DARK AVENGER SKILL BUILD LEVEL 90

      Ketika melihat hasil Vote kemarin sore saya sempat khawatir karena melihat Inquisitor berada di posisi pertama. Soalnya saya belum mulai ngetik Analisis untuk Priest Class. Untungnya pas bangun pagi tadi Dark Avenger ada di posisi pertama, walaupun saya bingung membuat buildnya. Bagaimana tidak bingung, hampir semua Skill Dark Avenger kena pengurangan (Nerf). Kalau tidak percaya coba lihat beberapa teman yang sudah mulai  curhat masalah Damage DA di kolom komentar Posting Analisis Sword Master Class.
      Kebanyakan pengguna Dark Avenger kecewa dengan penurunan Damage di Cap 90. Saya sih tidak begitu kecewa, toh penurunannya hanya sekitar 30% saja kan. Dark Avenger sudah mengalami penurunan yang lebih parah sebelum Cap 90 yaitu hilangnya  Duplikator +170% Damage dari Doom Blade. Keputusan Developer menghilangankan Duplikator Damage itu karena Bug Doom Blade + Summon Puppet yang bisa menghasilkan Damage Milyaran. Saya pernah iseng hitung pengaruh hilangnya Duplikator Damage untuk DPS DA. Ternyata penghapusan itu menurunkan potensi DPS DA sebesar 40%-an. Jadi kasarnya sih Dark Avenger ketika pertama muncul memiliki potensi DPS lebih besar 70% dibandingkan di Cap 90.
       Daripada meratapi penurunan ini lebih baik kita mencari solusi terbaik untuk memaksimalkan Damage Dark Avenger, misalnya dengan menggunakan Gear, Jade dan Skill Build yang tepat. Disini lah saya akan memberikan masukan tentang Dark Avenger Skill Build Level 90. Saya akan mencoba membahasnya dengan gaya baru (tidak seperti cap 80 lalu). Selain itu, banyak teman yang meminta saya memasukan rekomendasi Jade dan Heraldy.



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT
Weapon: FIRE + PATK + VIT
Ring: FIRE + PATK + VIT
Earring + Necklace:STR + VIT

Kenapa tidak menggunakan jade AGI?
Dari Cap 80 saya sudah menggunakan Jade STR dan tidak merkomendasikan AGI untuk Dark Avenger. Alasannya adalah:
1. Skill pasif Dark Mastery yang bisa meningkatkan STR hingga 90%.
2. Kritikal Resist Boss Nest 80 adalah 60%

Di Cap 90, Status Conversion STR mendapatkan peningkatan dari 1 STR = 0.5 PATK menjadi 1 STR = 0.75 PATK, sedangkan 1 AGI = 0.25 PATK.

Update itu membuat penggunaan Jade Wind semakin kurang tepat. Saya akan coba hitung secara kasar saja:
Full STR vs Full AGI
Asumsikan:
STR = 30000
AGI = 30000
PATK:
Full STR = 0.75 x 30000 =  22500
Full  AGI = 0.25 x 30000 = 7500
Anggap kemungkinan kritikal untuk Full AGI adalah 100%, maka:
Full STR; 22500
Full AGI: 7500 x 2 = 15000

Perhitungan di atas masih belum memperhitungkan Pasif Dark Mastery (+90% STR), Critical Damage dan Critical Resist.

Berarti Dark Avenger yang main Kritikal jelek ya?
Saya tidak menyebutkan Dark Avenger tipe Kritikal itu jelek ya, tapi caranya mengejar kritikalnya harus tepat, misalkan menggunakan:
1. Skill Ring Opt Element + Kritikal
2. Heraldry 3rd Opt Kritikal
3. Khusus Ekstrem Player bisa menggunakan Jade STR + Krtikal (No Vit/HP)

Bisa juga memanfatkan Skill Dark Avenger.
Level 4: +3200 Kritikal
Level 5: +6200 Kritikal
Level 6: +11480 Kritikal

Heraldy + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shining (Ironwall), Fatal, Wind/Ultimate.


Skill Build

Build PVE ini yang saya gunakan untuk Cap 90.

Circle Break 
Penjelasannya bisa dibaca di Lunar Knight Skill Build saja ya, hehehehe.

Sebelum memasuki pembahasan Skill di Avenger atau Dark Avenger, mari kita cek dulu tabel dari Postingan  Analisis Sword Master Class:

*Perhitungan di atas ketika berubah menjadi Dark Avenger.

Avenger Force
Skill ini memang sudah kehilangan debuff untuk meningkatkan 28% Damage, tetapi sebagai Dark Avenger tetap wajib menaikannya Max + 1 agar cooldown skillnya lebih cepat.

