ELESTRA (CYROMANCER) SKILL BUILD LEVEL 90

    Maaf ya untuk Post Skill Build akhir-akhir ini akan lebih singkat penjelasannya, soalnya lagi kurang mood bahas panjang-panjang. Nanti kalau ada pertanyaan bisa langsung aja tanya di kolom komentar. Skill Build yang akan saya bahas kali ini adalah Elestra (Cyrcomancer) Skill Build Level 90.
   Elestra merupakan job yang memiliki pengurangan damage permanen + cukup besar dan bisa Ice Stacking. Kedua hal itulah yang membuat saya sering menggunakannya untuk Nest/Raid di cap 80 lalu. Pada Cap 90, Elestra harus kehilangan kemampuan Ice Stackingnya dan Shieldnya memiliki durasi (tidak permanen). Hal ini diperburuk dengan hilangnya Buff Frozen Burst. Developer memaksa para Elestra untuk menjadi Job DPS. Tekanan ini lah yang membuat sebagian Elestra Change Job ke Smasher, Majesty atau Saleana (duh perasaan Change Job mulu ya).
      Saya sih tidak pernah terbawa ke arus Change Job seperti beberapa orang. Saya berusaha tetap tegar dan tabah walaupun salah satu Main Job saya ini harus kehilangan pesonanya di Cap 90. Doa para Elestra pun dikabulkan. Pada 9 Desember lalu, Elestra kembali di Boost oleh Developer. Saya pun sudah sedikit menganalisis pengaruh Boostnya terhadap DPS Elestra nanti (Baca: Elestra, Gladiator, Acrobat Boost). Patch ini juga memberi harapan untuk Job-job lain yang mengalami penurunan DPS. Semoga bulan depan giliran kalian...


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: ICE + INT atau MATK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Elemental Lord Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff


Skill Build

Build PVE

Wheeling Staff vs Void Blast vs Poison Missile vs Glacial Spike
Ini adalah perbandingan yang seru antara empat Skill di Sorceress Skill Tree. Alasan saya memilih Wheeling Staff dan Poison Missile karena untuk menaikan keduanya hanya butuh 33 Skill Point. Sedangkan jika kita menaikan Glacial Spike butuh 25 SP dan Void Blast butuh 27 SP + Skill Ring. Dengan perbedaan 8 atau 6 SP saja, saya sudah mendapatkan Potensi DPS yang jauh lebih besar. Memang Wheeling Staff dan Poison Missile lumayan susah untuk Full Hit, tetapi damage 1/2 Full Hitnya saja masih lebih besar dari Void Blast atau Glacial Spike.

Beberapa orang memang kurang cocok atau belum terbiasa dengan Wheeling Staff. Jadi bisa saja menggunakan susunan skill seperti ini:
Glacial Spike lv 26  + Poison Missile lv 6
Di Update terbaru Elestra Boost mungkin kalian akan lebih sering menggunakan Glacial Spike untuk mengurangi cooldown Ice Barrier EX.

Fireball + Flame Road
Dua Skill Fire yang memiliki Potensi DPS yang cukup besar untuk Elestra, padahal dengan Fire Attack 9% saja. Oleh karena itu, jika harus memilih untuk menaikan skill di Fire Line karena skill Point melimpah, saya memilih kedua skill ini. Potensi DPS di atas sudah termasuk skill pasif Hellfire (+30% damage untuk Burn Status). Ingat ya "Burn Status", jadi kalian harus menggunakan Phoenix Storm, Flame Spark  atau Fire Burst sebelum menggunakan Fireball atau Flame Road.

Phoenix Storm + Flame Spark
Sebelumnya saya sudah bilang, kedua skill ini bisa digunakan untuk Burn Status. Phoenix Storm juga memiliki Debuff untuk mengurangi Element Resist sebesar 20%.

Icy Shard (Freezing Sword) + Freezing Field + Frozen Spike (Ice Stab) + Chilling Mist
Keempat skill ini saya naikan Max karena memiliki Potensi DPS yang berada di urutan 1-4. Potensi akan menjadi lebih besar lagi ketika Update Elestra Boost sudah di patch.

Blizzard Storm 
Pada Update terbaru, Elestra akan Invincible (tidak bisa dihit) saat menggunakan Blizzard Storm (Seperti Heavenly Judgement).

Ice Sphere
Di Cap 80, Ice Sphere (Frozen Burst) merupakan Top DPS Skill untuk Elestra. Sayangnya Buff Frozen Burst sudah dihapuskan sehingga Potensi DPSnya harus turun. Ice Sphere ini juga menjadi satu-satunya skill Elestra yang bisa membekukan musuh pada Update terbaru nanti.

Build PVP

Wheeling Staff + Poison Missile
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Kalian bisa menggunakan kombo Wheeling Staff + Hit biasa + Poison Missile.

Flame Road
Jika dihitung-hitung sih, Flame Road memiliki damage yang paling besar diantara ketiga skill di atasnya.

