RUINA SKILL BUILD LEVEL 90

     Sejujurnya, saya agak takut bahas job baru ini, karena jam terbang pake Machina belum terlalu lama. Saya mendapatkan pinjaman Char Ruina level 90 dari teman di DN INA (Makasih ya Luki :P). Kalau dihitung-hitung saya menggunakan Ruina tidak lebih dari 24 jam T_T, jadi kemungkinan akan banyak penjelasan atau detail skill yang saya lewatkan. Sampai sekarang saja saya masih belum hapal nama-nama skillnya, hehehehe.
     Pertama kali saya mendapatkan info akan ada Job baru di Dragon Nest, saya agak sedikit kecewa karena lagi-lagi gendernya perempuan. Populasi Hode akan meningkat lagi nih di dunia per DN-an. Ketika Update di DN INA, banyak juga yang tanya-tanya tentang Machina ini. Pertanyaan standar sih "Mana yang paling bagus antara Ruina dan Defensio (Defena)" dan saya pun bingung jawabnya. Soalnya saya belum membaca atau mencari tahu info tentang Machina. Yang saya tahu sih jika ingin menjadi DPS lebih baik pilih Ruina, sedangkan Support DPS pilih Defensio.
      Awalnya saya kira akan mudah menghitung Potensi DPS Ruina, tetapi kenyataannya benar-benar rumit. Kerumitannya itu karena banyakannya efek penambahan skill + kombo. Skill yang lumayan merepotkn adalah Over Charging. Menghitung Potensi DPS Over Charging tidak semudah melihat keterangan skill. Selain itu, ada pula beberapa penambahan damage yang tidak sesuai dengan keterangan Skillnya. Saya sarankan untuk posting Ruina Skill Build Level 90 ini, kalian harus baca baik-baik agar bisa tahu penjelasannya.Saya juga meminta kalian untuk mengkoreksi kesalahan-kesalahan di Post ini.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Berhubung Ruina adalah Job baru, saya perlu menjelaskan sedikit langkah-langkah pembuatan Buildnya. Pertama saya pasti mengasumsikan dulu PATK Ruinanya adalah 50000. Selanjutnya bisa menganalisis masing-masing Skill Treenya.

Machina Skill Tree
Dari Tabel di atas, saya akan membahas 5 Skill saja yaitu Body Check, Fly By, Knuckle Charge, Charging Gear dan Pivot Gun Shot.

Body Check
Potensi DPSnya paling besar jika kalian hanya spam special attack (klik kanan) saja. Sedangkan Ruina memerlukan kombo dan rotasi skill, bukan hanya Spam satu Skill saja. Oleh karena itu, saya mencoret Body Check dari pilihan skill DPS saya.

Fly By
Pengguna Ruina mungkin heran kenapa Fly By bisa memiliki Potensi yang cukup besar. Spam Fly By setiap 2.5 detik bisa memiliki Potensi yang lumayan besar juga. Maksimal hit yang saya dapatkan selama uji coba di BDN/GDN itu 7 Hit. Lagi-lagi Spam Fly By juga bukan menjadi pilihan terbaik untuk Ruin. Saya lebih sering menjadikannya sebagai Skill Blink saja.

Charging Gear
Skill pasif ini memiliki potensi DPS yang lumayan besar juga. Normal Hit + Charging Gear memiliki damage 5.8x PATK kalian. Sama halnya dengan Body Check dan Fly By, Spam Normal Hit + Charging Gear bukan pilihan DPS terbaik. Okelah jika DPSnya besar, itupun hanya menduduki peringkat ke 4 atau 5 (LOL). Lagi pula ketika Ruina sedang mengaktifkan Over Boost, Charging Gear tidak akan bisa di Cast.

Knuckle Charge vs Pivot Gun Shot
Saya agak sedikit bimbang ketika menganalisis kedua Skill ini. Pivo Gun Shot memiliki DPS yang lebih stabil dibandingkan Knuckle Charge. Hal tersebut dikarenakan Knuckle Charge memiliki casting time yang lebih lama dan terdiri dari banyak Hit. Jika kalian tidak menggunakn Fly By terlebih dahulu, maka Knuckle Charge tidak akan mendapatkan penambahan 50% damage dan potensinya bisa berbeda sedikit dengan Pivot Gun Shot. Setelah melihat Knuckle Charge level 6++ yang bisa digunakan untuk menarik monster/mobbing, saya akhirnya memilih Knuckle Charge saja.

Patrona Skill Tree
Nah yang ini bakal mulai ribet penjelasannya.
Supaya nyambung, saya beri info tentang Ducking, Over Howl dan Over Boost dulu ya..

