakan ketika jumlah Steam kalian mencapai 30. Steam ini bisa kalian dapatkan dari penggunaan Gear Step (Class Mastery I) atau menggunakan skill Overclocking. Setelah mengkonsumi semua Steam, maka akan muncul Buff Overboost selama 160 detik. Fungsi Buffnya adalah:
- Heal 16% HP
- Reset Cooldown Ducking
- Final Damage +50%
- Mengurangi waktu Charging untuk Skill Overcharging

Perhitungan Final Damage Overboost stacking dengan Overhowl, sehingga ketika menggunakan keduanya damage kalian bisa meningkat 1.6x. Ducking awalnya memiliki cooldown 5 detik, namun ketika menggunakan Overboost akan menjadi no cooldown (selalu reset).

Mari kita bahas Potensi DPS Gear Step Skill (Rock Away, Step Up dan Foot Stomping)

Rock Away + Step Up + Foot Stomping
Ketiganya termasuk ke dalam Skill Gear Step (Warna Biru pada Tabel). Potensi DPSnya tidak terlalu besar jika kalian hanya melakukannya secara biasa saja (Normal). Ketika kalian menaikan Ducking MAX, maka Potensi DPSnya bisa naik 2.5x lipat. Hal tersebut dikarenakan kalian ada efek pengurangan cooldown Gear Step Skill sebesar 90%. Belum cukup sampai disana, Potensinya bisa naik lagi jika kalian menggunakan Overboost. Hasil uji coba, Gear Step Skill bisa digunakan setiap 2 detik ketika Overboost aktif. Sayangnya menggunakan Gear Step terus menerus tidak efektif untuk DPS Ruina. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk tidak menaikan satu pun dari Gear Step Skill ke level Max.

Follow Up vs Follow Through
Kalian bisa menggunakan kedua Skill ini langsung dari menekan Skillnya atau bisa menggunakan kombo. Damagnya akan berbeda antara menekan langsung dengan kombo skill. Jika kalian menggunakannya tanpa kombo maka potensi DPSnya akan seperti Tabel di atas. Dengan hasil menunjukan bahwa Follow Up EX lebih unggul daripada Follow Through EX.

Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Sama dengan sebelumnya, Flying Knee Kick dan Kidney Blow juga bisa digunakan dengan cara langsung atau melalui kombo. Jika dilihat dari Tabel di atas, Potensi DPS Flying Knee Kick lebih besar dibandingkan dengan Kidney Blow.

Beat Down vs Leaping Over
Leaping over memiliki potensi DPS yang paling besar pada Tabel di atas. Damagenya sangat tergantung pada jumlah Hit yang berhasil mengenai musuh, sejauh ini bisa 20++ Hit (1 Hit = 1x Board Damage). Berbeda dengan Beat Down yang memiliki Board Damagenya besar di level 21 yaitu 2509%. Namun kali ini Damagenya tidak dihitung berdasarkan jumlah Hitya, tetapi murni sebesar 2509% saja. Oleh karena itu pada Tabel di atas, Potensi DPS Beat Down bisa dikalahkan oleh Leaping Over.

Over Heating EX
Sebagai Skill EX level 80, potensi DPSnya tidak terlalu besar.

Sebelumnya saya bilang bahwa Potensi DPS ke-enam skill di atas akan meningkat bila menggunakan kombo. 

Kombo Skill (Enhance Command)

Step up > Leaping Over/Beat Down
Leaping Over masih memiliki Potensi DPS yang besar ketika menggunakan kombo skill. Ada yang membuat saya bingung ketika Enhance Command (Kombo) seharusnya damage Leaping Over meningkat 20% (sesuai dengan keterangan skill). Setelah saya uji coba, damagenya malah meningkat sebesar 27.5%. Berbeda dengan Beat Down yang masih sesuai dengan keterangan Skillnya. Sampai disini saya masih bimbang mana yang harus dipilih antara Leaping Over atau Beat Down.

