FLURRY SKILL BUILD LEVEL 90

     Hasil Polling untuk Guardian sama dengan Flurry, jadi biar adil saya posting dihari yang sama (sekalian biar cepat kelar juga). Oh ya saya baru ingat juga ternyata hari ini DN INA keluar Machina (Maquina). Maaf ya tidak bisa membantu membahas Maquina karena saya tidak punya char itu, kecuali ada yang mau kasih pinjam Machina level 90 untuk test skill (ngarep banget).
     Kembali ke topik utamanya tentang Flurry Skill Build level 90. Kejayaan Job Non Element di Cap 90 ini, ikut mengangkat nama Flurry menjadi salah satu Top DPS. Sebenarnya potensinya sudah mulai terlihat di Cap 80 dan saya juga sering menggunakan Flurry untuk Nest. Sayangnya itu hanya berlaku untuk beberapa Party saja. Kebanyakan Party masih terpaku pada susunan Element Party yang membosankan. Di Cap 90, ketika pengaruh Element Party menjadi loyo, banyak party yang mulai mencari Job Non Element (ih baru sadar).
     Kelemahan Flurry itu tergantung dengan Gameplay pilotnya. Jika pilotnya hanya melakukan Spam Skill asal-asalan, jangan berharap kalian mendapatkan Potensi DPS yang besar. Flurry harus pandai dalam merotasi Skill yang memiliki Hit banyak, agar Vulnerable Status bisa sering muncul minimal 7 detik sekali. Selain itu, Flurry harus pandai mengatur Fatigue ketika sedang menggunakan Buff (Scar/Wall Maker dan Eratic Power), agar efek Fatiguenya tidak mengganggu pergerakan kalian.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau  STR + CRIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Lancea Class
- Skill Full Hit + Buff


Skill Build

Build PVE

Cross Cutter
Cross Cutter memiliki Potensi DPS yang paling tinggi diantara semua skill di Lancea Skill Tree.

Shutter Bounce
Saya hanya menaikan Shutter Bounce sampai level 16 untuk mendapatkan Peak level dan penghematan Skill Point.

Stab Screw vs Spear Hand
Kalian bisa memilih antara Stab Screw atau Spear Hand level 16. Potensi DPS Spear Hand di atas itu ketika serangan berada di tengah musuh (biasanya dengan melakukan Spear Hand berdempetan dengan musuh). Memang agak sulit dijelaskan dengan kata-kata, mungkin video saya tentang Sting Breezer Skill Deskripsi bisa sedikit membantu.

Kalian bisa melihat pada bagian Spear Hand EX yang memiliki 2.4x Board Damage (untuk Flurry hanya 2.1x Board Damage). Jika kalian belum terbiasa lebih baik memilih Stab Screw level 16, karena menggunakan Spear Hand tidak dengan cara di atas akan memiliki Potensi DPS yang lebih kecil dari Stab Screw EX.

Spinning Cut + Spinning Swing
Dua skill yang memiliki Potensi DPS besar ini sangat layak dinaikan sampai Peak Level (6,11,16,21,26). Potensi DPS di atas untuk Spinning Cut EX (Stage 2 + klik kanan) dan Spinning Swing (4x putaran + klik kanan).

Lollipop Chups vs Fling-Fling
Kedua Skill ini memiliki DPS yang tidak jauh berbeda. Potensi DPS di atas untuk Lollipop Chups dan Fling-Fling level 16. Kalian hanya bisa memilih salah satunya untuk MAX (Skill Point terbatas). Saya lebih memilih Lollipop Chups karena memiliki Iframe dan casting timenya lebih cepat, sehingga kemungkinan Full Hitnya lebih besar.

Fling Sky
Ultimate skill yang wajib untuk Flurry.

Eratic Power + Scar Maker + Wall Maker
Seperti yang saya katakan di awal post, kalian harus bisa mengatur Fatigue dari ketiga skil ini. Jika tidak ada Healer jangan memaksa untuk tetap mengaktifkan Eratic Power karena HP kalian akan terus berkurang dan jalan pun menjadi lambat. Saran saya setiap 10 Fatigue, kalian non aktifkan Eratic Power selama 10 detik untuk mengembalikan Fatigue ke 0. Selain itu, jangan terlalu sering Cast Scar/Wall Maker ketika Eratic Power Aktif karena akan mempercepat Fatigue sampai 10. Sebaiknya setiap akan menggunakan Scar/Wall Maker bisa mematikan sebentar Eratic Powernya.

Spinning Skewer
TOP DPS Flurry ini sangat tergantung dari gameplay kalian. Cobalah merotasi skill yang memiliki banyak Hit seperti Lollipop Chups, Stab Screw, Spinning Swing dan Rough Sweep, agar Vulnerable statusnya lebih sering.

