Hari ini mari kita bermain-main dengan angka lagi. Sebenarnya saya lagi agak malas menghitung DPS skill, soalnya kalau saya hitung secara teori pasti Damage atau DPSnya besar. Nanti saya diprotes lagi, karena perhitungannya tidak sesuai dengan kenyataan. Siapa coba yang bisa menghitung DPS yang 100% akurat dengan kenyataannya di Nest. Apalagi setiap skill memiliki mekanisme berbeda dan setiap monster/boss juga memiliki perilaku yang berbeda. Saya ambil contoh saja, Laser Cutter secara teori bisa menghasilkan damage atau DPS yang besar (kalau Full Hit). Oleh karena itu, jika ingin melihat perhitungan DPS secara teori, kalian harus selalu ingat kata "itu semua kalau Full Hit".
   Sesi Curhatnya sudah dulu ya, mari kita kembali kepada pertanyaan. Salah satu pengunjung Facebook meminta saya menjelaskan sedikit tentang Damage dan DPS Cripple Punisher setelah Patch Skill Boost di DN INA atau SEA. Pada Patch Notenya sih durasi Cripple Punisher ditambah 5 detik.  Jika kita melihat Board Damage di keterangan Skill Cripple Punisher memang tidak begitu besar, tapi perlu diingat ada Clone yang bisa membantu DPS. Yang jadi pertanyaan juga, apakah damage Clone sama degan Rippernya? nah nanti bisa kalian lihat di perhitungannya ya.


Damage dan DPS Cripple Punisher (Normal Hit)

     Sebelum memulai perhitungan, kita harus tahu dulu tentang informasi Board Damage, Total Hit, Koefisien Skill dan Cooldown

Board Damage: 813% + 16902
Max Hit: 60 hit
1 Hit: 0.25 Board Damage
Koefisien: 60 x 0.25 = 15x Board Damage
Cooldown Normal: 125 detik

    Keterangan di atas adalah jika Cripple Punisher dilakukan Full Hit biasa atau tanpa Clone. Sehingga Cooldownnya bisa berkurang menjadi:

Cooldown: 125 detik - (Total Hit x 0.5) detik = 125 - (60 x 0.5) = 95 detik

   Dari informasi di atas kita bisa hitung Damage dan DPS Cripple Punisher tanpa Clone. Oh ya saya lupa, kita asumsikan PATK Rippernya adalah 40000.

Damage: (813% x 40000 + 16902) x 15 = 5131530
DPS: 5131530/95 = 54016


Damage dan DPS Cripple Punisher + Clone

     Nah, sekarang masuk ke tahap perhitungan yang lumayan sulit. Sebelumnya saya sudah melakukan Test  Mekanisme Skill Cripple Punisher + Clone untuk mendapatkan Damage dan DPS yang besar. Perlu kalian ketahui, untuk melakukan cast skill Clone membutuhkan waktu sekitar 0.5 detik. Saya tidak melakukan Shift Blow (Clone) untuk alasannya nanti saya bahas.

Hasil test:
- 46 hit biasa
- 3x Izuna Drop EX (Clone)
- 3x Artful Chaser EX (Clone)

    Sebelum ke tahap perhitungan DPS, kita perlu cek dulu damage dari Clone. Hal yang perlu dilakukan adalah membandingkan Damage Ripper dengan Clonenya.

Damage Izuna Drop EX (Ripper)

   
     Wah saya heran mendapatkan request untuk membuatkan Ice Shooting Star Skill Build. Saya kira kebanyakan orang sudah menggunakan Dark atau Light Element, ternyata masih ada sebagian yang setia dengan element Ice. Saya jadi punya ide untuk membuat perbandingan DPS All Element dan Physical Shooting Star. Saya rasa sih, untuk solo mode Ice Shooting Star masih bisa unggul.
      Kendala terbesar Ice Shooting Star adalah mencari party yang cocok. Di DN SEA dan INA, lebih banyak orang membuat Dark atau Light Party dibandingkan Ice Party. Penyebabnya mungkin sulit mencari kombinasi job yang pas untuk Ice Party. Jika saja Update Saint Boost sudah di patch di DN SEA dan INA, saya kira akan lebih mudah untuk membuat Ice Party. Selama menunggu Boost itu datang, saya sarankan untuk membuat party dengan Adept yang memiliki Icing Mass Max+1, Elestra dan Light Fury.
     Ice Shooting Star Skill Build ini hampir mirip dengan Shooting Star Skill Build (PVE). Hanya ada sedikit penambahan dan pengurangan Skill. Misalnya, saya tidak terlalu fokus di Mechanic Mode, karena semua skill utama Shooting Star tidak bisa digunakan ketika Mechanic Mode aktif. Mechanic Mode saya gunakan hanya untuk stacking debuf ice def saja.





