DARK AVENGER SKILL BUILD LEVEL 80

       Halo, jumpa lagi bersama saya disini. Sebulan ini rasanya repot banget, karena DN INA dan SEA masing-masing mengeluarkan job baru. Saya belum selesai membahas Lancea di DN INA sampai tuntas, eh DN SEA sudah mengerluarkan job terbaru. Nasib main di dua server, saya terpaksa harus meninggalkan DN INA lagi untuk membuat Dark Avenger di DN SEA ("Leveling lagi, Leveling lagi" rasanya tangan dan pegel banget) Untungnya DN SEA mengadakan event menarik yaitu jika mempunyai char level 70-80, maka Dark Avenger-nya langsung level 60 (Fiuhh..).    
      Saya tidak akan memberikan leveling tips Dark Avenger ya, soalnya bosan kalau bahas leveling terus. Pokoknya, kali ini saya leveling hanya di Mutant Habitat sampai level 80 dan 10x Run Abyss Heat (Hard Mode) untuk mendapatkan EXP 70%. Alasannya pasti kalian sudah tahukan? Judi Pouch Skill. Kejadian lucu sih, ketika saya baru saja Patch DN SEA, sudah ada yang meminta Skill Build Dark Avenger level 80 (LOL).        
        Sayangnya, Dark Avenger tidak ada di Skill Simulator, jadi saya harus leveling dulu sampai level 80. Saya sudah berusaha hati-hati dengan mempehitungkan SP, tetap saja masih ada yang salah dan kurang puas dengan skillnya. Ditambah DN SEA tidak memberikan reset skill gratisan (masa harus buka box level 80 T_T). Oleh karena itu, saya akan memberikan 3 pilihan Skill Build yaitu Skill Build char saya sekarang dan dua Skill Build jika ada reset.      

Update: Dark Avenger Skill Simulator






    Sebelum melihat Skill Buildnya, lebih baik lihat dulu Video Skill Dark Avengernya dan hitungan damagenya. Supaya kalian bisa memaksimalkan damage Dark Avenger.





Skill Build 1
Dark Avenger Skill Build level 80
Skill Build di atas adalah yang saya gunakan sekarang. Rencananya digunakan untuk Ladder + PVE.
Skill Build 2
Dark Avenger Skill Build level 80
Skill Build ini akan saya gunakan jika DN SEA memberikan reset skill gratis.













Skill Build 3
Skill Build ini saya sebut dengan Hardcore Dark Avenger Mode. Cocok untuk player yang hobi spam skill di Line Kiri ketika berubah menjadi Dark Avenger (hehehehe).
    






Warrior Skill Tree

Rising Slash Lv 6
Rising Slash saya naikan hanya untuk Build 1, supaya lebih memudahkan kombo di Ladder. Ini tergantung pilihan kalian sih, jika dirasa tidak perlu menggunakan Rising Slash lebih baik tidak dinaikan saja. Saya juga merasa kurang nyaman sih, karena Aerial Attacknya Dark Avenger kurang enak dikombo dengan Rising Slash. (ini alasannya saya berharap ada Reset Skill Gratis supaya bisa pakai Build 2)

Circle Break Lv 6
Ini sudah rahasia umum, saya hanya mengambil Iframenya saja.


Avenger Skill Tree

Avenger Force (Level 12)
Skill Howl yang akan memberikan 10x Avenger Force (Buff untuk Cast Dark Avenger Mode). Selain itu, musuh yang kena Howl akan mendapatkan Debuff minus Action/Movement Speed dan Damage yang diterima musuh lebih besar.

Dark Mastery (Level 1)
Skill pasif yang dapat meningkatkan STR kalian tergantung pada jumlah Avenger Force.

Recovery (Level 1)
Skill pasif yang dapat memberikan Super Armor ke diri sendiri. Super Armornya tidak sebesar Iron Skin ya.

Step Blade (Level 1)
Jujur ya, saya agak kurang bisa menggunakan Skill ini (lebih sering gagal). Simpelnya sih, Step Blade bisa membuat kalian teleport ke depan musuh dengan jarak tertentu.

Shadow Call (Level 5)

Buff Fire Attack untuk diri sendiri dan party.

Dash Combo (Level 1)
Sangat mirip dengan Dash Combo Swordmaster, tapi di akhir serangan bisa mengangkat musuh ke atas dan dilanjutkan dengan Piercing Crescent.

Aerial Blade (Level 1)
Skill yang tidak sesuai harapan saya. Tadinya saya kira bakal lebih baik dari Aerial Combonya Swordmaster, tapi ternyata malah lebih jelek (hehehee).

Counter Slash (Level 1)
Skill Counter Attack untuk Dark Avenger

Soul Cutter (Level 6-9)
Skill ini memiliki Debuff minus Fire Resist (naik Satu level = -1% Fire Resist). Damagenya lumayan besar sih, cuman castingnya agak lama.

Dark Riser (Level 1-6)
Skill ini tidak memiliki Board Damage yang besar, tapi saya agak sering menggunakannya terutama ketika DA mode. Pada normal mode, skillnya mirip dengan Flying Swing dari Mercenary, sedangkan pada DA mode bisa mengangkat musuh ke atas dan dilanjutkan dengan Piercing Crescent.

Dark Suffering (Level 1-6)
Skill ini mirip dengan Flash Stance dari Moonlord. Damagenya juga lumayan besar, apalagi jika ada Buff Action Speed. Bagi yang belum terbiasa menggunakannnya bisa tidak menaikan skill ini dan gunakan Skill Pointnya untuk skill lain.

