ADEPT SKILL BUILD LEVEL 90

      Pengalaman membuat Adept Skill Build Level 90 ini tidak terlalu membuat saya galau. Pada Physician Skill Build, saya sudah menceritakan tentang banyak Adept yang secara tiba-tiba Change Job ke Physician. Beberapa orang mungkin tidak percaya kalau DPS Adept bisa dikalahkan oleh Physician. Kalian bisa bandingkan sendiri Tabel Potensi DPS antara Adept dan Physician, karena saya menghitung dengan Gear yang sama hanya Jade Weapon/Ring saja yang berbeda. Disamping itu saya tetap optimis Adept masih mempunyai DPS yang lebih konsisten dibandingkan Physician.
      Di Cap 90 ini, Adept mendapatkan Boost damage yang lumayan besar (baca: Analisis Alchemist Class). Boost yang paling saya sukai adalah penambahan satu tiang di Magma Wall EX. Magma Wall merupakan TOP DPS Skill Adept sejak cap 80 lalu, jadi dengan Boost itu saya pastikan posisinya tidak akan tergeser oleh skill lain. Ada hal yang membuat saya heran, kenapa Developer memindahkan Debuff di Magma Punch EX ke Magma Punch (Non EX). Itu sedikit merugikan posisi Adept karena dengan memindahkan Debuffnya ke Magma Punch (Non EX), maka Physician bisa mendapatkan Debuff itu juga. Selain itu, saya masih belum melakukan Test untuk Debuff terbaru C2H5OH (mungkin yang sudah test bisa di Share).



Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: FIRE + INT
Earring + Necklace: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry
Magician, Wise (Intellect), Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Blessed/Ultimate.

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear sama dengan Analisis Alchemist Class
- Damage Full Hit + Buff/Debuf, kecuali Freeze Effect (Beku)
- Saya tidak menghitung pengaruh dari Skill Plate

Skill Build

Build PVE

Napalm Bomb
Sudah tidak ada pilihan Skill lain untuk Academic Tree. Napalm Bomb memiliki Potensi DPS yang terbaik diantara semuanya.

Dark Skill (Line Physician)
Ada 5 Skill DPS di Line Dark/Phycian yaitu Injector, Disease, Poison Charging, Mixed Infection dan Poison Break. Diantara kelima Skill itu, saya hanya menaikan Poison Break karena memiliki Potensi DPS yang paling tinggi.

Magma Punch
Saya ingin sekali menaikannya sampai MAX (level 19) supaya bisa menaikannya sampai level 21, tapi Skill Point di Alchemist Treenya mentok (145/147). Jika kalian ingin MAX, saya sarankan untuk menurunkan Magma Wave ke level 12.

Icy Punch
Potensi DPSnya tidak terlalu besar.

Icing Mass
Damagenya dinaikan di Cap 90 ini, sehingga Potensi DPSnya bisa mengalahkan Icy Punch EX MAX.

Magma Wall 
Wajib Max dan menggunakan Skill Ring +1 karena Magma Wall merupakan TOP DPS Skill Adept.

Magma Wave
Magma Wave memiliki Potensi DPS yang besar (posisi kedua) jadi harus MAX atau Level 11.

Sacrifice Slime
Healnya memang sangat kecil yaitu 0.4% HP selama 30 detik (14x Heal), jadi 0.4% x 14 = 5.6% setiap 30 detik. Saya rasa Sacrifice Slime bisa membantu kalian/teman Party Nest/Raid. Jika kurang setuju boleh saja tidak menaikannya dan Skill Point sisanya bisa digunakan untuk menaikan Magma Punch MAX, Poison Break MAX dll.

Icicle Expression
Saya tidak akan merekomendasikan kalian untuk menaikan Ultimate Skill Physician kan?

C2H5OH
Nasibnya sama dengan Love Virus Physician, setiap peningkatan Levelnya tidak mempengaruhi besar dan durasi Debuffnya. Jujur sampai hari ini saya belum Test Fungsi "Miss" itu, jadi tolong kasih saya Info dong tentang Debuff barunya.

Ice Beam
Ice Beam menjadi Skill INS Level 90 dan Potensi DPSnya juga lumayan besar.

Build PVP

Stun Granade 
Stun Granade memang sangat cocok untuk PVP, kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring  +1.

Bubble + Force Out
Bubble utnuk mengikat musuh selama 2 detik dan Force Out level 6 memiliki Iframe dan Tumble ke belakang.

Mixed Infection
Di Physician Skill Build saya sudah memberitahu kalau Mixed Infection memiliki Damage yang lebih besar di PVP.

NO Sacrifice Slime
Alasannya saya masih sama dengan Physician Skill Build yaitu Healnya terlalu kecil di PVP.

C2H5OH
Skill ini memiliki Damage yang lebih baik di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Ice Beam (cooldown)
2. Magma Wave (damage)
3. Icicle Expression (damage)
4. Magma Punch (cooldown)
Optional: Wax. Ice Palm (cooldown), Icing Mass, Napalm Bomb, Poison Break (damage)

PVP:
1. Ice Beam (cooldown)
2. Magma Wave (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Poison Break, Ice Palm, Mixed Infection, Icicle Expression (cooldown)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

41 comments:

  1. Wih keluar juga adept, ty brother, ditunggu ni blade dancer :V

    ReplyDelete
  2. Ga tertarik bikin physician, skil2 nya kurang terpakai buat hunt.