Graves
Skill ini menjadi Top DPS Skill untuk Dark Avenger di Cap 90. Di Cap 80 kalian tahu kan kalau Grave memiliki 2 mekanisme serangan? cara pertama adalah yang normal dengan 2x klik kiri/kanan, sedangkan cara kedua adalah 1x klik kiri/kanan lalu ditahan.  Perbedaan mekanisme pertama dan kedua adalah damagenya. Mekanisme pertama memiliki 1.5x Board damage, sedangkan kedua 2x Board Damage. Angka DPS Grave di atas adalah untuk mekanisme yang kedua atau 2x Board Damage. Lalu bagaimana jika menggunakan Mekanisme pertama?
- (1096289/2) x 1.5 = 822217
Tetap saja Grave masih memiliki DPS tertinggi kan. Potensi DPSnya bisa semakin besar kalau kalian menaikannya sampai Level 21.

Dark Stinger
Penurunan Damage Dark Stinger di Cap 90 ini membuat Potensi DPSnya dengan Graves menjadi lumayan jauh. Walaupun seperti itu, Dark Stinger masih tetap menduduki posisi ketiga jadi masih layak untuk dinaikan. Selain itu Dark Stinger memiliki Debuff + 20% Damage juga.

Piercing Crescent
Potensi DPSnya menduduki posisi ke 4, tetapi masih meninggalkan permasalahan. Masalahnya adalah agak susah mendapatkan Full Hit Damage (54 Hit). Hal itulah yang membuat damage Piercing Crescent tidak stabil, sehingga membuat beberapa orang hanya menggunakannya untuk mencari Kritikal. Saya sih tetap menaikannya Max, soalnya potensi DPSnya masih lumayan baik.

Doom Blade
Saya sudah bilang di awal posting kalau Doom Blade ini skill yang paling banyak dikurangi. Pertama efek Duplikat Damagenya dihilangkan dan kedua Board Damagenya diturunkan. Hal ini membuat DPSnya turun jauh bila dibandingkan di awal kemuncula Dark Avenger. Berdasarkan tabel di atas, DPS Doom Blade malah menempati posisi 2 terbawah, sehingga saya rasa kurang begitu layak untuk menaikannya.

Vengeance Storm
DPSnya memang tidak begitu besar, tetapi mempertimbangkan Area serangan dan Casting Timenya saya pikir Skill ini tetap layak dinaikan.

Death Knell
Kalian mungkin heran kok bisa DPS Death Knell sebesar itu. Perhitungkan di atas adalah Full Hit Damage, sedangkan Death Knell Full Hit itu sama dengan 21x Board Damagenya (bahkan masih bisa lebih). Potensi DPS yang sebesar itu hanya bisa kalian lakukan di Boss yang berukuran besar. Apabila ukuran Bossnya sedang atau kecil maka DPSnya pasti akan turun.

Dark Riser
Skill yang terlihat biasa saja ini ternyata memiliki DPS yang lumayan besar juga. Setiap kenaikan level Skill maka Cooldown Dark Riser akan berkurang 1 detik. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan DPS maksimal untuk Skill ini kalian bisa menaikannya ke Level 11 (Peak Level).

Dark Suffering
Skill yang mirip dengan Flash Stance (LK) ini sayangnya bukan merupakan Skill INS untuk Dark Avenger. Damagenya meman sudah besar dari Cap 80, tetapi durasi skill untuk Full Hitnya agak lama yaitu 7 detik. Skill ini sangat cocok dipakai pada saat kita tidak sedang berubah menjadi Dark Avenger. Soalnya dengan lama Stance 7 detik, kalian bisa memilih DPS lain yang lebih efektif seperti Graves atau Dark Stinger.

Dark Avenger
Saya sudah bahas kegunaan skill ini untuk mengejar Kritikal di atas.

Dark Crash
Mantan TOP DPS Skill ini harus rela turun ke posisi kedua setelah damagenya dikurangi lumayan besar. Saya sering melihat pengguna DA yang suka menggagalkan Cast Dark Crash ditengah. Sayang sekali padahal damage Full Cast dengan Cancel Cast berbeda 2x lipat. Saya juga kadang-kadang suka Cancel Cast, tapi disaat melihat musuh akan lari dari Area serangan.

Soul Cutter INS
Instant Skill untuk Dark Avenger ini adalah satu-satunya skill yang mendapatkan Boost. Jika menaikan Step Blade level 1, maka kalian bisa melakukan 2x Soul Cutter dalam 25 detik. Sehingga secara DPS skill ini bisa merebut posisi pertama (Jika Graves menggunakan Mekanisme pertama). Lalu kenapa saya menaikannya sampai level 6 saja? masalahnya tentu di Skill Point yang kurang. Damage level 6 tidak begitu beda jauh dengan level 9 (MAX), kecuali kamu niat untuk menaikan skill ini sampai level 11. Jika ingin MAX bisa dengan mengurangi Graves ke Level 16, lalu skill pointnya digunakan untuk menaikan Soul Cutter.


