DESTROYER SKILL BUILD LEVEL 90

    Pada posting kali ini saya akan membahas tentang Destroyer Skill Build Level 90. Jujur saja ketika awal Cap 90, Warrior Class yang membuat saya tertarik adalah Destriyer. Bukan karena peningkatan damagenya, melainkan karena perubahan beberapa skillnya. Destroyer seperti didesain menjadi Tanker sekaligus DPS. Itulah yang membuat saya tertarik, soalnya di Cap 80 saya hanya menjadikan Destroyer sebagai salah satu koleksi char saja dan tidak pernah berniat untuk menggearnya.
     Saya berharap ke depannya akan muncul Nest atau Raid yang cukup sulit dan sakit, sehingga Job-Job seperti Destroyer bisa digunakan untuk Party. Sekarang sih, kebanyakan party butuh Job Pure DPS yang besar dan Healer, sehingga banyak player yang kurang menggali potensi Job lainnya. Saya jadi ingin tahu bagaimana pengalaman para Destroyer selama Cap 90 ini.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT 
Weapon: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Mercenary Class
- Semua Skill dihitung Full Hit dan Buff


Skill Build

Build PVE

Circle Break
Secara Potensi DPS Circle Break cukup besar dan memiliki Iframe 0.3 detik.

Stomp 
Hanya sebagai syarat saja, Potensi DPSnya di Barbarian Skill Build saja sangat kecil apalagi untuk Destroyer.

Demolition Fist 
Potensi DPSnya memang paling besar diantara Skill Barbarian Line, tapi area serangannya terlalu kecil. 

Circle Swing vs Whirlwind vs Flying Swing
Sebenarnya permasalah ketiga skill ini adalah Skill Point. Beberapa orang beranggapan menurunkan level Flying Swing untuk menaikan Whirlwind + Circle Swing Level 11 itu sangat wajar, karena damage keduanya lebih besar. Padahal secara Potensi DPS saja sudah terlihat bahwa Flying Swing EX unggul sangat jauh dan itupun belum dihitung pengaruh INS Flying Swing. Biar lebih jelas saya berikan tabel perbandingannya saja.
Pada tabel di atas bisa kalian lihat bahwa kenaikan Potensi DPS untuk setiap Peak Level Flying Swing lebih besar dibandingkan Circle Swing atau Whirlwind. Jadi mengorbankan Skill Point Flying Swing untuk Whirlwind itu kurang tepat. Jika alasannya karena Flying Swing EX agak susah untuk Full Hit. Yah walaupun 1/2 Full Hit, Potensi DPS Flying Swing EX masih lebih besar dibandingkan Circle Swing dan Whirlwind.

Sudah Fix ya masalah Flying Swing, sekarang tinggal Circle Swing vs Whirlwind level 11. Potensi DPS Whirlwind lebih besar sedikit dibandingkan Circle Swing. Saya memilih Circle Swing karena kemungkinan Full Hitnya lebih mudah dan araenya cukup luas.

Punishing Swing + Ring Bomb + Rolling Attack
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan besar dibawah Flying Swing. Saya sarankan untuk Ring Bomb harus menggunakan Skill Ring +1, agar potensi DPSnya maksimal.

Cyclone Axe vs Gigantic Bomb
Keterbatasan Skill Point jadi saya hanya bisa memilih salah satunya. Cyclone Axe memang memiliki potensi DPS yang lebih besar, tapi Giganic Bomb lebih instan Hit.

Highlander (Life Saver)
Masalahnya masih sama dengan sebelumnya yaitu perlu 10 Skill Point untuk menaikannya. Jika kamu ingin menaikan Life Saver bisa menurunkan Circle Swing ke level 1. Pendapat saya tentang Life Saver untuk Destroyer sih antara perlu atau tidak perlu. Perlu untuk menyelamatkan Destroyer dari One Hit KO Skill Boss Raid. Durasinya memang akan turun menjadi 5 detik ketika HP Destroyer dibawah 1%, tetapi dalam waktu 5 detik itu Destroyer masih bisa mengaktifkan Class Master I yang bisa Heal HP sebesar 3% per 2 detik (5 detik bisa 6%-9% HP) dan menggunakan Havoc Howl (+116% HP) + Howl Charging (Barier 20% HP). Tidak perlu itu jika kamu hanya bermain aman di Solo Dungeon Abyss dan Nest-nest biasa. 

