ABYSS WALKER SKILL BUILD LEVEL 90

    Job yang mendapatkan Voting tertinggi kali ini adalah Abys Walker. Saya perhatikan hasil Vote untuk JOB yang sudah ada Skill Buildnya masih tetap tinggi saja. Kasian beberapa Job lain masih sepi yang Vote dan pengguna job itu sudah mulai meminta Skill Build. Saya bukannya cuek dengan permintaan kalian, tetapi masalah keterbatasan waktu dalam membuat Artikel. Apalagi hari selasa nanti DN SEA akan Cap 90 dan pasti saya akan susah membagi waktunya.
     Abyss Walker adalah salah satu job yang akan saya leveling-kan duluan (mungkin setelah Smasher/Soul Eater :P). Saya sangat tertarik sekali dengan Skill Boostnya dan Line of Darkness Instan. Menjelang Cap 90 (H-2) di DN SEA, harga Skill Plate untuk skill Abyss Walker mulai merangkak naik, Padahal nanti di Cap 90 kan Judi Pouch Skill Plate menjadi lebih sedikit membutuhkan Fragment Dimesional Gemnya, hehehe.
     Kenaikan damage hampir semua skill Skill Abyss Walker membuat saya tidak begitu galau membuat Skill Buildnya di Cap 90 (tidak seperti membuat Gear Master Skill Build). Berdasarkan post Analisis Bringer Class, diantara semua skill Abyss Walker hanya Nightfall saja yang mengalami penurunan damage. Ini berarti pada Cap 90, Abyss Walker hanya pelu fokus pada Dark Skillnya alias kembali kejalur yang benar.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: Dark + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Dark Attack vs Physical Attack (PATK)
Jujur saya sudah mulai agak bosan ketika ditanya mana yang lebih baik Dark Attack atau PATK untuk Abyss Walker. Saya selalu menjawab Dark Attack pasti lebih baik, karena semua Skill Abyss Walker itu elemnnya Dark. Sebagai pembuktian mari kita hitung-hitungan seperti di Gear Master Skill Build:
Abyss Walker (PATK)
- PATK: 53081
- Dark Attack: 70% (Full Buff)
Abyss Walker (Dark Attack)
- PATK: 46349
- Dark Attack: 102% (Full Buff)

Hitung Damage salah satu skill yaitu Line of Darkness EX
- Board Damage: 2361%
- Koefisien: 3 Board Damage

Abyss Walker (PATK)
Damage: (53081 x 23.61) x 3 x 1.7 = 6391536

Abyss Walker (Dark Attack)
Damage: (46349 x 23.61) x 3 x 2.02 = 6631457

Nah, sudah jelaskan Abyss Walker yang bermain Dark Atack akan lebih unggul. Bayangkan saja perbedaan Damagenya untuk Abyss Walker yang menggunakan Tough Earring + Necklace (Full Dark), pasti Damagenya akan lebih besar lagi.

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Kali ini saya hanya akan memberikan dua Skill Build saja yaitu PVE dan PVP, tetapi seperti biasa saya akan menyediakan tabel potensi DPSnya terlebih dahulu:

Note: Perhitungan menggunakan Gear/Equip Abyss Walker (Dark) seperti Analisis Bringer Class

Build PVE


Fan of Edge
Beberapa teman saya sudah protes tentang Skill ini. Mereka merasa aneh kenapa saya suka sekali menaikan Fan of Edge. Jawabannya adalah hampir semua Char saya menggunakan Build Pure PVE, termasuk char Assassin juga. Pure PVE berarti saya menaikan Skill yang memiliki DPS besar, salah satunya adalah Fan of Edge. Yah walaupun damagenya dikurangin di Cap 90, tapi saya belum bisa move on atau menemukan pengganti skill DPS lain di Assassin Skill Tree. Bagi yang tidak cocok dengan Gameplay saya, kalian bebas memilih Skill yang kalian suka.