Build terakhir saya adalah tipe PVE dengan sentuhan PVP

Circle Break + Rising Slash + Impact Wave + Swipping Kick Level 6
Keempat Skill itu sangat cocok untuk memperlancar kombo di PVP. Penjelasannya masih sama dengan Lunar Knight Skill Build .

Doom Blade
Berhuung di DN SEA belum Cap 90 dan saya belum sempat Patch DN INA, jadi saya masih belum mencoba damage Doom Blade di Cap 90. Sejauh ini sih Fungsi Doom Blade masih sama dengan Cap 90 yaitu untuk mengankat musuh ke udara. :P


Heraldry Skill
Tipe PVE:
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Dark Crash (Damage)
Optional: Graves, Dark Stinger, Piercing Crescent (Damage)

Tipe Hybrid
1. Avenger Force (Cooldown)
2. Shadow Focus (Cooldown)
3. Side Kick (Action Speed)
Optional: Dark Riser (Action Speed), Dark Crash (Cooldown)


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

91 comments:

  1. Permisi gan mau koreksi sedikit. Soul Cutter Instan itu cooldownnya tidak "shared" dengan yang non-instan, hanya saja cooldown soul cutter instan dan yang non-instan itu sama-sama 25 detik. Jadi menaikan step blade ke level 10 itu percuma, agan bisa menggunakan step blade tiap 16 detik sekali tapi tetap saja soul cutter instannya masih cooldown 9 detik. (Sumber dari pengalaman pribadi, rugi reset skill T_T)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh maaf banget salah bikin Skill Build ya.. T_T
      Yap lupa ada tulisan Not Shared, jadi tetep 25 detik..

      Sekali lagi maaf ya

      Delete
  2. nasib mmng udah job DA, jadi rada nyesel fokus di DA -_- tapi keep spirit deh, setiap badai pasti ada pelangi :v

    ReplyDelete
  3. Di tunggu Abyss Walker skill build nya ^^

    ReplyDelete
  4. hahaha release juga.. ternyata direlease setelah LK.. gmn komentarinnya yah... *sigh...
    1. kalo perhitungan nerf sekitar 30% dari mas ramdan, saya merasa lbh dari 30%.. (pengalaman sebagai main char), jadi wajar jika banyak pemain DA yg gantung char.. pribadi masing2 sih.. saya gak pensikan DA saya.. hanya ta vakumkan sementara sambil liat ke depannya seperti apa..
    2. graves menurut saya wajib up ke 21.. karna skrg graves move ke-3 nya sdh gak pake ngeden lg.. jadi lbh efektif utk cap 90 ini...
    3. avenger force menurut saya gak perlu +1.. cukup pakai plate -cd saja.. karna skrg 1 bubble DA bertahan 3s.. deskripsi di DN INA blm dibenerin tampaknya.. test luar kota.. 30 bubble awet atau setara 90s..
    4. saran saya.. bermainlah ekstrem.. kalo gak lbh baik ganti atau re role job laen.. walaupun saya dah maksimalkan DA saya jg gak memuaskan layaknya kelas dps.. full str agi, no vit, max HP saya msh ada di 900k.. blm pakai sama sekali equip 90..
    cap 90 crit cap ada di sekitar 210k.. kelas dps menurut saya critical itu crucial (bahkan saint saya pun bermain crit skrg).. DA saya skrg ada di crit 180k.. dan dmg outputnya msh mengecewakan bila gak crit.. stat kota patk saya di 80k, 50% fire (non shadow) FD 25%, crit 175k (non transform, non origin).. dan sudah coba masuk nest 90 hardcore sama sekali gak ada damage nya.. jauh sekali dibanding sniper wkt dulu cap 80 nya.. hahaha.. no comment dah..

    mgkn cm bisa komentarin ini.. yah jujur kalo saya kecewa berat sdh maksimalkan FE sampai full set argenta.. sedang sniper teman saya dgn equip distandat bahkan saint sekalipun bisa lbh baik drpd DA saya.. lols..

    keep spirit buat yg masih maen DA, sejak 90 DA saya cm daily doank.. sisanya banyak main saint ma barbarian skrg (mgkn mo ganti ke LK)

    maaf bila ada salah kata yah... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga da tombol Likenya sih ya..

      30% itu untuk rata-rata all skill sih, aslinya untuk masing2 skill pasti beda..

      Wuih DA dengan Gear GG aja masih bilang mengcewakan Damage,
      Gimana yang pake Gear Box Gratisan T_T

      DA itu JOB yang di Nerf keterlaluan, pertama Doom Blade lalu Hampir semua Skillnya di Nerf.

