RAVEN SKILL BUILD LEVEL 90

     Bersamaan dengan post Raven Skill Build Level 90 ini, saya akan menutup hasil Vote minggu ini dan memilih 5 Job berikutnya. Selanjutnya saya akan membuat Polling baru lagi agar Votenya bisa menyebar ke Job yang belum. Job kesayangan saya saja jarang ada yang milih (sedihnya T_T).
     Raven merupakan salah satu DPS yang terkenal di Cap 80 lalu. Bahkan pernah saya sebut menjadi DPS yang paling konsisten dan cocok untuk segala jenis Boss. Hal tersebut dikarena Raven memiliki Skill dengan casting time yang cepat dan area serangannya lumayan besar. Selain di PVE, Raven juga sangat garang di PVP. Saya saja kadang sebal dengan kombo-kombo mautnya.
      Di Cap 90, potensi DPS Raven berkurang karena ada pengurangan damage beberapa Skill DPSnya (baca: Analisis Chaser Class). Teman-teman saya yang khawatir dengan nasib Raven sudah mulai ada yang Change Job ke Abyss Walker. Saya sih selalu Optimis kalau Raven masih memiliki tempat tersendiri di Dunia Per DPS-an. Saya ingatkan lagi, Update Skill Boost/Nerf itu masih berlangsung tiap bulannya. Jadi masih ada kemungkinan Raven atau Job lain yang DPSnya melemah bakal di Boost lagi. Berdoa saja.. ^^


Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: DARK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Bear

Skill Build
Seperti biasa kita lihat tabel Potensi DPSnya dulu:

Note:
1. Gear/Equip yang digunakan adalah Dark Raven dengan PATK 49000 dan Dark Attack 75%.
2. Applause (2x D) = Applause 2x Damage
3. Umbra EX (SR) = Umbra untuk Musuh yang tidak bisa di Slow
4. Rain Drop Level 16 (15+1)

Build PVE

Fan of Edge
Alasannya masih sama dengan Light Fury atau Abyss Walker Skill Build, karena memang memiliki Potensi DPS yang lumayan tinggi di antara semua skill di Assassin Tree.

Triple Edge
Skill ini untuk mereset cooldown Rake INS

Open Edge 
Perbedaan damage level 16 dengan 19 tidak terlalu jauh dan saya juga tidak ada niat untuk menaikannya sampai level 21. Selain itu, bisa menghemat 3 Skill Point untuk menaikan Level Skill lain.

Applause
Applause ini memiliki Damage yang unik, kadang-kadang bisa 2x Damage (tergantung posisi kita/musuh). Applause 2x Damage masih menjadi Top DPS Raven sejak Cap 80 lalu.

Rake
Skill ini wajib Max karena merupakan INS Skill juga di Level 90.

Rain Drop
Saya tidak menyangka Rain Drop bisa mengalahkan Potensi DPSnya Rake. Jika kamu tidak menaikan Rain Drop ke Level 16, maka Potensi DPSnya akan kalah dikit oleh Rake.

Punishment 
Kecewa sih melihat Potensi DPS Punishment tidak terlalu tinggi, bahkan masih bisa kalah dengan Camouflage. Saya menaikannya sampai level 13 untuk mendongkrak DPSnya agar bisa lebih baik, tetapi kalian boleh saja menurunkannya menjadi level 11.

The End
Tidak akan mungkin Raven menggunakan Skill Ultimatenya Ripper kan? :p

Shift Blow vs Camouflage vs Blade Runner
Diantara semua Skill di Line Ripper, ketiga Skill ini memiliki Potensi DPS yang cukup tinggi. Masing-masing skill memiliki kelebihan dan kekurangan. Camouflage memiliki potensi DPS yang paling tinggi tetapi area serangannya kecil. Shift Blow memiliki area yang agak lebih besar tapi casting timenya lebih lama dikit. Blade Runner tidak saya rekomendasikan karena DPSnya tidak terlalu besar dan damagenya tidak akan keluar jika serangan tidak berhasil mengenai musuh. Setelah dipikir-pikir saya lebih memilih Camouflage saja karena total Hit-nya lebih sedikit dibandingkan Shift Blow (Camou: 2 Hit dan SB: 5 Hit). Sehingga dengan Casting time cepat dan Jumlah Hit lebih sedikit kemungkinan Full Hitnya lebih gampang.