Ice Shooting Star Skill Build
 Ice Shooting Star Skill Build


Tumble + Aerial Evasion : Max

Wax lv 8:

Buff untuk meningkatan kecepatan gerakan.

Stun Grenade lv 6:

Skill ini hanya untuk memenuhi persyaratan Skill Point di Academic Tree. Secara DPS pun skill ini tidak terlalu besar, sehingga tidak wajib untuk Max. Jika kalian butuh Extra Tumble, kalian bisa menggantinya dengan menaikan Force Out level 6.

Summon Alfredo lv 3  +  Recall Alfredo lv 1:

Skill wajib buat seorang Shooting Star.

MP Recovery lv 6:
Shooting Star setiap 3 detik sekali wajib melakukan Reload. Konsumsi MP Reload pun lumayan besar, sehingga untuk meminimalisir kebocoran MP bisa dengan meningkatkan MP Recovery Max.


Vending Machine lv 1: (+1)

Ice Shooting Star sering sekali melakukan Solo Nest atau Dungeon. Vending Machine level 2, bisa membantu kalian ketika sewaktu-waktu kebutuhan HP atau MP potion.

Ping Pong Bomb lv 19:
Jika kalian membutuhkan Skill Point, bisa mengurangi skill ini ke level 16. Jika kalian ingin mencoba Pingpong Bomb lv 21, perlu menambahkan Skill Ring +1 dan Kostum Senjata.

Reload lv 11:

Reload adalah skill yang paling wajib untuk MAX. Jangan pernah berfikir untuk mengurangi level skillnya, karena Cooldown skill setiap Peak level berbeda-beda. Skill ini juga harus kalian gunakan setiap kali delay atau 3 detik sekali, sehingga MP kalian akan sedikit bocor. Reload memiliki buff untuk meningkatkan serangan sebesar 30% selama 4 detik. Jadi jika kalian rajin melakukannya setiap 3 detik sekali, buffnya menjadi seperti permanen.

Chemical Granade lv 10:

Skill yang wajib MAX untuk ICE shooting Star, karena pada level 10  lama debuffnya (-15% element def) yaitu 18 detik dengan cooldown 20 detik.

Mine Thrower lv 15 + 1:

Skill ini akan menjadi TOP DPS Shooting Star, ketika Patch pengurangan damage Splash diaplikasikan. Memang secara DPS tidak akan se konsisten Splash, karena sangat bergantung pada ukuran boss. Tetapi rata-rata ukuran Boss di Cap 80 ini lumayan besar, sehingga Mine Thrower sangat cocok dijadikan skill DPS.

Biochemical Missile lv 1:

Ada debuff yang berguna untuk Skill ini yaitu -20% Mdef dan Def. Saya sedikit mengingatkan bahwa -20% Mdef/Def itu tidak sama dengan +20% Damage. Setelah saya hitung, -20% Mdef/Def hanya meningkakan 5-6% damage. Secara Damage sih, skill ini memang memilik damage yang cukup besar, namun karena penggunaannya harus 2x Reload, saya jadi jarang menggunakannya. Saya lebih baik menggunakan 2x Reload untuk 2x Splash EX atau 1x Mine Thrower.

Alfredo Stomp lv 1:
Persyaratan saj.


Alfredo Berseker lv 1:

Efek kekurangan skill point berimbas pada Alfredo Berseker yang tidak bisa MAX. Sedih sih melihat Alfredo jadi tidak lincah lebih lama, namun semua ini perlu pengorbanan (LOL).