      Kalau dilihat dari DPS List di DN Korea pas Awal Cap 90 lalu,,,
      Sniper masih diposisi Pertama (setelah Flurry kena Nerf)
      Barbarian masih disekitar TOP 7
      Saint disekitar TOP 14
      dan DA sekitar TOP 21

      Sebel sih soalnya Char Farming saya itu DA, semoga Developer bisa diboost lagi.

      Delete
  5. buat doomblade, saya lbh milih memaksimalkan doomblade drpd cresent, cresent hanya saya pakai utk air time.. 3x cresent terlalu buang wkt utk dmg output dmn hampir semua skill DA nightmare cooldown fast.. buat saya no time for cresent lah hahaha...
    apalg sejak 1 bubble 3s.. gak perlu cresent lg hanya buat cari bubble.. karna itu saya sarankan extreme besarkan crit..

    dan soul cutter ins gak cocok dgn playstyle saya.. bahkan saya gak ambil step blade sama sekali..
    dan dmgnya tidak se WAH yg dikira kok.. dah saya coba hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener,
      Dilihat dari Casting Time Crecent emang lebih lama
      3x Crescent sekitar 6-7 detik
      1x Doomblade sekitar 0.6-an detik

      Kalau bahas Potensi DPSnya, Crescent masih lebih unggul.
      Masalahnya adalah Crescent agak repot untuk Full Hit (18 HIT/Wave)

      Buat yang kritikalnya imut2 kayanya masih cocok cari Bubble pake Crescent..

      Wah beda Playstyle ya, emang sih sebenernya Skill Build itu seharusnya cocok"an sama playstyle masing2. Efek di Cap 80 tidak menaikan Dark Stinger Max, jadi saya lebih sering pake Soul Cutter Full Cast. Dan buat ubat Playstylenya susah banget, tangan berasa Reflek pencet SC..

      Delete
  6. skill build nya Saint mass
    Truss Plat 3rd opsi apa yg sekarang paling Cocok Buat Saint di Cap 90 ni apa ya
    saya masih bingngung soalnya saya di cap 80 pake Plat 3rd Opsi Physical Defense
    mohon pencerahanyaa gan

    ReplyDelete
  7. hahaha nanti mas ramdan coba aja sendiri DA nya dan yah dibandingkan lah dgn cap 80 nya lalu yah berikan penilaian pribadi.. (atau mgkn sudah mencoba?)

    sementara msh berkutik di saint dan barbarian sih..

    btw.. OOT nih..
    comparison antara LK dan BB di 90 ada info gak mas? lg mau coba gaya baru dari BB ke LK sih.. tp entah knp banyak yg bilang dmg output nya LK mengecewakan.. jd ragu mo change saya.. mumpung dpt gratisan... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw terpaksa Patch DN INA td malem buat nyoba..
      Di SEA cap 80 aja udah agak kurang semnjak Nerf Doom Blade, pas coba di INA ya gitu deh.. DPSnya makin unyu2, tapi agak mending lah buat beberapa job lain..

      Waduh Comparison lagi ya,
      Circle Swing Fury vs Moonblade Dance EX
      Gak tau kenapa kok saya lebih condong ke arah MBD ya, hehehe

      Alesannya gini, waktu saya buat Analisis Class Mercenary saya pake Char yang pake BDN L +12 dan Hasil DPS Circle Swing Fury cmn 650k/detik (Low HP). Berhubung pas analisis gak hitung additional damage dr Pasif 45 dan 65nya, jadi kemungkin bisa sampe 1,1jt DPSnya.

      Analisis untuk LK saya pake Char dengan +13 Epic 80 doang dan DPS MBDnya sampe 1.3jtan. Jujur sih masih bingung juga milih yang mana.. Kalau dibandingin rataan Boostna LK masih unggul dikit sih.. hehehe

      Delete
  8. Bang Forum Celeric cap 90 ga ada ya??

    Saya Butuh Info :
    Selama saya bermain Skill terDPS yang pernah saya coba di cap 90 = Miracel Relic
    yang menjadi pertanyaan apakah skill ini bug?
    melihat skill deskripsinya skill ini sesuai.

    Saya mencoba bersama teman yang katanya "top DPS" cap 90
    saya bandingkan damagenya jauh dibanding Miracel relic terutama milik saint
    dengan hold, cure, dan Healing (tower buff)

    Skill ini saya coba di ABN HC dengan Luring dan Ice (cyro)
    Hasil dari damage hampir 4 bar ditambah shock
    Menurut saya ini tidak wajar:
    dibanding char dps lain dengan eq diatas saya bahkan dengan 4skill tidak bisa mencapai 1/2bar
    1 bar dengan 4 char sudah pencapaina yang max

    sedangkan saya cukup dengan 4 tower+ice+Shock of Relic

    THX

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow Analisis Priest ya..
      Kalau sempat hari ini, kalau gak ya besok berarti..

