Ada yang nanya kenapa saya tidak Leveling di DN INA daripada harus nunggu CAP 90 di DN SEA. Alasannya utamanya adalah saya mau lebih santai saja. Bayangkan saja kalau saya Leveling + Coba Dungeon/Nest baru + Posting Analisis Class dan Skill Buid. Waduh bisa besok masuk rumah sakit karena kram otak + tangan. Oleh karena itu, selagi DN SEA belum Cap 90 saya berusaha secepat mungkin membuat Postingan Analisis Class dan Skill Build.
     Kali ini  saya kan menganalisis Acrobat Class yang kemarin sempat tertunda karena disalip Analisis Sword Master Class. Acrobat Class terdiri dari Tempest dan Windwalker. Kedua job itu kehilangan pamornya di Cap 80, padahal pernah di Boost besar-besaran. Windwalker bahkan bisa menggunakan Ultimate Skill setiap 8 detik dan Tempest bisa 15 detik, tetapi sayangnya itu kurang membantu posisinya sebagai DPS. Pada perhitungan DPS Chart terakhir saya, keduanya berada diposisi terbawah diantara 16 Job. 
    Update Cap 90 ini menambah kekecewaan Acrobat Class, karena Buff andalannya Spirit Boost menjadi Self Buff (untuk diri sendiri). Ini bisa mengganggu dunia per GB-an, karena banyak tukang GB yang merupakan Acrobat. Para Acrobat pasti berharap ada kompensasi yang pantas dengan Revamp Buff itu, misalnya dengan peningkatan Damage Skill. Apakah harapan mereka bisa terwujud?





    Terimakasih yah teman-teman yang sudah Vote. Pemenang Vote untuk Postingan Skill Build pertama ini adalah Lunar Knight (Moonlord). Persaingannya sih lumayan ketat, tapi di detik-detik terakhir Lunar Knight berhasil unggul. Berhubung Skill Build Lunar Knightnya akan saya Posting, jadi bagi teman yang sudah Vote untuk Lunar Knight bisa mengganti pilihannya ke Job lain.
    Berdasarkan Analisis DPS Swordmaster Class, Lunar Knight seperti tidak akan mengalami penurunan DPS di Cap 90 ini. Sehingga kemungkinan posisinya sebagai DPS masih akan tetap diperhitungkan. Supaya tidak membingungkan pembaca, saya informasikan kalau Analisis itu sudah disesuaikan dengan Board Damage Skill paling terbaru di DN Korea. Jadi jika di ada perbedaan dengan DN INA, berarti DN INA belum melakukan Update sampai Lunar Knight Boost. Walaupun saya sendiri kecewa sih, kenapa harus Lunar Knight yang di Boost (ngarepnya sih Gladiator).
     Back to topik, pada Postingan kali ini saya akan memberikan dua Skill Build yang akan saya gunakan di Cap 90. Seperti biasa, saya lebih suka ke Build yang Pure PVE dan ada sentuhan PVPnya juga untuk Ladder. Kalian jangan terpaku bahwa Skill Build saya berikan ini 100% bener. Jika merasa ada yang kurang cocok, kalian bebas memodifikasi Skill Buildnya atau memberi saran. Soalnya saya sendiri belum mencoba Skill Build ini, karena di DN SEA belum Cap 90 T_T


Jade
Armor: INT + VIT
Weapon: MATK + INT + VIT
Ring: MATK + INT + VIT
Earring + Necklace: INT + VIT

Kenapa Magic Attack?
Revamp 3R Buff/Debuff yang bikin pusing dunia Party Element. Sampai hari ini saya belum menghitung potensi dari Element Party di Cap 90. Contohnya saja Light Party yang kehilangan Banyak Buff dan Debuff. Dengan kondisi yang tidak menentu ini, saya memutuskan sementara pakai Magic Attack dulu (cari aman).

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Iron Wall (Shinning), Fatal, Ultimate/Blessed/Wind.


Moonlord Skill Build

Build 1

    Build pertama lebih saya peruntukan untuk PVE dengan bantuan beberapa Skill DPS. Build ini saya buat berdasarkan dari Posting sebelumnya tentang Analisis DPS Swordmaster Class.

Breaking Point
Buff terbaru di Warrior Tree ini wajib kalian ambil untuk meningkatan 10% MATK.

