Pada posting kali ini saya akan membahas tentang Destroyer Skill Build Level 90. Jujur saja ketika awal Cap 90, Warrior Class yang membuat saya tertarik adalah Destriyer. Bukan karena peningkatan damagenya, melainkan karena perubahan beberapa skillnya. Destroyer seperti didesain menjadi Tanker sekaligus DPS. Itulah yang membuat saya tertarik, soalnya di Cap 80 saya hanya menjadikan Destroyer sebagai salah satu koleksi char saja dan tidak pernah berniat untuk menggearnya.
     Saya berharap ke depannya akan muncul Nest atau Raid yang cukup sulit dan sakit, sehingga Job-Job seperti Destroyer bisa digunakan untuk Party. Sekarang sih, kebanyakan party butuh Job Pure DPS yang besar dan Healer, sehingga banyak player yang kurang menggali potensi Job lainnya. Saya jadi ingin tahu bagaimana pengalaman para Destroyer selama Cap 90 ini.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT 
Weapon: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Mercenary Class
- Semua Skill dihitung Full Hit dan Buff


Skill Build

Build PVE

Circle Break
Secara Potensi DPS Circle Break cukup besar dan memiliki Iframe 0.3 detik.

Stomp 
Hanya sebagai syarat saja, Potensi DPSnya di Barbarian Skill Build saja sangat kecil apalagi untuk Destroyer.

Demolition Fist 
Potensi DPSnya memang paling besar diantara Skill Barbarian Line, tapi area serangannya terlalu kecil. 

Circle Swing vs Whirlwind vs Flying Swing
Sebenarnya permasalah ketiga skill ini adalah Skill Point. Beberapa orang beranggapan menurunkan level Flying Swing untuk menaikan Whirlwind + Circle Swing Level 11 itu sangat wajar, karena damage keduanya lebih besar. Padahal secara Potensi DPS saja sudah terlihat bahwa Flying Swing EX unggul sangat jauh dan itupun belum dihitung pengaruh INS Flying Swing. Biar lebih jelas saya berikan tabel perbandingannya saja.
Pada tabel di atas bisa kalian lihat bahwa kenaikan Potensi DPS untuk setiap Peak Level Flying Swing lebih besar dibandingkan Circle Swing atau Whirlwind. Jadi mengorbankan Skill Point Flying Swing untuk Whirlwind itu kurang tepat. Jika alasannya karena Flying Swing EX agak susah untuk Full Hit. Yah walaupun 1/2 Full Hit, Potensi DPS Flying Swing EX masih lebih besar dibandingkan Circle Swing dan Whirlwind.

Sudah Fix ya masalah Flying Swing, sekarang tinggal Circle Swing vs Whirlwind level 11. Potensi DPS Whirlwind lebih besar sedikit dibandingkan Circle Swing. Saya memilih Circle Swing karena kemungkinan Full Hitnya lebih mudah dan araenya cukup luas.

Punishing Swing + Ring Bomb + Rolling Attack
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan besar dibawah Flying Swing. Saya sarankan untuk Ring Bomb harus menggunakan Skill Ring +1, agar potensi DPSnya maksimal.

Cyclone Axe vs Gigantic Bomb
Keterbatasan Skill Point jadi saya hanya bisa memilih salah satunya. Cyclone Axe memang memiliki potensi DPS yang lebih besar, tapi Giganic Bomb lebih instan Hit.

Highlander (Life Saver)
Masalahnya masih sama dengan sebelumnya yaitu perlu 10 Skill Point untuk menaikannya. Jika kamu ingin menaikan Life Saver bisa menurunkan Circle Swing ke level 1. Pendapat saya tentang Life Saver untuk Destroyer sih antara perlu atau tidak perlu. Perlu untuk menyelamatkan Destroyer dari One Hit KO Skill Boss Raid. Durasinya memang akan turun menjadi 5 detik ketika HP Destroyer dibawah 1%, tetapi dalam waktu 5 detik itu Destroyer masih bisa mengaktifkan Class Master I yang bisa Heal HP sebesar 3% per 2 detik (5 detik bisa 6%-9% HP) dan menggunakan Havoc Howl (+116% HP) + Howl Charging (Barier 20% HP). Tidak perlu itu jika kamu hanya bermain aman di Solo Dungeon Abyss dan Nest-nest biasa. 

Howl Charging
Skill ini seperti Guardian Force milik Guardia, hanya saja cooldownnya terlalu lama.

Maelstorm Howl
Skill pake komplitnya Destroyer karena memiliki Potensi DPS besar, Buff damage berdasarkan VIT dan debuff menurunkan damage musuh.

