DEFENSIO SKILL BUILD LEVEL 90

    Akhirnya sudah sampai ke pembahasan Skill Build terakhir yaitu Defensio (Defena) Skill Build level 90. Timingnya sangat pas sekali dengan Update Machina di DN SEA hari ini. Setelah ini saya akan rehat melakukan Postingan di Blog dan hanya akan menjawab-jawab pertanyaan di Blog saja. Sampai hari ini, saya belum pernah menggunakan Defensio sama sekali. Soalnya tidak seperti Ruina, kali ini saya tidak mendapatkan pinjaman Defensio level 90. Untungnya setelah melihat dan mencari tahu tentang keterangan Skill di Defensio Skill Tree, saya bisa mendapatkan data-datanya.
    Membahas tentang Defensio Skill Build ini tidak akan sepanjang dan serumit Ruina. Soalnya DPS Defensio tidak berdasarkan Kombo-Kombo Skill yang panjang. Di Ruina Skill Build, saya sudah bilang kalau Defensio ini lebih ke arah Support DPS. Defensio dibekali dengan skill yang bisa meningkatkan def + mdef kita, mengurangi serangan musuh, heal, dan barrier.  Tidak hanya skill buff/debuff, Defensio juga memiliki skill EX yang daamgenya lumayan besar. Diantara semua skill Defensio, saya paling suka dengan Auto Repair yang bisa mengurangi Cooldown semua Aktif Skill.
    Pengalaman membuat Defensio Skill Build untuk pertama kalinya ini kelihatannya memang tidak sesulit Ruina. Hanya saja menghitung efek Skill Auto Repair agak sulit, karena itu harus menggunakan asumsi-asumsi lagi. Nanti saya akan menjelaskanya bertahap-tahap. Jadi kalian harus membacanya pelan-pelan, supaya kalau saya ada salah bisa cepat dikoreksi.


Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Saya akan membuat tahapan yang sama dengan Ruina Skill Build.

Machina Skill Tree
Dari Tabel di atas, saya akan membahas 5 Skill saja yaitu Body Check, Fly By, Knuckle Charge, Charging Gear dan Pivot Gun Shot.

Body Check
Sama seperti Ruina, Potensi DPS Body Check memang besar tapi kalian tidak akan mungkin menjadikan skill ini sebagai DPS utama juga.

Fly By
Skill ini walaupun DPSnya besar, kebanyakan lebih sering saya gunakan untuk lompat-lompat atau dikombo degan Knuckle Charge. Lagi pula kalian hanya memerlukan 3 Skill Point untuk menaikan skill ini.

Charging Gear
Skill pasif ini memiliki potensi DPS yang lumayan besar juga. Normal Hit + Charging Gear memiliki damage 5.8x PATK kalian. Sama halnya dengan Body Check dan Fly By, Spam Normal Hit + Charging Gear bukan pilihan DPS terbaik.

Knuckle Charge vs Pivot Gun Shot
Pivot Gun Shot + Charging Gear vs  Knuckle Charge. Secara potensi DPSnya tetap masih unggul Knuckle Charge (Fly By). Jadi saya tetap akan memilih Knuckle Charge saja, yah walaupun pada akhirnya skill di Machina Tree tidak akan banyak terpakai untuk DPS. Soalnya kita pasti akan lebih fokus ke Skill di Line Patrona dan Defensio.

Patrona Skill Tree

Ducking
Dapat mengurangi Cooldown dari Gear Step Skill yaitu Rock Away, Step Up dan Foot Stomping (Saya beri warna biru). Kenaikan level Ducking akan membesar pemotongan cooldownnya. Pada level 6 (MAX) cooldown Gear Step dikurangi sebesar 90%.

Bagaimana mengaktifkannya?
Simpelnya kalian dapat menekan Spasi (lompat) ketika menggunakan Gear Step Skill.

Overhowl 

Buff untuk meningkatkan Final Damage 10%. Final Damage disana bukan FD dari Plate/Equip dll, tapi Out Put Damage kalian. Misalkan salah satu skill kalian damagenya 100.000 (tanpa Buff), setelah menggunakan Over Howl maka damagenya akan menjadi 110.000 atau 1.1x damage.

Repair
Buff ini bisa mengilangkan abnormal status dan mengurangi cooldown skill untuk semua skill aktif termasuk Repair sendiri. Cooldown dasarnya itu 22 detik, tetapi jika rajin menggunakan Repair maka cooldownnya bisa menjadi 15 detik sekali.

Overboost (Defence)
Buff ini baru bisa digunakan ketika jumlah Steam kalian mencapai 30. Steam ini bisa kalian dapatkan dari penggunaan Gear Step (Class Mastery I) atau menggunakan skill Overclocking. Setelah mengkonsumi semua Steam, maka akan muncul Buff Overboost selama 160 detik. Fungsi Buffnya adalah:
- Heal 16% HP
- Reset Cooldown Ducking
- Final Damage +30%, Action Speed +15% dan Magic Defence +22%
- Mengurangi cooldown Taunting Blow ketika Gear Step digunakan.