No Ring Strike 
Secara DPS, Ring Strike tidak bisa menandingi Skill Dark lainnya. Padahal perhitungan di atas menggunakan Total 21 Hit, tetapi potensi DPSnya tetap diurutan terbawah. Dengan Build seperti di atas, untuk menaikan Ring Strike Level 1 saya harus mengorbankan 13 Skill Point (10 SP untuk ambil Skill dibawah Chakra Energy dan 3 SP untuk Ring Strike lv 1). Dibandingkan harus membuang SP untuk Skill yang DPSnya tidak besar lebih baik saya alokasikan untuk Skill lainnya saja.

Chakra Cure
Skill ini sangat berguna untuk menghilangkan Debuff Boss, seperti burn, poison dll. Dengan menaikan Skill ini, berarti Abyss Walker bisa menjadi DPS paket komplit, karena memiliki DPS besar, Heal dan Cure.

Illusion Chakra
Abyss Walker level 90 pasti sudah tahu apa kegunaan skill ini. Kegunaannya adalah untuk mengurangi Cooldown Line of Darkness Instant. Jika Illusion Chakra berhasil mengenai musuh maka akan mengurangi Cooldown LOD INS 27 detik. Line of Darkness instant memiliki cooldown 27 detik juga, sehingga jika Illusion Chakra terus berhasil mengenai musuh maka Cooldown LOD INS akan sama dengan Cooldown Illusion Chakra. Illusion Chakra level 10 (MAX) memiliki Cooldown 12 detik, berarti kalian bisa menggunakan LOD INS tiap 12 detik (asal berhasil hit musuh). Saya malah punya rencana untuk menggunakan Skill Ring +1 dan Plate cooldown (niat mode), sehingga cooldownnya bisa 8 detik (dah kaya Setrikaan bolak-balik LOD).

Abyss Walker Skill

Perhatikan saja Tabel Potensi DPS di atas, ke enam Skill di Abyss Walker Line berhasil menguasai peringkat 1-6 DPS Skill. Ini merupakan efek dari Abyss Walker Boost yang saya pernah bahas di Analisis Bringer Class. Dengan Potensi DPS yang hampir merata seperti itu, saya rasa tidak ada salahnya untuk mengembalikan Abyss Walker ke jalan kegelapan. Mungkin nanti ada yang nanya kok Ultimate Skill Abyss Walker (Dark Conviction) bisa berada di Top 2 DPS. Kalian bisa lihat alasannya di Light Fury Skill Build.

Nightfall
Nightfall sempat menjadi TOP DPS Abyss Walker di Cap 80 lalu, Namun di Cap 90 ini, damagenya dikurangi lumayan besar yaitu hampir 50%, bahkan debuffnya juga ikut dikurangi dari +32% menjadi +20% Damage. Saya malah sempat ingin menaikannya sampai level 1 saja karena masalah peningkatan damagenya per-levelnya tidak terlalu besar. Coba saya hitungnya:
Nightfall lv 1: 102% per hit
Nightfall lv 11: 113% per hit
Max Hit: 20x Hit
Mid Hit: 1.5x board damage (posisi monster di tengah Nightfall)
Koefisien: 20 x 1,5 = 30x Board damage

Nightfall lv 1: 102% x 30 = 3060%
Nightfall lv 11: 113% x 30 = 3390%
Peningkatan: 3390% - 3060% = 330%

Tuhkan perbedaan Level 1 dengan 11nya tidak terlalu besar. Coba saya hitung peningkatan DPS antara level 1 dengan 11.
Cooldown: 30 detik
Peningkatan DPS: 330%/30 = 11%/detik (imuth banget)

Dibandingkan Nightfall, peningkatan Fan of Edge dari level 16 ke 26 malah lebih besar yaitu 16%. Atau kalian bisa juga menggunakan 10 SPnya untuk meningkatkan Shadow Hand level 6 yang memiliki peningkatan DPS 26%.