Fade
Di Cap 80, beberapa orang tidak suka dengan Skill ini karena durasi buffnya hanya 5 detik. Posisi Raven sebagai DPS di Cap 90 sudah mulai terancam dan saya rasa Fade harus dinaikan untuk menjadi Damage Booster kalian walau hanya 5 detik.

Umbra
Di Cap 80, saya tidak menaikan Umbra bahkan tidak mengambil EX-nya karena potensi DPSnya terlalu kecil. Melihat Potensi DPS Umbra EX pada musuh yang kebal Slow saya menjadi tertarik untuk menaikannya sampai Max. Jika kalian butuh Skill Point bisa juga menaikannya hanya sampai level 6.

Croocking Deadfall
Potensi DPSnya memang paling kecil diantara semua Skill Dark tetapi saya tetap menaikannya sampai MAX. Saya masih berharap pihak Developer mengembalikan Damagenya seperti semula.

Build 2

Build ini untuk Raven yang ingin menaikan Dedicated Crow (Heal)

The End
Saya terpaksa menurunkan The End ke level 1 karena keterbatasan Skill Point. The End leve 1 dan 2 hanya berbeda 7% damage per Shuriken. Jika dihitung Full Hit maka perbedaanya adalah:
- 7 x  33 hit = 231%
Perbedaanya tidak terlalu besar juga kan.

Umbra
Seperti yang saya bilang sebelumnya, damage Umbra level 6 dengan 8 tidak terlalu beda jauh.


Build 3
Build ini saran dari teman yang kurang cocok dengan Camouflage/Flame Locust. Pilihan berikutnya adalah Mortal Blow.

Mortal Blow
Skill ini memiliki Casting Time yang cepat, CTC 3x dan Iframe. Dibandingkan dengan Camouflage, areanya lebih besar. Yah walaupun secara potensi DPS lumayan kecil, tapi penggunaannya lebih simpel karena kalian tidak perlu Spam skill setiap cooldown selesai. Biasanya saya menggunakan Mortal Blow disaat CTC sudah 3x (54 detik sekali).


Build PVP

Shadow Hand (6) + Piercing Strike (6) + Dirty Trick (6)
Seperti biasa perlengkapan Skill untuk PVP

Open Edge
Demi mencukupi kebutuhan Skill Point, saya terpaksa mengurangi Skill ini ke level 1.

Applause + Rake + Rain Drop + Punishment
Keempat skill ini memiliki Damage yang besar di PVP sehingga saya tetap mempertahankannya sampai Peak Level (6, 11, 16, 21, 26).

Camouflage
Tidak ada pengurangan Cooldown untuk setiap kenaikan levelnya di PVP, jadi tidak perlu Max.

Mortal Blow
Skill untuk kombo dan memiliki Iframe juga. Saya menaikannya sampai level 11 agar bisa 3x CTC.

Izuna Drop
Potensi DPSnya di PVE memang tidak besar, tetapi damagenya di PVP lumayan besar.

Dedicated Shadow
Saya perhatikan masih banyak Raven yang kurang bisa menggunakan Skill ini di Ladder/PVP. Heal hanya bisa didapatkan jika kalian terkena serangan Magic saja. Kalian harus menunggu musuh mengeluarkan Skill baru menabrakan diri ke Skillnya, misalnya Poison Missile (Toxic Spray) Sorce atau Lightning Zap Paladin dll. Alasannya supaya kalian bisa mendapatkan 1-2x Heal. Jangan pernah menabrakan diri untuk Skill yang memiliki damage besar ya. Saya suka tertawa ketika memakai Saleana (Pyromancer) di Ladder, ada Chaser yang menabrakan diri ke Rolling Lava EX (Itu sih namanya tekor/rugi) ;P.