Footing Stomping > Follow Up EX/Follow Through EX
Dari tabel kedua (Patrona Skill Tree) saja sudah jelas kalau Follow Up memiliki Potensi DPS yang lebih besar dibandingkan Follow Through. Bahkan pada Enchance Command (kombo) pun, Potensi DPS Follow Up EX masih lebih unggul. Disinilah saya memutuskan untuk menaikan Follow Up.

Rock Away > Flying Knee Kick EX/Kidney Blow EX
Dilihat dari Potensi DPSnya, Flying Knee Kick EX lebih unggul dibandingkan Kidney Blow EX, sedangkan jika dilihat dari Damagenya Kidney Blow EX lebih unggul. Hal ini dikarenakan Kidney Blow memiliki cooldown lebih lama. Kedua skill ini berhasil membuat saya bingung, kemungkinan besar saya akan menaikan keduanya saja.

Note:
Penambahan damage Enhance Command untuk Footing Stomping dan Rock Away berbeda dengan keterangan Skill. Seharusnya penambahan damagenya sebesar 20% tetapi setelah ditest sebesar 50% damage. Saya tidak tahu apakah ini Bug atau gimana ya, soalnya Damage +50% itu seharusnya ketika Cap 80 lalu.

Over Charging
Ini Skill yang menjadi daya tarik utama bermain Ruina. Perhitungan damagenya pun agak rumit karena berbeda untuk setiap skill. Overcharging bisa digunakan dengan Normal Attack atau setelah skill Follow Up, Flying Knee Kick, Beat Down, Kidney Blow dan Overheating. Hasil perhitungannya seperti ini:

Note: Damage Over Charging sangat berpengaruh pada damage skill sebelumnya,

Beat Down > Over Charging
Berdasarkan tabel di atas, menggunakan Over Charging setelah Beat Down memiliki Potensi DPS tertinggi. Akhirnya saya tidak bingung lagi dan memilih untuk menaikan Beat Down Max. 

Flying Knee Kick vs Kidney Blow > Over Charging
Seperti biasa, kedua skill ini memang membuat galau. DPS lebih besar Flying Knee Kick, sedangkan damage lebih besar Kidney Drop. Saya memilih mencari aman saja dengan menaikan keduanya sampai Peak Level. 

Follow Up EX > Over Charging
Biasanya Follow Up unggul secara DPS tetapi kali ini tidak. Hal ini dikarenakan Board Damage Follow Up tidak terlalu besar, sehingga damage Over Charging yang dihasilkan juga tidak besar.

Over Heating > Over Charging
Damagenya memang lebih besar dari Follow Up EX. Hanya saja cooldownya terlalu lama untuk dijadikan skill DPS.

Rotasi Skill
Rotasi Skill yang biasa saya gunakan adalah:
- Foot Stomping > Follow Up EX > Over Charging > Step up > Beat Down > Over Charging
- Rock Away > Flying Knee Kick EX > Over Charging > Step up > Beat Down > Over Charging
Kelebihan rotasi skill di atas adalah cooldown masing-masing skillnya cepat. Rotasi Skill ini bisa digunakan setiap 13 detik sekali. Memperpanjang lagi deretan Skillnya, bisa menjadi kurang efektif dan mudah di cancel.

Kalian bisa juga menggunakan Kombo Simpel saya:
- Foot Stomping > Follow Up EX >  Ducking > Step up > Beat Down > Over Charging
 (Foot Stomping > klik kiri > spasi > klik kiri > klik kiri + tahan)


Skill Build
Setelah penjelasan dan analisis di atas, saya memilih untuk menggunakan Skill Build ini.

Build PVE

Follow Through
Jika kalian baca dari awal mungkin sudah tahu alasannya kenapa saya tidak menaikan Follow Through. Intinya sih karena potensi DPSnya tidak terlalu besar dan tidak bisa dikombo dengan Over Charging.

Leaping Over
Pada dua tabel di atas, Leaping Over bisa menduduki peringkat pertama. Lalu kenapa saya tidak menaikannya? karena potensi DPS Leaping Over tidak sebesar kombo skill Over Charging (silakan cek di atas). Selain itu, perhitungan saya di atas itu jika kamu berhasil mengenai 20x Hit. Jika kurang dari itu, maka DPSnya pasti akan turun lagi.