Saya yakin pasti ada yang tidak mengerti dengan maksud saya di atas. Intinya dengan kondisi damage Nightfall di Cap 90, saya agak bimbang dengan 3 pilihan ini;

1. Fan of Edge lv 16 dan Nightfall lv 11 (seperti build di atas)
2. Fan of Edge lv 26 dan Nightfall lv 1
3. Fan of Edge lv 16, Shadow Hand lv 6 dan Nightfall lv 1



Build PVP


Shadow Hand + Triple Edge + Piercing Strike
Seperti biasa ketiga skill ini perlengkapan untuk kombo di PVP.

Ring Strike
Ring Strike punya Iframe di awal Castnya dan bisa juga digunakan untuk mengunci musuh yang terjatuh. Ring Strike juga sangat efektif untuk mengunci musuh di area Nightfall EX.

Chakra of Healing + Healing of Ajna
Saya tidak menaikan kedua Skill ini karena membutuhkan masing-masing 10 Skill Point (Boros sekali). Chakra of Healing juga tidak memiliki kemampuan untuk memulihkan HP, jadi saya rasa tidak terlalu penting juga dinaikan. Lebih baik Skill Pointnya diberikan ke Skill lain yang lebih berguna.

Illusion Chakra
Di PVP tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan Skill ini, jadi saya rasa percuma juga dinaikan MAX.

Shadow Focus
Saya terpaksa mengurangi Shadow Focus sampai level 6 demi menaikan Ring Strike lv 1. Saya rasa sih perbedaan damagenya juga tidak terlalu jauh di PVP.

Nightfall
Berbeda dengan PVE yang galau antara level 1 atau Max. Di PVP saya lebih memilih untuk MAX karena damagenya di Ladder/PVP lebih besar dan itu berpengaruh untuk mempercepat penurunan HP musuh.

Ring of Energy
Kalian tidak akan mungkin bisa Full Hit menggunakan Skill Ultimate Abysswalker. Skill Ultimate Light Fury (Ring of Energy) lebih mudah kena Full Hitnya dan damagenya juga besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Chakra (cooldown)
3. Illusion Strike (damage)
Optional: Nightfall (cooldown), Dark Conviction, Night Exploison, Shadow Focus, Plasma Burst (damage)

PVP:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Strik (damage)
3. Nightfall (action speed)
Optional: Illusion Strike (cooldown), Chakra of Energy (Heal Rate),

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

94 comments:

  1. skill build raven dong mas :sad:

    ReplyDelete
  2. gan nightfall AS cast skill cepet ato damage yg di dalem area lebih cepet gigitnya?
    btw gan cara sumon shadow+kucing yg bener gemana?
    incarnation dulu lalu shadow+kucing
    apa shadow+kucing dulu baru incarnation

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas Castnya lebih cepet..

      Shadow + Kucing trus Incarnation

      Delete
    2. yang punya blofg ngawur
      incarnation dullu baru summon biar summonnya dapat dark atk 35%

      Delete
    3. oia incarnation kan bukan parti buff lagi ka yah

      Delete
    4. abis test.. bener tuh Mas Furkan..
      abis Incar baru Shadow + Kucing..

      Maaf ngawur T_T

      Delete
    5. oia incarnation kan uda bukan buff party lagi yak

      Delete
  3. Untuk night burst/explosion, bagi saya ckup dengan 16, karna perbedaan 16 > 17 nya hanya 24%.

    Shadow focus juga saya naiki hanya 11, dan mengisi sisa SP ke Pact of Azna menjadi Max.