Graves vs Dark Stinger (Level 16)
Pertama kali saya membuat Dark Avenger sudah menghadapi dilema ini. Dua skill yang memiliki Cooldown cepat dan Board Damage besar. Saya harus memilih salah satunya antara Graves (Mirip dengan Triple Slash dari Swordmaster) dengan Dark Stinger (Mirip Front Shove dari Swordmaster). Membandingkan DPS keduanya ternyata tidak bisa dilihat dari luar saja, harus dikumpas tuntas lebih dalam. Mari kita lakukan.

DPS Normal 
- Graves: (1716% + 70249)/12 detik = 143% + 5854
- Dark Stinger: (2402% + 75635)/14 detik = 172% + 5403

DPS Dark Avenger Mode
- Graves: ((1716% + 70249) x 1.5)/12 detik = 215% + 8781
- Dark Stinger: ((2402% + 75635) x 1.5)/14 detik = 258% + 8105

Wah Dark Stinger ternyata unggul ya. Tapi Grave memiliki Mekanisme tambahan ketika sedang Dark Avenger Mode yaitu Charge. Dengan Charge, Kofisiennya meningkat jadi 2x Board damage.

- Graves: ((1716% + 70249) x 2)/12 detik = 286% + 11708
- Dark Stinger: ((2402% + 75635) x 1.5)/14 detik = 258% + 8105

Dan akhirnya Graves unggul secara DPS. Sejujurnya sih, alasan saya menaikan Graves adalah faktor kebiasaan. Saya lebih sering menggunakan Graves dibandingkan Dark Stinger. Mungkin karena kebiasaan menggunakan Triple Slash EX di Gladiator. Kalian bisa saja memilih menaikan Dark Stinger level 16. Soalnya Charge Grave (DA mode) itu agak sedikit repot dan casting timenya agak lama.

Piercing Crescent (Level 16)
Skill ini mirip dengan Crescent Cleave dari Swordmaster, tapi penggunaannya harus di udara/melayang (bukan tanah). Dark Avenger akan mengeluarkan 3 Wave dan masing-masing wave maksimal bisa 18 hit. Total Hit yang banyak ini, bisa membantu kalian untuk mengumpulkan Avenger Force dari Pasif level 65 (1x Hit Kritikal = 1 Avenger Force). Pada Dark Avenger Mode, skill ini menjadi CTC (seperti Rain Drop Raven), sehingga kita bisa melakukan Cast 3x berturut-turut. Selain itu, Piercing Crescent bisa dicast setelah melakukan Dash Combo dan Dark Riser (DA Mode).

Doom Blade (Level 15 + 1)
Skill ini memiliki efek yang mirip dengan Pasif 65nya Majesty yaitu Monster yang tidak bisa diangkat ke atas akan mendapatkan penambahan 170% damage. Hebatnya adalah Damage tambahan bukan hanya untuk Doom Blade saja, namun untuk semua Skill yang di Cast di Area Serangannya. Saya belum hitung efek anti gravitasinya berapa lama, saya kira-kira sih 3-4 detik (jadi harus pakai skill yang castingnya cepat ya).

Vengence Strom (Level 11-13)
Skill ini mirip dengan Eraser (Ultimate Skill Smasher). Damagenya memang terlihat biasa saja, namun jika dikombinasikan denan Doom Blade maka akan menjadi sangat besar. Board Damagenya pada Dark Avenger Mode + Doom Blade bisa mencapai 10700% setiap 16 detik.

Death Kneel (Level 2)
Skill Ultimate Dark Avenger ini mirip dengan Moonblade Dance. Hit terakhirnya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu Normal (seperti Aerial combo) atau Berputar (seperti Hurricane Gust). Damage Full Hitnya sangat besar terutama jika kita menggunakan Last Hit yang berputar.


Dark Avenger Skill Tree

Dark Avenger (Level 4)
Skill wajib untuk Dark Avenger, karena skill inilah yang membuat kalian bisa berubah menjadi Dark Avenger Mode. Ada penambahan damage untuk beberapa skill dan kritikal.

Dark Crash (Level 11)
Skill dengan Damage dan Area yang besar. Mekanisme skillnya mirip dengan Spiral Edge dari Windwalker. Ada perbedaan 150% damage antara Full Cast dengan Fast Cast.

Defence Accelerator
Kalian harus memilih antara A (Pengurangan Damage 10%) atau B (HP +20%).

Power Accelerator
Kalian harus memilih antara A (10% Final Damage) atau B (15% Fire Attack)

Attack Accelerator
Kalian harus memilih antara A (10% Damage untuk Aerial Skill) atau B ( +5% Damage untuk setiap serangan kritikal)

Dark Avenger EX
Kalian harus memilih antara A (15% Kemungkinan Kritikal) atau B ( cooldown Dark Avenger berkurang menjadi 5 detik dan kemungkinan kritikal meningkat 5%)


Skill Plate:
- Dark Crash (Damage)
- Shadow Call (Cooldown)
- Vengeance Strom (Damage)

- Avenger Force (Cooldown)
Optional: Soul Cutter (Cooldown). Doom Blade/ Graves/ Dark Stinger/Piercing Crescent (Damage).

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

178 comments:

  1. mas bro itu dark avenger ex gak salah deskripsi?? kok cooldown berkurang 5 detik? mestinya kan cooldown berkurang menjadi 5 detik... beda artinya mas bro :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalahhh bener ya..
      Haduh salah artiin..T_T
      ganti build lg de

      Delete
    2. itu build yg pertama, side kick gak di ambil?
      alasan?

      Delete
    3. Alasannya sih pas saya levling pake Build 1, jarang sekali menggunakan skill tendang".. soalnya DA punya banyak skill cooldown cepat, jadi gak sempat buat nendang2..

      Kalau di PVP bisa jadi kepake, tapi saya tidak terbiasa PVP menggunakan tendangan. hehehee (Newbie Warrior)

      sebenerny bisa sih korbanin MP Recovery buat Side kick. Soal MP DA gak boros juga di Ladder..