Rough Sweep
Saya perhatikan masih ada Flurry yang sering menggagalkan Rough Sweep dipertengahan cast. Padahal damagenya akan berkurang 50% jika kalian melakukan itu. Saya juga akan menggagalkan Castnya jika ditengah cast Vulnerable Status muncul (demi mendapatkan 5x Damage Spinning Skewer :P).

Build PVP


Cross Cutter + Wheel Blade 
Skill untuk pelengkap kombo di PVP

Headbutt vs MP Recovery
Flurry PVP biasanya sering sekali spam skill ini. Supaya damagenya besar saya naikan sampai level 16, tetapi MP Recovery harus diturunkan ke level 1. Saya belum test bagaimana konsumsi MP Flurry di PVP level 90 (Flurry saya belum 90). Jika kalian merasa MPnya terlalu bocor, bisa mengurangi Headbutt ke level 6 atau 11 dan naikan MP Recovery Max.

Skill Line Flurry
Diantara semua skill di Line Flurry, haya Stab Screw saja yang saya tidak naikan sampai Peak Level/Max. Alasan utamanya lebih kepada penghematan Skill Point supaya bisa menaikan Skill lain yang damagenya besar di PVP.

Fling-Fling + Dent Blow
Kedua Skill ini merupakan Skill Sting Breezer Line yang paling saya sering gunakan di PVP.

Spring Haze
Fungsinya agak mirip dengan Fan of Edge/Swift Shot, hanya versinya lebih besar. Skill ini memiliki damage yang lumayan besar dan bisa membuat musuh terpental di PVP.

Spinning Skewer
Selain damagenya pada saat Vulnerable Status, jangan lupa juga kalau Spinning Skewer memiliki Iframe 0.3 detik.


Skill Heraldry
PVE:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (damage)
- Spinning Cut (damage)
Optional: Flying Sky, Shutter Bounce  (cooldown) Cross Cutter, Spear Hand (damage)

PVP:
- Rough Sweep (damage)
- Lollipop Chops (cooldown)
- Spinning Skewer (cooldown)
- Headbutt (action speed)
Optional: Fling-Fling, Flying Sky, Shutter Bounce (cooldown) Spinning Cut, Cross Cutter, Spear Hand (damage)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

37 comments:

  1. setau saya banyak yg menggunakan headbutt utk mengaktifkan vulnerable status nya flurry.. katanya sih lebih efesien.. dan tentunya pakai plate AS.. ga tau yah gak punya flurry saya.. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bisa kok spam Headbutt untuk Vulnerable Status, cuman lbh enak SPam Skill sih. Cooldown Skillnya juga lumyan cepet2 dan damagenya lbh besar dari Headbutt

      Delete
  2. permaslahan utama gw sama job flurry adalah status VSnya susah dilihat apa ud aktif atau kaga karena tanda status VSnya yg diatas kepala musuh kecil bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak ribet ya sama VS..
      Saya blum test Grafik VS di Cap 90 buat Boss yang super gede..

      pas cap 80 sih masih oke2 aja di VN..

      Delete
  3. mas ramdan kapan mau post job maquina nih :D bngung sama skill build nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lalalalaa.. saya belum ada waktu untuk leveling

      Delete
    2. sama bingungnya, bkn karena apa, tapi tooltip skill di machina bnyk yang belum ditranslate, jadi bingung besar damage dan kegunaannya apa

      Delete
    3. Bener tuh, kemren saya lihat banyak yang masih MMMM

      Delete
  4. mas ramdan skill build machina donk :D

    ReplyDelete
  5. Mas Rmadan bikin damage chartnya machina sama skill build nya :v

    ReplyDelete
  6. Ini salah satu job sy yg paling susah dipake XD, sy suka sm roigh sweep instant soalnya bisa cpt reset hehe

    ReplyDelete
  7. Fling Fling ga CD aja bang? lumayan bwat kabur di pvp //beda fungsi =p

    ReplyDelete
  8. ada yang mau kasih pinjam Machina level 90 untuk test skill (ngarep banget), siap komandan!!
    kok flurry aing ga masuk tipi?
    itu video dah sampe 2140p tetep aja ngeblur
    huf!

    ReplyDelete
  9. bang Furyy ama sting breezer bagusan mana

    ReplyDelete
  10. Maaf kalo sy sedikit oot. Untuk lv 90 baik armor maupun weapon sekarang hanya menyediakan 1 slot untuk jade/jewel. Saya minta saran untuk char Bb/destro; sebaiknya komposisinya berapa-berapa yah bear+crit ato bear+vit, agar hp lumayan dan crit sering keluar (attack jade sudah menyertakan + vit; jadi buat 2 ring & 2 weapon sudah ada vitnya). Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake susunan kaya gitu buat Barbarian bisa 4 Jade STR+Crit dipake di 2 Armor + Earring dan Necklace. Kalau Plusan Equipnya besar/pake Legend dan Earring + Necklace itu Skill Ring dengan Opt Vit, bisa maksa ke 6 Jade STR + Crit.