Perhitungan Final Damage Overboost stacking dengan Overhowl, sehingga ketika menggunakan keduanya damage kalian bisa meningkat 1.4x. Ducking awalnya memiliki cooldown 5 detik, namun ketika menggunakan Overboost akan menjadi no cooldown (selalu reset).

Mari kita bahas Potensi DPS Gear Step Skill (Rock Away, Step Up dan Foot Stomping)

Rock Away + Step Up + Foot Stomping
Ketiganya termasuk ke dalam Skill Gear Step (Warna Biru pada Tabel). Potensi DPSnya tidak terlalu besar jika kalian hanya melakukannya secara biasa saja (Normal). Ketika kalian menaikan Ducking MAX, maka Potensi DPSnya bisa naik 2.5x lipat. Hal tersebut dikarenakan kalian ada efek pengurangan cooldown Gear Step Skill sebesar 90%. Belum cukup sampai disana, Potensinya bisa naik lagi jika kalian menggunakan Overboost. Hasil uji coba, Gear Step Skill bisa digunakan setiap 2 detik ketika Overboost aktif. Spam Gear Step bisa membantu juga untuk mengurang cooldown Taunting Blow EX ketika Overboost Aktif. Saya memiliki rencana untuk menaikan 2 Gear Step yang saya sering pakai yaitu Rock Away dan Step Up.

Follow Up vs Follow Through vs Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Diantara keempat skill ini, Follow Up yang memiliki potensi DPS paling besar. Sedangkan untuk Flying Knee Kick + Kidney Blow memiliki perbedaan DPS yang tipis dan Follow Through masih memiliki potensi DPS terkecil.

Beat Down vs Leaping Over
Kedua skill ini memiliki Potensi DPS yang besar karena menduduki peringkat 2 dan 3. Leaping Over sangat tergantung dengan Jumlah Hitnya, sedangkan Beat Down memiliki area serangan yang besar.

Taunting Blow EX
Dari namanya saja sudah menggunakan kata "Taunt". Skill ini memang bisa mem-provoke musuh, hanya saya tidak tahu apakah sebaik Provokenya Guardian. Saya sih lebih tertarik ke Potensi DPSnya yang sangat besar ketika Over Boost.


Kombo Skill (Enhance Command)

Step up > Leaping Over/Beat Down
Potensi DPSnya dengan Enhance Command semakin besar. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menaikan Leaping Over + Beat Down Max.

Follow Up vs Follow Through vs Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Diantara keempat skill ini saya harus memilih salah satu saja karena keterbatasan skill point. Saya hanya tertarik pada dua skill saja yaitu Follow Up atau Kidney Blow. Potensi DPS Follow Up memang yang paling besar, tetapi Kidney Blow memiliki damage yang lebih besar. Saya lihat jangkauan Areanya, Kidney Blow memiliki area lebih besar dibandingkan dengan Follow Up. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menaikan Kidney Blow saja.

Note:
Penambahan damage Enhance Command untuk Footing Stomping dan Rock Away berbeda dengan keterangan Skill. Seharusnya penambahan damagenya sebesar 20% tetapi setelah ditest sebesar 50% damage. Saya tidak tahu apakah ini Bug atau gimana ya, soalnya Damage +50% itu seharusnya ketika Cap 80 lalu.


Skill Build
Rencananya Defensio saya menggunakan Build ini untuk PVE dan PVP

Skill Plate
PVE:
- Beat Down (damage)
- Repair (cooldown)
- Taunting Blow (damage)
- Leaping Over (damage)
Optional: Kidney Blow  (action speed) Step Up, Rock Away (damage) Beyond The Wall, Man to Man (cooldown).

PVP:
- Kidney Blow (action speed)
- Repair (cooldown)
- Taunting Blow (cooldown)
- Beat Down (damage)
Optional: Body Check  (action speed) Leaping Over, Step Up, Rock Away (damage) Man to Man (cooldown).
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

60 comments:

  1. hmm... dengan overboost, gear step dan ducking. apakah kita bisa cuman jadiin taunting sebagai satu2nya skill dps kita? jadi kita nggak perlu ngeden di atas ngeuarin beat down, ato muter2 sok iya dengan anggun di udara kek pasti kena musuhnya aja, tanpa mengurangi potensi dps kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu malahan Potensi DPS terbesarnya..
      masalahnya cuman pegel aja heheh

      Delete
    2. dah aku coba bang. rasanya kek physician cap 80 yg injectornya nambah action speed asli. jadi nostalgia XD tapi secara physic lebih pegel, otot2 aku dah terlatih bang. jadi gak masalah :D

      Delete
    3. ati2 Kram..
      banyak kasih balsem :P

      Delete
    4. bang aku mau Tanya lagi bang. untuk build pvp, antara follow up, kidney blow, sama flying knee-kick, mana yg musti dibiarin lvl 1?