Ignite vs Shatter
Di PVP, semua skill fire memiliki Burn Status. Burn Status juga memiliki durasi yang lebih lama daripada Frosbite. Oleh karena itu dengan casting time sekitar 2 detik, menggunakan Ignite akan memiliki kemungkinan berhasil lebih besar dibandingkan Shatter.

Icy Shard (Freezing Sword) + Freezing Field + Frozen Spike (Ice Stab) + Chilling Mist
Seperti biasa, ke empat skill Ice ini masih menjadi andalan saya di PVP.

Blizzard Storm + Fiery Vortex
Kedua Ultimate Skill ini bisa kalian gunakan di PVP. Diantara keduanya memang Fiery Vortex yang paling aman, karena bisa di cancel dan ada pengurangan damagenya juga. Di Update terbaru memang dikatakan kalau casting Blizzard Storm bisa tidak kena hit, tetapi saya tidak tahu apakah itu berlaku untuk PVP. Soalnya jika disamakan dengan Heavenly Judgement sih, sepertinya masih bisa kena hit.

Ice Sphere
Skill beku andalan Elestra. Semakin tinggi levelnya maka durasi bekunya akan semakin lama.


Skill Heraldry
PVE:
- Freezing Field (damage)
- Chilling Mist (damage)
- Frozen Spike (damage)
- Icy Shard (damage)
Optional: Ice Shield (damage reduction), Blizzard Storm (cooldown)

PVP:
- Freezing Field (damage)
- Chilling Mist (damage)
- Ice Shield (damage reduction)
- Icy Shard (damage)
Optional: Blizzard Storm (cooldown), Frozen Spike (damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

24 comments:

  1. gan mau nanya dong , klo elestranya ga ambil flameroad biar g sayang SP d fire shield tpi skill yng ignite 14 shatter 11 sama 2 skill fire lvl 6 kecuali fire ball sma phoenix storm , kira2 efektif ga ? itu masuknya k PVP / PVE ? ty

    ReplyDelete
  2. wheeling staff & toxic spray ? void blast lebih
    ignite udah gak bisa emang
    mantap nih infonya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwwwkwkwk saya lebih suka main muter2 tongkat..

      Ya ignite kurang bagus

      Delete
  3. bang. skill ex 90 ice cold field nya di pvp emang gk isa di gunakan ya?

    ReplyDelete
  4. bang kalo acc ring skill dll itu apa aja ya untuk cryo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Neck: Ice Sphere
      Ear: Chlling Mist
      Ring: Freezing Field + Frozen Spike (Ice Stab)

      Delete
  5. jade weapon sama ring nya bagusaan pasang ice / M.atk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini tergantung, kalau lbh sering gunakan Ice Line mending Ice Attack aja. Kalau sering pake Fire Linenya juga brarti ambil MATK

      Delete
  6. Bang klo flame road nya jdi lvl 1 dan frozen spike ke lvl 11, dan fire wall ke 16 kira" gimana? Bgus untuk pvp gak?

    Dan damage flame road 13 sama fire wall 16, lbh sakit yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di PVE atau PVP, Full Hit Flame Road jauh lebih sakit.

      Agak sayang aja kalau ke Firewall

      Delete
    2. iya juga sih, tpi masalahnya skill flame road ada pengurangan damage 50% setelah hit ke 5 (klo tidak salah)

      dan klo DPS, lebih unggul firewall atau flame road bang di PVP? soalnya CD flame road lbh lama dan saya lbh sering gunain hanya untuk kabur

      Delete
    3. Di PVP ada pengurangan emang, kalau di PVE sudah dihilangkan

      Kalau di PVP lebh unggul Firewall secara DPS, nah itu salah gameplay kalau Flame Road untuk kabur. Coba lock musuh pake poison missile lalu FLame road muter2 pasti gede damagenya.

      Delete
  7. Bang sele sama eles enakkan mana bang

    ReplyDelete
  8. bakal di revamp lg ga sih ini cyromancer ?

    ReplyDelete
  9. Bang kalo yang suka PvP sma PVE pake Build apa ya apa pake Build PvP cocok ?

    ReplyDelete
  10. glaciel spike knp lv1 bro yg pvp?kan kalo di lv13 kemungkinan bs freeze musuhnya 18%..lumayan,knp buildnya cuma lv1?hehe trus poison knp ampe lv16?sy kira lv6 udah cukup buat combo..

    ReplyDelete
  11. Bg jd intinya. Kalau pakai class cryomancer ice attack nya harus banyak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pake ice attack aja. kalo bisa ring sama necklace jg opsi ice atk. biar mantep.

      Delete
  12. skill "ice sphere" bisa langsung membekukan,yang lain cuma kedinginan, ada cara lain kah selain skill itu untuk membekukan (newby).
    jawab yah gan butuh :3

    ReplyDelete