Build PVP

Rising Slash + Circle Break 
Semua Warrior Build PVP saya pasti menaikan kedua skill ini untuk kombo.

Stomp 
Saya menaikan Stomp level 11 hanya untuk mendapatkan debuff slown selama 6.5 detik. Slow itu bisa sangat mengganggu pergerakan musuh.

Flying Swing + Punishing Swing
Damage keduanya tidak sebesar di PVE. Selain itu Flying Swing agak susah untuk Full hit di PVP. Malahan saya lebih sering menggunakannya untuk menahan skill musuh yang memiliki damage besar.

Circle Swing + Whirlwind + Ring Bomb + Rolling Attack
Keempat skill ini memiliki damage yang besar di PVP.

Devitalizing Howl
Saya tidak tahu apa nama skill ini di DN INA, yang jelas skill ini berfungsi untuk menghilangkan Buff dan Silent musuh. Kenaikan levelnya maka akan menghilangkan Buff lebih banyak dan Silent lebih lama.

Maelstrom Howl
Saya sudah bilang kan, Maelstrom Howl adalah skill paket komplitnya Destroyer.

Skill Heraldry
PVE:
1. Ring Bomb (damage)
2. Iron Skin  (cooldown)
3. Howl Charging (cooldown)
4. Maelstorm Howl (cooldown)
Optional: Havoc Howl(cooldown), Gigantic Bomb, Rolling Attack, Flying Swing, Punishing Swing (damage) Crisis Howl (reset cooldown)
*Havoc Howl di DN SEA itu skill yang bisa meningkatkan HP 116%

PVP:
1. Maelstorm Howl (cooldown)
2. Side Kick (action speed)
3. Ring Bomb (damage)
4. Rolling Attack (damage)
Optional: Relieve, Cyclone Axe (cooldown)
    Maaf ya untuk Post Skill Build akhir-akhir ini akan lebih singkat penjelasannya, soalnya lagi kurang mood bahas panjang-panjang. Nanti kalau ada pertanyaan bisa langsung aja tanya di kolom komentar. Skill Build yang akan saya bahas kali ini adalah Elestra (Cyrcomancer) Skill Build Level 90.
   Elestra merupakan job yang memiliki pengurangan damage permanen + cukup besar dan bisa Ice Stacking. Kedua hal itulah yang membuat saya sering menggunakannya untuk Nest/Raid di cap 80 lalu. Pada Cap 90, Elestra harus kehilangan kemampuan Ice Stackingnya dan Shieldnya memiliki durasi (tidak permanen). Hal ini diperburuk dengan hilangnya Buff Frozen Burst. Developer memaksa para Elestra untuk menjadi Job DPS. Tekanan ini lah yang membuat sebagian Elestra Change Job ke Smasher, Majesty atau Saleana (duh perasaan Change Job mulu ya).
      Saya sih tidak pernah terbawa ke arus Change Job seperti beberapa orang. Saya berusaha tetap tegar dan tabah walaupun salah satu Main Job saya ini harus kehilangan pesonanya di Cap 90. Doa para Elestra pun dikabulkan. Pada 9 Desember lalu, Elestra kembali di Boost oleh Developer. Saya pun sudah sedikit menganalisis pengaruh Boostnya terhadap DPS Elestra nanti (Baca: Elestra, Gladiator, Acrobat Boost). Patch ini juga memberi harapan untuk Job-job lain yang mengalami penurunan DPS. Semoga bulan depan giliran kalian...


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: ICE + INT atau MATK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Elemental Lord Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff


Skill Build

Build PVE

Wheeling Staff vs Void Blast vs Poison Missile vs Glacial Spike
Ini adalah perbandingan yang seru antara empat Skill di Sorceress Skill Tree. Alasan saya memilih Wheeling Staff dan Poison Missile karena untuk menaikan keduanya hanya butuh 33 Skill Point. Sedangkan jika kita menaikan Glacial Spike butuh 25 SP dan Void Blast butuh 27 SP + Skill Ring. Dengan perbedaan 8 atau 6 SP saja, saya sudah mendapatkan Potensi DPS yang jauh lebih besar. Memang Wheeling Staff dan Poison Missile lumayan susah untuk Full Hit, tetapi damage 1/2 Full Hitnya saja masih lebih besar dari Void Blast atau Glacial Spike.

