DARK SUMMONER SKILL BUILD LEVEL 90

     Sebelumnya saya sudah membahas tentang Skill Build Soul Eater. Nah kali ini saya akan membahas saudarinya yaitu Dark Summoner Skill Build Level 90. Dark Summoner agak berbeda dengan Soul Eater. Di Cap 80 lalu, Dark Summoner sempat di Boost besar-besaran. Skill yang paling dilirik pada saat itu adalah Sadism Pleasure, karena memiliki Buff Dark + Final Damage. Sialnya Developer memberikan konsumsi MP yang sangat besar untuk Skill itu, sehingga membuat banyak Dark Summoner kerepotan ketika Stacking Buff (saya juga termasuk :P). Bantuan MP Recovery dari Class Mastery I pun tidak begitu membantu untuk menutupi kebocoran Buff itu.
      Di Cap 90, Dark Summoner mendapatkan berita baik, karena konsumsi MP untuk Buff andalannya menjadi kecil. Yah walaupun Buffnya akhirnya menjadi Self Buff, tetap saja pengurangan konsumsi itu membuat Dark Summoner bisa sering Stacking Buff. Damage untuk beberapa skillnya pun ditingkatkan (baca: Analisis Screamer Class). Saya hanya kecewa dengan pengurangan damage Rampage Claw saja, padahal itu salah satu Skill yang saya andalkan di PVE. Yah walaupun peningkatan damage Dark Summoner tidak sebesar Soul Eater, tetapi saya masih tetap senang menggunakan Dark Summoner khususnya di PVP.
   
   


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: DARK + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Screamer Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff

Skill Build

Build PVE

Soul Wind vs Despair Needle
Sama dengan Soul Eater Skill Build. Soul Wind memiliki jangkauan skill yang jauh ke arah depan dan bisa menembus sehingga bisa mengenai banyak target yang sejajar, sedangkan Despair Needle memiliki area serangan kecil dan waktu animasi skillnya lama yaitu 5 detik.

Phantom Claw
Saya menaikan skill ini sampai Peak Level karena ada Phantom Claw Bubble ketika Bubble Critical mencapai 20 dan setelah menggunakan Recent Area Bubble. Phantom Claw Bubble itu memiliki damage yang lebih besar yaitu 3x lipat dari damage Phantom Claw (kalau salah koreksi ya).

Chain Claw
Potensi DPSnya masuk ke TOP 3, jadi tidak ada salahnya untuk menaikannya sampai Peak level.

Phantom Rage
Potensi DPSnya paling kecil diantara skill lain di Dark Summoner Line.

Revenge Hand + Rampage Claw
Revenge Hand memiliki Potensi DPS yang besar, sedangkan Rampage Claw memiliki Area yang besar.

Recent Area
Kebanyakan Skill Dark Summoner adalah Range, sehingga mengunakan Recent Area sebagai Skill DPS di Cap 90 ini agak kurang tepat. Saya menaikannya agar bisa menggunakan Phantom Claw Bubble.

Spirit Paper vs Soul Gate vs Spirit Beast
Potensi DPS Spirit Paper dan Soul Gate itu untuk musuh yang terkena Stigma of Curse (Branded). Jika tidak di Branded lebih dahulu, maka Potensi DPSnya akan lebih kecil. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan saya menaikan Spirit Beast. Soalnya saya suka lupa menggunakan Stigma of Curse ketika menggunakan Dark Summoner. Mungkin itu dikarenakan Screamer sudah tidak bisa melakukan Santet dan gameplay saya lebih fokus ke Skill di Line Dark Summoner untuk mencari Bubble. Alasan lainnya sih karena Spirit Paper dan Soul Gate non EX agak kurang bagus untuk dijadikan DPS.

Grudge Formation
Peningkatan levelnya hanya akan meningkatan damagenya saja, sedangkan Buff PATK/MATKnya tidak berpengaruh.

Chaos Formation
Area luas dan potensi DPSnya termasuk besar.

Build PVP
Skill Buildnya mirip dengan yang PVE hanya berbeda di Skill Kalinya saja.

Spirit Blow + Despair Needle + Negative Ghost
Spirit Blow bisa membatalkan skill musuh sekaligus menjatuhkan musuh. Selanjutnya jika terjatuh bisa menggunakan Despair Needle agar musuh tidak bisa langsung Wake Attack. Negative Ghos bisa digunakan untuk mementalkan musuh yang mendekat.

Blitz Claw
Skill ini memiliki Iframe yang bisa menjadi penyelamat. Selain itu, Blitz Claw punya damage yang besar juga di PVP.

Chain Claw
Saya sangat mengandalkan Chain Claw untuk menjatuhkan musuh.

Rampage Claw
Setiap Peak Level (6,11,16 dst), Rampage Claw tidak hanya medapatkan peningkatan Damage tetapi kemungkinan Stunnya juga meningkat.

Recent Area
Pada saat melakukan Test Class Mastery I di PVP, saya tidak bisa mengaktifkan Recent Area Bubble padahal sudah mengumpulkan 20 Bubble. Ini antara Error atau keterangan Class Mastery I (PVP) yang salah. Jika memang benar-benar tidak bisa menggunakan Recent Area Bubble di PVP, lebih baik saya tidak menaikannya saja untuk PVP build.

Beast Spirit + Chaos Formation
Saya gunakan untuk dikombinasikan dengan Chaos Formation dan damagenya juga lumayan besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
- Revenge Hand (damage)
- Phantom Claw (damage)
- Chain Claw (damage)
- Chaos Formation (damage)
Optional: Rampage Claw. Beast Spirit (damage) Phantom Avenger, Grudge Formation (cooldown)

PVP:
- Chain Claw (reset cooldown chance)
- Blizt Claw (damage)
- Chaos Formation (damage)
- Ravenge Hand (cooldown)
Optional: Phantom Avenger (cooldown) Rampage Claw, Phantm Claw (damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

11 comments:

  1. gak sabar tempest ama defena/defensio nya

    ReplyDelete
  2. Nice info bang ramdan..Jd utk pvp soul wind ga perlu maks? Pdhl msh lumayan sakit lho.. oh ya mnrt bang ramdan utk increase soul msh efektif ga di ladder bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat PVP sih, masih ada skill lain yang lebih bgus ya, jadi level 6 aja dah cukup. Buat nyicil sih emang sakit, apalagi jaraknya jauh gitu.

      IS sih tergantung ya, kalau dikira2 HPmu masih kuat buat nahan pengurangan HPnya gpp pake. Mayan juga naekin damage pas kita lg Full Combo musuh.

      Delete
  3. Perlu ga makai heral coldown untuk buff fd nya mas. Durasi buff meningkat 20%

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, Buff FDnya kan gak ada Cooldownnya cmn tinggal klik2 aja. Saya rasa sih gak perlu juga Durasi Buff karna sudah lumayan lama sekarang.

      Delete
  4. ITU ring nya pake destuction apa magic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dark Summoner enakan pake Skill Ring + DArk ATK

      Delete
  5. sama bikin yg hybird , gk enak bnget pure pve di mainin ke pvp hiks.

    ReplyDelete