Circle Break vs Impact Wave
Seperti biasa, kedua skill ini selalu membuat saya dilema. Jika kalian ingat Build saya di Cap 80, saya lebih memilih Impact Wave dibandingkan Circle Break. Alasannya adalah Impact Wave memiliki Board Damage berdasarkan MATK dan lebih besar pula. Bagaimana dengan Cap 90? Lunar Knight bisa bernafas lega karena Board Damage Skill Cap 90 sudah disesuaikan dengan Status Utama Karakter. Jadi baik Impact Wave atau Circle Break damagenya berdasarkan MATK Lunar Knight kita. Dengan begitu saya bisa membandingkan langsung saja ya:
Board Damage
Circle Break lv 25: 446%, CD 11 detik
Impact Wave lv 26: 354%, CD 13 detik
Hasilnya sudah jelaskan, Circle Break lv 25 lebih unggul. Kelebihan lain dari Circle Break adalah kita mendapatkan bonus Iframe (kondisi dimana Char tidak dapat di Hit) selama 0.3 detik. Jadi untuk Cap 90, jika kamu dihadapkan antara 2 skill ini, saya sarankan untuk mengambil Circle Break.

Triple Slash vs Front Shove vs Hacking Stance vs Line Drive
Sebelumnya saya sudah jelaskan kalau Skill Fisik untuk Lunar Knight akan dihitung berdasarkan MATK. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk menaikan salah satu dari Skill di Line Gladiator. Nah yang jadi pertanyaan adalah Skill mana yang DPS dan Castingnya paling baik. Mari kita analisis lebih lanjut:
Board Damage
Triple Slash lv 16: 1887%
Front Shove lv 16: 1465%
Hacking Stance lv 16: 415%
Line Drive lv 11: 2042%
Dilihat dari Board Damagenya Line Drive memang lebih unggul, tapi jangan lupa menghitungkan Damage Full Hitnya ya.
Full Hit
Triple Slash lv 16: 1887%
Front Shove lv 16: 1465%
Hacking Stance lv 16: 415% x 14 = 5810%
Line Drive lv 11: 2042%
Waw ternyata Hacking Stance unggul jauh sekali ya. Selanjutnya mari kita hitung DPSnya,
DPS
Triple Slash lv 16: 1887%/12 = 157%
Front Shove lv 16: 1465%/13 = 113%
Hacking Stance lv 16: 5810%/20 = 291%
Line Drive lv 11: 2042%/27 = 76%
Saya ambil dua Skill terbaik saja ya antara Triple Slash atau Hacking Stance. Kenapa di Skill Build saya memilih Triple Slash? pengguna warrior pasti sudah tahu bahwa Hacking Stance itu membutuhkan Casting Time yang lebih lama untuk Full Hit. Casting selama 6 detik ini bisa mengganggu rotasi untuk Skill Lunar Knight lain. Selain itu, Area serangan Hacking Stance (non EX) pun sangat kecil sehingga untuk Full Hit harus dekat dengan musuh (tentunya itu beresiko bukan?).

Brave
Peningkatan level untuk Brave membuat waktu Buffnya lebih lama, oleh karena itu saya naikan MAX.

Provoking Slam (Luring Slash)
Berbeda dengan Brave, peningkatan level untuk skill ini hanya akan meningkatkan damagenya saja, sedangkanya buffnya masih tetap. Jadi tidak perlu MAX kan?

Moonlight Splitter
Kenapa saya tidak MAX? ini kembali ke masalah pribadi sih. Char saya tidak memiliki Chas Weapon/Heraldry Skill +1 untuk Moonlight Splitter. Sehingga sangat rugi jika saya mengambil MAX tetapi tidak bisa mencapai level 21. Hal ini dikarenakan, Peak Damage Skill itu ada di Level 6, 11, 16, 21 dan 26.

Cyclone Slash
Jujur ya, saya agak berat menaikan skill ini. Walaupun damagenya sudah di Boost (cek:Analisis DPS Swordmaster Class), tetapi saya masih kurang nyaman dengan Casting Time untuk Full hit. Jumlah Hit Cyclone Slash itu adalah 16 Hit, sehingga damage Skillnya dibagi 16 selama kurang lebih 5-6 detik. Nah, jika musuh bergerak atau kabur dari Cyclone Slash tentunya damagenya tidak maksimal dan konsisten. Kalian tidak perlu memperdulikan curhatan di atas, toh saya juga menaikannya sampai level 16. Pokoknya berfikir positif dulu saja dan berusaha mencari Timing terbaik agar Damage Cyclone Slash bisa maksimal.

