MOONLORD DAMAGE COMPARISON (Magic, Dark, Light)

Moonlord/Lunar Knight Damage Comparison

    Maaf ya, beberapa hari ini jarang post di Blog. Ada orang yang merasa iri, kenapa saya hanya melakukan Raven Damage Comparison. Dia meminta saya untuk melakukan Moonlord (Lunar Knight) Damage Comparison sesuai gearnya. Perbandingan gear yang dia minta adalah Magic, Dark dan Light Moonlord. Jika saya hanya membandingkan damage dengan Buff sendirinya sih, itu tidak akan repot dan saya sudah bisa nebak bahwa Magic Moonlord pasti menang. Tapi dia meminta saya untuk membandingkan Damagenya di tiap party yang berbeda, misalnya DPS Dark Moonlord di Dark Party.


     Seperti biasa, hal yang pertama saya lakukan adalah membuat Gear Simulatornya dulu. Khusus untuk Dark Moonlord saya tidak menggunakan Pure Dark yang menggunakan Tough. Setelah membuat Gear Simulator, saya memcari sususan party yang pas untuk Magic, Dark dan Light Moonlord. Komposisi Party yang saya pilih adalah untuk Nest biasa yang berjumlah 4 orang. Perhitungan DPSnya saya masih menggunakan cara perhitungan Full Buff di Dragon Nest DPS Chart. Saya nanti akan membuka cara saya menghitung Damage dan DPS, tapi tidak di post kali ini ya.



Gear Character

Magic Moonlord
magic moonlord


Dark Moonlord
dark moonlord


Light Moonlord
light moonlord


Keterangan:
  • Armor yang saya gunakan Asteroid Lancea +10 dengan Superior Life Vitality dan Intellect Jade level 70.
  • Dark dan Light Moonlord menggunakan ECJ.
  • Weapon yang saya gunakan Ruler (Ladder Weapon) +10 dengan Superior Intellect, Magician untuk Magic Moonlord, dan Superior Dark Jade untuk Dark Moonlord dan Dark  Superior Light Jade untuk Light Moonlord.
  • Costume yang saya gunakan adalah Epic Costum.
  • Ring : Magician Downy untuk Magic Moonlord dan Skill Ring (opt: Dark,Light dan Matk) untuk Dark dan Light Moonlord.
  • Earring + Necklace: Intellect Downy.
  • Premium Heraldry level 70 (tidak 3rd Option)
  • Unique Heraldry level 70
  • High Talisman untuk level 70
Perhitungan Damage:
  • MATK yang saya gunakan adalah nilai rataan.
  • Hit Damage saya gunakan Hit terbesar.
  • Saya tidak menghitung Damage Kritikal.
  • Saya menggunakan Skill ring +1 untuk Crescent Cleave.
  • Saya menghitung Final Damage
Perhitungan Full Buff:
  • Buff/Debuff Moonlord yang saya gunakan yaitu Brave, Provoking Slam, Pasif 65 dan  Cyclone Slash EX.
  • Magic Party: Artillery, Smasher, Saint dan Magic Moonlord
  • Dark Party: Dark Summoner, Abyss walker, Physician dan Dark Moonlord
  • Light Party: Crusader, Inquisitor, Light Fury dan Light Moonlord.
  • Perhitungan Full Buff DPSnya sama dengan post Dragon Nest DPS Chart.
Magic Party Debuff / Buff:
  • Artillery : Bullseye
  • Smasher: Force Mirror dan Beyond Time
  • Saint: Striking dan Bind Relic EX
Dark Party Debuff / Buff:
  • Dark Summoner: Spirit of Ginie, Grudge Formation dan Sadism Pleasure
  • Abyss Walker: Incarnation of Darkness, Blessing of Ajna dan Nightfall EX
  • Physician: Love Virus, Disease EX, Heal Shower EX dan Cocktail
Light Party Debuff/Buff:
  • Crusader: Elemental Aura, Armor Break dan Debuff -Light Resist.
  • Inquisitor: Striking, Cure Relic, Blessing of Light dan Debuff -Light Resist.
  • Light Fury: Blessing of Ajna, Chakra of Healing dan Sunshine Strike EX.

Damage Moonlord (Self Buff)
Damage Moonlord (Self Buff)

    Sebelumnya pernah ada yang bertanya ke saya, jika solo dungeon mana yang lebih enak Magic atau ECJ Moonlord. Bisa dilihat pada Grafik di atas, Magic Moonlord memiliki Damage lebih besar untuk Solo Dungeon, walaupun perbedaan tidak terlalu besar dengan Dark atau Light Moonlord.
    Pertanyaan lainnya adalah bagaimana dengan Full Dark Moonlord yang menggunakan Tough. Apakah Full Dark Moonlord memiliki damage yang lebih besar untuk Solo? Saya hitung-hitung, ternyata masih tetap unggul tipis Magic Moonlord. Jadi kalian bisa melepas ECJ terlebih dahulu, jika ingin solo Dungeon dengan Damage yang lebih besar. Tetapi jika sangat merepotkan, saya rasa tidak terlalu perlu, karena perbedaan damagenya pun tidak terlalu besar.