Umbra 
Tidak ada satupun Char yang memiliki Resist Slow di PVP. Selain itu sangat jarang juga ada musuh yang menunggu ditengah sampai Umbra EX meledak. Oleh karena itu, saya menaikannya sampai level 1 hanya untuk menakuti musuh, membuat Slow dan menghilangkan Block para Cleric,

Skill Heraldry
PVE:
1. Rake (damage)
2. Rain Drop (cooldown)
3. Punishment (cooldown)
4. Applause (cooldown)
Optional: The End, Open Edge, Umbra (damage)

PVP:
1. Izuna Drop (cooldown)
2. Rain Drop (cooldown)
3. Punishment (cooldown)
4. Applause (cooldown)
Optional: Rake (damage) Open Edge, The End (cooldown)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

98 comments:

  1. wah skill build abang ramdan diluar dugaan saya! saya pikir abang ambil smua skill yg ada di skill tree ripper . sejujurnya menggunakan shift blow , camouflage/flame locust, n blade runner hny utk filler aja bagi saya krn tanpa exnya smua skill tree ripper kecuali mortal blow n izuna drop jelek. tp diliat dari damagenya n cd nya, flame locust/camouflage memang masuk akal.

    saya ada pertanyaan nih bang,
    dedicated shadow efeknya work kalau kena hit magic damage! kalau kena hit physic damage????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kamu..
      Mortal + Izuna yang paling OK untuk Area serangannya, tapi damagenya agak2 sih..
      Kalau milih sih saya lbh suka Mortal karena ada CTC + Casting Cepat dan Iframe pula..
      Jadi hanya perlu di Spam tiap CTC numpuk 3x

      Yap kalau serangan fisik dia gak bsa dapet healnya..
      Coba aja pas PVP lawan Gladiator pasti gak ngeheal.. T_T


      Delete
    2. utk flame locust/camouflage lv16>nope,,gak sesuai gameplay saya bang,,tuh skill hny tuk combo bagi saya bang. saya gak bisa move on dari mortal blow n izuna drop bang.

      N thank u atas pencerahannya bang atas skill dedicate crow. Last one,,plis answer ya bang T_T,,,moonlight splitter lv16 worthy gak buat Gladiator pve bang(skill tree LK juga nambah bubble str)???? .

      Delete
    3. Hehehee yap gpp..
      EH inget loh nanti Element Resist Boss 30-40%, jadi Skill ELement bakal turun damagenya. Salah satu penyelematan adalah menaikan Skill Non Element kaya Camouflage gitu :P

      Dedicated Shadow kan udah dijelasin juga di ats, kalau kena PHysical Attack ya gak nge Heal.

      Moonlight SPliiter kurang bagus buat Gladi..

      Delete
  2. buat dungeon dan nest lebih enak raven apa abyss walker??

    ReplyDelete
  3. Gan, ente lebih prefer Raven atau Ripper?

    ReplyDelete
  4. gmna cra klahin AW di pvp ! mke raven ?
    aq slalu klah lwan AW soalnya dy kyak ayam !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya 1 jangan main jarak jauh sama AW/LF,kalau jarak jauh sama aja ngasih kesempatan ke mereka buat heal/summon/goreng tahu dadakan :V

      Delete
    2. AW skali lawan Mercenery(DS dan BB) pasti kalah. skali pake Iron tamat AW. aku dah tes

      Delete
  5. gan kalo pake set gears kauda kan jade slotnya cuman 1 terus pake jade apa vit apa agi???

    ReplyDelete
  6. kan slot jade di kauda cuman satu nah yang ane maksud pasangnya agi apa vit soalnya jade slotnya cuman satu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Jade 90 kan udah ada AGi + VITnya..
      Equip 90 agak rugi kalau dipasang Jade level 80an, mending beli/cari yang Jade 90 karena dalam 1 Jade ada AGI dan VItnya.

      Delete
  7. bang solusi disaat seluruh skill dark'nya delay semua,.
    apa harus ambil sebagian skill Ripper,..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap kalau delay semua mending dibantu skill ripper biar rotasinya lbh enak

      Delete
    2. Disarankab nih ya,skill izuna drop untuk menghindar serangan musuh di pve,tapi kalau saya sih gak ambil skill ripper itu. Semua skill raven yang ku ambil.kan CD skill raven sekarang jadi cepet,pasti gak akan kehabisan skill

      Delete
  8. update baru buat raven sama ripper hxxp://www.freedomplays.com/dragon-nest-kr-update-dancer-chaser-skill-changes/2/ :v

    ReplyDelete
  9. Wah, buat build baru buat update baru nih bang... chaser main dark att...