      Delete
    4. mas build ane sama percis sama yg nomer 2 itu , tp bedanya ane nagmbil dark avenger ex nya yg crit 15% , gimana menurut mas , enakan yg A apa B ?

      Delete
    5. Di PVE sih lbh enak yang B..
      Soalnya Biar kalau kena Wipe Buff bisa cepet Cast DA lagi

      Delete
    6. Jadi yang Bener untuk skill EX Dark Avenger yang mana Bro?

      Delete
  2. bro, tolong buatin status build buat Flurry lancea dong, bingung juga nih naikin apa statusnya hehhe thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bear aja cukup..
      jangan iseng" maen AGI, nanti DPSnya malah turun..

      Delete
  3. mas bro maaf pendatang baru nih, link download DN SEA nya pake part ada gak? thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Webnya sih ga da yg Part lg.. ;-( ;-(
      Saya aja dolo minta ke Warnet

      Delete
  4. Kang Mas Ramdan Nahdi udah jadi belum Chart DPS untuk perhitungan dengan element penasaran banget update terbaru DPS di cap 80 ? 8)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bikin DPS char terbaru butuh waktu banyak..
      kayanya bulan2 ini terlalu banyak event jd gak bsa fokus..

      Delete
    2. OKEH deh gan di tunggu itu buat PR aja deh . tapi aku mau tanya soal pendapat agan untuk cap 90 gimana ?
      1. Skill buff seperti ff,sb jadi selfbuff T_T?
      2. Skill Instan (pasti udah tau kalo sudah lihat blog nya freedom forum korea ) ?
      sekian thx

      Delete
    3. Waduh urusan Cap 90 nanti aja saya komennya..
      nunggu Changelog yang komplitnya keluar, soalnya kadang kata"nya itu suka beda sama di Game

      Delete
  5. om tanya dong, DA dinaekin str+agi ya? trus set equip 80 yg reward dari SEA itu apa sudah mumpuni bwt nest VN / VON ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galau ih..
      Str = 0.5 ATK sedangkan AGI = 0.25 ATK
      DA punya Buff +STR..
      DA butuh Kritikal buat ngumpulin Avenger Force..

      Tapi semuanya hancur ketika di Nest Cap 80, kritikal Resistancenya 60%..
      Dan akhirnya saya memutuskan bermain Pure STR aja.. (Jawab STR aja pake crita)

      Aku belum buka reward kotak itu loh..
      kamu dah buka aja, emang dapet Equip apa? (Lol malah balik nanya)

      Delete
    2. kalo yang ane liat si kayaknya satellite ranceia gan....

      Delete
  6. Untuk build statsnya, mendingan build STR + VIT (Pure PATK + CRIT) atau AGI + VIT (CRIT + FD) (soalnya temen guild saya ada yg pake AGI + VIT)
    Sama req video pas leveling di AOH Hard Mode atau kalo ga ada yang Chaos Mode aja...... (soalnya saya sering mati dan dapat banyak hit pas di stage golem dan bossnya) .... T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau Upload Video musti malem" (Efek pake Smartfren), saya blum bisa begadang dulu kayanya..

      Jawabanya sama kaya pertanyaan di atas..
      Saya sih lebih suka STR + VIT aja, soalnya untuk maksimalin Pasifnya..
      Kalau bisa sih main STR + VIT + FD :d

      Kritikal sebenernya bagus, tapi kalau main AGI kamu ngorbanin banyak PATK demi Kritikal..
      Dan itupun di Nest 80 Crit Resistnya 60%, jadi agak jarang" Kritikalnya..

      Delete
    2. crit resist 60%? pantes aja chem grenade di kurangi minus crit resistnya, hahhaa jahat emng :'V

      Delete
  7. Mas broo, kalo skill plate nya Flurry apa aja ya mas bro? bingung nihh.. reply yaa thx! :)) (o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya udah ada di FLurry Skill Build..
      - Lollipop Chops (Damage)
      - Spinning Skewer (Cooldown)
      - Harmonize (Cooldown)
      - Spinning Cut (Damage)
      Optional: Spinning Swing (Action SPeed), Shutter Bounce/Rough Sweep (Damage)

      Delete
  8. Mas Ramdan mau tanya, kalo skill Recovey (buat super armour) di ladder itu ngefek banget apa ngefek aja? super armournya bisa buat nahan apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh saya bukan PVP player sih ya..
      Menurut saya sih lumayan Efeknya, mirip2 kaya Elemental Lord pake Shield (bukan Iron Skinnya mercen ya)

      Delete
  9. duh salah bikin equip ni. saya flurry malah main di agi + vit T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending STR gan..
      Apalagi Update terbaru di DN KOREA.. Status STR = 0.75x PATK, sedangkan AGI = 0.25 PATK..
      Jauh kan??

      Delete
  10. Gan di DN ina kapan dark avenger nya keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih Lancea aja belum sebulan udah minta tambah Job baru lagi..
      Sabar aja paling beberapa bulan lagi.

      Delete
  11. ini build pvp ato pve ?
    btw di box lvl 80 ada skill reset :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Build Galau..
      Build 1 itu agak" ke PVP
      Build 2+3 itu PVE

      Delete
  12. nanya min..!
    itu build 1 kalo dibuat PVE, kekurangannya apa kalo di banding build 2 dan 3..??
    Gua suka PVP sama PVE, walaupun modal PVE lebih WAW..
    gak GG gk diajak party :v :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Build 1 = Build leveling, jadi agak berantakan sebenernya..
      Selama saya pake buat DG dan Nest, kendala utamanya ada di Pasif 70 (Dark Avenger EX). Di Build 1 saya pake +15% Critical Rate, lebih enak sih yang sebelahnya +5% Critical Rate dan Cooldown DA menjadi 5 detik

      Delete
    2. ok tq min sarannya..!!
      tgl 13 update DA di DN INA, udah lama nunggu" ni job :v

      Delete
    3. Ih ngebut banget ya INA..
      mentang" DN SEA lg kena masalah DDOS Attack..