Transition Damage lv 5:
Skill Wajib untuk Engineer yang memiliki Def/Mdef tidak terlalu besar.

Rocker Jump lv 1:
Setelah revamp, ini skill jadi punya dua fungsi yaitu tumble klik kanan/kiri.

Gravity Granade lv 1:
Buat mengumpulkan monster 


Gatling Gun Tower + Cannon Tower lv 1:
Persyaratan


Ice Pump Tower lv 8:

Skill wajib untuk Ice Shooting Star. Ice Pump Tower level 8, sudah memiliki debuff yang maksimal yaitu mengurangi 30% Ice Def selama 10 detik.

Mecha Duck + Shock + Siren + Bomber lv 1:
Persyaratan 

Mechanic Mode lv 1:

Saya sudah katakan di awal Post, kalau Mechanic Mode hanya digunakan untuk MM Ice Pump saja. Sehingga bisa melakukan Stacking debuff - Ice Defnya.

Demolition lv 2:
Kali ini saya tidak memiliki pilihan lain untuk menaikan skill ini Max. Mungkin saya harus lebih terbiasa menggunakan Demolition.


Splash lv 12:
Splash EX masih menjadi TOP DPS untuk Shooting Star, sampai Patch -30% damage Splash sampai di DN SEA atau INA. Saya akui kalau Splash EX memang memiliki DPS yang terlalu over, sehingga developer memutuskan untuk mengurangi damagenya. Saya sih tidak masalah karena masih ada Mine Thrower, tapi tetap banyak yang kurang setuju atas keputusan itu.


Alfredo Beam lv 11:
Jika kalian merasa Alfredo Beam tidak memiliki DPS yang terlalu besar atau tidak fokus, bisa dikurangi menjadi level 1 atau 6. Skill Point Sisanya bisa kalian gunakan untuk skill yang kalian ingin naikan. Kalau saya pribadi sih, tidak memiliki masalah dengan Alfredo Beam level 11, apalagi ini adalah skill ultimatenya Alfredo.


Skill Plate:
1. Transitional Damage (Cooldown)
2. Mine Thrower (Damage)
3. Splash (Damage)

4. Ice Pump Tower (Cooldown) 
Optional: Ping Pong Bomb (Damage), Wax (Cooldown)

    Pada post kali ini, saya akan kembali menjawab pertanyaan dari Blog dan Facebook. Pertanyaan yang akan dibahas kali ini tentang Boost Skill. Salah satu pengunjung Blog bertanya tentang mana yang lebih baik Artillery Skill Boost atau Sniper Skill Boost. Saya tidak bisa menjawab lebih dalam di kolom komentar. Selain itu perlu banyak perhitungannya pula, sehingga saya akan membahasnya langsung di Blog saja
     Sejujurnya saya belum pernah mencoba Sniper Boost karena saya hanya bermain di DN SEA dan INA. Sedangkan Update terbaru di DN SEA dan INA hanya sampai Screamer Skill Boost. Jadi saya hanya akan menghitung berdasarkan video-video review Sniper Boost di Youtube saja ya. Kita tahu sendiri, perhitungan DPS disini tidak akan sama dengan yang terjadi di lapangan atau nest. Perhitungan kali ini pun hampir sama dengan Dragon Nest: DPS Chart, namun saya tidak memperhitungkan Buff atau Debuff masing-masing job.


Artillery Boost vs Sniper Boost?

ARTILLERY vs SNIPER BOOST

    Kadang saya bingung menanggapi pertanyaan seperti ini, karena pasti akan sulit membandingkannya. Saya juga harus berfikir gimana caranya membuat perbandingan lebih mudah. Selain itu, saya perlu mengecek ulang Board Damage Artillery yang jaman dulu. Untungnya ada sedikit datanya di Blog dan Forum. Biar lebih mudah saya akan membandingkan tiap Skill di Sniper vs Artillery.