Ducking
Dapat mengurangi Cooldown dari Gear Step Skill yaitu Rock Away, Step Up dan Foot Stomping (Saya beri warna biru). Kenaikan level Ducking akan membesar pemotongan cooldownnya. Pada level 6 (MAX) cooldown Gear Step dikurangi sebesar 90%.

Bagaimana mengaktifkannya?
Simpelnya kalian dapat menekan Spasi (lompat) ketika menggunakan Gear Step Skill.

Overhowl 

Buff untuk meningkatkan Final Damage 10%. Final Damage disana bukan FD dari Plate/Equip dll, tapi Out Put Damage kamu. Misalkan salah satu skill kalian damagenya 100.000 (tanpa Buff), setelah menggunakan Over Howl maka damagenya akan menjadi 110.000 atau 1.1x damage.

Overboost
Buff ini baru bisa digunakan ketika jumlah Steam kalian mencapai 30. Steam ini bisa kalian dapatkan dari penggunaan Gear Step (Class Mastery I) atau menggunakan skill Overclocking. Setelah mengkonsumi semua Steam, maka akan muncul Buff Overboost selama 160 detik. Fungsi Buffnya adalah:
- Heal 16% HP
- Reset Cooldown Ducking
- Final Damage +50%
- Mengurangi waktu Charging untuk Skill Overcharging

Perhitungan Final Damage Overboost stacking dengan Overhowl, sehingga ketika menggunakan keduanya damage kalian bisa meningkat 1.6x. Ducking awalnya memiliki cooldown 5 detik, namun ketika menggunakan Overboost akan menjadi no cooldown (selalu reset).

Mari kita bahas Potensi DPS Gear Step Skill (Rock Away, Step Up dan Foot Stomping)

Rock Away + Step Up + Foot Stomping
Ketiganya termasuk ke dalam Skill Gear Step (Warna Biru pada Tabel). Potensi DPSnya tidak terlalu besar jika kalian hanya melakukannya secara biasa saja (Normal). Ketika kalian menaikan Ducking MAX, maka Potensi DPSnya bisa naik 2.5x lipat. Hal tersebut dikarenakan kalian ada efek pengurangan cooldown Gear Step Skill sebesar 90%. Belum cukup sampai disana, Potensinya bisa naik lagi jika kalian menggunakan Overboost. Hasil uji coba, Gear Step Skill bisa digunakan setiap 2 detik ketika Overboost aktif. Sayangnya menggunakan Gear Step terus menerus tidak efektif untuk DPS Ruina. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk tidak menaikan satu pun dari Gear Step Skill ke level Max.

Follow Up vs Follow Through
Kalian bisa menggunakan kedua Skill ini langsung dari menekan Skillnya atau bisa menggunakan kombo. Damagnya akan berbeda antara menekan langsung dengan kombo skill. Jika kalian menggunakannya tanpa kombo maka potensi DPSnya akan seperti Tabel di atas. Dengan hasil menunjukan bahwa Follow Up EX lebih unggul daripada Follow Through EX.

Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Sama dengan sebelumnya, Flying Knee Kick dan Kidney Blow juga bisa digunakan dengan cara langsung atau melalui kombo. Jika dilihat dari Tabel di atas, Potensi DPS Flying Knee Kick lebih besar dibandingkan dengan Kidney Blow.

Beat Down vs Leaping Over
Leaping over memiliki potensi DPS yang paling besar pada Tabel di atas. Damagenya sangat tergantung pada jumlah Hit yang berhasil mengenai musuh, sejauh ini bisa 20++ Hit (1 Hit = 1x Board Damage). Berbeda dengan Beat Down yang memiliki Board Damagenya besar di level 21 yaitu 2509%. Namun kali ini Damagenya tidak dihitung berdasarkan jumlah Hitya, tetapi murni sebesar 2509% saja. Oleh karena itu pada Tabel di atas, Potensi DPS Beat Down bisa dikalahkan oleh Leaping Over.

Over Heating EX
Sebagai Skill EX level 80, potensi DPSnya tidak terlalu besar.

Sebelumnya saya bilang bahwa Potensi DPS ke-enam skill di atas akan meningkat bila menggunakan kombo. 

Kombo Skill (Enhance Command)

Step up > Leaping Over/Beat Down
Leaping Over masih memiliki Potensi DPS yang besar ketika menggunakan kombo skill. Ada yang membuat saya bingung ketika Enhance Command (Kombo) seharusnya damage Leaping Over meningkat 20% (sesuai dengan keterangan skill). Setelah saya uji coba, damagenya malah meningkat sebesar 27.5%. Berbeda dengan Beat Down yang masih sesuai dengan keterangan Skillnya. Sampai disini saya masih bimbang mana yang harus dipilih antara Leaping Over atau Beat Down.