    ReplyDelete
  10. bng lvl.applause bisa g di naikin ke lvl.20 atw lbih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini sih cmn ampe level 19 ya, cuman gak tau kalau bisa ampe 20. Mungkin bsa ampe level 20, kalau pake Herald Skill +1

      Delete
  11. nama heraldry nya ap ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya itu heraldry yang di Cash itu. Yang bisa naekin skill +1

      Delete
  12. Gan, cara naikin dark att gimana yah? Punya ane dark att cuma mentok sampe 50%, itu juga udah pake 4 jade dark lvl 90.
    Satu lagi gan, ane masih bingung damage yg diberikan dari dark att 50% itu berapa? Perhitungannya bagaimana? Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Bang itu belum diupdate ya?
    bukannya udah ada yaa boost buat raven, boost nya pengaruh ke Build ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan dulu banget, ini yang terbaru lagi
      Seharusnya kalau kamu fokus line Dark Sih gak terlalu ngaruh ke Build ya..

      Delete
  14. kk kalai mau building pure pve yang enak pake build yang berapa 1 2 ato 3 ??

    ReplyDelete
  15. Bang Ramdan. Kayaknya demen banget sma dedicated chrow. cd 90 dtk, bufnya cma 15 dt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkwwkwkw, sayang 10 SP ya?
      kalau saya sih mayan dapet 15 detik damage Boost.

      Delete
  16. bang kalo gw ganti heraldy bear jdi ulti ngaruh banget gak di damage nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cap 90 sih FD 100% itu butuh 6500an, nah ganti ke FD paling nambah 1-2% damage. Yah kalau kamu maen Full Wind bagus juga ganti Ultimate

      Delete
    2. Mending Plate Life Vit dicabut. soalnya max HP STATS paling murahan. Gini aja simplenya dr Jade aja kan dah ada +Max HP5%x7 jade dah banyak. jd ga masalah cabut Plate Life VIT cuman 10%. dalam Nest STATS survival untuk ga gampang Mokad no.1 itu DEF, No2 VIT, paling trakhir ya Max HP. temen gw GL maen full jade STR Crit tp Deffnya 60% keatas. bawa HP 1.6 JT pun Lulus IDN

      Delete
  17. misi.
    bukannya kalau assasin itu maen STR+AGI apa maen STR+VIT sih kalo kata temen2 saya suruh pakai STR+AGI aja biar attacknya bisa lebih besar.
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kesalahan yang STR+VIT itu diganti AGI+STR

      Delete
    2. semua asssassin itu bagusnya maen AGI
      Di Cap 90 udah gak jaman lg maen STR AGI, karena hanya ada 1 slot Jade. Kecuali kamu pakai RDN Legend +12 rata baru bisa pasang jade STR + AGI

      Delete
    3. Vit + Agi,soalnya agi buat nambah crit juga. Vit nambah darah,kan asasin defnya kecil banget tuh.STR buang aja.

      Delete
  18. bang request build skill raven yg boost terbaru

    ReplyDelete
  19. ato gak aku mau nanya aja bang. kan fade yang versi paling update nambah fd, secara aku player low budget fd ku cuman 1%. dari situ apa gak apa-apa klo aku gak ambil fade bang? makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang aja mending ambil Fade, FD distu maksudnya +30% Damage kamu tanpa melihat seberapa besar FD char kamu.

      Delete
    2. oooooh
      klo begitu makasih bang...

      Delete
  20. cara naikin move speed gimna ?

    ReplyDelete
  21. mas ramdan, dedi shadow kl buat raven gmna, ambil ga yah ?? setelah boost kan dedi shadow jd pure raven at ripper bs pake..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dedi Shadow masih bisa digunakan oleh Raven atau Ripper kok

      Delete
    2. oke thanks mas, beli reset skill lg ini hadehh -_- tp ntar lah nnggu boostny aja.

      Delete
    3. oh iya mas 1 lagi nih, kl alternatif selain 3rd FD buat raven apa yah.. misal str,agy at attack power.. trs itu kl misal maen 3rd attack power ngaruhny gede ga..