      Delete
    5. sama beyond the wall. di deskripsinya tertulis membuat barrier dan enhancement energy. barrier itu super armor kan bang? sedangkan enhancement energy nambah physical defense. klo durability barrier ilang apakah efek enhancement energy juga Ilang?

      Delete
    6. Yap barengan durasinya.. sama2 10 detik...

      Delete
  2. Body Check, Handstand, Piston Uppercut, Smashing Blow dan Charging Gear sebenarnya kepake ga sih bang? atau cuma iseng pelengkap / buang SP aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang kepake di level 90..
      cuman kepake di awal2 doang
      Jangan deretan skill itu, kalau Gameplaymu fokus ke Taunting malahan Skill di Patrona banyak yg gak kepake juga.. ^^

      Intinya paling cmn pelengkap, siapa tau mau PVP atau kombo2

      Delete
    2. maap ternyata setelah dicoba yang opsional: overblow & smashing
      handstand perlu dan body check bwat kombo skill

      prakteknya masih gagap nyobain Duck dan Gear Step Command Enhancment nya (kalo lancar mah enak ya tinggal maenin mouse dan jump)

      Delete
    3. Yap emang agak kagok banget itu.. apalagi pas lagi nest sering lupa dan enakan mencet skillnya langsung di Bar Skill :P

      Delete
  3. beyond the wall cara gunainnya gimana gan?? binggung >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. lompat dulu di udara , klik skill aktivnya didekat musuh saat sdg di udara. kalau musuh kena atau terlompati, baru dapat buff pelindung 20% dari HP selama 10 detik kalau ndak salah. musuh yg kena beyond the wall juga kena debuff penambahan damage selama beberapa detik(EX)

      Delete
    2. di post Ruina dibahas abis-abisan itu, coba aja cek

      Delete
  4. Gan, koreksi tuh gan, bagian overboost, kudunya kan cuman 1.4x bukan 1.6x
    kan defensio overboostnya 30% FD gan? tambah overhowl kan jadi nya 40% FD ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya.. maklum copas yg ruina.. wkwkwkw

      Delete
  5. setau saya walau gak pernah coba defena/defensio..
    rotasi skill nya lbh mudah drpd ruina..
    taunt - beatdown - repair - bisa lanjut lagi taunt - beatdown - 1x skill lain - repair..

    syarat mutlak plate repair -cd.. ajaib nih skill.. sampai repair nya ikut dipangkas cd nya.. LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau bisa kombo pegel tangan..
      Spam Gear Step - Taunting - Repair hehehe

      Delete
  6. Terima kasih untuk info update dan analisisnya selama ini yaa. Selamat natal, tahun baru, daan selamat istirahat. See u at caps 90, heheheh.

    ReplyDelete
  7. bang ramdan analisis silver hunter dong ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish,, charnya aja blum ada udah minta analisis :P

      Delete
    2. KDN udh nongol 11 nov kmaren bang..tolong di cek dong bang..
      buat persiapan tar klo nongol kn ga ush buat analisis lg bang :v

      Delete
    3. saya kan gak maen KDN, jadi gak bisa ngecek2nya.
      Sekarang cmn maen d DN SEA doang, sama INA kadang2

      Delete
    4. ohh kirain :D cemugut aja dh bang bles coment yg lain dan jgn bosen buat analisis ama skill build..joss lah

      Delete
    5. okay, ntar kalau dah muncul di INA/SEA juga bakal saya bahas

      Delete
  8. Gan skill combo dengan diakhiri charging gear di akhir kombo dmg na sakit amat. Misal command enchant+beat down ex+charging gear kna nga jd besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap emang sih sakit..
      Cuman saya sarankan sih, defensio kurang efektif main Charging Gear. Soalnya Casting Timenya agak lama. Mending Spam Taunting sama Beat Down/Leaping Over

      Delete
    2. Klo saya gak ampe nge charge nya sih klo timinggnya gak pas.. Cm sampe pukulan ke 5 aja bang. Jd misal beat ex langsung di kombo norm atk. Per hit dr norm atk nya itu kan board dmg na besar

      Delete
    3. Saya juga gak ampe charge sih soalnya kelamaan, ntar Beyond the Wall abis kan males mental2..