Footing Stomping > Follow Up EX/Follow Through EX
Dari tabel kedua (Patrona Skill Tree) saja sudah jelas kalau Follow Up memiliki Potensi DPS yang lebih besar dibandingkan Follow Through. Bahkan pada Enchance Command (kombo) pun, Potensi DPS Follow Up EX masih lebih unggul. Disinilah saya memutuskan untuk menaikan Follow Up.

Rock Away > Flying Knee Kick EX/Kidney Blow EX
Dilihat dari Potensi DPSnya, Flying Knee Kick EX lebih unggul dibandingkan Kidney Blow EX, sedangkan jika dilihat dari Damagenya Kidney Blow EX lebih unggul. Hal ini dikarenakan Kidney Blow memiliki cooldown lebih lama. Kedua skill ini berhasil membuat saya bingung, kemungkinan besar saya akan menaikan keduanya saja.

Note:
Penambahan damage Enhance Command untuk Footing Stomping dan Rock Away berbeda dengan keterangan Skill. Seharusnya penambahan damagenya sebesar 20% tetapi setelah ditest sebesar 50% damage. Saya tidak tahu apakah ini Bug atau gimana ya, soalnya Damage +50% itu seharusnya ketika Cap 80 lalu.

Over Charging
Ini Skill yang menjadi daya tarik utama bermain Ruina. Perhitungan damagenya pun agak rumit karena berbeda untuk setiap skill. Overcharging bisa digunakan dengan Normal Attack atau setelah skill Follow Up, Flying Knee Kick, Beat Down, Kidney Blow dan Overheating. Hasil perhitungannya seperti ini:

Note: Damage Over Charging sangat berpengaruh pada damage skill sebelumnya,

Beat Down > Over Charging
Berdasarkan tabel di atas, menggunakan Over Charging setelah Beat Down memiliki Potensi DPS tertinggi. Akhirnya saya tidak bingung lagi dan memilih untuk menaikan Beat Down Max. 

Flying Knee Kick vs Kidney Blow > Over Charging
Seperti biasa, kedua skill ini memang membuat galau. DPS lebih besar Flying Knee Kick, sedangkan damage lebih besar Kidney Drop. Saya memilih mencari aman saja dengan menaikan keduanya sampai Peak Level. 

Follow Up EX > Over Charging
Biasanya Follow Up unggul secara DPS tetapi kali ini tidak. Hal ini dikarenakan Board Damage Follow Up tidak terlalu besar, sehingga damage Over Charging yang dihasilkan juga tidak besar.

Over Heating > Over Charging
Damagenya memang lebih besar dari Follow Up EX. Hanya saja cooldownya terlalu lama untuk dijadikan skill DPS.

Rotasi Skill
Rotasi Skill yang biasa saya gunakan adalah:
- Foot Stomping > Follow Up EX > Over Charging > Step up > Beat Down > Over Charging
- Rock Away > Flying Knee Kick EX > Over Charging > Step up > Beat Down > Over Charging
Kelebihan rotasi skill di atas adalah cooldown masing-masing skillnya cepat. Rotasi Skill ini bisa digunakan setiap 13 detik sekali. Memperpanjang lagi deretan Skillnya, bisa menjadi kurang efektif dan mudah di cancel.

Kalian bisa juga menggunakan Kombo Simpel saya:
- Foot Stomping > Follow Up EX >  Ducking > Step up > Beat Down > Over Charging
 (Foot Stomping > klik kiri > spasi > klik kiri > klik kiri + tahan)


Skill Build
Setelah penjelasan dan analisis di atas, saya memilih untuk menggunakan Skill Build ini.

Build PVE

Follow Through
Jika kalian baca dari awal mungkin sudah tahu alasannya kenapa saya tidak menaikan Follow Through. Intinya sih karena potensi DPSnya tidak terlalu besar dan tidak bisa dikombo dengan Over Charging.

Leaping Over
Pada dua tabel di atas, Leaping Over bisa menduduki peringkat pertama. Lalu kenapa saya tidak menaikannya? karena potensi DPS Leaping Over tidak sebesar kombo skill Over Charging (silakan cek di atas). Selain itu, perhitungan saya di atas itu jika kamu berhasil mengenai 20x Hit. Jika kurang dari itu, maka DPSnya pasti akan turun lagi.