      Delete
    4. Crit kamu dah max atau 89%? kalau dah max bole maen 3rd ATK Power.. Kalau belum sih sya lebih milih AGI aja.

      Delete
    5. Critny kurang lbh 84%, bukanny max Crit 89%..?
      mas ramdan.. maen 3rd A.power ngaruh gede ga.. nmbhny kl d pake full plate cm 5200an....

      Delete
    6. yap max itu 89%,
      Lumayan sih pake 3rd ATK Power, cmn kalau bisa critna dinaekin dikit lg aja nanggung 84%. :P

      Delete
    7. Jelas bagusan 3rd AGI lah dr ATP. 3rd AGI nambah ATP dan Crit. kalo AGI Peningkatannya dr EQ jauh lebh besar. dr Jade 7 biji 7x5%=+35% ,Plate+10% kalo ATP cuman +10% dr Plate

      Delete
  22. ASK
    Crit ngaruh gak kalo ke RV?
    Jd mending ngambil AGI + VIT
    ketimbang AGI + Crit?
    Trus, kalo boleh saran...
    Kepikiran gak buat Tutorial Combo?
    yah, bisa dalam bentuk video, atau tulisan blog.
    kalau gak berminat. tau yg biasa buat Combo?
    ngobrak-ngabrik YT yg ketemu kebanyakan 2-3 tahun yg lalu. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. RV itu ya pasti mainannya Crit
      Kalau pilihan jade saya sih nyaranin pake AGI + VIT, soalnya Based Status RV kan sudah AGI jadi Criticalnya masih bisa ngejar 70%++ (kecuali pake tough agak berat). Kalau RV maksa AGI + Crit agak bahaya sih, takutna HP kecil dan gampang mati.

      Wah tutorial combo ya, agak berat juga sih soalnya pas udah di Nest/Raid jarang mikirin kombo. Main RV yang penting itu selalu gunakan Punishment dan Applause setiap kali CD + Skill INS-nya, supaya Boost damage tetap terjaga. Sebelum pakai Skill dengan damage yang besar bisa menggnakan Fade terlebh dahulu. Saya sih biasanya gt..



      Delete
  23. mass ramdan, kira" raven boleh mke dagger enggk :3 ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bole, ntar gak bsa pake skill Chaser

      Delete
    2. lagi itu kan saya test di colo sma di dungeon, msih bisa pake kok tpi damage nya kaya ada yg beda gitu :3, truss ane test di colo malah kga bisa combo gebuk"

      Delete
    3. wkwkwkw ya CHaser Class sudah ditakdirkan pakai schimitar

      Delete
    4. Damage sih tetap sama kalau pakai eq yang biasa.dagger/scimitar. Asal kalau pas mau ganti eq jadi RDN HC/legend di sarankan pakai scimitar,biar skill tetap aktif,eq biasa masih aktif kok skill nya

      Kombo pas pvp? Liat liat joki itu bang,setiap orang cara maennya beda.kalau aku sih pvp mendibg dagger,hit nya lebih banyak,jadi bisa buat nunggu skill cd nya jadi selesai ^_^

      Delete
  24. ASK
    Cara Naikin Dark atk gimana saya mentok 56% gan :( ???
    terus skill acc 90 nanti akan ada...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Tough Earring atau Necklace itu cara paling manjur.
      Ring Skill 90 nanti ada kok tungg aja patchnya,

      Delete
  25. Emang job kesayangan/yg sering dipake apa mas ?

    ReplyDelete
  26. om itu raven skrg ini kan abis revamp perkiraan damagenya ud oke blom y? ane mw bkin BB tp bingung ECJ mahal soalnya jd wm bkin raven tp tkut damagenya msh unyu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrg Raven DPS no 1 gan. buktinya di YT. Video IDN 4man hc solo Raven tercepat dg rekor 17 menit

      Delete
  27. malem mas ramdan.. mas update skrng +2 dr skill acc + skill up heraldry naekny jauh, beda ama sebelum up kmrn.. kira2 selain rain drop skill mana lg yah yg enak buat up +2.. terimakasih.. ^^

    ReplyDelete
  28. Anu, Skill build raven setelah Revamp di DN INA kemaren, kira kira bagaimana ya?