    Dark Conviction bagi saya 1 sudah lebih dari cukup, karna alasan jarang di gunakan & perbedaan yg kecil 1 > 2 85% ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice sarannya..
      Yap Night explo emang beda dikit sih..
      Bisa juga SPnya buat naekn Ajna

      Dark convic kan damage Full Hitnya itu 12.5x Board damagenya..
      Jd perbedaan level 1 ma 2 itu 85% x 12.5 = 1062.5%
      Mayan juga sih sgtu ^^

      Delete
  4. jelasin itung itungan shadow focus dong...
    bingung banget mau max atau ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shadow Focus punya Full Hit = 1.3x Board Damage..
      Shadow Focus lv 16 punya Board Damage 842% (diketerangan Skill)
      Damage Aslinya sebnernya:
      - 842% x 1.3 = 1095% per 5 detik..
      Gede banget kan :P

      Full Hitnya gak terlalu susah juga
      sekali kena jaminan 100% full hit ^^

      Delete
  5. Untuk Illussion Strike, Bisa DInaikan Sampe lv 16 aja boleh gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya gmn gan ? bisa ampe +16

      Delete
    2. Illusion Strike gpp kok sampe 16 aja..
      Itu 19 soalnya saya mau pake +2 biar jd 21.. hehehe

      Delete
    3. ga bisa gan +2 ane weapon +1 illusion strike + skill benedict illusion strike +1 tetep 20/19

      Delete
    4. udah coba pake plate + skill ring??
      aku juga blum coba sih, soalnya blum lving..

      Delete
    5. Costume sama skill ring ga bsa stack. Kalo mao 21 paling ring/costume + heraldry. Cmiiw

      Delete
    6. Nah itu belum di test, soalnya harga Heraldry +1 di sea mahal T_T

      Delete
  6. Pact of Azna (Max dan ring+1) sekarang kucingnya bisa ngilang gan alias keluarin skill Chakra Illusion, ngilang terus langsung hit suriken atau Izuna Drop, kucingnya juga bisa memberikan Dark Burn (entah pas keluarin skill apa) jadi AbyssWalker-nya bisa keluarin Shadow Focus trs. Saya sering ngamatin tu kucing gan, entah kalau Pact of Azna level 1 kurang tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucingnya jadi ninja emang..
      Ini gara2 tempat Fav untuk coba DPS (TKN Normal) udah ga da + sibuk banget
      Jadi agak males buat test DPS Ajna Cap 90nya

      Delete
  7. Skill Spectral Guise juga lumayan gan untuk 1vs1, kalau saya gunakan cuma tuk nyerang lawan ke udara, kan cooldown Skill Aeral Evasion cukup lama jadi bisa hajar dah. Kebetulan saya pake Premium Skill Plate Spectral Guise mengurangi cooldown 20% biar bisa sering di cast

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin pelaris gan untuk Plate Skill Heraldry Specctral Guise (-cooldown) mode PVP wkwkwkwk

      Delete
    2. ntar ku masukin biar rame yg beli :P

      Delete
  8. Untuk skill accessories minta saran dong bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya begini gan:
      Ring1: Line of Darkness
      Ring2: Night Fall
      Earing: Pact of Azna
      Neckale: Fan of Edge

      Delete
    2. thanks sarannya
      untuk pact of azna lbh baik max ga?

      Delete
    3. Untuk Ajna saya belum pernah Test DPSnya di Cap 90, jadi blum tau pasti apakah bagus di Max atau Lv 1 saja..

      Delete
  9. tolong di test dong gan, pact azna level max saya masih bingung mau bikin max azna apa cukup level 1 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. T_T tempat test damage saya (TKN Normal) di gusur GM..
      Jadi bingung kalau mau test2

      Delete
  10. Gan saya pke aw build agi +vit,mending pke equipment lv 80 apa lv 90,eq lv 80 jade nya ad 3,saya pke yg lv 90 jadenya cuma 1 sya pasang jade agi,jadi HP saya nurun bgt,jd gmana ya solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada jade AGI + VIT juga di Jade 90nya..
      itu nurun banget mungkin kamu pasang Jade AGI + Crit kali.