      Kalau buat Destro agak berat ya, Maksimal sih 2 Jade STR+Crit. Soalnya destro kan butuh VIt juga biar damagenya makin gede

      Delete
  11. Bang Spinning Skewer VS nya Flurry kalo dibandingin sama Circle Swing Fury nya Barbarian lebih sakit mana damagenya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Damage ya gedean Circle Swing Fury..

      Kalau DPS masih menang Spinnng Skewer

      Delete
  12. bg, vulnerable status tu maksud nya gimana ? jelasin dong,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu punya Flurry kan?
      Nah itu efek skill pasif 65nya (Class Mastery I)
      Kalau muncul dikepala monsternya kaya ada gambar api kedap kedip gitu (Bukan efek Burn)

      Gunanya ya itu buat naekin damage Spinning Skewer 5x lipat

      Delete
  13. yes bentat lagi giliran tante api! hahaha. ini job gampang dimainin tapi susah banget dikuasain, kaya agan bilang kalo kombonya ga bener damagenya ga max, kaya yang ane rasain sekarang T.T. boleh minta kombo list nya ga gan biar bisa max damagenya. terus itu ko stab screw nya ga di fullin ya? kalo ane punya full dan ngambil sampe dent blow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh bingung kalau bahas kombo..
      Biasa aja ngalir Hit terus-an
      Supaya efek Vulnerablenya sering keluar..

      Stab Screw kan udah dijelasin di atas..
      Bisa ambil Stab atau Spear Hand

      Saya sih lebih terbiasa pake SPear Hand buat DPS, soalnya Stab Screw cmn buat Debuffnya doang..

      Hmm sayang aja ambil Dent Blow, soalnya damgenya kecil + castingnya lama..

      Delete
  14. mas mau tanya tentang flury susunan jade yang bener tu str pa agi so q awalnya pkek str trus d ketawain orang2 ktny str gakguna lancea flury pkek agi ktanya.. bnyak yg bilang spear maiden/flury pkek agi? yg bener tu man pa? mhon penjelasan maaf newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. STR dong, Soalnya 1 STR = 0.75 PATK sedangkan 1 AGI = 0.25 PATK. Wkwkwwk yang bilang gak guna pasti gak tau aja. Kebanyakan mereka main AGI karena incer Critical aja, padahal hasilnya bakal lebih gede pake STR.

      Delete
  15. Bang kalo Ripper sama Flurry DPSnya gedean siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Skrang si Flurry, kalau abis di Boost bisa Ripper

      Delete
  16. bg minta susunan Jade buat Flurry/Spear Mayden dong Please hehehehe :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadenya sudah ada kan di atas..
      Pake Bear + Vit atau Crit, ini tergantung pilihan kamu. Kalau main Bear + Crit pasti hpnya kecil.

      Di Weapon+Ring bisa pake ECJ + Element Jade atau Destruction Jade
      Earring + Neck masih sama Bear + VIT/Crit

      Delete
  17. Bang kenapa skill fling fling perlu di max? Menurut saya skill tersebut hanya digunakan untuk kabur dan ngejer musuh sehingga output dmgnya ga bakal full
    Menurut saya lebih baik sisa SP dikasih ke Stab Screw yang merupakan skill yg spammable ramdan?
    Bagaimana menurut bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya lebih baik sisa SP dikasih ke Stab Screw yang merupakan skill yg spammable?
      Bagaimana menurut bang ramdan?* (mindah sendiri -3-)

      Delete
    2. Yap bole2 aja dimasukin ke Stab Screw karna Ex juga punya area yang lumayan luas. Kebetulan gameplay saya sering pake Fling-Fling buat hit musuh, kalau kabur biasanya pake Flag hehehe :P//

      Delete
  18. Bang itu flurry di dn korea ada perubahan skill, skill banyak di boost tp buff di nerf, terus mekanisme penambahan power jg jd beda, gk berdasarkan waktu lg... perlu build baru kah?

    ReplyDelete
  19. tolong bantuanny donk, baru buat Fluury nih msh bingung sm skill spinning skewer.. kok itu ga ada damage ny yah, tp d penjelasan skill ada 300% attack + extra damage 2500%, at akuny ya yg salah pake.. at itu skill mekanisme pemakaiannya mirip overchargingny ruina ?? tolong para sensei bntuin.. terimakasih !!!

    ReplyDelete
  20. fungsi fatigue di lancea apa yah mas,nubie.. ^_^

    ReplyDelete
  21. Bang cara ganti bentuk vulnerable statusnya tau ga?
    Ane liat di YouTube bentuknya kaya lingkaran gitu...Kan gampang keliatan

    ReplyDelete