Beyond The Wall
Saya bisa bilang ini adalah Skill GG untuk Machina. Beyond The Wall max bisa menciptakan Barrier yang berdasarkan 20% HP Machina. Sebelum menggunakan kombo serangan, alangkah lebih baiknya menggunakan Beyond The Wall terlebih dahulu supaya tidak mudah cancel.

Deus Machina EX vs Strike of Martyr (Man-to-Man)
Kedua Ultimate Skill ini sangat berbeda fungsinya. Deus Machina EX lebih ke DPS skill karena memiliki Potensi DPS besar (bisa dilihat pada tabel 2). Strike of Martyr lebih ke Support Skill untuk mengurangi serangan. Saya hanya menaikan Deus Machina EX saja karena fungsi minus damage dll itu urusan Support nanti, sedangkan sebagai DPS Ruina harus tetap mencari Potensi DPS tertinggi.

Build PVP
Sampai hari ini saya belum pernah mencoba PVP dengan menggunakan Ruina. Jika harus membuat Build PVP, mungkin saya akan membuat seperti ini.


Skill Plate
PVE:
- Follow Up (damage)
- Beat Down (damage)
- Kidney Blow (action speed)
- Flying Knee Kick (action speed)
Optional: Over Heating  (action speed),  Deus Machina EX (damage)

PVP:
- Flying Knee Kick (action speed)
- Body Check (action speed)
- Kidney Blow (action speed)
- Over Heating  (action speed)
Optional: Deus Machina EX (cooldown)
     Seharusnya ini menjadi Posting Skill Build terakhir dan saya bisa rehat dari Update Blog. Eh ternyata ada Job baru yang lumayan mengacaukan jadwal rehat. Saya tidak tahu apa yang akan saya bahas tentang Job baru nanti. Soalnya saya baru menggunakan Machina kurang dari 1 hari (efek Char pinjaman). Daripada curhatannya menjadi panjang, mending kita langsung ke topik pembahasan utamanya.
    Pada post kali ini saya akan membahas tentang Tempest Skill Build Level 90. Tempest ini merupakan salah satu Job yang di boost di Update terbaru (baca: Acrobat, Elestra dan Gladiator Boost). Boostnya berupa kenaikan Board Damage untuk hampir semua Skill di Line-nya. Saya rasa memang Boost itu sangat diperlukan untuk para Acrobat, termasuk Tempest. Soalnya semenjak Spirit Boost dijadikan Self Buff, job ini menjadi sedikit kehilangan nilai jualnya di Party. Saya berharapa dengan Boost itu, para Acrobat bisa kembali beratraksi di dunia per DPS-an.


Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Acrobat Class
- Skill Full Hit + Buff
- Saya tidak mempehitungan Spirit Boost

Skill Build
Build ini saya gunakan untuk PVE dan PVP.

Magic Arrow
Mau bagaimanapun Magic Arrow tetap DPS Skill terbaik di Archer Skill Tree. Damagenya masih lebih tinggi lagi

Multi Shot
Skill ini tidak memiliki Potensi DPS yang besar di PVE, tetapi sangat berguna sekali untuk menjatuhkan lawan dan mencegah lawan mendekat di PVP.

Tempest Skill Line
Semua skill di Line Tempest saya naikan sampai Peak Level (6, 10, 11, 16 dst) agar damagenya lebih maksimal.

Air Pounce
Potensi DPSnya kan besar tapi kenapa saya tidak menaikannya? potensi DPS sekarang memang besar tetapi setelah boost tidak. Lagian saya lebih membutuhkan spam banyak Skill di Line Tempest untuk mengurangi cooldown Ultimate Skill (Astrall Illusion), daripada harus melompat-lompat (LOL).

Eagle Dive
Ini pertama kalinya saya tidak menaikan Eagle Dive sampai Peak Level/Max sejak Cap 24. Berat sih, tapi saya harus menyesuaikan dengan kenyataannya kalau Potensi DPS Eagle Dive itu tidak terlalu besar. Developer terkesan masih nanggung-nanggung menaikan damage skill ini. Coba kalian perhatikan Potensi DPS setelah Boost, perbedaan Potensi DPS Eagle Dive dengan Blooming Kick lebih dari 2x lipat.