      Delete
  9. Maaf gan saya kurang ngerti
    Itu rock away max knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owww.. itu karena saya itu sering pake Command Enhancenya Kidney Blow.. Jadi pasti diawali dengan Rock Away. Nah mangkanya sekalian aja saya mentokin. Damage/DPSnya mayan besar juga kok

      Delete
  10. kang numpang nanya, 1 agi berapa p.atk buat defena? apa defena emang main crit ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 AGI = 0.75 PATK
      Seharusnya dengan fokus agi, otomatis Critnya bakal naik juga..
      Kalau kurang dari 89% ya sabar aja dulu, nunggu Update Tempa Jade..

      Delete
  11. ane baca 1-1 guidenya (y)
    btw kang udah ad guide Potense GPH blm ,..? (Gold / Hour ) :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwwkw Rajin banget ampe itung GPH

      Delete
  12. mas ramdhan itu ulti ruina kok di ambil level 1 ,,,fungsinya buat apa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Damage dong..
      Itu ulti sakit loh damagenya

      Delete
  13. bang cara make overbost gmn bang ?

    ReplyDelete
  14. mau tanya masalah steam, selain pake overclocking cara charge steam gmn bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di PVE Spam aja Aerial Parry tiap 1 detik..
      15 detik lompat2 juga dah full 30 Steam (LOL)

      Atau sering2 pake Beyond the Wall

      Delete
    2. ini hero kan emang butuh steam, susah cari steamnya :(

      Delete
  15. Mas Ramdan, liat patch note di freedomplay, sang raven dan job lainnya mulai berjaya, ah sebelum itu aku minta maaf karena Machina di nerf

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkw machina ga d nerf gede2 banget sih..
      Yap Chaser mayan bangkit

      Delete
  16. Iya sih di nerf dikit machina, tapi job kayak dancer masih di boost lagi, aku merasa kasihan sama job yg kurang mainstream belum di boost juga, contohnya : dark avenger

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sih DA blum ada tanda2 bakal di Up lg.

      Delete
  17. Mau nanya, sebenernya dari ruina sama defena yang mana yang lebih reliable? Kalo soal fungsi jelas beda, tapi ente tau sendiri diskriminasi job di INA kerasnya kayak apa. Itu yang pertama, kedua, ane mau tanya kalo di SEA keadaan defena sendiri kayak gimana? Karena kalo di INA jujur ane lebih sering dan bahkan hampir selalu ngeliat char machina yang jobnya ruina, ada defena pun itu yang emang diniatin FE + FC biar laku di party. Yang terakhir nih, sorry banyak nanya wkwkwk, kalo menurut ente pribadi (plis, harus subjektif) lebih suka mana ruina sama defena?

    Sekian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih Defensio kena diskriminasi juga di DN INA? Wah padahal itu job lebih enak buat Nest rame2.

      Saya itu salah satu yang Full Gear Defensio juga,
      Memang kalau dihitung Ruina itu punya DPS yang luar biasa (efek overcharge), tapi kadang2 Overcharge sering susah untuk Full Hit dan cancel2..

      Keuntungan Defensio itu dia punya Repair + Beyond the wall EX + Beat Down INS yang bisa ngebuat Permanen SHield (kalau gak pecah) dan Beat Down INS + CHarging Gear itu punya DPS yang besar.

      Saya kebetulan punya 2 2nya, setelah dicoba beberapa kali di Nest, Defensio lebih bisa Survive karna Shieldnya. Ruina punya Beyond The Wall juga cmn dia gak ada Efek Debuff -20% damagenya jadi kadang2 mudah pecah. gitu aja sih,

      So, sejauhnya ini saya masih memilih Defensio ^^

      Delete
    2. Ane gak bilang defena terdiskriminasi sih, cuma hawa diskriminasi di INA kan keras, ditambah ane lebih sering liat ruina daripada defena, mungkin perasaan ane doang kali ya, hahaha. Maklum ane telat bikin machina, jadinya masih bimbang mau ke ruina atau defena.

      Delete
    3. Hooh di INA lebih banyak Ruina emang, padahal Defena punya Potensi yang bagus juga

      Delete
  18. Di DN INA Defana itu fungsinya diparty raid nest mau pun nest normal apa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai DPS tentunya, jangan jadi Tanker ya sayang banget soalnya

      Delete
  19. Bang Ramdan maaf...urutan skill defena yang bagus sperti apa sih..??
    trims......

    ReplyDelete
  20. Over Charging yang mana ya Om ?
    Gear Charging kah maksudnya ?

    ReplyDelete
  21. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((_082 313 669 888_)))insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275 JUTA , wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya

    tapi tidak ada satupun yang berhasil..



    KLIK DISINI 4d 5d 6d




    Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu

    anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:

    butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO

    MAGNUM / dijamin

    100% jebol

    Apabila ada waktu

    silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: (((_082 313 669 888_)))


    ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/


    ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/



    ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/



    ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/



    ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



    ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/






    ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´
    _ ¨`»082 313 669 888
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..


    الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل








































    ReplyDelete