Howl Charging
Skill ini seperti Guardian Force milik Guardia, hanya saja cooldownnya terlalu lama.

Maelstorm Howl
Skill pake komplitnya Destroyer karena memiliki Potensi DPS besar, Buff damage berdasarkan VIT dan debuff menurunkan damage musuh.

Build PVP

Rising Slash + Circle Break 
Semua Warrior Build PVP saya pasti menaikan kedua skill ini untuk kombo.

Stomp 
Saya menaikan Stomp level 11 hanya untuk mendapatkan debuff slown selama 6.5 detik. Slow itu bisa sangat mengganggu pergerakan musuh.

Flying Swing + Punishing Swing
Damage keduanya tidak sebesar di PVE. Selain itu Flying Swing agak susah untuk Full hit di PVP. Malahan saya lebih sering menggunakannya untuk menahan skill musuh yang memiliki damage besar.

Circle Swing + Whirlwind + Ring Bomb + Rolling Attack
Keempat skill ini memiliki damage yang besar di PVP.

Devitalizing Howl
Saya tidak tahu apa nama skill ini di DN INA, yang jelas skill ini berfungsi untuk menghilangkan Buff dan Silent musuh. Kenaikan levelnya maka akan menghilangkan Buff lebih banyak dan Silent lebih lama.

Maelstrom Howl
Saya sudah bilang kan, Maelstrom Howl adalah skill paket komplitnya Destroyer.

Skill Heraldry
PVE:
1. Ring Bomb (damage)
2. Iron Skin  (cooldown)
3. Howl Charging (cooldown)
4. Maelstorm Howl (cooldown)
Optional: Havoc Howl(cooldown), Gigantic Bomb, Rolling Attack, Flying Swing, Punishing Swing (damage) Crisis Howl (reset cooldown)
*Havoc Howl di DN SEA itu skill yang bisa meningkatkan HP 116%

PVP:
1. Maelstorm Howl (cooldown)
2. Side Kick (action speed)
3. Ring Bomb (damage)
4. Rolling Attack (damage)
Optional: Relieve, Cyclone Axe (cooldown)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

19 comments:

  1. Wah bnr bgt oom, saya agk kecewa jg sm revenge nest lv 90. Masuk berdua sj dgn equip lv 80 no death. Semoga wkt ice dragon bisa kepake nih job. But as you say, main DN jgn sok ikut2an waktu caps segini top Dps job ini, terus buru2 bikin; tapi sy dr dulu nyamannya yaa destroyer. Selain destro, sekarang sy jg cukup enjoy sm job Spirit dancer, Dps lumayan gd walau gear pas-pasan, mohon pembahannya jika ada waktu, thanks sblumnya.

    ReplyDelete
  2. kaya lama bener nunggu giliran soul eater ama dark summoner. :v

    ReplyDelete
  3. bang ramdan destro lv 90 itu bisa reset ulti kah ? soalnya kata temen ku destro di pvp bisa ngelarin ulti setiap 30 detik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew GG baget dong itu..
      Gak bisa reset cmn cooldownnya bisa dikurangi

      Delete
  4. Hello . im interested in your build . thank very muchh! Keep on the good work! :D

    ReplyDelete
  5. Cooldown nya Howl Charging sma kyak waktunya,sama sama 20 detik

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake heraldry cooldown biar bisa spam howl charging. walaupun buffnya 20 detik, tapi kalo kena damage lebih dari 20% HP, buffnya kan langsung ilang.

      Delete
  6. mending pake hammer apa axe ya bang ramdan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ngaruh hammer atau axe, kan pake skill terus, jarang normal hit (kalo PVE).

      Delete
  7. Replies
    1. terserah, bagus semua, di Cap 90, sekitar agustus-september, DPS hampir sama, gedean BB dikit, tp destro lebih banyak HPnya.

      Delete
  8. min, ring bomb skill apaan? terus hwol charging apaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ring bomb itu hanya sebutan di dn sea,di DN INA namanya adalah Bombs Away. dan Howl charging di DN INA adalah Panic Howl.

      Delete
  9. bagusan Axe Atau hamer Klo Pve

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih itu pilihan kalian masing masing sih, saya lebih suka pake Axe karena memang dari dulu saya suka pake Axe.

      Delete
  10. nanya gan? kenapa jewelnya gak str+vit biar mantep damaganya??

    ReplyDelete