Beyond The Wall
Saya bisa bilang ini adalah Skill GG untuk Machina. Beyond The Wall max bisa menciptakan Barrier yang berdasarkan 20% HP Machina. Sebelum menggunakan kombo serangan, alangkah lebih baiknya menggunakan Beyond The Wall terlebih dahulu supaya tidak mudah cancel.

Deus Machina EX vs Strike of Martyr (Man-to-Man)
Kedua Ultimate Skill ini sangat berbeda fungsinya. Deus Machina EX lebih ke DPS skill karena memiliki Potensi DPS besar (bisa dilihat pada tabel 2). Strike of Martyr lebih ke Support Skill untuk mengurangi serangan. Saya hanya menaikan Deus Machina EX saja karena fungsi minus damage dll itu urusan Support nanti, sedangkan sebagai DPS Ruina harus tetap mencari Potensi DPS tertinggi.

Build PVP
Sampai hari ini saya belum pernah mencoba PVP dengan menggunakan Ruina. Jika harus membuat Build PVP, mungkin saya akan membuat seperti ini.


Skill Plate
PVE:
- Follow Up (damage)
- Beat Down (damage)
- Kidney Blow (action speed)
- Flying Knee Kick (action speed)
Optional: Over Heating  (action speed),  Deus Machina EX (damage)

PVP:
- Flying Knee Kick (action speed)
- Body Check (action speed)
- Kidney Blow (action speed)
- Over Heating  (action speed)
Optional: Deus Machina EX (cooldown)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

94 comments:

  1. pivot gun shot lv 16 lanjut over charging lbh benefit drpd knuckle charge/lariat.

    kalo ruina saya gak ambil leaping over sama sekali. combo follow up, flying knee, beatdown, kidney dah cukup buat rotasi + pivot gun shot.

    lv.6 rock away buat infinite ducking combo.

    ulti ambil deux lv.1 dan lv 2 man to man. seingat saya lv 1 dan lv 2 deux persen per hit nya gak terlalu beda jauh, juga secara pengalaman susah jg pakai ini deux.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap Deux emang agak ribet makenya, hehee pertama coba juga saya gak ngerti.. wwkwkw

      Pivot Gun + Overcharge jarang saya pake, malahan lebih gak pernah hehehe. (beda playstyle aja)

      Setuju, Leaping Over walau Potensi DPSnya gede tp ya gak cocok buat Ruina..

      Delete
  2. Sebenarny ruina bisa tidak perlu ambil beyond the wall, karena bariernya terlalu singkat sama tidak ada debuff seperti defensio.
    Juga pointnya bisa buat leaping over max atau follow through max

    ReplyDelete
    Replies
    1. Leaping Over kurang bagus buat Ruina, soalnya gak bsa dikombo sama OverCharging. Sama kaya Follow Through juga, DPSnya kurang gede + gak bsa di kombo sama Over Charging.. Soalnya susah sih Ruina itu lebh manfaatin Overcharging buat jd DPS utamanya..

      Kombo paling singkat itu 5-6 detik yang saya biasa pake 13 detik.. Fungsi Beyond The Wall itu pas sekali untuk kombo. APalagi Cooldown sama durasinya sama.

      Delete
  3. bang ramdan mau nanya nih, itu skill beyond the wall mirip guardian force ya? terus efek buff nya juga ke party kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya belum pernah coba Party (soalnya char pinjeman juga)
      Di keterangan skill sih bisa untuk diri sendiri atau teman, berarti seharusnya bisa buat Party.

      Delete
    2. waduh saya belum pernah coba Party (soalnya char pinjeman juga)
      Di keterangan skill sih bisa untuk diri sendiri atau teman, berarti seharusnya bisa buat Party.

      Delete
    3. waduh saya belum pernah coba Party (soalnya char pinjeman juga)
      Di keterangan skill sih bisa untuk diri sendiri atau teman, berarti seharusnya bisa buat Party.

      Delete
  4. lah justru beyond of wall itu skill penting baik ruina ataupun defena/defensio..

    durasi yg singkat emg bikin susah kudu diaktifkan terus.
    tp dipikir aja kalo durasi nya lama.. terlalu imba iti skill nya. apalg lv max.

    kalo saya biasanya, beyond of wall lalu 1x skill combo. 1x skill combo setara 1x durasi beyond of wall biasanya.

    cast lg beyond of wall, lalu combo skill lg. emg ribet. setidaknya tuh barrier bikin 1x combo sampai overcharging gak akan gagal.

    job ruina emg gitu. playstyle nya emg beda.

    gak mau ribet yah jgn maen ruina, paling ngga defena/defensio. kalo ngga maen job laen aja.

    mo clear nest simple? belajar cara infinite ducking combo.

    ruina msh ambil leaping over? saya bingung knp ruina msh ambil ini skill. secara rotasi combo hampir gak pernah kepake ini skill.
    jg leaping over gak bisa lanjut overcharging.

    terakhir saya coba, leaping over lanjut klik kiri jd nitro charging.