Crescent Cleave + Halfmoon Slash
Saya sarankan untuk Skill Crescent Cleave kalian harus menggunakan Skill +1 agar damagenya lebih maksimal di Level 16. Board Damage kedua skill ini dinaikan di Cap 90, tetapi karena efek perubahan Debuff Luring dan Cyclone Slash EX, DPS kedua skill ini tidak begitu naik signifikan malahan cenderung turun bila dibandingkan Cap 80. (Sumber: Analisis DPS Swordmaster Class)

Great Wave
Sesuai dengan namanya Great, maka kenaikan damage Skill ini di Cap 90 pun sangat besar. Bahkan di Analisis saya sebelumnya, Great Wave merupakan Skill yang mengalami kenaikan DPS terbesar diantara semua skill Lunar Knight.

Moonblade Dance
Top DPS Skill untuk Lunar Knight ini sudah wajib untuk MAX. Apalagi pada Cap 90 Damagenya dinaikan juga, sehingga posisinya sebagai TOP DPS tidak tergoyahkan.

Flash Stance
Saya gembira ketika melihat Skill ini di Boost juga, namun setelah di analisis lebih dalam ternyata DPSnya hanya berbeda sedikit dengan Cap 80.

Flash Stance INS
Nah ini adalah alasan saya memaksimalkan Flash Stance di Cap 90, karena Lunar Knight bisa melakukan Spam skill ini. Pada Cap 80, saya hanya menggunakan skill ini di PVP saja, namun di Cap 90 saya harus terbiasa melakukan Spam Flash Stance INS. Bagi yang tetap kurang suka melakukan Spam Flash Stance INS, kalian bisa menaikannya sampai level 1 atau 6. Sehingga buildnya menjadi seperti ini:

Build 2

    Seperti yang saya katakan sebelumnya, kalau Build 2 ini hanya untuk player yang tidak suka Spam Flash Stance INS. Kalian bisa melakukan kombinasi seperti ini:
- Flash Stance lv 1 + Circle Break 21 + Impact Wave 6
- Flash Stance lv 6 + Circle Break 21 + Impact Wave 1

Note: Saran saya sih mulai lah membiasakan diri melakukan Spam Flash Stance INS.

Build 3

    Sedikit berbeda dengan Build pertama, pada Build ketiga ini saya lebih mempertimbakan Skill untuk PVE dan PVP.

Circle Break + Rising Slash + Impact Wave lv 6
Ketiga skill ini sangat berguna untuk memperlancar kombo di PVP. Circle Break punya Iframe 0.3 detik dan Super Armor Break yang besar untuk membatalkan skill musuh. Rising Slash bisa mengangkat musuh dan memiliki paralyze yang lumayan. Impact Wave juga memiliki Area dan Super Armor break yang lebih besar, serta bisa mengangkat musuh juga.

Cyclone Slash lv 1 
Di Build pertama agak ragu dengan skill ini di PVE. Berhubung Build ketiga ini saya gunakan untuk PVP juga, jadi saya memilih untuk menaikannya sampai level 1 saja. Sehingga fungsinya di PVE dan PVP hanya Debuff atau Lock musuh.

Flash Stance
Flash Stance ini memiliki damage yang lumayan besar di PVP  dan jarak cukup jauh. Apalagi dengan bantuan Class Mastery II, kita bisa melakukan Spam skill Flash Stance INS. Kebiasaan saya  di Ladder sih mengunakan skill ini untuk mencicil musuh dari jarak jauh.

Sampai Skill Build Ketiga di Posting saya masih bingung mau memasukan kemana Sisa 7 Skill Point itu, mungkin kalian ada masukan?