      Delete
  13. http://dnss.herokuapp.com/job/darkavenger-80
    Dark avanger skill simulator tuh bang
    monggo

    ReplyDelete
  14. Hi sorry, i could not understand the language so would like to ask may i know which skill build is for pure pve?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I guess for pure is 2 and 3 board

      Delete
    2. U're Right Latias..
      Basically Skill Build 2 and 3 are for PVE
      The Different is refer to Ur DPS Skill selection..
      Skill Build 3 for player who love using DPS Skill in Left Line (Grave, Dark Stinger etc), especially in Dark Avenger Mode.
      Skill Build 2 for player who love using DPS Skill in Left and Right Line ( Dark Riser and Suffering).

      Note: Skill Build 2 have more Debuff (- Fire Resist) than Skill Build 3 (Gap: 3%)

      Delete
    3. Gap: 3% for skill build 3 means?

      Delete
    4. Sorry my bad, I told about Soul Cutter..
      Skill Build 2: Soul Cutter level 9 (MAX) = -28% Fire Resist
      Skill Build 3: Soul Cutter level 6 = -25% Fire Resist
      So, if u wanna using Skill Build 3, you'll lose 3% Fire Resist
      (3% Fire Resist isnt a Big Number too..)

      Delete
  15. Weleh DN SEA enak bnget !! Klo ada krkter lvl 80 DAnya lngsung lvl 60..
    Parah nih di indo punya krkter lvl 80 tpi DA nya lvl 1 !!! :'( :'( gw bisa gila leveling lagi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw bukan 80, tapi 70 doank dah dapet DA level 60 jdi gak cape2 leveling seharian..
      Tadinya mau niat Leveling di INA pake Returnee Hero lagi, tapi karena ada syarat Level 80 jd males.. Soalnya ID Returnee saya gak ada char level 80 T_T

      Delete
    2. ud diubah gan syarat nya...ngga harus punya char lvl 80 ...
      nih baca aja
      http://www.gemscool.com/berita/read/2015/08/13/12814/news.html

      Delete
    3. Yap jadinya saya bisa buat deh di ID Returnee Heroes..

      Delete
  16. mas ramdan, saya mau nanya perbedaan lvl 80 lunar knight sama lvl 80 DA dengan equip yg setara jauh ga? atau cuma beda dikit2 aja?
    mohon penjelasan kelebihan dan kekurangan masing2 karakter ya mas, makasi....:v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya belum pernah hitung2an sampe situ..
      Biar lebih aman sih tunggu DPS Chart terbarunya selesai dulu aja..

      SAya coba kira" aja dolo ya..
      Secara DPS sih kemungkinan besar DA diatas Moonlord.
      Soanya pas DA mode, DA punya skill dengan Damage besar dan Cooldown Cepat, sehingga DPSnya bisa naek hampir 2x lipat..

      Kelebihan DA:
      - Semua Skill Element Fire (Bisa join Fire Party)
      - Punya Buff dan Debuff Fire Attack
      - Punya banyak Skill DPS dengan Board Damage besar
      - Damage Ultimate Skillnya GG
      - Skillnya memiliki Area yang cukup besar
      - Memiliki Skill Pasif Super Armor
      - Dalam Gear Equip, DA lebih murah karena menggunakan Bear Jade dan Equipnya pun diberi Gratisan oleh GM.

      Kekurangannya:
      - Harus mengumpulkan banyak Avenger Force biar bisa berubah terus. (mangkanya butuh plate Avenger Force Cooldown juga)
      - Critical Resist Boss 80 yang besar kadang jadi hambatan dalam mengumpulkan Avenger Force.
      - Ketika tidak menjadi Dark Avenger, casting time skillnya agak lebih lama..
      - Durasi Buff/Debuff Fire Attacknya lebih singkat dari cooldownnya. (jadi gak bisa permanen, walaupun sudah pake plate -cooldown)
      - Sebagian besar skillnya memiliki jarak serangan yang tidak besar, sehngga kemungkinan cancel atau dipukul boss lebih besar.

      Kelebihan Lunar Knight:
      - Pasif 65nya bisa meningkatkan damage yg besar
      - Punya salah satu Skill Top DPS yaitu MBD EX
      - Ada Buff +Damage dan Matk
      - Jarak Serangannya jauh", sehingga bisa melakukan DPS dari jarak aman.

      Kekurangannya:
      - Agak sedikit repot melawan musuh yang terus bergerak.
      - Tidak memiliki Element, sehingga untuk bergabung ke Element Party perlu modal ECJ.
      (Kadang" banyak orang yang bermain Element nanggung yaitu mempuyai % Element sangat kecil atau minus, ketika Solo Mode)

      Segitu aja ya..
      Saya bingung kalau suruh nilai kelebihan dan kekurangan, takutnya ntar salah diomelin orang.. LOL

      Delete
    2. oke tengkyu mas, kalo soal damage ternyata lebih besar DA ya...

      Delete
  17. om heraldry DA apa2 aja ya? bukan heraldry skill , misalnya Bear , tent DLL gitu ?

    ReplyDelete
  18. kalau jade nya make STR / Agi ? agi 0.25% str 0.5% , menurut om bagus STR/AGI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. STR aja deh, soalnya ada Pasif yg nambah % STR.
      Di Patch terbaru pun, STR = 0.75 dan AGI = 0.25

      Delete
  19. min mau tanya DA senjatanya sama kyk swordnya SM apa beda ya??
    ini mau prepare eqnya tapi kok denger" kalo SM itu Great Sword yg DA Long sword apa bener?