Beberapa orang memang kurang cocok atau belum terbiasa dengan Wheeling Staff. Jadi bisa saja menggunakan susunan skill seperti ini:
Glacial Spike lv 26  + Poison Missile lv 6
Di Update terbaru Elestra Boost mungkin kalian akan lebih sering menggunakan Glacial Spike untuk mengurangi cooldown Ice Barrier EX.

Fireball + Flame Road
Dua Skill Fire yang memiliki Potensi DPS yang cukup besar untuk Elestra, padahal dengan Fire Attack 9% saja. Oleh karena itu, jika harus memilih untuk menaikan skill di Fire Line karena skill Point melimpah, saya memilih kedua skill ini. Potensi DPS di atas sudah termasuk skill pasif Hellfire (+30% damage untuk Burn Status). Ingat ya "Burn Status", jadi kalian harus menggunakan Phoenix Storm, Flame Spark  atau Fire Burst sebelum menggunakan Fireball atau Flame Road.

Phoenix Storm + Flame Spark
Sebelumnya saya sudah bilang, kedua skill ini bisa digunakan untuk Burn Status. Phoenix Storm juga memiliki Debuff untuk mengurangi Element Resist sebesar 20%.

Icy Shard (Freezing Sword) + Freezing Field + Frozen Spike (Ice Stab) + Chilling Mist
Keempat skill ini saya naikan Max karena memiliki Potensi DPS yang berada di urutan 1-4. Potensi akan menjadi lebih besar lagi ketika Update Elestra Boost sudah di patch.

Blizzard Storm 
Pada Update terbaru, Elestra akan Invincible (tidak bisa dihit) saat menggunakan Blizzard Storm (Seperti Heavenly Judgement).

Ice Sphere
Di Cap 80, Ice Sphere (Frozen Burst) merupakan Top DPS Skill untuk Elestra. Sayangnya Buff Frozen Burst sudah dihapuskan sehingga Potensi DPSnya harus turun. Ice Sphere ini juga menjadi satu-satunya skill Elestra yang bisa membekukan musuh pada Update terbaru nanti.

Build PVP

Wheeling Staff + Poison Missile
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Kalian bisa menggunakan kombo Wheeling Staff + Hit biasa + Poison Missile.

Flame Road
Jika dihitung-hitung sih, Flame Road memiliki damage yang paling besar diantara ketiga skill di atasnya.

Ignite vs Shatter
Di PVP, semua skill fire memiliki Burn Status. Burn Status juga memiliki durasi yang lebih lama daripada Frosbite. Oleh karena itu dengan casting time sekitar 2 detik, menggunakan Ignite akan memiliki kemungkinan berhasil lebih besar dibandingkan Shatter.

Icy Shard (Freezing Sword) + Freezing Field + Frozen Spike (Ice Stab) + Chilling Mist
Seperti biasa, ke empat skill Ice ini masih menjadi andalan saya di PVP.

Blizzard Storm + Fiery Vortex
Kedua Ultimate Skill ini bisa kalian gunakan di PVP. Diantara keduanya memang Fiery Vortex yang paling aman, karena bisa di cancel dan ada pengurangan damagenya juga. Di Update terbaru memang dikatakan kalau casting Blizzard Storm bisa tidak kena hit, tetapi saya tidak tahu apakah itu berlaku untuk PVP. Soalnya jika disamakan dengan Heavenly Judgement sih, sepertinya masih bisa kena hit.

Ice Sphere
Skill beku andalan Elestra. Semakin tinggi levelnya maka durasi bekunya akan semakin lama.


Skill Heraldry
PVE:
- Freezing Field (damage)
- Chilling Mist (damage)
- Frozen Spike (damage)
- Icy Shard (damage)
Optional: Ice Shield (damage reduction), Blizzard Storm (cooldown)

PVP:
- Freezing Field (damage)
- Chilling Mist (damage)
- Ice Shield (damage reduction)
- Icy Shard (damage)
Optional: Blizzard Storm (cooldown), Frozen Spike (damage)
    Wah ditinggal dua hari (Sabtu + Minggu) kolom komentar masih bernuansa Machina aja. Saya tidak akan Update Skill Build Machina sebelum semua Skill Build job terdahulu selesai.  Dua hari kemarin kebetulan saya sibuk persiapaan dan tanding untuk Event PVP Guild 4v4 di DN SEA. Yah walaupun Team saya hanya sampai 8 besar, tapi setidaknya pengalaman pertama ikut event PVP lumayan seru juga. Kali ini saya tidak akan membahas masalah PVP, tapi tentang Crusader Skill Build Level 90.
    Crusader sempat menjadi JOB yang memiliki DPS yang sangat besar di Cap 80, terutama pada Light Party. Revamp Buff/Debuff membuat Light Party tidak bisa melakukan Stacking Light Attack dan Light Resist, sehingga Potensi DPS Crusader di Party lumayan terjun bebas. Selain itu, hilangannya Buff +STR dan INT di Ultimate Skill Paladin memperburuk Potensi DPSnya. Beberapa kali Crusader sudah di Boost, tetapi Potensi DPSnya memang tidak bisa seperti Cap 80 lalu. Hal itulah yang membuat beberapa player melakukan Change Job. Padahal jika saya bandingkan Potensi DPS Solo-nya (no Party) malah meningkat. 