    ReplyDelete
  29. update skill build raven setelah revamp dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 skill chaser sebelah kiri sendiri dari atas sampai bawah,max semua.damage lumayan,kalau bisa ski rake di tambah +nyA,soalnya potensi DPSnya lebih unggul dari skill yang lain,hampir sama kayak Crooking deatfall.

      Delete
  30. bang ramdan mau tanya
    kalo raven itu apa jade nya full agi+dark di armor sama weapon nya?
    trus kalo ring juga agi+dark? jadi ga pake jade bear sama sekali ya? maaf banyak tanya newbie player :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Str kalau raven sih gak perlu juga,kan jade 90 sekarang itu.kyk jade AGI =Di jade agi udah ada tambahan darahnya,AGI juga nambah crit.
      STR buang aja,pas buat karakter baru,coba liat yang di rekomendasikan apa? AGI+VIT kan?

      Delete
  31. Misi Mas, mw tanya, kira2 Status Dark ele , Crit , atp RV max brp % ?
    Trus untuk Skill Ring, bagus tambahin ke mana ? ke Applause / Punishmant ?

    soalnya untuk Saat ini RV gw, atk Power 91K , Dark elek 77,50% , Crit 82% (Stat Kota), dan skill Punishmant lvl 13 + 1 , masih bingung untuk skill ring nambahnya kmn antara ke Applause atau ke Punishmant
    biar ntar skill ring, bisa +2 ke salah 1 skill itu , menurut mas, dari segi potensi DPS menang mana untuk Update'an skarang ini?
    Thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, ini untuk update skill di DN INA
      mungkin bisa di analisa bagusan Applause atau Punishmant

      link:
      http://www.gemscool.com/berita/read/2016/04/06/14324/news.html
      maaf merepotkan hahaha

      Delete
    2. jujur aja saya iseng nyoba bikin raven, ceritanya udah lv 90 dan saya coba nest abn/manti hc solo, dan saya bener2 kaget liat raven yg sekarang, dmg nya bener2 wow, test di abn hc cuma 8 menit dan ampe skrng pun saya ketagihan pake raven. Oh iya ini buildnya stat kota atp 86k, crit 72%, dark att 85%.

      Delete
    3. ahahaha.. Yup Emang Enak Kalo Solo Nest make Raven Sakit bener, Wahh Mantap Dark Att nya sampe 85% :3 itu punyaku stat awal kemaren2
      atk Power 91K , Dark att 77,50% , Crit 82% (Stat Kota) masih nyari cara biar Dark att naek ckckck pdhl dah maen full dark ini btw punyaku rata maen Final Demage juga plate 3rd kwkwkwkw skarang Status Kota Atp 113k, dark att 81%, Crit 87% tapi tetap aja gk nyampe 85% Dark attnya :(
      atau mungki w harus cari Talisman Dark ya ? biar bisa 85%?

      tapi gpp lah stat gitu aja dah enak kok solo Nest, kalo aku abn / manti HC 3-4mnt, DDN abyss 6mnt, kalo HC solo masih 12-14 mnt-an

      moga2 aja kalo updatan kedepanya Raven gk kena eliminasi skill -__- ckckckck

      Delete
  32. mlm mas ramdan.. saya post nih.. sebenernya br sadar soal rake nih, kmrn2 sih ga begitu perhatiin.. ad 2 nih hehe..
    1. rake ex (bolak balik 16 hit) rake inst (sm 16 hit) jadi jumlah ke 2 rake tadi 32 hit + triple edge 3 hit, jadi 35 hit (16 + 16 + 3). tapi.. kmrn aku test coba d manti sm SHD. rake bisa 45-47 hit lbh ?? percobaan ga sekali 2 kali sering byr berasa jelas, ap lg kmrn d SHD DN ina..