Blooming Kick
Skill ini tiba-tiba mengambil tempat Eagle Dive di hati saya. Blooming Kick level Max selain memiliki Potensi DPS yang besar di PVE, juga berguna untuk men-stun musuh di PVP. Memang Area skillnya tidak besar, tetapi saya mulai membiasakan diri untuk menggunakan Blooming Kick setiap Delay.

Cyclone Kick
Cyclone Kick non EX memang memiliki casting time yang agak lama, tetapi kita jangan lupa kalau skill ini juga memiliki iframe di awal cast. Damagenya juga lumayan besar di PVE maupun PVP.

Spiral Edge
Saya mengambilnya hanya untuk keperluan PVP saja, untuk urusan PVE serahkan kepada Astrall Iluusion.

Astral Illusion
Secara Teori memang Astrall Illusion memiliki Potensi DPS yang paling besar, namun kenyataannya di lapangan bisa berbeda lagi. Kendalanya hanya pada casting time skillnya yang agak lama dan terdiri dari banyak hit, sehingga ketika musuh bergerak bisa mengganggu DPSnya.

Hurricane Dance
Senang rasanya Damage Hurricane Dance dikembalikan seperti semula (Cap 80), sehingga Potensi DPSnya pun akan meningkatan nanti setelah Boost.

Skill Heraldry
PVE:
- Astrall Illusion (damage)
- Spirit Boost (cooldown)
- Double Somersault Kick (damage)
- Spiral Vortex (damage)
Optional: Blooming, Kick Shot, Binding Shot, Hurricane Dance, Cyclone Kick (damage)

PVP:
- Spiral Edge (damage)
- Spirit Boost (cooldown)
- Double Somersault Kick (damage)
- Spiral Vortex (action speed)
Optional:  Kick Shot, Binding Shot, Hurricane Dance, Cyclone Kick (damage), Blooming Kick (reset cooldown)
     Waduh ternyata saya kurang teliti kemarin pas buat Spirit Dancer Skill Build. Saya kira Update Dancer Boost belum diterapkan di DN SEA. Pada saat testing Blade Dancer tadi, saya baru sadar kalau DN SEA ternyata sudah Update sampai Dancer Boost (Saya belum tahu di DN INA). Gara-gara Update ini saya jadi semangat lagi deh bermain Dancer.
      Boost yang cukup besar didapatkan oleh Blade Dancer ini. Bayangkan saja jika kalian Fokus dan Konsisten terhadap Skill-Skill di Line Blade Dancer, maka Blade Dancer dapat mengurangi 50%. Cooldown Skillnya setiap 10 detik sekali. Bahkan pengurangan cooldownnya di PVP pun lumayan besar yaitu 20%.  Saya ikut senang sih karena sudah menunggu-nunggu momen seperti ini. Dan akhirnya Dancer-Dancer saya yang berada di Gudang Char bisa muncul kembali di permukaan. Yah walaupun tantangan terbesarnya adalah meyakinkan kebanyakan party untuk bisa memilih Blade Dancer sebagai salah satu Job DPS (Please banget, jangan Job Mainstream mulu)
   


Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau  STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear,  Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed/Wind

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Dancer Class
- Skill Full Hit + Buff
- Perhitungan tanpa Skill Plate
- Saya hanya menggunakan Breeze Call Dance saja
- Perhitungan berdasarkan Dancer Boost
- Asumsi 5 Turn Bubble setiap 10 detik

Skill Build

Build PVE
Sejujurnya, semenjak Dancer Boost saja sudah jarang menggunakan Skill di Spirit Dance Line. Saya membuat Build ini untuk player yang belum terbiasa dengan Gameplay baru Blade Dancer.

Phantom Guard
Skill ini bisa mengurangi serangan yang diterima oleh kalian, tetapi MP kalian akan bocor.