      Delete
    2. kalo mau maen full Dmg, make Eq lvl 80 lebih bagus, yah meski deff agk rendah di banding make eq 90 tapi kalo soal HP gk beda jau juga , toh kalo pro Nest nyah Modal hp 1 jt aja gk masalah kecuali situ maen RDN atau DDN HC hp minimal 1,5jt aja dah cukup, tapi kalo soal demage menang eq 80

      soalnya Gear master ane make eq lvl 80 Legend full jade , Patk 110k element 77,50% crit 83% HP 1.5jt, Bdw Heralnya epic 3rd ya :D, tapi ciusan kok eq lvl 80 lebih gede nambah demage di banding eq 90 ^^ itu kalo aku gk make ECJ bisa2 PATK ku lebih gede lagi

      Delete
  11. gan ane mau nanya kalo elemental itu bisa lebih dari 100% ya soalnya di video ini abyswalker cepet banget cuman 3 menit doang di Arch Bishop Nest, damagenya cuman 83ooo, tapi elemetalnya ampe 128% https://www.youtube.com/watch?v=iKWtZ7g3gGs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bisa lebih dari 100% kok..
      AW saya juga sekitar itu Dark Attacknya

      Delete
    2. itu bisa ampe 100% tnpa buff elemntal, dengan EQ saja caranya gmn gan ?

      Delete
    3. Char saya sih cmn bisa Max itu 80%an di kota..
      Kayanya job apapun gak mungkin bisa 100% di kota, kecuali main DN Private mungkin ada.. ^^
      Videonya gak bsa d buka

      Delete
  12. bang,kalo mau pake acc tough, apa itu nggak rugi di agi nya dibanding kalo pake acc wind?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak rugi dong, justru naikin Element Dark itu jauh lebih bagus buat damagenya..

      Delete
  13. bang kalo shadow focus di buatin cincin rugi gk ya? soalnya ane terlanjur buat cincin shadow focus^^

    ReplyDelete
  14. gan kalo 1 agi setara dengan brpa critical gan ? kalo 1 agi ke att.power kan 50% naah kalo untuk critical itungan'a kena brpa % gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh saya gak pernah perhatiin itu sih..
      Kalau gak salah sih 1 AGI itu = 3 Kritikal..
      Nah untuk sampe 89% itu butuh 210rb Kritikal..

      Delete
  15. Gan klo pake skill ring yg dark atk 4,77% bagus ga? Klo pake acc manti def sm hp jd kecil bgt, mending gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw cap 90 udah ketinggalan kalau pake Manti..
      Emang harus pake Skill Ring buat ngejar Dark Attacknya.

      Delete
  16. Maaf nih sebelumnya kalo off-topic.

    Menurut pendapat agan, best solo class PVE untuk cap 90 ini siapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh solo buat apa nih??
      Kalau Gear standar damage gede buat solo tuh Ruina/Defensio dah enak

      Delete
  17. mas ramdan mau tanya mas, earring enakan pake yang mana yah mas ? wind lvl 90 oppsi : agi, wind, attk power, sedangkan skill ring oppsi : vit, max hp, elemental def

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wind 90 aja deh, kecuali emang kamu butuh HP tebel baru pake VIT.

      Lebih bagus lg kalau pake Tough :p

      Delete
    2. hahaha mahal bner sekarang tough mas, pengen'a mah sya juga tough, oke deh klo lvl 90 maah hehe

      Delete
    3. wkwkww hooh emang Tough Harga naek haji

      Delete
  18. Maaf pertanyaan nubi , board damage itu apaan sih ? dan bagaimana kok bisa tau board damage masing2 skill gitu ? kan ga ada keterangan dalam gamenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Board Damage itu angka persentase damage SKill yang ada di Keterangan Skillnya, coba cek lg deh pasti ada

      Delete
  19. nyesek nih raven skrng ,nerf nerf nerf and nerf , boost cuman 1 doang -_-

    ReplyDelete
  20. mau tanya , yang shadow focus cd brapa detik? jika ada heraldry yg buat ngurangin cd juga , kira kira brapa detik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkww Shadow Focus CDnya 5 detik jadi saya rasa gak perlu pake Plate Cooldown lg. Kalau mau pake Plate Damage aja