    2. rake bisa 3 kali spam !!!
    rake ex + triple edge + rake instan bonus rake instan lg !!! balik ke nomoer 1, pertanyaan nomer 1 itu 2 kali rake bukan 3 kali rake kek pertanyaan k 2..

    mohon ceknya mas ramdan.. :D kl buat pertanyaan k2.. itu ga pasti keluar ntah kemngkinan at ad mekanisme gmna bisa 3 kali ??

    makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener kadang w bisa 3x pake instannya cuman jarang 3x hoki-hokian,tapi untuk skarang kalo make rake ex bolak balik lebih sering 2x make instan bisa2 sampe 47hit loh! apa itu Bug ya atau apa wkwkwkwkw , itu pernah 3x rake ex waktu maen DDN HC
      cuman jarang banget bisa sampe 3x ckckck tapi Lebih sering sih 2x spam Instan gk cuman di NEst , di PVP juga sering 2x kalo w make Rake EX instan

      Delete
    2. kl aku liat2 sih gini, sbbny aku sering 3 kali.. tergantung dr posisi triple edge.. ga tau yah tp dr pengalaman aja bener at ga :v, pas pake triple edge kn ad 3 kunai kunai pertama kena lgsng instan trs kunai yg laenny br kena lg trs instan aktif lg.. kl jumlahny bs banyak ga tau jg itu.. kmrn aja tiap maen aku sengaja itung kadang rake ex sm instan + triple edge jumlahny 48.. mungkin g yah pd saat rake ex keluar trs lanjut instan tabrakan dr rake ex sm instan jd doble haha... makanya kl bos2 gede rake ex + instan manbtab bgt damageny, tp sayangny kl bosny kecil at kurus hahaha masukny cm dikit..

      Delete
    3. Udah saya coba sendiri,rake instan bisa 2x? Memang.itu karna terlalu nafsu mencet skill rake habis skill triple edge,coba aja sendiri kalau habis triple edge,jangan langsung skill rake instan.pasti cuma 1x,kalau langsung jadinya 2x,tapi damage kadang kena semua kadang hanya 1 yang kena/kyk bug lah

      Delete
  33. gan klo gk ambil skill line ripper tp full in smw skill raven+ambil dedicated shadow gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku sih buildny gini.. line ripper mentok semua kecuali open cm +6, line ripper ambil semua rata +1 kecuali mortal. mortal aku +6.. skill receive edge g ambil udah ad bnyk skill ngindr dr job assassin.. yg laenny ambil semua kecuali burning, +1 semua selain burning.. kl mau mortal +11 paling open jd +11.. kl aku sih gtu, tergantung player masing2 lah mn yg nyaman..

      Delete
    2. eh itu line raven bukan ripper yg mntok , haha.. :( salah chat yg awal.

      Delete
    3. Maaf nih mas egi
      Burning call gak di ambil? Dps nya sekarang tinggi itu mas.

      Delete
  34. raven main AGI ya mas.?
    Kenapa gk main STR.?

    ReplyDelete
  35. Numpang Nanyx mas .?
    tentang Skill heral Raven Bagusan yng kayx Applause nmbh 20% damage apa gmna mas .Kalo liat" di atas rata" buat PVE / nest hunter , kudu PVE:
    1. Rake (damage)
    2. Rain Drop (cooldown)
    3. Punishment (cooldown)
    4. Applause (cooldown)
    Optional: The End, Open Edge, Umbra (damage)

    jadi prtanyaan saya . bgusan nmbh 20% damage apa CD ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih aja damage,dan juga pilih crooking deatfall (damage) umbra ganti aja,sakit croking deatfall itu

      Delete
    2. Pilih aja damage,dan juga pilih crooking deatfall (damage) umbra ganti aja,sakit croking deatfall itu

      Delete
  36. kalo untuk nest+dungeon build nomer brapa yang cocok kaka ?

    ReplyDelete
  37. kang update dong build skill'nya DN udah ampe chapter 93 sekarang ! ane tunggu update post'nya

    ReplyDelete
  38. Gan, update dong build skill nya, apa ada yang berubah dari raven untuk cap 93?
    Dan juga saran minta tolong sertakan item2 yang bagus buat raven di cap 90an ini (Terutama untuk ningkatin dark nya).
    Makasih gan

    ReplyDelete
  39. ruina skill build gak ada ya ? T_T

    ReplyDelete
  40. 1 AGI itu = 1 patk atau 0,75 ya kalo udah di RV?

    ReplyDelete