    ReplyDelete
  20. Bang, saran lebih bagus + enak skill build yang mana? buat pve

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihannya berarti antara Build 2 Vs 3,,
      Saya sih lebih suka Build 2.. hehehe

      Delete
  21. ok min , jadi Eq LK ane bsa di pke buat DA ya? wkwkwkw

    ReplyDelete
  22. mau nanya, untuk acc nya menggunakan skill ring ya? skill apa aja ya yang +1? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia sama perlu gk ya plate 3rd crit agar lebih sering critical atau pake 3rd atack aja?

      Delete
    2. Oh ya saya lupa wkwkwkw..
      Ring saya pake Avenger Force dan SHadow Call +1
      Earring/Neck saya lupa..T_T
      Pokoknya salah satu pake yang Doom Blade +1

      Jika ada Dana lebih, mending pake 3rd Krit sih..
      Kalau gak ada, mending pilih STR aja gpp..

      Delete
  23. salam kenal mas ramdan
    bisa bntu build skill PVP Da nggk ?
    msh bingung saya nih
    fokus damage niat ny
    tolong dibimbing mas
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh PVP ya..
      Bingung nih, saya jarang PVP pake Warrior
      Apalagi DA ini baru2 saya pegang
      Nanti coba saya buat Skill Buildnya ya
      Tapi gak jamin cocok loh

      Delete
    2. Saya msh bingung di skill 3 ny
      antara FD Up / Fire UP
      Aerial Damage / Critical Damage
      DA Ex A / B
      Mohon bimbingan ny mas Ramdan
      Makasih

      Delete
    3. FD vs Fire,sebenernya cmn beda 3-5% (Tergantung Fire resist Boss)
      Berhubung DA serangan Fire, jadi saya milih Fire UP aja...

      Aerial damage itu,
      +10% damage Piercing Crescent, Death Knell, Aerial Blade dan Dark Crash..
      Critical damage +5% itu untuk semua skill..
      Berhubung Crit Resist Boss Cap 80 gede (60%), jadi Crit kan jarang". Jadi saya lebih milih yg pasti2 aja, damage +10% untuk aerial. Dark Crash kan TOP DPSnya DA juga.. :P

      DA EX sih buat PVE saya milih yg B..

      Delete
    4. makasih banget saran ny mas Ramdan
      pas sesuai pemikiran saya jg :)
      salam kenal

      Delete
  24. mas mau tanya dong kalo dark avenger skill aerial nya ada berapa ya? Bisa ga kalo saya minta bantuan build DA yang fokus ke skill aerial, soalnya saya seneng aja liat nya. Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DA punya 4 Skill Aerial:
      1. Piercing Crescent
      2. Aerial Blade
      3. Death Knell (Ultimatenya)
      4. Dark Crash

      Aerial Blade saya rasa gak bagus di MAX-in, soalnya aera serangan kecil banget dan Damagenya juga gak gede" amat.

      Nah Sisanya kan, Piercing Crescent, Death Knell dan Dark Crash..
      Ketiga Skill itu udah otomatis MAX di Semua skill Build di atas kok..

      Delete
    2. wah makasih banyak mas. mau tanya lagi dong.

      skill apa aja sih yang berubah jadi nightmare skill pas jadi dark avenger? itu loh yang warna gambar skill nya jadi kuning

      Delete
    3. Grave, Dark Stinger, Piercing Crescent, Doom Blade, Vengeance Strom, Death Knell, Dark Crash, Dark Riser.

      Delete
  25. Mas maaf ane mw nanya.. klo buat pve aja enakan raven atau Da.. saya mw bkin bru lgi soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat sekarang si DA lebih enak..
      Gak perlu modal banyak karena Equip, plate dan jade sudah dikasih GM.

      Delete
  26. Agan Tolong Tips Levelingnya yang kyk lancea gan

    ReplyDelete
  27. heraldry utk DA,GL,SS boleh gk agan ksih tau???bukan yang heraldry skill tapi heraldry yang kyk destruction,tent,vitaly?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dasarnya sama ya..
      Destruc, Fatal, Tent, Shining, Life Vit, Healthy

      DA: + Bear dan Wind/Ultimate
      GL: + Bear dan Wind/Ultimate
      SS: + Wind dan Bear/Ultimate

      Delete
  28. Bang kalo diliat-liat katanya lebih manteb ke skill 3, aku bingung mau ke 3 ato 2 bang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja masih galau ini milih yang mana..
      Saking bingung sapa pake Build ini di 3 DA yang berbeda..

      Kalau saya milih sih, lebih suka Skill Build 2..
      hehehe

      Delete
  29. om mau nanya
    saya ud jadi DA ,masalahnya nie ulti yg klick kanan (finish att yg muter" itu) ngg berhasil ke trigger
    ud nyoba dari lvl 40-50 ngg berhasil XD
    yg klick kiri bisa,kira" ada tips untuk timing nya ngg? ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah baca deskripsi ternyata XD,kirain right click,hold left click ternyata :3

      Delete
    2. wkwkwkww udah bisa berarti ya..