    ReplyDelete
  5. lah justru beyond of wall itu skill penting baik ruina ataupun defena/defensio..

    durasi yg singkat emg bikin susah kudu diaktifkan terus.
    tp dipikir aja kalo durasi nya lama.. terlalu imba iti skill nya. apalg lv max.

    kalo saya biasanya, beyond of wall lalu 1x skill combo. 1x skill combo setara 1x durasi beyond of wall biasanya.

    cast lg beyond of wall, lalu combo skill lg. emg ribet. setidaknya tuh barrier bikin 1x combo sampai overcharging gak akan gagal.

    job ruina emg gitu. playstyle nya emg beda.

    gak mau ribet yah jgn maen ruina, paling ngga defena/defensio. kalo ngga maen job laen aja.

    mo clear nest simple? belajar cara infinite ducking combo.

    ruina msh ambil leaping over? saya bingung knp ruina msh ambil ini skill. secara rotasi combo hampir gak pernah kepake ini skill.
    jg leaping over gak bisa lanjut overcharging.

    terakhir saya coba, leaping over lanjut klik kiri jd nitro charging.

    ReplyDelete
  6. itu plate beat down emg gak ada atau gmn yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nyari dr kemren di TH.. kok gak da ya..
      Padahal enak kalau ada

      Delete
    2. beat down ada cuma susah banget dapetnya
      pada di pakai semua
      karna rata2 semua punya maquina maklum pada cari argenta

      Delete
    3. wkwkwwkwkw tuker pake Sparkle aja..

      Delete
  7. @ronny saya setuju dgn beyond wall, wajib ambil ttp kl mslh leaping over mau ambil mau ga kan urusan pilotnya, ktny maen ruina ribet sekalian tambah leaping overny dinaikin dong biar tambah ribet bnr kan?lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. lol..
      leaping over gak bisa lanjut overcharging buat apa diambil?
      secara ruina overcharging nya yg bikin dps nya naik drastis..
      mo ambil ttp diambil? yah silahkan aja.. gak ada larangan kok..

      mau saran? yah jgn ambil..
      gitu aja kok sulit..

      Delete
    2. wkwkwkwwkwwkw, asal jangan sampe Offsite aja kebanyakan Leaping Over.. Ampe lupa DPS utamanya..

      Delete
    3. sebenernya leaping over bisa dicombo dengan beat down+ overcharging, tp syaratnya leaping over harus kena musuh. jadi leap over, waktu msih diudara pencet spasi, ntar kan ruina loncat balik, beatdown lalu overcharging, tp ya g begitu efektif sih :p

      Delete
    4. wkwkww 1/2 Leaping Over dong, agak repot sih kalau gitu.

      Delete
  8. btw beda atau ngaruh gak tuh dmg output nya over charging antara:
    1.foot stomp - follow up - step up - beatdown - over charging, dengan
    2. step up - beatdown - over charging

    dah gak pernah testing lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja ron..
      Dulu pas Cap 80, Step Up - Beat Down itu damagenya Overcharging +50%. Kemarin di test tetep sama. Jadi yg ngaruh Board Damage Skill Terakhirnya aja tanpa Enhance Command T_T

      Delete
  9. Topik nya sekarang cara leveling dong bang ?? :) kan system DN INA beda Dulu sama sekarang ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nooooooooooo...
      Ntar kalau sempet ya, mepet mau liburan.. hehehe

      Delete
    2. Mungkin ini sedikit membantu ^^
      Sebelum leveling pastinya kita harus punya benefit yang banyak.
      1. Punya max Char dalam 1 ID. 1 max char = +50% bonus exp
      2. Gwarnet +130% exp
      3. Gabung guild yg punya bonus exp lvl 4.
      4. Beli costume guild (total +20% exp 1 set)
      5. Kalo udah gabung guild biasanya dapet item +50% exp (7 hari)
      6. Total level skill +5% exp (total lvl char harus 125 dlm 1 ID)