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: LIGHT + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Heraldry + Talisman
- Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Intellect (Wise)
- Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Magician, Fatal dan Intellect (Wise)

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear, PATK = 35986, MATK = 35171, Light Attack = 70%
- Semua Skill Full Hit dan Buff/Debuff

Skill Build

Build PVE

Charge Bolt
Diantara semua Skill DPS Aktif di Cleric Skill Tree, Charge Bolt memang yang terbaik untuk Job Light Attack. Selain memiliki Potensi DPS yang cukup besar, Charge Bolt juga mempunyai jumlah Hit yang banyak sehingga bisa membantu/mempercepat pengurangan cooldown Electric Smite.

Block
Sebenarnya saya agak malas ambil Block untuk Build PVE, karena mengaktifkan Block bisa mengganggu kelancaran kombo. Yah daripada bingung mau buang 10 Skill Point kemana lagi. Jika kalian tidak ingin menaikan Block juga, bisa memasukan 10 Skill Pointnya ke Lightning Zap saja.

Holy Relic
Potensi DPS menduduki peringkat ketiga jadi sudah sewajarnya untuk MAX.

Sacred Hammering
Saya tidak memasukan Sacred Hammering di tabel Potensi DPS karena sedang malas menghitungnya. Jika dihitung pun sudah pasti Potensi DPS yang besar, sehingga wajib untuk MAX.

Lightning Zap
Saya masih heran kenapa Lightning Zap masih termasuk Magic Damage, padahal Crusader sekarang termasuk Physical Job (berdasarkan PATK). Jadi untuk Crusader tipe STR, Potensi DPS Lightning Zap tanpa Judge Power akan lebih kecil daripada di atas.

Electric Smite
TOP DPS skill wajib MAX

Shin Breaker + Armor Break + Shield Charge
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan kecil, jadi hanya digunakan untuk pelengkap Instan Skill saja.

Skill Guardian Line
Saya sebenarnya hanya ingin mengambil Iron Will tetapi apa daya harus ambil skill di atasnya. Divine Ascension saya gunakan sebagai pelengkap saja, soalnya tidak bisa di spam seperti Guardian.

Divine Avatar + Thor Hammer
Divine Avatar bisa kalian gunakan disaat-saat genting di Nest/Raid karena masih invincible (tidak bisa dihit). Sedangkan Thor Hammer bisa digunakan ketika saat santai, seperti tidak ada skill boss yang pedih atau bisa menggagalkan cast Thor Hammer.

Judgement Hammer
Saya pernah ditegur oleh pembaca gara-gara skill ini. Dia bilang mana mungkin Judgement Hammer bisa memiliki Potensi DPS yang besar seperti itu. Sekali lagi itu adalah Potensi DPS Full Hit ya, kalau kamu tidak percaya bisa coba lepas semua Armor/ACC dan Plate, lalu coba lakukan Judgement Hammer lawan Black Dragon. Hal itu dikarenakan Potensi DPS maksimalnya hanya bisa didapatkan ketika melawan musuh yang super panjang dan besar, seperti naga-naga.

Build PVP

Divine Combo + Holy Kick 
Holy Kick memiliki kemungkinan Stun yang cukup besar, sedangkan Divine Combo bisa membuat lawan terjatuh.

Provoke
Selalu menggunakan Provoke sebelum melakukan kombo karena bisa mengurangi Stun dan Critical Resist musuh.

Sacred Hammering
Damagenya di PVP memang besar tetapi cooldownnya terlalu cepat.

Lightning Zap
Di PVP, skill ini sangat berguna ketika melawan musuh yang super lincah karena bisa mengganggu pergerakan mereka. Damageya juga di PVP lumayan besar juga, apalagi ditambah Skill Ring +1.

Elecric Smite
Masih menjadi salah satu skill yang damagenya besar di PVP.