Heraldy Skill
1. Crescent cleave (Damage)
2. Halfmoon Slash (Action Speed/Damage)

3. Moon Blade Dance (Damage)
Optional: Moonlight Spliter, Great Wave, Triple Slash (Damage) dan Side Kick (Action Speed)
    Seharusnya hari ini saya membuat Postingan Analisis untuk Acrobat Class. Namun setelah melihat pemenang Vote Skill Build adalah Lunar Knight/Moonlord, jadi saya harus Analisis Swordmaster untuk membantu pembuatan Skill Build level 90. Bagi yang melakukan Vote untuk Lunar Knight bisa mengganti pilihan ke Next Job.
    Analisis Swordmaster Class ini salah satu analisis yang banyak ditunggu pengunjung Blog. Swordmaster Class terdiri dari 3 Job yaitu Gladiator, Lunar Knight (Moonlord) dan Dark Avenger. Jika kalian mengikuti perkembangan Revamp Skill dari Awal Patch Cap 90 di DN Korea, maka saya rasa awalnya Gladitor akan mengungguli kedua saudaranya. Tetapi beberapa bulan kemudian Lunar Knight atau Moonlord mendapatkan Boost lagi, sehingga persaingan Lunar Knight dan Gladiator semakin memanas.
    Berbeda dengan Lunar Knigt dan Gladiator, Dark Avenger yang merupakan salah satu Job terbaru ini malah mendapatkan banyak pengurangan Damage. Padahal beberapa orang di Blog sering Curhat kalau susah mencari party menggunakan Dark Avenger di DN INA. Bayangkan saja, dengan DPS yang super di CAP 80 saja sudah kena diskriminasi apalagi di CAP 90 ini. Jujur sih, melihat kondisi itu saya juga sedih karena pernah mengalaminya sendiri. Saya akan berusaha membuka wawasan kalian tentang  Swordmaster Class di Cap 90, agar diskriminasi ini bisa berkurang/hilang.




      Para pemain DN INA pasti hari ini akan sibuk Leveling ke level 90 nih. Saya tidak bisa ikutan leveling juga, soalnya belum Patch dan Kuota Internet terbatas :P. Seperti biasa setiap kenaikan Level Cap, saya mulai mendapatkan permintaan Skill Build Level 90. Awalnya saya agak malas buat Skill Build tapi belum mencoba langsung Buildnya, takutnya nanti malah kena protes pula kalau salah-salah. Setelah dipikir-pikir, mulai besok saya akan membuat Posting Skill Build Cap 90 berdasarkan hasil Voting. Jadi kalian harus cepat-cepat Vote Job Favorit kamu, supaya besok bisa saya buatkan rekomendasi Skill Buildnya.
     Cukup Intermezonya, Posting kali ini saya akan kembali membahas mengenai Analasis Class untuk Bringer (Abyss Walker dan Light Fury). Saya tidak mau membahas terlalu banyak untuk kedua Job ini. Apalagi kita semua sudah tahu bahwa Light Fury sudah menjadi Support/Healer terbaik di Cap 80 lalu. Sedangkan untuk Abysswalker selalu menjadi bayang-bayang kesuksesan Saudaranya. Nah akankan pada Cap 90 ini Abysswalker mendapatkan tempat di Party atau tetap menjadi bayang-bayang dari Light Fury? Mari kita Analisis bersama-sama.    





      Hai, akhirnya bisa bikin artikel lagi. Ini masih efek dari padatnya Event di DN SEA. Sebenernya kemarin saya sudah menyelesaikan perhitungan semua class sih, cuman buat artikelnya aja yang agak malas. Saya juga lihat besok DN INA mau Cap 90 ya, wah berarti DN SEA kebalap dah Patchnya. 
     Back to topic, pada artikel ini saya akan menganalisis DPS Alchemist Class yaitu Adept dan Physician. Diantara kedua job ini, saya sangat mengukai Physician baik di PVE maupun di PVP. Secara Potensi DPS, Physician emang bisa unggul, tetapi tugasnya sebagai Subhealer kadang menghambat DPSnya. Kalian pasti harus lebih memilih menyelamatkan teman di Party, dibandingkan fokus terhadap DPS (dilema yang sama dengan Light Fury). 
     Setiap ada yang bertanya tentang job DPS yang enak di Academic, saya selalu menjawab Adept. Adept memiliki Skill EX dengan area yang cukup besar, sehingga bisa memiliki DPS yang lebih konsisten untuk segala jenis Boss. Tidak tahu kenapa, saya juga sangat suka dengan Damage dan DPS Magma Wall EX. Sayangnya di Patch Note awalnya, Board Damage Magma Wall EX tidak dinaikan. Namun beberapa bulan setelah Cap 90 ada Boost lanjutan untuk beberapa skill. Apakah Magma Wall EX akhirnya di Boost??




Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home