STING BREEZER SKILL BUILD LEVEL 90

    Urutan Skill Build selanjutnya adalah Sting Breezer (Mystic Lance) Skill Build Level 90. Pengalaman menggunakan Sting Breezer di Cap sebelumnya cukup menggembirakan, khususnya untuk PVE. Hal itu dikarenakan Sting Breezer termasuk job yang memiliki serangan elemen Light, sehingga kehadirannya di Light Party bisa memboost damage yang cukup besar.
     Nasibnya agak berbeda di PVP. Selama Ladder Sting Breezer dari awal keluar, saya belum pernah sekalipun masuk ke Rating 2000. Masalahnya selalu dikehabisan MP dan kombo skillnya. Saya perhatikan tidak ada satupun Sting Breezer yang bisa rate 2000++ di Server yang saya mainkan. Ini bisa jadi dikarenakan Sting Breezer memang kurang cocok bila digunakan untuk PVP. Saya sih sudah Hopeless mainkan Sting Breezer di Ladder, apalagi menggunakan Build PVE. Saya jadi agak ragu-ragu ketika membuat Build PVP untuk Sting Breezer, takutnya masih kurang bisa membantu banyak di dunia Per PVP-an.
     

Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: LIGHT + INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau  INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Lancea Class
- Skill Full Hit + Buff
- AF: Arcane Focus
- PB: Poking Beehive

Skill Build

Build PVE

Cross Cutter
Cross Cutter memiliki Potensi DPS yang paling tinggi diantara semua skill di Lancea Skill Tree.

Hovering Blade
Skill yang memiliki Potensi DPS tertinggi, jadi saya naikan sampai Peak Level saja.

Spinning Cut vs Spear Hand
Diantara semua Skill di Line Flurry, Spining Cut memiliki Potensi DPS yang paling besar. Potensi DPSnya bahkan lebih besar dibandingkan Spear Hand EX. Kelebihan Spinning Cut adalah Skill non element yang akan berguna ketika element resist Boss Nest/Raid besar dan area serangannya luas.

Lollipop Chups vs Fling-Fling
Berbeda dengan Flurry Skill Build, perbedaan Potensi DPS Lollipop Chups dan Fling-Fling lumayan jauh. Hal tersebut dikarenakan Fling-Fling merupakan skill element Light. Keterbatasan Skill Point ini yang membuat saya bingung ketika menaikan kedua skill ini. Simpelnya kalian bisa menaikan Fling-Fling level 15 + 1 dan Lollipop Chups level 6, tapi saya memilih untuk menaikan Lollipop Chups dan Fling-Fling level 11. Alasannya karena perbedaan Total DPSnya tidak terlalu jauh beda antara 16 + 6 vs 11 + 11. Menaikan Lollipop Chops ke level 11 bisa lebih menguntungkan Sting Breezer ketika berhadapan dengan Boss yang memiliki Resist Element besar.

Eratic Power + Scar Maker + Wall Maker
Seperti yang saya katakan di Flurry Skill Build, kalian harus bisa mengatur Fatigue dari ketiga skill ini. Jika tidak ada Healer jangan memaksa untuk tetap mengaktifkan Eratic Power karena HP kalian akan terus berkurang dan jalan pun menjadi lambat. Saran saya setiap 10 Fatigue, kalian non aktifkan Eratic Power selama 10 detik untuk mengembalikan Fatigue ke 0. Selain itu, jangan terlalu sering Cast Scar/Wall Maker ketika Eratic Power Aktif karena akan mempercepat Fatigue sampai 10. Sebaiknya setiap akan menggunakan Scar/Wall Maker bisa mematikan sebentar Eratic Powernya.

Dent Blow
Dent Blow merupakan Skill INS untuk Sting Breezer jadi saya naikan sampai MAX.

Spring Haze
Skill ini untuk mereset cooldown Dent Blow INS.

Champagne
Secara damage memang Champagne tidak terlalu besar tapi Buff +25% Light Attacknya berguna untuk meningkatkan damage Sting Breezer.

Arcane Focus
Di Cap 80 skill ini hanya sebagai Buff + Debuff saja, tetapi peningkatan damage di Cap 90 membuatnya bisa menduduki peringkat dua DPS.

Poking Beehive
Poking Beehivenya saja memiliki Potensi DPS yang besar, namun fungsi utamanya adalah untuk meledakan Piercing Stike EX sehingga menghasilkan kombinasi Skill dengan DPS yang besar.

Build PVP

Cross Cutter + Wheel Blade 
Skill untuk pelengkap kombo di PVP

Headbutt 
Headbutt bisa membantu kekosongan skill skill untuk Sting Breezer. Saya belum pernah sih bertemu dengan Sting Breezer yang bermain Headbutt di Ladder. Mungkin karena jumlah pemain Sting Breezer di DN SEA sangat sedikit.

Skill Line Flurry
Lollipop Chups memiliki damage yang paling besar diantara semua skill di Line Flurry. Jadi saya hanya menaikan Lollipop Chups saja sampai Max, sisanya hanya sebagai pelengkap kombo.

Hovering Blade
Cukup sulit menggunakan Hovering Blade EX + Arcane Focus di PVP. Soalnya jika tidak menggunakan cara itu, damagenya tidak akan begitu besar. Oleh karena itu saya tidak menaikannya MAX.

Spear Hand EX
Damagenya lumayan besar apalagi ketika ujung Spear/tombak berada di tubuh lawan, maka damagenya akan 2.3x lipat. Spear Hand juga bisa digunakan untuk mengangkat musuh yang terjatuh di tanah.

Piercing Strike 
Supaya damage Piercing Strike EX + Poking Beehive EX makin besar, maka saya naikan Piercing Strike MAX.