      Lebih enakan yang Muter karena Damagenya lebih besar

      Delete
  30. mas, ini kira kira jade nya pake apa aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bear + Vit (Armor)
      Bear + Fire (Senjata)
      Ring (Fire)
      Ear/Neck (Vit)

      Delete
  31. Mas itu kok statsnya DA beda ama warrior pada saat pembuatan karakter di dn ina, coba liat deh itu warrior strnya 7 dari 8 sedangkan DA 6 dari 8, terus vitnya DA lebih kecil dari warrior

    ReplyDelete
  32. Coba deh di cek waktu di screen pembuatan karakter DA sama warrior terus bandingin statsnya (dn ina lho ya)

    ReplyDelete
  33. kak, utk main+sec weap & ring, bagusan pake jade fire atw destruc..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh udah d jawab sama Masnya yang dibawah,,
      Lebih bagus Fire.. ^^

      Delete
  34. Klo itu mah udh jelas pake fire lah, jangan terpacu sama attack gede berarti damage gede itu kan pemikiran yang salah justru dengan adanya fire attack lo bakal dapet penambahan damage sesuai % nan fire lo

    ReplyDelete
  35. Vroh nih skill buildnya untuk Pvp? Pve? atau Pvp dan Pve?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Build 1, cmn nambahan rising slash untuk PVP doank, tanpa main tendang2..
      Build 2 dan 3 sudah PVE

      Delete
  36. mas Ramdan, kalo build PVE skill pasif super armor saya max'in mnrt mas, bagus gk, soalnya saya mikirnya (lumayan buat nambah2 Def di DG/NEST) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm sebenernya sih gpp ya, biar Super armornya lebih lama..
      Tapi Skillnya kan udah tanpa cooldown, jadi setiap kali hit pasti keluar kan..

      Delete
  37. fire resist gunanya apa ya? maaf newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengurangi pertahanan Fire Element musuh..
      Jadi damage Skill Fire yang masuk lebih besar

      Delete
  38. gan, DA EX ambil yang A atau B ?
    soalnya kan udah ada skill pasif 65 jadi kalo ditambah yang A kesempatan crit nya tambah gede jadi sering dapet Avenger Force

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di PVE saya lebih suka yang B, karena Cooldown Skill Dark Avenger menjadi 5 detik. Sedangkan untuk PVP saya lebih suka yang A, karena kemungkinan Kritikal 15% lumyan buat bunuh musuh dengan cepat..

      Delete
  39. Mas Ramdan alsannya knpa skill DA plih yg Fire.ATK 15% ketimbang FD 10% bkan'y persenan FD th lbih besar ya dri Dimage yg lain,sya player DNA bru niat"ya nh mumpung aj job baru WR greget biasanya mles bngt buat job WR am Cleric (curhat dkit XD) bimbang am skill pasif itu,bgus ya FD or Fire,Atk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FD = meningkatkan serangan untuk semua Skill
      Fire = meningkatkan serangan untuk Fire Skill

      Semua Skill Dark Avenger kan Fire, jadi peningkatkan Fire Attack lebih besar sedikit (sekitar 3-5%, tergantung resist boss).

      Saya dapat info sih Fire Attack punya Buff Limit yaitu 100%, saya sih belum ngetes itu.
      Kalau bener Buff limitnya cuman sampai 100%, berarti FD lebih bagus.

      Delete
  40. min, boleh req skill dragon jade utk DA gk..? kyak jade welton utk weapon, utk armor yg bagus apa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh..
      Kalau maen Full STR, senjatanya pake -Critical Resist aja.
      Armor gak apal, mungkin yg super armor, def, dll (saya gak pernah merhtiin Skill Jade sih)

      Delete
  41. Misi numpang tanya..
    itu pasif DA yang menambah final damage itu maksudnya fix 10% damage
    atau penambahan 10% FD dari jumlah FD yang kita punya
    misal punya 100 FD jadi 110 FD? atau punya FD 10% trus jadi 11%? atau memang penambahan fix 10% damage?

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10% dari damage yang keluar dari Char kita, bukan FD CHar +10%..
      Kasian dong yg FD 0, gak dapet bonus ntar..

      Delete
  42. om req penempatan talisman buat da ...terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih gini:
      Bear | Health | Fatal | Tent
      Destruc | Wind | Life Vit | Iron Wall

      Delete
  43. Min DA emang kurang cocok buat pvp ya? Rada susah gitu make skill"nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. DA lumayan enak padahal Buat PVP, apalagi kalau rame2..
      Soalnya Area skillnya Gede dan rese..

      Belum terbiasa aja mungkin jadi rada susah

      Delete
  44. aerial ama crit lebih bagus mana nih bang ?
    ane sih build nya ambil yang crit semua wakakak :v jadi ambilnya b,b,b,a :v
    minta sarannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih lebih cari yg pasti2 aja 10% Aerial damage..
      Soalnya Dark Crash dan Death Knell punya damage yang luar biasa juga..
      Piercing Crest juga bisa CTC ampe 3x juga... :p

      Kritikal juga cmn +5% damage, kecil banget sih itu..
      + Krit resist musuh di nest 80 juga gede, jadi agak jarang"

      Delete
  45. Mas kalau buat khusus PVE yang mana plus dengan keteranganya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca di kolom komentar ada penjelasannya dikit" hehehehe..
      (Lagi gak bisa Edit" Artikel)
      PVE itu Build no 2 dan 3

      Delete
  46. Mas, kalau mau pake heraldy death kneel, mending ambil yg cooldown apa damage?

    ReplyDelete
  47. https://www.youtube.com/watch?v=upLIzpADGFw bro ini ada video build ente di youtube,,, ini dia asal nyomot apa emang punya dia buildnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Post tanggal 23 Juli, sedangkan itu Video tanggal 21 Agustus
      kwwkwkkwkw GPP, kreatif di videoin..

      Delete
  48. Mas ramdan, bisa minta pictnya skill yg dipake di slot dari 1-9 or - = :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Video sempet kelihatan kan sususan Skill char saya :P

      Delete
  49. mas mau tanya, emangnya ngaruh gak pangkat di pvp untuk combo di mode CvsC, soalnya masa char yang equipnya poloson cuma pekek weapon saja bisa menang sama char yang equipnya full set yang epic

    ReplyDelete
    Replies
    1. CvC kompen ON itu gak ngaruh Equip dan Pangkat..
      Disana Pure Skill Build dan Skill Plate kamu yang ngaruh..