      Kalo udah semua. Berikut ini cara saya leveling:
      1-9 => Main Quest (quest kuning)
      9-16 => Sigh Canyon (Normal)
      16-24 => DTMI/Laba-laba (Master)
      24-32 => Flooded Downstream Ruins (Master) / Mino Nest / WTP
      32-40 => Gates to Death City (Master)
      40-50 => Riverwort Ruins (Master) / WTP
      50-60 => Loffy (Master) / cukup Mutant's Habitat & MCSB aja
      60-70 => Golden Meadow (Master) / WTP
      70-80 => Abyss of Heat & Wailing Wall (Master)
      80-90 => Blue Wind Meadow (Master) => langsung Abyss (88-90)

      Kalo niat dan tekun, sekitar 8-10 jam (nonstop) aja udah lvl 90 kok ^^

      Delete
    3. Kalo engga punya benefit sebanyak itu, seenggaknya kamu Premium User (Gwarnet) dan gabung guild yg punya bonus exp lvl 4. Caranya sama aja kok.

      Delete
    4. Nah cara Leveling saya mirip banget sama yg di atas..
      Makasih ya udah bantu jaawab..

      Minimal masuk Guild + Gwarnet dah mayan cepet, kalau mau cepet lg ya itu di atas..
      Returned Heroes di INA agak aneh ga da Tittle EXPna lg T_T

      Delete
    5. btw quest papan ilang ye, atau khusus machina doang ga ada?

      Delete
    6. emang udah ga ada lagi kok

      Delete
  10. skrg exp buat naik level sdh dipangkas kalo ngga salah.. jd seharusnya leveling sdh tidak ada masalah.. saran DG nya sdh bener tuh.. kalo bosen yah keliling DG aja..
    kmrn buat Ruina saya malah beresin main Q nya (dan akhirnya dah beres juga LOL)

    apalg content skrg nest buat 90 only.. kecuali mino.. jd sistem leveling emg dirancang utk cepat sampai di 90..

    sepi juga nest skrg cm itu2 doank.. yah tunggu update2 selanjutnya aja..

    ReplyDelete
  11. beyond the wall bisa utk anggota party, tp sistem nya agak ribet.. karna harus catch / tangkap target party yg mau dikasih shield nya..

    dgn konten nest yg biasanya anggota party pada mencar entah kmn.. jd rada sulit hanya utk share shield harus kejer tuh anggota party buat kasih shield.. kelemahan kedua jelas di durasi nya.. bisa2 sepanjang nest kerjaan cm ngasih shield doank.. so buat beyond keknya lbh prefer buat diri sendiri keknya.. plate nya pun rasanya kurang mendukung dengan -cd.. tdnya saya berharap durasi buff.. *sigh

    @ramdan, pivot sendiri walau sudah saya lv 16 tp saya sendiri jg gak pernah pake hahaha.. buat syarat SP aja dah.. yg skill lari2 ta pake buat mobilitas aja sih jd cm ambil lv 1..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkwkwwkw ya ujung2 gtu kok..
      Knuckle untuk lari atau ngumpulin monster

      Bener tuh agak sebel pas liat Platenya cmn ada cooldown, coba kaya GF ada durasi skill.

      Delete
  12. gan ajarin combo ruina dari skill build di atas dong. masih newbie ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di bagian rotasi skill udah saya kasih kan.. hehehe

      Delete
  13. mau tanya aja, itu bener buff overhowl stacking sama overboostnya ruina ? ane nyoba cast overhowl dulu dan cek di status itu yg masuk buff yg overhowl (cm 10% fd). trus kalo ane balik castingnya jg yg masuk cm buff overboost (+50% fd).
    hal ini jg kejadian di sniper ane, jadi kadang ane pas pake sniper bingung mau ajak ruina apa engga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow saya belum test untuk Party..
      Tapi terakhir Test di PVP sih masih stacking kok

      Delete
  14. huwei dari sea di FB nya bilang does not stack..
    tp gak tau gmn maksudnya..

    dah gak pernah main juga saya skrg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah test di DN INA dan SEA (Combo Arena), masih stacking kok Buffnya.

      Delete
  15. kalo abis ulti man to man ruina bisa overcharging ga ?

    ReplyDelete
  16. bang cara buat overboost berkali kali digunakan gimana?gw liat diyoutube mereka bisa menggunakan overboost berkali kali .Mohon diberikan keterangannya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw itu musti diliat dulu Cap berapa?
      Soalnya setelah Cap 90 itu, OVerboost cmn bisa digunakan setelah Buff Overboost sebelumnya abis

      Delete
  17. huwei dari sea di FB nya bilang does not stack..
    tp gak tau gmn maksudnya..

    dah gak pernah main juga saya skrg..