    ReplyDelete
  3. Ditunggu Skill build Soul Eater :v Ty Bro

    ReplyDelete
  4. bang, ada saran lain selain ice palm ga? emang sih damage nya sakit tapi kaya yang dijabarin di atas suka ngaco. kalo dari line phsycian kira2 apa yang bagus buat gantiin ice palm? atau emang ga ada jalan lain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwkwkw Ice Punch EX paling..
      Line Physician gak bisa diharepin selain Poison Break

      Delete
  5. bang tau ritual adept ga ? urutan skill biat sakit gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasakan bubble lu di angka 5 atau 10. 1st yg pasti itu magma punch + ice punch biar aktif ice beam INS nya. abis itu langsung deketin momonnya langsung magma wall = Kabooom~,
      tapi kalo seandainya bubble dibawah 5 C2H5OH saran saya buat dikeluarin pertama kali, (seandainya agan abis buff cocktail)

      Delete
    2. gini bukan magma punch+ice punch terus ice beam dan magma wall gitu ?

      Delete
    3. yap2. sepertinya saya ada yg lupa masukin ritual nya. maafkan saya. dan rasakan damage dari magma wall, Kaboom~

      Delete
    4. adept enak main element sama crit ya bg ?

      Delete
    5. kalo ane sih lebih tekenin di element attack sama crit. soalnya buat job yg basicnya int itu susah nyari crit. kalo persoalan mattack masih bisa ke cover sama equipment dan 3rd heraldy (Mattack). sukur2 kalo seandainya agan pake eq HC. boost banget di Mattacknya.

      Delete
    6. Wah makasih loh Rega udah dijelasin semuanya..
      Saya sih setuju sama Rega..

      Delete
  6. bang adept minimal fire attack brp % dan ice attack &?
    critical minimal brp % ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. adept ane sih di town firenya sekitar 80% dan icenya sekitar 50%.
      dan untuk critnya sih di town usahakan 75%. ane tau ini susah banget nyari crit segitu, harus modal plate 3rd crit

      Delete
    2. magic attack nya brp?

      Delete
    3. Mattk saya di town sekitar 80k. jd menyampingkan Mattk dulu demi crit dan element attack. pilihan yang sulit.

      Delete
    4. Yap bener gak perlu terlalu fokus ke MATKnya..
      Mending ke Element/Crit aja dah bagus

      BTW pasti Char Adeptnya Full Gear Banget, ampe bisa 80% FA di town.. Aku aja paling max cmn 70%an

      Delete
    5. di bilang full gear banget sih ga, cuman modal tittle terus acc skill yg ada FA nya terus juga yg pastinya jade fire.

      Delete
  7. main DN Ina juga gak bg ?

    ReplyDelete
  8. oia ane minta saran nih ke bang ramdan, berhubung skill cocktail udah ga bisa di +1 di DN INA dan ring skill jd kosong sebelah. boleh minta saran skill pengganti apa yg cocok buat pve. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Ice Palm MAX bisa pake untuk Ice Palm aja..
      Soalnya emang dah ga da lagi yang bagus buat dipakein Skill Ring, kecuali Magma Wall aja.

      Mentok2 sih bisa iseng pake Skill Ring C2H5OH

      Delete
    2. kalo wax gimana? lebih kearah biar mobilenya enak sih. jalannya ga cape2 banget dengan kaki mereka yang kecil T^T,

      Delete
    3. Oh ya ampe lupa ada Wax atau kulkas potion..
      hmm mending kulkas aja de, bisa berguna di PVP dan PVE juga, soalnya delaynya sekarang jd cepet

      Delete
  9. Bro , kenapa herald nya ga pake magma wall ?

    ReplyDelete
  10. oalah ga tau ane , di DN ina jug sudah ya ?
    perasaan ane lebih sakitan damage magma mave bro ? gimna tu ? soalnya tiang2 ny kan ga smw nya kna ke momon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dihapus kok di dari awal Cap 90, kalau buat Adept lebih gampng kena semua damage dari Magma Wall. Soalnya versi EX areanya luas

      Delete
  11. adept biat sakit yg digedein apanya bang? fire element kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fire Attack + MATK-nya harus gede, kalau bisa + kritikal

      Delete
  12. Ring + Weapon mas jade ny di taruh Fire aj?
    Ice ny di kemanain wkawakaka

    ReplyDelete
  13. mas kalo jade armor pake wise apa wind ??? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  14. gan mau tanya yg build pvp. alasan agan ambil alfredo apa?
    mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  15. cara gunain skill adept gimana ya??
    pliss ajarin pemula bg

    ReplyDelete
  16. Makasih bang buat blog nya,tiap ane mau bikin character pasti mampir sini dulu buat pencerahan :D

    ReplyDelete
  17. Misi Bang Ramdan ...
    Adept klo buat PvE enaknya Pake Jade Fire Enhance Jewel / Heatwave Enhance Jewel ? Trus Klo pake Acc Koleunu pantes gak buat PvE ?

    ReplyDelete