      Delete
  50. saya buat id baru DA lv80, katanya kalo sebelumnya belum ada karakter yg lv80, maka DA nya akan dihapus. bener tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh saya lupa syaratnya..
      kalau gak salah sih, jika bnyak DA yg udah level 60++
      Periode Event akan diperpanjang sampai November..

      Jika tidak, kalau tidak salah semua Char DA yang belum level 80 akan dihapus..
      Kejam juga ya.. T_T (Di DN SEA yang level 1 aja tidak dihapus)

      Delete
  51. numpang nnya bang, skill buat di earring,ring,neck apa aja ya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ring: Avenger Force + Shadow Call
      Neck + Ear saya lupa, pokoknya salah satunya pake Doom Blade +1..

      Delete
  52. numpang nanya kalo premium heraldry sekarang yg 3rd FD kaga ada ya bang ?

    ReplyDelete
  53. Blh req build Hybrid PVE + PVP om ?

    ReplyDelete
  54. mas minta skill build DA yg tipe PVP ada ga mas ? .. terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  55. Siang bang Ramdan Nahdi , Skill Build DA Untuk nest ada ga ? klo ada minta SS nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di atas ada 3 Build gan..
      kalau ane sih cocoknya pake yang No 2.

      Nunggu komen mas ramdan

      Delete
    2. Raid bisa pake No 2 atau 3 sih..
      tinggal pilih yg mana yg cock

      Delete
  56. Gan, mau tanya, kok Dark Avenger EX pilih yang B..? buat apaan? critical cuma 5% sama dark avenger transformation menjadi 5 detik..
    Emang mau nge spam dark avenger transform gan?
    Kan udah ada dark avenger frenzy, yang ngubah critical menjadi avenger force, mending pilih yang A kan gan, kemungkinan keluar critical lebih terasa, jadi nambah avenger force nya tiap critical, jadi ga bakalan balik lagi deh tuh ke form biasa. karena critical mulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap itu cocok untuk Dungeon biasa..
      Tapi di Nest/Raid yang sebagian besar Bossnya punya Skill Wipe Buff (Dark avenger 5 detik itu membantu loh..)
      Jadi kalau kamu baru pake DA dan kena Wipe Buff, gak perlu nunggu 40 detik :P

      Selain itu masalah Critical Chance masih bisa diakali dengan Gear juga

      Delete
    2. Oh gitu ya gan, bener juga sih gan, oke makasih info nya..

      Mau tanya gan, ane dah modalin DA ane, dah ane modalin full costume argenta biar ganteng, ane main di DN INA, di INA job DA diskrimatif sekali, apakah di SEA juga? party -DPS no DA, padahal DA adalah DPS yang cukup besar damage nya, sangat kerasa pergerakan skill bar boss kalo DA keluarin skill..
      Terus nasib DA kedepan nya (cap 90) apakah bagus gan? katanya nasib DA di cap 90 jelek, ga diterima party..

      Delete
    3. Wuih padahal DPSnya masih di atas rata2 loh..
      Teori Diskriminasi saya sih:
      1. Masalah VGA kale :P, karena efek Skill DA yang super" itu bisa ngerusak VGA orang alias patah2.
      2. DI INA, jarang ada Fire Party jadi orang pada mals bawa DA
      3. Banyak yang Belum tahu kalau DA itu DPSnya mantap

      Saya sih kalau kena diskriminasi, mending buat party sendiri trus add sapa aja yang mau Nest bareng..
      Di SEA, DA masih aman2 aja jadi DPS..

      Wuih masalah Cap 90 ntar tunggu aja analisisnya :P

      Delete
  57. Mas Ramdan, mau tanya nih bedanya judi pouch skill level 16, 24, 32 apa bedanya?
    nah terus klo saya mau cari skill Doom Blade, Dark Crash, sama Piercing Crescent ? mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah terus klo saya mau cari skill Doom Blade, Dark Crash, sama Piercing Crescent cari pouch yg level berapa ? mohon pencerahan *ralat

      Delete
    2. 16 = Grave, Avenger Force dan Dash Combo
      24 = Dark stinger, Piercing Crescent, dan samping kananya.
      32 = Doom Blade, Vengeance dan samping kanannya
      40 = Death Knell dan Dark Suffering
      45 = Dark Crash dan Dark Avenger

      Delete
  58. Mantap Kang skill build no.2-nya. di ladder menang terus :D

    ReplyDelete
  59. pendapat saya pribadi (build saya) buat naikan crit rate tanpa banyak kehilangan damage itu menggunakan acc skill ring dengan optional crit + elemen.. dan tetap dicolok fire jade.
    armor saya tetap menggunakan str + vit jade.
    weapon & ring menggunakan fire jade.
    ear/neck saya ganti dengan wind jade buat boost crit nya.

    saya punya 2 set skill ring. 1 dengan raw patk tertinggi, 1 lg crit + elemen.
    saya biasa pakai skill ring dgn patk raw tinggi buat party nest karna limit elemen (tp saya ada baca elemen yg limit di 100% hanya dari buff bukan dari gear.. so elemen bisa over 100%.. saya pernah baca di forum nya cherrycredits)
    sedang crit + elemen hanya saya pakai bila solo dungeon / daily.

    target crit buat saya minimal 60% itu sudah cukup biasanya. karna party saya biasa ada archer class dari tmn saya sendiri. jd sudah ada modal +20% crit rate.. total sudah 80%.

    sisanya crit akan terboost sendiri ketika avenger transform. karna itu saya memasang +1 skill dark avenger utk boost crit rate nya.