PATK Sniper : 37000
MATK Artillery :31695


Charge Shot EX vs Scope Arrow EX

Charge Shot:
Sebelum: 471% + 11736 , CD: 13 detik
Sesudah: 613% + 15270, CD: 10 detik
Koefisien: 1.3

- DPS Sebelum: ((471% x 37000 + 11736)x 1.3)/13 = 18401
- DPS Sesudah: ((613% x 37000 + 15270)x 1.3)/10 = 31470

Peningkatan DPS:
- (31470 - 18401)/18401 = 0.71 atau ~70%

# Bandingkan dengan Scope Arrow EX
- Board Damage: 393% + 9789
- Koefisien: 4
- Cooldown: 13 detik

DPS: ((393% x 31695 + 9789) x 4)/13 = 41339

Walaupun sudah di Boost, Charge Shot EX tetap memiliki DPS lebih rendah dibandingkan Scope Arrow EX.

Aerial Chain Shot EX vs Swift Shot EX

Aerial Chains Shot (Boost): Cooldown berkurang menjadi 15 detik
- Board Damage: 192% + 2565
- Koefisien: 18

DPS sebelum: ((192% x 37000 + 2565) x 18)/18 = 73605
DPS sebelum: ((192% x 37000 + 2565) x 18)/15 = 88326

Peningkatan DPS:
- (88326 - 73605)/73605 = 0.2 atau 20%

# Bandingkan dengan Swift Shot EX
- Board Damage: 585% + 14473
- Koefisien: 8.5
- Cooldown: 10 detik

DPS: ((585% x 31695 + 14473) x 8.5)/10 = 169905

Wah, DPS Swift Shot EX masih unggul hampir 2x lipat dari Aerial Chain Shot EX setelah Boost.

Siege Stance EX vs Rapid Shot EX

Siege Stance:
Sebelum: 581% + 16028 , CD: 45 detik
Sesudah: 755% + 20837, CD: 30 detik
Koefisien: 5

- DPS Sebelum: ((581% x 37000 + 16028)x 5)/45 = 25666
- DPS Sesudah: ((755% x 37000 + 20837)x 5)/30 = 50031

Peningkatan DPS:
- (50031 - 25666)/25666 = 0.95 atau 95%

# Bandingkan dengan Rapid Shot EX
- Board Damage: 209% + 10840
- Koefisien: 6.8
- Cooldown: 13 detik

DPS: ((209% x 31695 + 10840) x 6.8)/13 = 40320

Disini bisa dilihat bahwa Efek Sniper Boost membuat DPS Siege Stance EX lebih besar dibandingkan dengan Rapid Shot EX.

Arrow Shower EX vs Tracking Arrow EX

Arrow Shower:
Sebelum: 58% + 232 , CD: 40 detik
Sesudah: 75% + 302, CD: 30 detik
Koefisien Board Damage: 55
Addtional Damage: 150% x 13 hit
Koefisien EX: 1.3

- DPS Sebelum: ((58% x 37000 + 232) x 55 + (150% x 37000) x 13)) x 1.3 /40 = 62223
- DPS Sesudah: ((75% x 37000 + 302) x 55 + (150% x 37000) x 13)) x 1.3 /30 = 98122

Peningkatan DPS:
- (98122 - 62223)/62223 = 0.58 atau ~60%

# Bandingkan dengan Tracking Arrow EX
- Board Damage: 196% + 4540
- Koefisien: 13
- Cooldown: 16 detik

DPS: ((196% x 31695 + 4540) x 13)/16 = 54163

Full Hit Arrow Shower EX masih tetap unggul dibandingkan dengan Tracking Arrow EX.

Arrow Barrage vs Revolution Ballista

Arrow Barrage:
Sebelum: 126% + 1944 , CD: 125 detik
Sesudah: 152% + 2333, CD: 125 detik
Koefisien: 24
Final Damage +50%
Cooldown: 125 detik

- DPS Sebelum: ((126% x 37000 + 1944) x 24) /125 = 9324
- DPS Sesudah: (((152% x 37000 + 2333) x 24) x 1.5) /125 = 16869

# Bandingkan dengan Revolution Ballista
- Board Damage: 7506% + 111267
- Koefisien: 1
- Cooldown: 125 detik

DPS: ((7506% x 31695 + 111267)/125 = 19922

Arrow Barrage setelah Boost masih memiliki DPS yang kurang dari Revolution Ballista.