Breeze Call Dance vs Illusion Dance
Ada hal yang spesial di Cap 90 ini yaitu kedua Heal di Dancer Skill Tree sama-sama Max. Keduanya memiliki buff +60% Final Damage, tapi jangan harap bisa menggunakan keduanya bergantian ya karena keduanya Share Cooldown. Kalian perlu memperhatikan satu hal, keduanya memiliki fungsi Buff yang berbeda. Buff Breeze Call Dance hanya berlaku untuk Blade Dancer Skill, sedangkan Illusion Dance hanya untuk Spirit Dancer Skill.

Twinkle Spin (16) vs  General Dunblade (11)
Skill Point di Dancer Skill Tree ini sangat padat. Jika kalian ingin mengambil dual line, maka dengan terpaksa harus mengorbankan salah satu skill. Kali ini yang saya korbankan adalah Twinkle Spin karena yang memiliki Potensi DPS terkecil di antara semua skill di Linenya dan areanya tidak besar.

Pilihannya hanya tiga yaitu Sufi Dancer, Dusk Hunter atau General Dunblade.

Kenapa saya memilih General Dunblade? karena Potensi DPS Sufi Dancer sangat tergantung ukuran musuh dan Dusk Hunter non EX punya area kecil, sedangkan General Dunblade memiliki Damage besar, stabil dan areanya lumayan besar. Selain itu, dengan gameplay yang lebih fokus ke line Blade Dancer, kalian pasti akan lebih jarang menggunakan skill di Line Spirit Dancer. Oleh karena itu, saya memilih skill yang mempunyai Board Damage besar dan cooldown lebih lama seperti General Dunblade.

Estatic Dance
Ketiga skill Dance ini saling Share Cooldown, sehingga dilapangan kalian hanya bisa memilih menggunakan salah satunya setiap 60 detik. Saya tidak menaikan Dance Part 1 (Ghoul Dance) MAX karena Heal dan +damagenya tidak bisa dibagikan untuk Party. Jika ingin Heal lebih baik membawa Job Healer saja dan +Damagenya yang mirip Bone Crash itu kurang efektif jika digunakan hanya untuk diri sendiri. Oleh karena itu, saya lebih sering menggunakan Dance Part 3 (Minotaur Dance) karena mengincar Buff +60% PATKnya.

Note: Saya menerima kabar kalau Estatic Dance masih bisa digunakan untuk Party, nanti saya cari-cari infonya lagi kenapa bisa begitu. Padahal di Patch Note 90nya bilang Estatic Dance menjadi Self Buff. Bisa jadi antara Bug atau diganti menjadi Party Buff lagi.

Build Pure PVE
Build Pure PVE ini lebih simpel, kalian hanya perlu fokus ke satu Line saja. Memang agak canggung ketika pertama kali mencobanya (termasuk saya), tetapi lama-kelamaan menjadi terbiasa juga. Saya tidak sarankan menggunakan Build ini untuk PVP ya, soalnya pasti akan bingung kombonya.

Build PVP

Spirit Blow 
Spirit Blow memiliki super armo break dan damage yang cukup besar di PVP.

Despair Needle
Bisa digunakan untuk musuh yang terjatuh ditanah. Fungsinya agak mirip dengan Poison Missile, tetapi durasinya lebih cepat.

Soul Wind
Soul Wind memiliki paralyze yang bisa mengganggu pergerakan musuh dan jangkauan serangannya pun jauh.

Graze Dance
Perbedaan DPSnya sangat jauh sekali dengan PVE. Damagenya tidak terlalu besar di PVP.

General Dunblade
Diantara semua line Spirit Dancer, tetap General Dunblade yang memiliki Board Damage paling besar di PVE maupun PVP.

Skill Heraldry
PVE:
- Hurricane Dance (damage)
- Graze Dance (damage)
- Elegant Storm (damage)
- Deadly Drill (cooldown)
Optional: Inner Fire, Squall Flaker, Sweet Circle, General Dunblade (damage)

PVP:
- Hurricane Dance (damage)
- Elegant Storm (damage)
- Breeze Call Dance (cooldown)
- Deadly Drill (cooldown)
Optional: Inner Fire, Squall Flaker, Sweet Circle, General Dunblade (damage)
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home