Fling-Fling
Damage Fling-Fling di PVP tidak sebesar seperti di PVE. Saya hanya menggunakannya untuk mengejar/kabur :P.

Dent Blow
Damagenya besar dan juga merupakan skill INS level 90.

Spring Haze
Fungsinya agak mirip dengan Fan of Edge/Swift Shot, hanya versinya lebih besar. Skill ini memiliki damage yang lumayan besar dan bisa membuat musuh terpental di PVP. Selain itu, bisa juga untuk mereset skill INS level 90.

Champagne + Flying Sky
Champagne sangat sulit digunakan untuk PVP karena casting timenya terlalu lama. Oleh karena itu, sebagai pilihan lain saya kadang menggunakan Flying Sky.

Arcane Focus
Damagenya tidak terlalu besar di PVP, jika butuh Skill Point kalian bisa mengurangi skill ini sampai level 1. Hovering Blade atau Dent Blow + Arcane Focus memiliki damage yang cukup besar di PVP, tetapi agak sulit dilakukan.

Poking Beehive
Kombinasi Piearcing Strike EX + Poking Beehive EX memiliki damagenya yang besar juga di PVP, namun sulit dilakukan. Kalian harus benar-benar memastikan musuh tidak memiliki Tumble atau Escape. Yang paling menyebalkan adalah castingnya tidak bisa dibatalkan.

Skill Heraldry
PVE:
- Piercing Strike (damage)
- Poking Beehive (cooldown)
- Dent Blow (damage)
- Hovering Blade (damage)
Optional: Fling-Fling, Lollipop Chups (cooldown) Cross Cutter, Spinning Cut (damage)

PVP:
- Dent Blow (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Poking Beehive (cooldown)
- Headbutt (action speed)
Optional: Fling-Fling (cooldown), Cross Cutter, Spear Hand, Piercing Strike (damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

23 comments:

  1. Bang, ane ada rencana mau buat Job Tipe yang damage besar jika all Job Rata PAtk/MAtk di 50K
    Kira" mana yang bagus ya di Class Warrior?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm sampe Update sekarang sih Lunar Knight atau Barbarian..

      Dilihat dari Update terbaru sih Gladiator

      Delete
    2. Nah ane Dilemanya di Situ, sekarang LK+BB ntar GL kan ane bingung.
      Kira" yang cocok untuk Pemain kebanyakan Skill Area dan Jauh apa ya? antara Class WR tersebut

      Delete
    3. saran ane mah Dark Avanger bro :V

      Delete
    4. Lk klo main range , damage+area ny jg lmyn besar

      Delete
    5. Ea galaukan..
      Gladiator itu susah gameplaynya doang..
      Skill Area + Jauh mending LK aja

      Delete
  2. bang gimana cara aktifin Additonal Skill untuk update yang terbaru ?

    ReplyDelete
  3. Bang Ramdan bagi combo skillnya dong buat PVE biar damagenya maksimal, masih bingung nih pakenya hehe. Makasih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm..
      Full Buff (Scar Maker + Eratic Power) > Arcane Focus > Champagne > Hovering Blade > Arcane Focus > Piercing Strike > Poking Beehive > Arcane Focus > Spear Hand/Fling2 > Dent Blow/Hovering Blade > Arcane Focus

      Delete
  4. bang Gameplaynya enak FLurry ama Sting Breeze ya? bingung mau yang mana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sting Breezer lebih ke combo sedangkan FLurry lebih ke rotasi skill..
      Saya rasa sih Flurry masih lebih gampang buat gameplaynya, kalau lg males rotasi skill masih bisa spam skill agak ngasal. Sedangkan Sting Breezer musti bener2 kombo biar damagenya max

      Delete
  5. Bang
    Gimana menurut anda jika saya tidak mengambil skill Spinning Swing dan juga saya memilih untuk max hovering dibandingkan fling fling (pada dasarnya cuma buat kabur dan kejar)?
    Saya fokus ke pvp respawn mode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm Hovering brarti lv 16 ya..
      Bole2 aja sih, pasti kamu tukang spam hovering di respawn ya, hehee

      Delete
  6. Sting ini main Magic atack + Light Att yah ,,

    ReplyDelete
  7. Vroh, gua bingung ni.. Antara fokus M.Att sama Light Att. ini yg di fokuskan yg mana sih? kalo wa fokus Light Att skill bagian Flurry ga ada damage, kalo wa fokus ke M.Att malah skill yg Sting kurang damage.. please kasih saran vroh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan main Light Attack aja, jangan terlalu mikirin skill di Line Flurry. Soalnya DPS utamamu kan tetep skill di Line Sting Breezer

      Delete
    2. oke vroh, terima kasih atas saran nya..

      Delete
  8. ka ramdan mau nanya :s aku kan ingin punya char 2nd, kemungkinan antara SB (Sting Breezer) atau SD (Spirit Dancer), sebenernya ak lbh suka SB tp byk yg blg ktny ada SB equip udh full RDN HC tp dmg engga kerasa, trs SB bagusny untuk nest apa ya ka? sesuatu yg bs ak pertimbangkan untuk yakin plh SB :O mksh ka hhe

    ReplyDelete
  9. ini ko lumayan beda ya sama yang Build "sting breezer skill build level 80 pve"?? jadi mending yang ini atau yang itu?

    ReplyDelete
  10. kk ada yang bisa kasi tau supaya tombak skil Piercing Strike itu jadi empat? saya pernah tu lihat di youtube keluar empat tombaknya.. mohon bantuannya iya

    ReplyDelete
  11. saran gan breezing up int+str apa int+vit??

    ReplyDelete