Wind Shot vs Fatal Tracking Arrow

    Sejujurnya membandingkan dua skill yang castingnya berdasarkan Bubble Kritikal adalah sulit. Saya tidak bisa memastikan cooldown dari Wind Shot dan Fatal Tracking Arrow, karena cooldownya berdasarkan seberapa seringnya serangan kita kritikal. Jadi kali ini saya akan memberikan prediksi saja ya.

1 Hit Wind Shot = 1x Board Damage Charge Shot
Total Hit Wind Shot: 6-30 (tergantung ukuran boss dan ketepatan skill)

     Masalah cooldown, mungkin saya asumsikan saja 30 detik. Sesuai dengan cooldown Arrow Shower yang memiliki Total Hit besar, sehinga kemungkinan kritikal juga besar. Masalah selanjutnya adalah total hit Wind Shot, saya terpaksa mengasumsikan ukuran boss sama dengan Boss Pertama TKN, sehingga total hit rata-ratanya 10 Hit.

DPS:  ((613% x 37000 + 15270)x 10)/30 = 80693

# Bandingkan degan Fatal Tracking Arrow

  Kali ini saya sudah melakukan Test untuk mengetahui seberapa banyak Fatal Tracking Arrow yang dapat saya cast selama 1 menit di Boss pertama TKN. Hasilnya sebagai berikut:

Board Damage: 196% + 4540
Koefisien Board: 20
Jumlah Skill yang dapat di cast: 5x
Durasi: 60 detik

DPS: ((196% x 31695 + 4540) x 20 x 5)/60 = 111104

   Pada Boss Pertama TKN, DPS Fatal Tracking Arrow lebih besar dibandingkan Wind Shot. Hal ini karena saya melakukan Test untuk ukuran Boss yang sedang. Jika ukuran boss diganti sebesar Dragon, saya kira Wind Shot akan memiliki DPS lebih besar. Selain itu, Fatal Tracking Arrow memang baik untuk Single Boss. Kekurangannya apabila terdapat banyak monster di sekitar boss, sehingga DPSnya menjadi tidak fokus.


Perbandingan DPS Sniper vs Artillery setelah Boost

    Kali ini saya akan jumlahkan semua Perhitungan DPS Sniper dan Artillery diatas, lalu membandingkan mana yang lebih besar.

Charge Shot EX vs Scope Arrow EX = 31470 vs 41339
Aerial Chain Shot EX vs Swift Shot EX = 88326 vs 169905
Siege Stance EX vs Rapid Shot EX = 50031 vs 40320
Arrow Shower EX vs Tracking Arrow EX = 98122 vs  54163
Arrow Barrage vs Revolution Ballista = 16869 vs 19922
Wind Shot vs Fatal Tracking Arrow = 80693 vs 111104

    Jika dilihat dari data di atas, Artillery memiliki keunggulan untuk 4 Skill, sedangkan Sniper untuk 2 Skill. Sekarang saya coba lihat perbandingannya.

Sniper: (31470 + 88326 + 50031 + 98122 + 16869 +  80693) / 6 = 60919
Artillery: (41339 +  169905 + 40320 + 54163 + 19922 + 111104) / 6 = 72792

Perbandingan DPS:
-  (72792 - 60919) / 60919 = 0.195 atau ~20%

      Dalam perhitungan saya kali ini, Artillery memiliki keunggulan DPS sebesar 20% dibandingkan Sniper. Saya ingatkan sekali lagi, ini hanya perhitungan kasar dan prediksi saja. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi DPS mereka di Nest, misalnya ukuran Boss, ketepatan skill dan Self Buff.


      Sedang bersantai di siang hari, eh teman saya meminta saran Dark Summoner Skill Build (PVE + Ladder). Ini pasti efek Screamer Skill Boost baru di Update hari ini di Dragon Nest SEA. Dia keberatan kalau harus menggunakan Build Pure PVE, karena agak susah untuk Ladder.