      Delete
  21. Gan klo build fd minimal brp persen?
    Soalnya ane dark atk stack di 65% doang nih, jadi kurang mantab. Minta saran agan dong, gedein patknya lagi atau gedein fd nya?
    Patk skrng 73k, fd skrng 8%. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalung ama anting'a di bikin tough gan dari pada modal buat FD mah itu udah lumayan buat nambahin damage dan untuk ring'a pake skill ring yg ungu

      Delete
    2. Nah bener tuh yg di atas, dibandingkan pake FD mending fokus ke Tough dulu. Kalau udah Tough baru boleh fokus ke FD.
      Mau build FD sih minimal 50% juga gpp, kalau mau serius ya 100% cmn modalnya pasti gila2an.

      pokoknya kalau ada gold lebih fokus ke tough dulu aja

      Delete
  22. Di void g ada tough wkwkwk udah pake skill ring ungu kok , tinggal senjata paling blm nightmare. Klo jade mending agi crit ato agi vit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AGI Crit khusus untuk char yg HPnya dah agak banyak sekitar 1.2jt++
      Saya sih ke Agi Vit aja cari aman, lagian AW kan main AGI jd gak usah khawatir bakal kekurangan Crit

      Delete
  23. Bro mau nanya nih. Durasi buff nightfall ex berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama Nightfall ada + diinjek trus.. kira2 sih 10-11 detikan

      Delete
  24. Oww.. Brati kayak scar makernya lancea ya?

    ReplyDelete
  25. Oiya nanya lagi. Aw enaknya crit berapa % ya? punya ku 60%, perlu ditambah lagi ngak kira2?

    ReplyDelete
  26. misi.
    AW apa gk nyaman pake 1 line aja ya kok di gambar tadi ambil 3 skill LF ya? apa memang benar kalo ambil 3 skill LF juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu liat yang mana? PVE apa PVP?
      Soalnya perasaan di Build PVE fokus ke Line AW

      Delete
  27. Itu ambil punya lf cuma chakra of energy, biar ketika kena one hit kill boss, ngak cuma slamet aja, tp juga bisa pulih biar bisa lanjut hit.. Manfaat buat party jg bnyak itu

    ReplyDelete
  28. Mas klok skill heraldry ambil incarnation yg cd gmn? Biar bisa sering buff, Kayaknya mamfaat bgt pas di nest

    ReplyDelete
  29. Perbedaan damage Dark Illusion EX antara lv 1 dan lv 19 jauh gak ya?
    Di deskripsi skill nya kok keliatannya kecil perbedaannya....

    Cuma pengen tahu aja klo 18 skill point itu worth dimasukkin atau nggak ke Dark Illusion EX

    ....Spectral Gaze juga worth dinaekkin lebih dari lv.1 gak ya?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh maaf...maksud ane Illusion Strike EX, kok jadi Dark Illusion wkwkwk

      Delete
    2. Hmm kalau Full Hit sih, Damagenya beda skitar 600%++..
      Kalau diliat DPSnya sih:
      Lv 1: 260k/detik
      Lv 19: 340k/detik
      Jadi beda sekitar 32%-an

      Spectral Gaze Board Damagenya gede sih, cuman gak bagus Buat AW..
      Areanya juga sempit banget, ditambah harus dempet2an ma monster

      Delete
  30. gan mau nanya,job yang DPS tertinggi kalau full hit apa gan???

    ReplyDelete
  31. broo aya habis debat di kaskus, katanya kalok ele lebih dari 100% yg keitung ke momon tetep 100%. Bener ngk bro? soalnya ele AW saya 115% (full buff)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin saya test masih ngaruh kok di Nest normal..
      Saya test AW elemn 103% vs 121%-an.
      Tapii yang agak aneh itu, seharusnya damage naik 18%. Pas saya hitung ternyata hanya 12-13% saja.