      Duh Miracle padahal punya Damagenya kecil loh, tapi kalau Shock Relic ya wajar Damagenya emang Gede di Cap 90 ini. Coba aja SHock pake summon 2 Lightning Relic + 2 Healing Relic + Hold Relic + Cure, terus Aktifin Mini Relic dan SHOCK..
      Hasilnya pasti sedap dipandang mata..

      Delete
  9. Bang, Pada keterangan2 Skill SM, Yang awalnya ada Attack power ...%, dan Magic attack...%, kini hanya menjadi ATT%, berarti itu artinya, semua skill SM tidak memandang MA, dan PA lagi ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap mangkanya di Build saya, LK pun ambil Triple Slash Max

      Delete
    2. Kalo gitu, jadi enaknya diambil Halfmoon atau sampe cyclone aja ya? (Ane Gladi)
      Thx...

      Delete
    3. Sampe Halfmoon aja oke kok..
      Sekalian nambah skill Area

      Delete
    4. Halfmoon nya max gak???

      Delete
    5. Kalau ada SP naikin ke lv 11 juga gpp

      Delete
  10. setiap hari suka cek blog ini, nunggu antrian build smasher. kayanya masih lama :3

    ReplyDelete
  11. ring,earing sama neckle skilnya diambil apa gan

    ReplyDelete
  12. itu miracle relic nya saint di cap 90 broken om..
    well geared, crit besar, lv.2 MR, modal pasang bind relic + MR di DG abyss jg lgsg mati tuh boss stage nya..
    bandingkan dgn ulti yg judgment secara board beda jauh..
    bahkan saya dah coba full relic SoR vs. bind + MR aja msh kalah full relic SoR..

    broken DN INA yg skrg sih.. silahkan dicoba sendiri para saint.. entah bakal dinerf seperti layaknya sniper atau ngga nantinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sebenernya berusaha banget nutupin masalah Miracle Relic, tapi berhubung dah pada ngerasain sendiri saya kasih info dikit ya.
      Damagernya ntah Eror atau Bug, tapi ini dah ada dari Bulan Oktober lalu di DN Korea..

      Normalnya sama kaya cap 80 yaitu 1696% MATK, Bugnya di DN INA bisa sampai 20x lipat yaitu sekitar 33920% MATK.

      Seharusnya sih bakal di Nerf

      Delete
  13. build abys walker bang ditunggu ya ^^

    ReplyDelete
  14. update sedikit DA cap 90...

    kmrn2 sempat utak atik DA lagi..
    buat DA yg msh low HP atau mgkn low budget, bisa menaikkan skill crit chance +15% (passive A) itu dah besar sekali kenaikannya, karna melihat mekanisme nest 90 sementara ini tanpa wipe buff aman buat player.(saya sendiri masih stick di pasif crit chance +5%)

    avenger force sudah gak perlu plate apapun bahkan +1 sekalipun.. dah permanent transform (jamin 100%, bahkan dengan low crit sekalipun).

    pasif FD vs pasif fire ini masih dilema, secara nest skrg resist fire dah besar sekali (30 atau 40% resist), mgkn yg stack elemental seperti saya bisa ambil jalur fire up 15% utk menutupi resist di nest. ada bbrp player yg saya perhatikan bermain pure raw patk dan hanya mengandalkan buff shadow 40% fire, bisa ambil jalur FD+10%

    pasif berikutnya aerial vs crit damage, bagi yg menggunakan armor 90 epic dan stack STR, saran saya lbh baik ambil crit dmg pasif. aerial dmg skrg hanya terpaku 2 skill yaitu dark crash dan cresent piercer.(deathknell gak saya hitung soal e ultimate cd nya lama)
    dark crash dah nerf dan cresent yg buat saya gak cocok utk playstyle karna terlalu lama full hit (better spam dark stinger + graves klik kanan).
    Bbrp ada yg masih cinta dgn itu cresent hahaha.. yah silahkan sih bisa ambil jalur aerial dmg. disesuaikan playstyle masing2.

    well.. semoga masukan bisa bermanfaat bagi yg blm tau.. saya sendiri sdh gak aktif lg bermain DA.

    resist nya begitu kejam hahaha.. kalo perhitungan nerf 30%, itu lah knp saya bilang lbh di post sblm nya.. akhirnya saya sadar ada resist yg besar di balik semua itu.. @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masukan bagus sih..