      Sebenarnya yang jadi permasalahan Dark Summoner sekarang ini adalah konsumsi MPnya yang lebih boros. Berhubung saya belum Patch DN SEAnya, jadi belum bisa test seberapa boros MP-nya. Secara teori sih Recent Area mungkin bisa membantu, tetapi kalau diperhatikan cooldownnya agak lama. Sedangkan kita harus menggunakan Sadism Pleasure setiap 9 detik sekali.
      Kembali membahas  Dark Summoner Skill Build (PVE + Ladder), saya menfokuskan DPS pada 4 Skill dengan DPS terbaik berdasarkan perhitungan di Dragon Nest: DPS Chart. Saya menaikan beberapa skill untuk Ladder, seperti Dispair Needle, Spirit Blow dan Skill di Soul Eater Line. Semoga build ini bisa membantu kegalauan teman saya itu.



Dark Summoner Skill Build
Dark Summoner Skill Build (PVE + Ladder)


Tumble + Dummy ghost + Aerial evasion max:

Phantom Guard lv 7:

Buff yang sangat membantu di PVE untuk mengurangi damage yang masuk. Jangan terlalu sering menggunakannya di Ladder, karena MP kalian bisa cepat habis.

Soul Wind lv 26:
Skill wajib untuk PVE Dark Summoner, karena menjadi TOP DPS skill di Dark Summoner.

Spirit Blow  + Dispair Needle :
Ketiga skill ini saya gunakan untuk Ladder saja. Spirit Blow  memiliki super armor break yang besar, sedangkan Dispair Needle memiliki Paralyze yang lumayan besar.

MP Recovery lv 6:
Pada Ladder cap 80, konsumsi MPnya sangat boros, sehingga saya perlu untuk menaikan skill ini.


Phantom Claw  Lv 6:
Walaupun skill ini termasuk ke dalam Top 5 DPS skill Dark Summoner, tetapi casting timenya yang membuat saya harus mengurangi levelnya. Apalagi butuh banyak Skill Point untuk membuat Skill Build ini.

Chain Claw lv 16:
Di PVP atau PVE, Chain Claw EX memiliki kelebihan. Di PVE, ini skill menjadi salah satu Top 5 DPS, sedangkan di PVP skill ini sangat membantu untuk kombo serangan di awal Ladder. Kenapa level 16? karena cooldownya berkurang setiap peak level 6, 11 dan 16.

Ravenge Hand lv 1:
Skill ini sudah di Boost, tetapi DPSnya masih tetap kurang besar. Jadi saya terpaksa mengorbankannya demi mendapatkan banyak Skill Point tambahan.

Phantom Rage + Blitz Claw lv 1:
Persyaratan saja. Hati saya masih belum iklas, karena ini pertama kalinya saya menaikan  Blitz Claw lv 1. Sebenarnya Blitz Claw sangat membantu di PVP, karena memiliki Iframe. Kelemahan level 1 adalah cooldownnya agak lebih lama dari level 16.

Rampage Claw lv 13:

Damage Rampage Claw EX cukup besar di PVE dan PVP. Apalagi setelah Boost, damagenya dinaikan dan itu membuat Rampage Claw EX menjadi salah satu Top 5 DPS.

Increase Soul 4:

Buff matk yang mengurangi HP kita tiap detiknya,

Recent Area lv 6:

Board Damage skill ini di level 6 yaitu 231%. Buff damage selama 15 detik dan total full hitnya 8x. Jadi Board totalnya kalau full hit yaitu 8 x 231% = 1848%, dan itu sangat besar. Tapi untuk full hit skill ini kalian harus dekat dengan musuh, karena range yang kecil. Recent Area untuk Dark Summoner memiliki kelebihan dengan ditambahkan efek baru untuk memulihkan MP.

Stigma of Curse lv 1:

Skill yang berguna untuk menandai monster supaya bisa cast puppet, selain itu skill ini berguna untuk menambah hit damage skill di Soul Eater line. Kalian akan sedikit kesulitan ketika menggunakannya di Ladder, tetapi jika sudah terbiasa dan tahu timingnya saya rasa tidak ada masalah.

Summon Puppet lv 6:

Skill yang sebenarnya berguna di PVE, tapi karena  ada resist untuk beberapa boss nest/raid yang membuat skill ini jadi agak kurang. 

Soul Scream lv 1:
Skill tumble untuk kabur (LOL) atau mendekat ke musuh.

Grudge Formation lv 9:

buff super armor 100% dan meningkatan serangan. Buff yang wajib dinaikan max, karena berguna ketika party dengan job yang super armornya lemah.