Divine Ascension + Divine Vengeance
Saya menaikan kedua skill ini di PVP untuk counter attack saat sedang block.

Judgement Hammer
Skill ini bisa digunakan untuk mengerjai musuh yang memiliki Stun Resist kecil, karena kadang-kadang bisa membuat musuh Stun.

Skill Heraldry
PVE:
- Electric Smite (damage)
- Holy Relic (damage)
- Divine Avatar/Thor Hammer (cooldown)
- Judgement Hammer (damage)
Optional: Judge Power (Buff Duration)

PVP
- Half Turn Kick (action speed)
- Holy Kick (action speed)
- Holy Relic (damage)
- Electric Smite (damage)
Optional: Divine Avatar, Block (cooldown), Stomping Kick (action speed)
      
     Hari ini saya mau istirahat dulu dari Post Skill Build, soalnya Update terbaru lumayan menggiurkan untuk dibahas. Pada tanggal 9 desember 2015 lalu ada Update Skill Boost terbaru di DN Korea. Job yang di Boost kali ini adalah Gladiator, Acrobat (Tempest + Windwalker) dan Elestra (Cyromancer). Padahal minggu lalu saya baru Curhat masalah acrobat di Windwalker Skill Build, eh 4 hari kemudian Developer update Acrobat Boost (wah curhatan saya dibaca Developer "Geer mode"). Boost Acrobat lebih kepeningkatan Board Damage Skill di Acrobat Skill Treenya saja.
     Gladiator dan Elestra (Cyromancer) mendapatkan Boost yang agak berbeda dengan Acrobat. Mereka mendapatkan Boost untuk Mekanisme Skill EX dan Class Mastery I.  Boost untuk Gladiator ini bisa menjadi ancaman untuk Barbarian atau Moonlord (Lunar Knight). Seandainya Boost ini bisa cepat sampai DN INA dan SEA, bisa-bisa harga Change Job akan naik di TH. Sedangkan untuk Elestra saya agak kurang yakin kalau DPSnya setelah Boost akan bisa menyaingi Saleana (Pyromancer) dan Smasher. 
    Tidak hanya Acrobat, Gladiator dan Elestra yang mendapatkan Boost, tetapi Priest dan Machina juga. Priest hanya mendapatkan perbaikan error damage dari Skill Grand Cross, sedangkan Machina banyak Skill yang di Boost. Berhubung saya belum punya char Machina dan sedang tidak sempat leveling Machina di DN INA, jadi saya tidak bisa menganalisis Machina-nya (termasuk membuat Skill Buildnya :P). Saya juga sedang malas mengedit Analisis Swordmaster, Elemental Lord dan Acrobat sebelumnya. Lebih baik saya langsung beri hasilnya saja disini, supaya kalian tidak pusing lihat banyak angka bergentayangan di layar. hehehe



Sword Master
Triple Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Deep Straight (Front Shove): cooldown menjadi 13 detik (PVP)

Provoking Slam (Luring Slash): serangan meningkat (PVE)
Lv1: 148% > 433%
Lv9: 217% > 920%

Eclipse: Setiap peningkatan level maka cooldown akan berkurang 1 detik (PVE)

Line Drive: serangan meningkat
Lv1: 1198% > 1748%
Lv6: 1621% > 2381%
Lv11: 2042% > 3013%
Lv13: 2139% > 3159%


Gladiator
Evasion Slash: cooldown menjadi 12 detik (PVP)

Class Mastery I:
- Bubble STR dari 10 menjadi 20 (PVE/PVP)
- Durasi Buff dari 5 detik menjadi 60 detik (PVE/PVP)
- 1 Bubble dari 0.6% STR menjadi 0.4% STR (Berarti dari Max 60% menjadi 80% STR)
- Ketika Bubble mencapai 20 maka cooldown dari Skill Gladiator** berkurang 50%
(**Triple Slash, Deep Straight (Front Shove), Hacking Stance, Line Drive dan Evasion Slash)
- Cooldown Bubble STR dari 0.5 detik menjadi 0.3 detik (PVE) dan 2 detik (PVP)

Line Drive EX:
- Damage untuk setiap Wind Blade meningkat dari 5% menjadi 10% (PVE/PVP)
- Menekan tombol mundur + Cast Skill akan membuat jarak serangan berkurang dan klik kanan setelah Cast akan otomatis melakukan Dash Kick (PVE/PVP)
(Mekanisme terbaru ini sangat membantu untuk cast Line Drive EX + Line Drive INS)