    ReplyDelete
  18. permisi gan numpang tanya skill" maquina/ruina yg ada iframe nya yg mana aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Iframe ya, saya belum pernah cari tau sih..
      Paling Tumble, Beat Down (awal cast), Deux Machina EX,

      Sisanya musti banyak testing, soalnya ga da penjelasan di Skillnya

      Delete
  19. coba test di game.. buff fd 50% lalu buff fd 10% liat di stat brp % fd nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw udah di test berkali2 ron, hasil tetep stacking kok.
      Jangan diliat dari Statusnya, tp coba testnya ke monster
      Di statusya emang error kadang ditulis 10% doang, tp FDnya tetep 60%

      Delete
  20. hedraly beatdown emang gk ada diTH y?? atau emang gk ada khusus hedralynya? mohon informasinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, cb cari aja d TH bit worthy..

      Delete
    2. Yap ada, awal2 emang susah nyarinya..
      Skarang dah mulai banyak yg jual

      Delete
  21. itu hedraly beatdown hedarly lvl skill berapa? biar gw bisa cari sendiri beli di shop hedraly yang kakek kakek ambil buku itu.

    ReplyDelete
  22. Bang cara make overheating biar full hit gimana? trus maksudnya ini apa? " Overcharging bisa digunakan dengan Normal Attack atau setelah skill Follow Up, Flying Knee Kick, Beat Down, Kidney Blow dan Overheating" gimana cara make over charging setelah skill yg diatas? normal attack 5x kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Overheating itu kalau Final Hitnya gak kena musuh dia gak bisa Full Hitnya..
      Cara gampang, asalkan Final Hitnya kena kamu cukup tahan klik kiri kamu trus ampe keluar OverChaging juga bisa..

      Sama halnya dengan Skill lain Follow UP, Flyng Knee Kick, Kidney Blow dan Beat down. Setelah kamu pencet skill2 itu, terus tekan + tahan klik kirinya supaya langsung ngeluarin tambahan 3x serangan + Over Charging

      Delete
  23. para suhu yg machina disini~
    sering full combo (Step=>duck=>step=>skill)
    ataukah langsung aja,..
    and itu Action Speed -25% ga bisa stack kah,..?

    btw ini Class bener2 hight DPS klo maen Stepnya lancar jaya :v
    DA gw jadi kalah gara2 nerf

    ~eN

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak sering lupa pake ducking pas lg nest.. heheehehe
      Ruina DPSNya emang gede, cuman bener2 musti pake action speed plate

      Delete
  24. Bro mau nny dong kl 3 stats heraldry ny ruina/defena slain isi fd yg lmyn apa ya? Agi/attack power yg lebih dominan, soalnya ga kuat juga kl nyari yg fd haha. Ty sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kalau rajin ngumpulin Steam mending AGI aja.. ^^

      Delete
  25. Baca ini bang Ramdan.. http://www.freedomplays.com/dragon-nest-kr-update-dancer-chaser-skill-changes/

    masi semangat bikin analisis lg kah? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkwkwwkw ya udah baca..
      dah diitung2 sih sebagian, itukan banyak job jd musti nyicil2

      Delete
  26. ini ruina lagi bug atau gimana kok gak bisa cast instan skill yang mastery 2 itu ?

    ReplyDelete
  27. gan saya pake ruina tp pernah kedapetan barrier warnanya biru sedangkan kan kalo pake beyond the wall kan warnanya kuning, apakah itu skill atau apakah saya tidak mengerti, padahal saya cuma sendiri waktu leveing.. bisa tolong kasih penjelasan kk? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna Biru itu kalau kamu pake Jade dari Battlefield Cap 80 di Kepala..
      Biasanya itu Super Armor.

      Delete
  28. Kenapa skill Smashing Blow perlu diambil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw iseng aja sih sebenrnya, supaya pas lompat masih bisa ketok musuh. Skill Point yg dibutuhkan juga cuman 1 poin. Kalau kamu butuh SP lebih ya gpp gak usah dinaekin

      Delete
  29. maksudnya deskripsi skill, M:1000096733 itu apa yah soalnya keterangain itu doang yg ada di skill Beat Down.
    dan kalo skill build saya, foot stomp 7/7, follow up 22/22, follow throught 20/20, kidney blow 17/17, leaping over, 18/18, step up 7/7, sama ducking 6/6. ada pencerahan ngak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang ada pencerahan mau reset skill :3

      Delete
    2. Level 21: damage 2509%
      Enhance Command +20% damage

      Beat Down + Overcharge itu punya damage yang gede loh, malahan paling gede dibanding Overcharge pake skill laen. Kekurangannya cuman satu yaitu action speednya lambat.