Spirit Paper + 
Cling Snake lv 1:
Persyaratan, cursenya lumayan berguna untuk meningkatkan damage.

Soul Gate lv 1:

Soul Gate biasanya digunakan untuk curse dan mengalihkan perhatian musuh di PVP. Bisa juga digunakan untuk menghindari Tracking Arrow Artillery.

Spirit Beast lv 1:

Senasib dengan Soul Gate, saya hanya memanfaatkan Cursenya saja.

Phantom Avenger lv 2:

Ultimate skill favoritenya saya, karena gabungan divine avatar dan spirit boost.

Sadism Pleasure lv 8:
Setelah Patch, ini skill membuat para Dark Summoner pusing, karena konsumsi MPnya terlalu besar untuk skill yang digunakan setiap 9 detik sekali. Walaupun Recent Area bisa membantu, tetapi saya tidak yakin bisa menutupi konsumsi MP Sadism Pleasurenya. Efek barunya tetap menjadi Skill Boost Favorite saya yaitu dapat meningkatkan Dark Attack dan Final Damage sekaligus.

Chaos Formation lv 11:

Pada cap 80, salah satu beban terlepas dari pundak Dark Summoner yaitu harus menunggu beberapa detik untuk Full Cast skill ini. Chaos Formation EX sudah bisa auto Cast dan masuk ke dalam Top 2 DPS Dark Summoner.


Skill Plate: (Suport DPS)

1. Rampage Claw (+20% Damage)
2. Chain Claw (+20% Damage)
3. Grudge Formation (-20% Cooldown)
4. Chaos Formation (+20% Damage)

Optional: Soul Wind (Damage), Recent Area (cooldown),
   
    Hampir seminggu saya tidak post di Blog. Seminggu ini sibuk sekali dengan event dan memperbaiki blog. Soalnya kata teman saya, semakin hari blog ini semakin berat. Jadi saya harus mengompres semua gambar  dan mengurangi jumlahnya. Yah semoga perjuangan selama seminggu ini berhasil mengurangi loading blog ini.
    Sejujurnya saya memiliki rencana untuk melakukan post beberapa hari sekali, agar saya tidak kehabisan konten untuk dibahas. Dengan begitu saya juga bisa lebih bersantai-santai. Saya juga selalu menunggu ide atu request dari kalian tentang topik pembahasan di Blog ini.
      Pada post kali ini saya tidak akan membahas skill build atau damage compare, tetapi hanya akan membahas sedikit pertanyaan yang masuk di Blog dan Facebook. Pertanyaan yang akan saya bahas adalah tentang Elestra. Masalah yang akan dibahas mengenai Ice Stacking dan Ice Resistnya.
   
 
1. Apakah Debuff Ice Stacking dikurangi?

      Pertanyaan ini pernah ditanya teman guild saya juga. Dia merasa ada yang aneh dengan penambahan damage ketika sedang melakukan Ice Stack/beku. Kalau saya tidak salah, dulu efek beku adalah meningkatkan 50% damage. Sehingga Ice Stacking Elestra bisa sampai meningkatkan 150% damage. Saya juga tidak sadar pada patch yang mana ada pengurangan efek beku. Agar saya tidak penasaran, hari ini akan melakukan sedikit uji coba. Tetapi untuk uji coba kali ini hanya berupa gambar ya, soalnya kuota internet lagi menipis untuk upload video (T_T).


Skill yang saya pilih untuk uji coba kali ini adalah Shockwave. Berikut damage Shockwave tanpa beku/ice stack.


*catat ya. Damage Shockwave Normal = 4986

Sekarang kita lihat damage Shockwave + Glacial Wave

Aw malah kritikal, tapi jangan khawatir kita hitung saja.
Damage kritikal = 13106
Damage non kritikal = 13106 / 2 = 6553

Oke, mari kita hitung efek bekunya
- (Damage beku - Damage normal) / Damage Normal
- (6553 - 4986) / 4986
- 0.31 atau 31% (Saya biasa sebut sih +30% aja, soalnya nanggung itu 1%, hehehe)
Jadi, sekarang efek beku hanya +30% damage.

Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home