      FD vs Fire Attack, saya masih merasa Fire Attack lebih besar pengaruhnya buat DA. Soalnya semua skill Avenger/DA kan element Fire. Pengaruh FD lebih besar untuk Skill2 di Warrior Tree..

      Crit damage vs Aerial, sampai sekarang masih pake Aerial. Buat tipe Crit sih emang kerenan Crit Damage, tapi untuk tipe Standar masih lbh enak aerial. BTW Death Kneel juga bukannya termasuk Aerial damage.

      Crti chance 15% vs 5%, sampai sekarang emang blum ada Nest yang Wpe Buff. Tapi saya blum cek Next Nest gimana. Soalnya agak aneh kalau tidak ada Nest yang Wipe Buff di Cap 90. Sementara ini saya juga pake 5% buat cari aman aja. DN masih terus Update soalnya

      Delete
  15. oh ketinggalan..
    so far soal fd up vs fire up, hampir semua forum bilang fd up dlm kondisi apapun.. saya blm bisa berkomentar apa2 sih sebenarnya.. pengen coba tp reset skill mahal.. dan kmrn event dragon coin nya gak cukup.. hiksss...

    lalu soal aerial dmg vs crit dmg, itu ada yg kelupaan.. kondisi yg saya maksudkan khusus pengguna jade str+crit only, bukan utk pengguna str+vit.. crit dmg stacking lumayan bila dmg nya critical..
    bahkan di 1 forum yg saya baca, wajar kalo divine avatar boost stat nya dihapus.. crusader dgn stacking str int dan dulunya wkt buff masih party.. itu menyeramkan sekali dmg nya crusader ketika smite.. jd ketika yg katanya di"balanced" kan nih skill dikorbankan.. hahaha..

    itu aja deh...

    ReplyDelete
  16. sy masih semangat main DA, drpd kita mikirin damage kecil atau apa, yg penting play style chain combo dgn timing yg pas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih sering bawa DA ke Nest..
      Damagenya gak jelek-jelek amad ko, cmn emang gak seluar biasa dulu

      Delete
    2. aku sering mau nest make DA, tapi pas join party malah kena kick permanent..
      hahahaha
      eq saya rata +12 vengeance
      atp saya di kota 110rb
      dinest bisa sampe 150an
      tpi tetap aja gak ada yg mau party sama DA
      alasanya buat beban mas..
      mau PVP aja smua room NO DA
      disitu kadang saya sedih

      Delete
    3. Kwkwkwkwkw asli di INA ada No DA aneh2 aja
      Kalau di SEA sih PVE/PVP lebih berwarna
      Pve asal Gear oke +10 ke atas pasti diterima, PVP sih aman gak da diskriminasi

      Delete
  17. kalau skill pvp nya mana mang DA tuh bagusnya pve apa pvp gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya test kemren di PVE masih Oke sih DPSnya, gak kecil-kecil amad..
      Cmn di PVP lebih garang lagi...
      Dari pengamatan saya, sekarang DA lebih banyak di PVP sih

      Delete
  18. bang untuk ring ambil destruction atau sage's(str)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa sih Skill Ring element..
      Cuman Destruction + STR juga gpp kok

      Delete
    2. ring element dari benedict ya bang,.
      ~eN

      Delete
  19. Apakah FD di ladder/colo berpengaruh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FD di status gak ngaruh di Colo/Ladder, kecuali Colo Comp X (off)

      Delete
    2. Thx u responnya bang ramdan,Setelah update 7januari DN INA, CD avenger force cast ke 2 jd 30 detik,pake plate CD jd 26 detik&skill ring ga pengaruh CD..Kacau jd ni..

      Delete
    3. Yap, skill ring emang dah gak ngaruh ke pengurangan cooldown. SOalna kan max skillnya level 1

      Delete
  20. yach walau masuk dungeon damag cuma tembus 57jutaaan sekarang im fine dach,.,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap saya juga masih sering kok Run HC/Raid sama DA..

      Delete
    2. Dark Crash 57juta ,..? njeer
      itu debuff musuhnya pake
      1.Dark Stinger
      2.Soul Cutter

      apa ada lagi,..?

      cz sepengalaman solo Nest Norm 90 sampe 18 menit itu cepet atau nggk,..? sorry nih ga tw standard time :D

      ~eN

      Delete
    3. hehehe gede banget kan 57jt, emang masih sakit kok..
      Solo 18 menit agak sdikit lama itu.

      Delete
  21. Bang.. Minimal fire element & attk power DA brp ya baru kerasa damage ny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dr Equip doang sih 40% FA aja udah cukup dan PATKnya incer 70k++

      Delete
    2. FA ane 70% bang sedangkan PA nya cuma 67k,,, itu FA nya apa hrus ane turunin bang,,??