      Kalau di Raid sih saya tidak tahu ya (gak pernah raid juga)

      Delete
  32. IMO, shadow focus kalah damage dengan kucing

    shadow focus lvl 15 = 780% "perskill" very long cast , tidak bisa bergerak dan sangat susah untuk kena musuh, aku memakai skill ini ketka skill illusion strike CD


    kucing lvl 7 = 550% "perhit / perskill kucing!" danSP untuk mencapai max lebih sedikit, jadi bisa untuk di sumbang ke skill lian yg cukup berguna seperti ring energy

    ReplyDelete
    Replies
    1. shadow focus bagusnya di cast habis night explosion.Kan kalo kena NE musuh di suck(dihisap) jadi musuh ga bakal lari jadi pasti gampang full hit.
      kalo kucing sangat bagus buat pve dan ladder tapi di mode seperti rusuh atau CvC sangat tidak bagus karena di rusuh bakal cepat mati dan di CvC berjudul "no summon" kita bakal di bully

      Delete
    2. Wah Info yang bagus, serius saya masih terpatok sama DPS kucing jaman cap 80 dulu. Soalnya d CAP 90 ini tidak pernah uji coba lagi brapa perkiraan DPS-nya kucing (Efek tempat favorit "TKN Normal" dihapus)

      Delete
  33. Gan mau nanya kalo accessories buat AW yang full dark di cap 90 ini paling bagus pake apa ya biar damagenya maksimal ?
    Kalo bisa minta urutan rekomendasiannya gan dari yang paling bagus sampe yang kurang bagus hehe
    Makasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Neck + Earring = Tough
      Ring = Skill RIng opsi Crit + Element

      Acc di atas itu dah paling OKE di Cap 90, cmn masalahnya ketika pake TOugh %Crit kita bakal turun dan itu bsa mempengaruhi DPS kamu. Malahan bisa membuat DPS kamu lbh kecil. Jadi untuk sekarang saya pake versi hemat aja.

      Ear + Neck = WIND (colok jade Wind + Crit)
      RIng= Skill RIng (Elemnt Crit)

      Delete
  34. Gan ko ane stack di 42% y dark atacknya (non buff) nyambung komeng diatas agan.kok bisa sampe 80℅ dark atacknya. Apa yg di maenin gan? Ane maenin dark atacknya jade doank (weapon+ring) ada lg kah yg bisa bwt nambah dark atack selain though. Apa maenin costum juga gan? Jd puyeng nih... Minta bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh itu, AWku sih setnya gini..
      1. Tough Earring + Necklace = 19%
      2. Skill Ring Unik opt Dark Attack = 9%
      3. RIng costume Rare/Magic = 5%
      4. Tittle = 5%
      5. 4x Jade dark = 32%

      segitu dah 70% kok, kalau di kota tulisannya jadi 80% karna ada efek pasif lvl 65

      Delete
    2. cara membuat tough earring+necklace dimana ya gan? ane cb cari digoogle ga nemu2...>.<...apa emang sdh tidak drop. Trus itu toughnya level brpa ye? 90?

      Delete
  35. AW 90 abis update DDN 90 masih bagus gk? Kok kyknya damagenya kecil banget. . Atau aku pindah ke BD aja? Kemarin dapat boost gede soalnya.

    ReplyDelete
  36. Mas Kenapa AbyssWalker Harus pakai AGI? Kenapa nggak make STR?? Padahal kan kalau pakai STR Pataknya Lebih besar???

    #Terimakasih

    ReplyDelete
  37. gan,,,,minta saran skill acc buat abyss walker donk!

    ReplyDelete
  38. Pacth of azna lvl max + skill acc.. Mantap lo.. Liat di damage meter damagenya sampe 25% dari keseluruhan..

    ReplyDelete
  39. Ijin copy ya untuk blog saya, saya sertakan sumber pastinya

    ReplyDelete