    dulu saya bermain full str sesuai build dari Ramdan. tp merasa kurang greget saya modifikasi sedikit di bagian equip nya. karna crit besar = dmg lbh besar tp jgn sampai korbankan porsi jade STR. dan memang benar di nest 80 crit resist cukup besar. karna party saya cukup fix, saya selalu bawa archer (sniper) dgn walking target yg bantu turuninkan crit resist permanen. crit resist boss jg bisa didown lg dgn jade skill -crit resist.banyak cara utk turunkan crit resist boss tp tergantung komposisi party nya aja.

    jd buat saya jadi pump ke crit dgn minimal 60%.

    semoga membantu. maaf bila ada yg salah. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh Panjang dan Bagus banget sarannya..
      50-60% aja udah oke sih
      Bener kata kamu juga, bisa manfaat-in susunan party
      Mau banyak kuningnya, cari aja tukang Debuff Critical Resist kaya Bowmaster, Adept, Engineer atau Flurry

      Delete
  60. oh ada yg saya lupa..
    dark avenger skill saya di level 6. itu boost crit sebesar +11480.
    +1 dari skill acc. +1 lg dari heraldy skill up.
    ini buat yg bener2 incar crit.
    bagi yg ngga, str mode saja. walau jarang keliatan dmg critical nya ntar.. hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih ada yg tau Ide ini juga trnyata :P
      Bener banget bedanya Level 4 sama 6 lumayan jauh
      3k vs 11k, mayan juga +8k Kritikal

      Delete
  61. sebagai tambahan..
    kelemahan dari build saya ini doom blade tidak di level 16.
    karna acc skill doom blade dan dark avenger berada 1 tempat di necklace.
    tp saya menggunakan doom blade sebagai boost up dmg sblm memakai vegeance storm dan dark crash.
    jadi pilihan ttp kembali ke player nya aja.
    kalo bisa boost crit tanpa korbankan +1 doom blade, maka tidak perlu memakai skill acc dark avenger.
    tp jika ingin bermain full str dan crit yg lumayan, bisa memakai cara ini + jgn lupa IM +1 skill heraldy up juga dibutuhkan.

    semoga banyak membantu para player terutama komunitas dark avenger..

    ReplyDelete
  62. oh ada 1 tips lagi semoga membantu..
    bila tidak ingin punya 2 set skill ring..
    saya menyarankan wajib mempunyai yg crit + fire elemen..
    bila merasa dlm party elemen kalian terlalu over, maka tinggal ganti saja fire jade di ring dengan jade destruc.
    ini lebih murah daripada punya 2 set skill ring.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Fatal Ring ya kalau males judi ACC Skill..
      Ini di INA ada batasan Max Fire Attack kah?
      Duh saya gak pernah Raid Sih, jd blum test batasan % element di Raid.

      Delete
  63. forum.cherrycredits.com/topic/235555-guidelight-your-dark-path-myunirus-crusader-strint-dps-build

    coba dibaca di bagian spoiler stat overview sub ttg light.
    di sana dikatakan bahwa elemen bisa over 100%.

    semoga membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, semoga NExt CAP gak di Nerf jadi max 100% aja.. T_T

      Delete
  64. Kalau death knel di plate nya pilih damage apa cooldown mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pilihan sih..
      Kalau sering dipake bagusan Cooldown, kalau agak2 jarang mending Damage

      Delete
  65. omm, mau minta batuan nihh, kok saya udah lv 25 tapi skillnya cuman ada warrior sama avenger doang ya om, ga ada dark avengernyaa???. anak baru soalnya, dikasih tau ama temen game bagus, yaudah maen aja, eh beneran bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill Dark Avenger baru keluar setelah Quest perubahn JOb di Level 50 nanti...
      Jadi yang sabar ya levelingnya..^^

      Delete
  66. mas tanya dong, limit elemen itu maksudnya gmna ya? saya kurang paham ni?
    newbie. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Limit Element itu maksudnya Batas Maksimal Element kamu,
      tapi katanya sekarang masih belum ada batasnya sih..

      Seharusnya maksimal kan 100% Element Attack biar adil

      Delete
  67. Bang ramdan mau tanya dong skill ring DA bagusan Shadow call atau Dark crash ?
    masih bingung saya
    Minta sarannya bang

    Thk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara Fungsi sih lebih bagus Shadow Call, soalnya Dark Crash lv 12 itu cmn nambah dikit banget %an damagenya. Sedangkan Shadow Call meningkatkan semua serangan Fire kamu...

      Delete
  68. Gan bsa share Title Fire Atck? Apa aj ya ?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Overcoming limit aja dari GDn dah mayan 5%
      Crazy over Experiment 3%, dari TKN normal

      Kalau di SEA ada yg lebih gede, cmn itu dari Event Assassin dolo sih.. Elementnya sampai 6%.

      Delete
  69. skill ring pakai aja shadow call ma dark crash..

    title fire pake gigantomachia atau overcoming limit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh bisa juga Shadow Call atau Avenger Force..

      Delete
  70. gan yg mna ni cocok untuk DG skill build'a ?

    ReplyDelete
  71. bang ramdan kalo dark avenger itu dapat reset skill gak

    ReplyDelete
  72. gan, tipe PVE mending build 2 apa build 3 ya ? bedanya di skill mana emangnya ? makasih..

    ReplyDelete
  73. .bang ramdan numpang nanya nasib da di cap90 kyak mana y? Soalnya saya dnger ad nerf abis abisan sama da

    Ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhh saya belum analisis, tunggu aja ya soalnya ntar salah diomelin lg

      Delete
  74. Bang, saya newbie mau nanya.... Sirkel Brik (Circle Break) maksudnya 'rahasia' itu apa? :o

    ReplyDelete