      Delete
    3. 70% + Buff kan itu?
      70% FA itu dah bagus kok + PATKnya dah mayan gede..
      Segitu udah pas jangan dikurangi lagi

      Kalau mau nambah mending ke Criticalnya aja

      Delete
    4. bang bagusan yang mana kalo untuk damage
      atp 83k fa 70%,,, apa atp 86k fa 65%
      (stat kota)

      Delete
  22. Iya mas ramdhan, pas cap 80 dlu dps DA gede mungkin biar cpt lvling mnurut sya, dan sbnrnya cap 90 ini lah kemampuan DA yg sbnrnya, buat yg masih mainin DA, "keep smile, because this fallen hero was born to strong." tak ada job yang perfect, semua tergantung pilotnya.
    Sentinel player DN INA (Dark Avenger~Straife)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap emang turun damagenya kerasa banget, cmn masih tetep okelah buat dibawa ke Nest 90

      Delete
  23. Saya pake DA juga masih newbie, sekarang sudah lvl 90 tapi masih bingung harus ngapain, apakah ada group DN sea di Line atau apa gitu gan? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya jarang maen LINE,
      Kabarnya sih DA agak kena Diskriminasi Job di DN INA..

      Delete
  24. Mas ramdhan, kalau cap 90 DA bagusan ACC nya kauda atau skill benedict ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. RIng sih enakan Skill Ring aja cari yg Fire Attack + Critical

      Delete
  25. Gan Ramdan kalo FAnya Lebih dri 100%(+buff), apa lebihnya tetep ke hitung? atw mentok/max di 100% aj?(sisanya kaga di hitung)
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih dari 100% dong, maksimal sih sekitar 700% untuk FA EX. rinciannya sih 480% untuk Hit pertama, dan 240% untuk additional Hitnya

      Delete
    2. Thx gan Ramdan Infonya ;) Siip deh klo gtuh mu ane besarin Fire Atcknya lbih 100%, btw knapa DA di INA di diskriminasi ya? Ane rasaiin gtuh kdng di kick ;( Apa DPSnya kurang OK atw pada iri sudah kaga bsa bwat DA lgi???

      Delete
    3. eh salah ya, aku kira FA itu Finish Attack..
      wkwwkkwwkwkwk

      Fire Attack bisa lebih dari 100%,
      DA padahal masih punya damage yang lumayan besr kok, masalah Kick ntah kenapa bingung juga. Kalau di Kick terus paling enak sih bikin Party sendiri.

      Delete
  26. Pengalaman gw maen DA di kick si alesan tu orgn display skill DA bikin critical eror..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwkww itu sih masalah komputernya bukan charnya, sejauh ini saya aman2 aja sih. Padahal pake laptop yang gak terlalu bagus

      Delete
  27. Permisi mau nanya beberapa hal gan ramdan ada yg berhubungan dengan DA ada jg yg beberapa tidak soalnya.
    - Ane pernah liat di youtube ada orang yg menggunakan DA dengan sword mirip starwars gtu (pedang ada auranya). Nah itu cara dapatinnya gimana ya gan? Nah yg ane liat versi korea sih. Apakah di DN SEA jg trdapat equip macam itu?
    - Ketika berubah menjadi Dark Avenger kok ane merasa perubahannya kadang lama kadang cepat. Padahal bubblenya penuh walau berkurang perlahan2. Apa mungkin selama perubahan ane tidak memantau bubblenya karena terlalu fokus dengan cd skill n posisi musuh...:v apa ada cara spy selalu menjadi Dark Avengernya?
    - Di blog ini tidak ada kah share cara enhance equip...Maybe tips dan tricknya? Memang ane bisa cari di google. Cuma kadang bingung sama penjelasannya. Maklum masi newbie. Cuma baru tau cara leveling,farming dikit2,skill build (dr blog ini n comment2nya).
    Maap terlalu panjang post ane...^.^...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Waduh pedang apaan tuh, saya belum liat sih

      2. Lama atau sebentarnya itu tergantng kamu spam skill + critical char mu, coba pake Avenger force cooldown + main critical bisa2 berubah trus2an. Selain itu, kebanyakan pake Tumble pas berubah juga bikin cepet abis Furynya

      3. Wah enchance sih sebenernya murni hoki, tips dan trick itu lebih ke arah sugesti aja dan gak semua bener. Kalau ingin nempa mungkin bisa di hari senin, supaya kamu bisa mandi di Hot Spring. Soalnya Buff lv 3 di Hari senin itu untuk meningkatkan 7% kemungkinan berhasil dalam menempa.