Damage Moonlord (Full Party Buff)
Damage Moonlord (Full Party Buff)

    Potensial damage terbesar dimiliki oleh Dark Moonlord. Saya perhatikan ini semua karena efek dari Buff Spirit of Genie dan Cocktail yang bisa meningkatkan INT Moonlord 104%. Tanpa Kedua Buff tersebut, Damagenya bisa tersaingi oleh Light Moonlord.
    Full Magic Moonlord memiliki Damage yang terkecil. Mungkin kombinasi Job yang saya pilih untuk Magic Party masih kurang maksimal. Job yang saya pilih untuk normal party lebih kepada Job yang bermain Magic Attack dan non element. Jadi bisa saja jika komposisi Jobnya diubah, maka Damagenya jauh lebih besar.


DPS Moonlord (Full Party Buff)
 DPS Moonlord (Full Party Buff)

    Kesimpulan dari post ini bisa dilihat pada grafik di atas. Perbedaan perhitungan damage bisa berubah seusai dengan susun Job di Party, tetapi untuk DPS lebih konsisten. Apalagi jika kalian menghitung Durasi dan Cooldown Buff/Debuff untuk masing-masing Job. Yah saya sudah bilang, pada perhitungan kali ini saya masih menggunakan metode perhitungan Buff yang sama dengan Dragon Nest DPS Chart. Sejujurnya, saya ingin sekali menggunakan metode 1 yang saya gunakan di Flury vs Sting Breezer Damage Comparison, tetapi itu telalu kompleks dan merepotkan.
     Kembali ke topik awal, pada grafik terlihat bahwa DPS Light dan Dark Moonlord sangat berbeda tipis. Dark Moonlord memang memiliki potensi damage yang sangat besar dibandingkan dengan yang lain. Namun, secara DPS berbeda tipis dengan Light Moonlord. Ini disebabkan banyak Buff pada Light Party yang permanen (no cooldown), misalnya blessing of Light, Elemental aura, Blessing of Ajna, Armor break dan lainnya. Sehingga jika Cooldown dan Durasi Buffny dihitung, DPSnya bisa mengejar Dark Moonlord. Sekarang tinggal sesuai pilihan kalian, ingin memilih yang mana.



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

13 comments:

  1. Replies
    1. tergantung yang paling banyak di party yg mana?
      Kalau saya pribadi lebih suka Full Dark Moonlord, tapi paling hemat dan enak sih Light..

      Delete
  2. bro gw pemain baru dn jadi gw kurang paham fungsi ECJ, cara kerjanya gimana? itu bukannya malah ngurangin element?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ECJ itu mengubah semua serangan kamu ke Element tertentu..
      nah itu khusus untuk Char yang gak punya Serangan ELement kaya Lunar Knight/Moonlord, Artillery dan Smasher..

      Emang sih minus 25%-30%, tapi ECJ dipake lebih baik pas lagi Party Element misalnya Light Party. Supaya bisa menaikan serangan dan persen elementnya itu

      Delete
  3. cara buat full buff di MATK Lunar Knight gimana tu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Full BUff itu semua skill Buff/Debuff lg aktif
      1. Luring Slash/Provoking Slam kena musuh
      2. Pake Brave
      3. Cyclone Slash kena musuh

      Delete
  4. bro, brp byk ecj yang harus dipasang? apakah hrus dipasang d weapon, secondary, ring? ato hanya perlu d weapon saja? thanks bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ECJ cmn bisa d pasang 1
      dan cuman di Main Weapon doank..

      Kalau banyak ntar minus Elementnya makin banyak

      Delete
  5. Itu di jade nya elementalnya minus itu gimana, bukanya malah nambah? kalo minus berarti damagenya ngurang? apa gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap damagenya ngurang..
      Elemental itu paling bagus dipake untuk Party aja
      Misalnya pake Light berarti kamu harus cari Party Light yang bisa meningkatkan Element kamu menjadi lebih besar..

      Kalau SOlo sih, pakai MATK aja gpp

      Delete
  6. Tq infonya gan ^^
    Up terus blognya

    ReplyDelete
  7. gan kalau untuk main solo, damagenya besar light / dark element?

    ReplyDelete