Finish Attack EX:
- Pada Versi EX, cooldownya berubah menjadi 5 detik dan hanya bisa di Cast dengan mengorbankan Bubble STR sebanyak 15. (PVE/PVP)

Evasion Slash:
- Efek tambahan: Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE)

Analisis Potensi DPS
Sebelumnya terima kasih yang udah koreksi tentang Boost Gladiator ini ya. Berdasarkan Video yang salah lihat tentang Boost Gladiator terbaru maka kemungkinan kalian bisa menggunakan 2 Gameplay. Pertama tetap bertahan di 20 Bubble untuk mendapatkan pengurangan cooldown skill 50% atau Spam Finish Attack setiap 5 detik. Spam Finish Attack itu memerlukan beberapa syarat yang tidak mudah, yaitu:

Gladiator harus melakukan 1 Hit setiap 0.3 detik (cooldown Bubble STR)
Dengan melakukan 1 Hit/0.3 detik maka gladiator bisa melakukan Cast Finish Attack setiap 5 detik sekali. Memang agak tidak mungkin kalau kita perhitungkan Casting Time untuk Skill, tapi saya tetap menghitung Potensi DPS terbesarnya. Soalnya pada perhitungan kolom Cap 80 dan 90 juga menggunakan Potensi DPS maksimal. 

Jika konsisten, maka cooldown skill menjadi:
- Triple Slash: 5 detik
- Deep Straight (Front Shove): 6.5 detik
- Hacking Stance: 24 detik
- Line Drive: 26 detik
- Evasion Slash:  5 detik

Efek tambahan Evasion Slash
Cooldown Triple Slash dan Deep Straight (Front Shove) akan reset apabila Evasion Slash berhasil mengenai musuh (PVE). Dengan asumsi cooldown Evasion Slash = 5 detik, maka Triple Slash atau Deep Straight bisa digunakan setiap 5 detik sekali. Kita tidak mungkin menggunakan Triple Slash dan Deep Straight bersamaan kan? jadi saya tambahankan sedikit pengaruh casting timenya, sehingga cooldown Triple Slash tetap 5 detik dan Deep Straight menjadi 6.5 detik (+1.5 detik Casting Time Triple Slash).

Kesimpulan
Berdasarkan Analisis di atas saya lebih memilih untuk menggunakan Gameplay 20 Bubble pada Gladiator Boost nanti. Hal tersebut dikarenakan cooldown skillnya akan tetap konsisten di pengurangan 50%. Jika kalian Spam Finish Attack, cooldown skill akan berjalan seperti biasa (tanpa pengurangan 50%), karena Finish Attack akan mengonsumsi 15 Bubble kalian setiap 5 detik. Saran saya sih gunakan Gameplay campur-campur, misalnya hanya menggunakan Spam FA ketika HP Boss di bawah 20%.

Acrobat
Spiral Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 240% > 414%
Lv6: 343% > 647%
Lv11: 446% > 879%
Lv16: 550% > 1112%
Lv19: 581% > 1182%

Blooming Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 489% > 1151%
Lv6: 804% > 2000%
Lv11: 1118% > 2635%

Cyclone Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1140% > 1972%
Lv6: 1521% > 2658%
Lv11: 1902% > 3344%
Lv13: 1984% > 3491%

Kick Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 478% > 894%
Lv6: 623% > 1198%
Lv11: 768% > 1502%
Lv16: 912% > 1806%
Lv19: 948% > 1881%

Binding Shot: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 370% > 626%
Lv6: 503% > 885%
Lv11: 636% > 1144%
Lv16: 769% > 1404%
Lv17: 780% > 1425%

Double Somersault Kick: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 514% > 907%
Lv6: 743% > 1353%
Lv11: 971% > 1799%
Lv 15+1: 1200% > 2204%

Spiral Vortex: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 932% > 2221%
Lv6: 1290 > 3135%
Lv11: 1648% > 4048%
Lv13: 1731% > 4258%

Eagle Dive: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 450% > 791%
Lv6: 645% > 948%
Lv11: 645% > 1178%
Lv16: 743% > 1371%
Lv18: 760% > 1403%


Tempest
Hurricane Dance: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 705% > 1462%
Lv6: 868% > 1828%
Lv11: 1031% > 2194%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Tempest meningkat sebesar 61%


Windwalker
Rising Strom: serangan meningkat (PVE)
Lv1: 1137% > 2424%
Lv6: 1421% > 3072%
Lv11: 1705% > 3711%

Analisis Potensi DPS
Potensi DPS Windwalker meningkat sebesar 54%


Elemental Lord
Blizzard Storm: tidak dapat dihit ketika cast Skill


Elestra
Ice Sphere: cooldown menjadi 25 detik (PVP)

Ice Barier:
- Efek Freeze (beku) dihilangkan (PVE/PVP)
- Durasi menjadi 60 detik dan cooldown menjadi 120 detik (PVE/PVP)
- Durability Shield 195% MATK

Class Mastery I: Setiap serangan Ice yang berhasil mengenai musuh maka cooldown Ice Barier akan berkurang 1 detik (PVE/PVP). Ice Attack meningkat 20%.