      gpp kok panjang

      Delete
    2. LOL...makasih banget bang penjelasannya. Utk poin 2&3 sangat membantu. ^.^.
      Ooo ya gan sering ane nanya2 di guild n kepikiran seperti ini. Blog ini uda sangat baik dalam hal skill build dan tips2 farming n leveling. Cuma ane sebagai newbie kadang bingung step after level 90 trus mo ngapain. Hahaha...ok bisa lanjut ke gear equip cuma seringkali bingung item apa aja yg perlu ane siapkan dan dptnya darimana. Emang sih ada bantuan guild kadang sungkan juga nanya2 trus. :v. Untungnya sih dapat guild yg baik di DN SEA. ^.^. Trus bingung juga equip epic macam apa n dapatinnya gimana+costume selain cash bisa didapat dari mana jg. Mungkin beberapa newbie bertanya seperti itu jg. ^.^.
      Maap panjang utk kedua kalinya...wkwkwkkw

      Delete
    3. Oke setelah 90 pasti tahap selanjutnya itu Gear Char kita dong..
      Di Cap 90 untuk Gear sebenarnya gak susah2 banget asal kita rajin
      1. Habisin FTG di Dungeon Abyss (Party mode biar hemat FTG)
      2. Limitin Semua Nest Normal atau HC
      3. Nightmare juga jangan lupa
      4. Kalau ada Gold Bisa Gambling main di Remote Quest (Ekspedisi)

      Kalau serajin itu saya jamin bahan Gear + batu Alteum/Diamond mu pasti melimpah de. Nah itu bisa jadi modal untuk nempa-nempa minimal +10 dulu. Setelah ada Modal lagi selanjutnya bsa ke +12/13.

      jika sudah +12/13 bisa main2 ke RDN Normal atau HC. Seputar2 itu aja sih. Banyak konten2 lain seperti Battlefield atau PVP (cari medal) bsa kamu lakuin juga.

      Delete
  28. Wow sangat jelas gan ramdan...^.^...Terima kasih banyak. Ooo ya mo nanya 2 hal lg. Rename char hanya bisa didapat via cash aja ye. Trus utk kostum yg permanent n bgs n murah bisa didpt dimana y gan? Rasanya pedang yg bcahaya yg ane mksd itu pake kostum deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rename Char cmn ada di Cash aja..

      Kostum permanen juga cmn bisa dari beli di Cash atau TH doang. Kecuali ke depannya ada Event bagi2 kostum gratis (ngarep). Kostum sih lebih baik nyicil, sering2 liat di TH sapa tau ada yg jual murah

      Pedang bercahaya itu bisa jadi MOD atau kostum juga, saya blum liat sih.

      Delete
  29. Gan Gw Pake DA DI DN SEA Server HolyShit . :V (joke) P.attack Nya 89k Fire Damage nya 68% Itu gmana bang ?? .

    apakah dah Cukup Dan

    klo Plate Skill nya Pake Dark Crash ( Damage )
    ( Piercing Cresent (damage)
    ( Soul Cutter (damage)
    ( Vengeance Strom (damage)

    Masalah Berubah ke Dark Avanger nya . kaga butuh soale di nest . Awet alias sampe end kaga abis2 .
    di antara itu. menurut gw . Heraldry mana yg perlu diganti ke Graves Soale gw test drive solo :V sakit bener tuh skill . Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih itu dah gede lah damagenya..

      Grave emang top DPSnya kan mangkanya sakit, mending ganti Soul Cutternya aja.

      Delete
  30. mohon pencerahan lebih enak plate damage Vengence Strom atau Dark Stinger

    ReplyDelete
  31. title yang bagus buat da apa yah?sama cara dapetinya

    ReplyDelete
  32. Misi Mas Mau Nanya, Tau Urutan Skill DA ? Biar Pas Dark Crash Itu damage kerasa, ane kadang full damage kadang nga.

    tq before

    ReplyDelete
  33. Bang Kok saya coba Naekin Dark Ariser CD nya ga turun ya bang ?
    Apa karna ada update baru ?
    Kalau iya skrg Skill2 DPS nya DA apa aj dong bang ?

    ReplyDelete
  34. Bang Kok saya coba Naekin Dark Ariser CD nya ga turun ya bang ?
    Apa karna ada update baru ?
    Kalau iya skrg Skill2 DPS nya DA apa aj dong bang ?

    ReplyDelete
  35. bang..itu dark riser gak kurang CDnya klo di naikin..sy baru coba cek tadi :v

    ReplyDelete
  36. Bang Itu heral Da Shadow Fokus Bkn skil Aw

    ReplyDelete
  37. Plate Shadow Focus??? Bringer's skill???

    ReplyDelete
  38. Shadow Focus Maksudnya apa ya bang? kagak ada skil shadow focus di DA

    ReplyDelete
  39. Arc heretic donk om... pleas :p

    ReplyDelete