      Delete
  30. apasih gunanya AGI untuk ruina dan kenapa gk STR+VIT atau PATK+VIT aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna Status Dasar RUina itu ya AGI bukan STR.
      Di Armor ga da opt PATK VIT adanya AGI + VIT

      Delete
  31. Bro mau nanya maaf kalo mengganggu sebelumnya,
    kalo buff Overboost + Overhowl memang tidak stack atau bug tulisan??
    dan kalau soal heraldy mana yang lebih worth antara FD/Bear??
    makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum cek lg sih, dulu awal keluar Machina sih masih Bug tulisannya, tapi Buffnya tetep stacking kok.

      FD lebih worth sih, cmn agak mahal aja pastinya.

      Delete
    2. kalo saya pake Plate FD, FD jadi 5 % dari sebelumnya 1% itu ngaruhnya memang lebih besar dibanding pake bear yg nambah attpow sekitar 1k?

      soalnya saya baru maen DN jadi ga ngerti stat FD itu apa :v maaf T_T

      Delete
    3. nanya dong kalo senjata yang lebih bagus yang mana? misal pake koleunu weapon FD saya jadi 1863 (10%) atau pake nightmare yang nambahin 15100 crit damage? tetapi FD berkurang jadi 7%. Soalnya kata orang orang kalo ga maxin FD mending main crit damage tetapi saya belum ngerti tentang crit damage wkwkwk

      Delete
    4. Crit damage itu pengaruhnya gak terlalu besar kok. Karna 15k itu paling cmn naikin damage crit 2%-an doang.

      Inget loh beda Crit damage sama Crit Chance ^^
      Crit damage itu persentase damage kritikal kamu yang berdasarkan STR/INT
      Kalau Crit chance itu, kemungkinan serangan kamu kritikal.
      Jadi kalau crit chance kamu kecil dan jarang krit, maka fungsi crit damage kamu agak kurang. Lebih enak main FD, mau crit atau gak tetep damagenya naik 10%.

      Jadi menurut saya sin mending yang FD 10%

      Delete
  32. Bro knpa Ruina gua klw PVP susah bgt mau bangun setelah diHit musuh. Trus status def yg harus ditingkatkan apa ya Mas bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkww Ruina sekalinya jatoh emang agak susah banget..
      Status tetep fokus ke AGI, kalau mau pake 3rd OPT Herald mending ambil AGI juga, gak usah pake Def/Mdef karna posisi RUina kan DPS.

      DI PVP pun Status DEF/MDEF mu tidak berpengaruh

      Delete
    2. ok nice, thanks masbro pencerahannya.

      Delete
    3. eh PVP biasa apa ladder ya?
      PVP biasa gak ada 3rd OPT yang ngaruh
      Kalau Ladder 3rd Vit paling bagus

      Delete
  33. bang mending runia apa defensio?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya sudah beberapa kali bilang kalau saya lebih suka Defensio sih..
      Cuman kalau kamu mau yang DPSnya lebih gede mending pilih Ruina

      Delete
  34. mau tanya nih soal skill pve, gw abis ngitung2 skill ruina dari tadi dan hasilnya, skill beyond the wall rencananya mau gw naekin sampe lv 7 aja (10% durability) soalnya durasi juga ga ditambahin kan tiap level dan fungsinya cuma supaya kombo ga lepas aja kalo diserang, jadi sisa SP nya bisa dimasukin ke skill lain kaya naikin gear step skill sampe peak level sama naikin follow up dan kidney blow sampe full, lumayan buat nambah2 DPS walaupun ga banyak, kira2 gimana?

    ReplyDelete
  35. tolong bikin skill build silver hunter dong bang

    ReplyDelete
  36. tolong bikin skill build silver hunter dong bang

    ReplyDelete
  37. bang, susunan jade di EQ ruina lv90 please kek mana -_- gw bingung antara AGI or STR

    ReplyDelete
  38. itu ducking yg skrg lagi bug ya? kenaikan level ga mempengaruhi apa2

    ReplyDelete
  39. gan cara pakai beyond the wall tanpa klik skillnya gimana?

    ReplyDelete
  40. gan gear step itu yang mana ya? kok ngak ada namnya d tree skill

    ReplyDelete
  41. sebenarnya build PVP mu salah besar, karena skill EX ruina harus Max Smua. dikarenakan kamu mengambil skill yang seharusnya tidak usah diambil pada job ruina

    ReplyDelete