Ice Barrier EX
- Tidak bisa memcahkan Barrier secara manual
- Selama durasi Ice Barrier, cooldown dari Elestra Skill** menjadi lebih cepat 30%
(**Freezing Sword (Icy Shard), Freezing Field, Ice Stab (Frozen Spike), Chilling Mist, Blizzard dan Ice Sphere)
- Ice Attack Buff hanya berpengaruh ketika durasi Ice Barrier
- Buff Ice Attack +30%
Analisis Potensi DPS
Note:
- Asumsikan Ice Barrier EX tidak pernah pecah dan Elestra berhasil melakukan minimal 60x Hit serangan Ice selama 60 detik, sehingga Buff Ice Barrier menjadi permanen.


Priest
Grand Cross: perubahan damage karena adanya Bug Fix (PVE/PVP)
Lv1: 471% > 361%
Lv6: 568% > 428%
Lv11: 663% > 494%
Lv16: 758% > 561%

Koefisien:
Sebelum: 5 Hit = 1x Board Damage
Sesudah: 1x Hit = 1x Board Damage

Analisis Potensi DPS
Ada dua job yang terpengaruh dengan Boost Grand Cross di atas yaitu Saint dan Inquisitor. Inquisitor mendapatkan keuntungan paling besar dengan Boost itu, karena damage Grand Cross ketika Consecration. Oleh karena itu, saya gunakan Potensi DPS Inquisitor saja.

Potensi DPS Inquisitor meningkat sebesar 68%

Sekalian nitip pesan deh buat Inquisitor yang tidak suka menaikan Grand Cross Max. Tuh Potensi DPSnya segede gitu, masa kalian masih tetap menaikan Grand Cross level 1. Hmm~



     Hasil Polling untuk Guardian sama dengan Flurry, jadi biar adil saya posting dihari yang sama (sekalian biar cepat kelar juga). Oh ya saya baru ingat juga ternyata hari ini DN INA keluar Machina (Maquina). Maaf ya tidak bisa membantu membahas Maquina karena saya tidak punya char itu, kecuali ada yang mau kasih pinjam Machina level 90 untuk test skill (ngarep banget).
     Kembali ke topik utamanya tentang Flurry Skill Build level 90. Kejayaan Job Non Element di Cap 90 ini, ikut mengangkat nama Flurry menjadi salah satu Top DPS. Sebenarnya potensinya sudah mulai terlihat di Cap 80 dan saya juga sering menggunakan Flurry untuk Nest. Sayangnya itu hanya berlaku untuk beberapa Party saja. Kebanyakan Party masih terpaku pada susunan Element Party yang membosankan. Di Cap 90, ketika pengaruh Element Party menjadi loyo, banyak party yang mulai mencari Job Non Element (ih baru sadar).
     Kelemahan Flurry itu tergantung dengan Gameplay pilotnya. Jika pilotnya hanya melakukan Spam Skill asal-asalan, jangan berharap kalian mendapatkan Potensi DPS yang besar. Flurry harus pandai dalam merotasi Skill yang memiliki Hit banyak, agar Vulnerable Status bisa sering muncul minimal 7 detik sekali. Selain itu, Flurry harus pandai mengatur Fatigue ketika sedang menggunakan Buff (Scar/Wall Maker dan Eratic Power), agar efek Fatiguenya tidak mengganggu pergerakan kalian.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau  STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Lancea Class
- Skill Full Hit + Buff


Skill Build

Build PVE

Cross Cutter
Cross Cutter memiliki Potensi DPS yang paling tinggi diantara semua skill di Lancea Skill Tree.

Shutter Bounce
Saya hanya menaikan Shutter Bounce sampai level 16 untuk mendapatkan Peak level dan penghematan Skill Point.

Stab Screw vs Spear Hand
Kalian bisa memilih antara Stab Screw atau Spear Hand level 16. Potensi DPS Spear Hand di atas itu ketika serangan berada di tengah musuh (biasanya dengan melakukan Spear Hand berdempetan dengan musuh). Memang agak sulit dijelaskan dengan kata-kata, mungkin video saya tentang Sting Breezer Skill Deskripsi bisa sedikit membantu.

Kalian bisa melihat pada bagian Spear Hand EX yang memiliki 2.4x Board Damage (untuk Flurry hanya 2.1x Board Damage). Jika kalian belum terbiasa lebih baik memilih Stab Screw level 16, karena menggunakan Spear Hand tidak dengan cara di atas akan memiliki Potensi DPS yang lebih kecil dari Stab Screw EX.

Spinning Cut + Spinning Swing
Dua skill yang memiliki Potensi DPS besar ini sangat layak dinaikan sampai Peak Level (6,11,16,21,26). Potensi DPS di atas untuk Spinning Cut EX (Stage 2 + klik kanan) dan Spinning Swing (4x putaran + klik kanan).

Lollipop Chups vs Fling-Fling
Kedua Skill ini memiliki DPS yang tidak jauh berbeda. Potensi DPS di atas untuk Lollipop Chups dan Fling-Fling level 16. Kalian hanya bisa memilih salah satunya untuk MAX (Skill Point terbatas). Saya lebih memilih Lollipop Chups karena memiliki Iframe dan casting timenya lebih cepat, sehingga kemungkinan Full Hitnya lebih besar.

Fling Sky
Ultimate skill yang wajib untuk Flurry.

Eratic Power + Scar Maker + Wall Maker
Seperti yang saya katakan di awal post, kalian harus bisa mengatur Fatigue dari ketiga skil ini. Jika tidak ada Healer jangan memaksa untuk tetap mengaktifkan Eratic Power karena HP kalian akan terus berkurang dan jalan pun menjadi lambat. Saran saya setiap 10 Fatigue, kalian non aktifkan Eratic Power selama 10 detik untuk mengembalikan Fatigue ke 0. Selain itu, jangan terlalu sering Cast Scar/Wall Maker ketika Eratic Power Aktif karena akan mempercepat Fatigue sampai 10. Sebaiknya setiap akan menggunakan Scar/Wall Maker bisa mematikan sebentar Eratic Powernya.

Spinning Skewer
TOP DPS Flurry ini sangat tergantung dari gameplay kalian. Cobalah merotasi skill yang memiliki banyak Hit seperti Lollipop Chups, Stab Screw, Spinning Swing dan Rough Sweep, agar Vulnerable statusnya lebih sering.

Rough Sweep
Saya perhatikan masih ada Flurry yang sering menggagalkan Rough Sweep dipertengahan cast. Padahal damagenya akan berkurang 50% jika kalian melakukan itu. Saya juga akan menggagalkan Castnya jika ditengah cast Vulnerable Status muncul (demi mendapatkan 5x Damage Spinning Skewer :P).

Build PVP


Cross Cutter + Wheel Blade 
Skill untuk pelengkap kombo di PVP

Headbutt vs MP Recovery
Flurry PVP biasanya sering sekali spam skill ini. Supaya damagenya besar saya naikan sampai level 16, tetapi MP Recovery harus diturunkan ke level 1. Saya belum test bagaimana konsumsi MP Flurry di PVP level 90 (Flurry saya belum 90). Jika kalian merasa MPnya terlalu bocor, bisa mengurangi Headbutt ke level 6 atau 11 dan naikan MP Recovery Max.

Skill Line Flurry
Diantara semua skill di Line Flurry, haya Stab Screw saja yang saya tidak naikan sampai Peak Level/Max. Alasan utamanya lebih kepada penghematan Skill Point supaya bisa menaikan Skill lain yang damagenya besar di PVP.

Fling-Fling + Dent Blow
Kedua Skill ini merupakan Skill Sting Breezer Line yang paling saya sering gunakan di PVP.

Spring Haze
Fungsinya agak mirip dengan Fan of Edge/Swift Shot, hanya versinya lebih besar. Skill ini memiliki damage yang lumayan besar dan bisa membuat musuh terpental di PVP.

Spinning Skewer
Selain damagenya pada saat Vulnerable Status, jangan lupa juga kalau Spinning Skewer memiliki Iframe 0.3 detik.


Skill Heraldry
PVE:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (damage)
- Spinning Cut (damage)
Optional: Flying Sky, Shutter Bounce  (cooldown) Cross Cutter, Spear Hand (damage)

PVP:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (cooldown)
- Headbutt (action speed)
Optional: Fling-Fling, Flying Sky, Shutter Bounce (cooldown) Spinning Cut, Cross Cutter, Spear Hand (damage)

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home