ICE SHOOTING STAR SKILL BUILD LEVEL 80

   
     Wah saya heran mendapatkan request untuk membuatkan Ice Shooting Star Skill Build. Saya kira kebanyakan orang sudah menggunakan Dark atau Light Element, ternyata masih ada sebagian yang setia dengan element Ice. Saya jadi punya ide untuk membuat perbandingan DPS All Element dan Physical Shooting Star. Saya rasa sih, untuk solo mode Ice Shooting Star masih bisa unggul.
      Kendala terbesar Ice Shooting Star adalah mencari party yang cocok. Di DN SEA dan INA, lebih banyak orang membuat Dark atau Light Party dibandingkan Ice Party. Penyebabnya mungkin sulit mencari kombinasi job yang pas untuk Ice Party. Jika saja Update Saint Boost sudah di patch di DN SEA dan INA, saya kira akan lebih mudah untuk membuat Ice Party. Selama menunggu Boost itu datang, saya sarankan untuk membuat party dengan Adept yang memiliki Icing Mass Max+1, Elestra dan Light Fury.
     Ice Shooting Star Skill Build ini hampir mirip dengan Shooting Star Skill Build (PVE). Hanya ada sedikit penambahan dan pengurangan Skill. Misalnya, saya tidak terlalu fokus di Mechanic Mode, karena semua skill utama Shooting Star tidak bisa digunakan ketika Mechanic Mode aktif. Mechanic Mode saya gunakan hanya untuk stacking debuf ice def saja.





Ice Shooting Star Skill Build
 Ice Shooting Star Skill Build


Tumble + Aerial Evasion : Max

Wax lv 8:

Buff untuk meningkatan kecepatan gerakan.

Stun Grenade lv 6:

Skill ini hanya untuk memenuhi persyaratan Skill Point di Academic Tree. Secara DPS pun skill ini tidak terlalu besar, sehingga tidak wajib untuk Max. Jika kalian butuh Extra Tumble, kalian bisa menggantinya dengan menaikan Force Out level 6.

Summon Alfredo lv 3  +  Recall Alfredo lv 1:

Skill wajib buat seorang Shooting Star.

MP Recovery lv 6:
Shooting Star setiap 3 detik sekali wajib melakukan Reload. Konsumsi MP Reload pun lumayan besar, sehingga untuk meminimalisir kebocoran MP bisa dengan meningkatkan MP Recovery Max.


Vending Machine lv 1: (+1)

Ice Shooting Star sering sekali melakukan Solo Nest atau Dungeon. Vending Machine level 2, bisa membantu kalian ketika sewaktu-waktu kebutuhan HP atau MP potion.

Ping Pong Bomb lv 19:
Jika kalian membutuhkan Skill Point, bisa mengurangi skill ini ke level 16. Jika kalian ingin mencoba Pingpong Bomb lv 21, perlu menambahkan Skill Ring +1 dan Kostum Senjata.

Reload lv 11:

Reload adalah skill yang paling wajib untuk MAX. Jangan pernah berfikir untuk mengurangi level skillnya, karena Cooldown skill setiap Peak level berbeda-beda. Skill ini juga harus kalian gunakan setiap kali delay atau 3 detik sekali, sehingga MP kalian akan sedikit bocor. Reload memiliki buff untuk meningkatkan serangan sebesar 30% selama 4 detik. Jadi jika kalian rajin melakukannya setiap 3 detik sekali, buffnya menjadi seperti permanen.

Chemical Granade lv 10:

Skill yang wajib MAX untuk ICE shooting Star, karena pada level 10  lama debuffnya (-15% element def) yaitu 18 detik dengan cooldown 20 detik.

Mine Thrower lv 15 + 1:

Skill ini akan menjadi TOP DPS Shooting Star, ketika Patch pengurangan damage Splash diaplikasikan. Memang secara DPS tidak akan se konsisten Splash, karena sangat bergantung pada ukuran boss. Tetapi rata-rata ukuran Boss di Cap 80 ini lumayan besar, sehingga Mine Thrower sangat cocok dijadikan skill DPS.

Biochemical Missile lv 1:

Ada debuff yang berguna untuk Skill ini yaitu -20% Mdef dan Def. Saya sedikit mengingatkan bahwa -20% Mdef/Def itu tidak sama dengan +20% Damage. Setelah saya hitung, -20% Mdef/Def hanya meningkakan 5-6% damage. Secara Damage sih, skill ini memang memilik damage yang cukup besar, namun karena penggunaannya harus 2x Reload, saya jadi jarang menggunakannya. Saya lebih baik menggunakan 2x Reload untuk 2x Splash EX atau 1x Mine Thrower.

Alfredo Stomp lv 1:
Persyaratan saj.


Alfredo Berseker lv 1:

Efek kekurangan skill point berimbas pada Alfredo Berseker yang tidak bisa MAX. Sedih sih melihat Alfredo jadi tidak lincah lebih lama, namun semua ini perlu pengorbanan (LOL).

Transition Damage lv 5:
Skill Wajib untuk Engineer yang memiliki Def/Mdef tidak terlalu besar.

Rocker Jump lv 1:
Setelah revamp, ini skill jadi punya dua fungsi yaitu tumble klik kanan/kiri.

Gravity Granade lv 1:
Buat mengumpulkan monster 


Gatling Gun Tower + Cannon Tower lv 1:
Persyaratan


Ice Pump Tower lv 8:

Skill wajib untuk Ice Shooting Star. Ice Pump Tower level 8, sudah memiliki debuff yang maksimal yaitu mengurangi 30% Ice Def selama 10 detik.

Mecha Duck + Shock + Siren + Bomber lv 1:
Persyaratan 

Mechanic Mode lv 1:

Saya sudah katakan di awal Post, kalau Mechanic Mode hanya digunakan untuk MM Ice Pump saja. Sehingga bisa melakukan Stacking debuff - Ice Defnya.

Demolition lv 2:
Kali ini saya tidak memiliki pilihan lain untuk menaikan skill ini Max. Mungkin saya harus lebih terbiasa menggunakan Demolition.


Splash lv 12:
Splash EX masih menjadi TOP DPS untuk Shooting Star, sampai Patch -30% damage Splash sampai di DN SEA atau INA. Saya akui kalau Splash EX memang memiliki DPS yang terlalu over, sehingga developer memutuskan untuk mengurangi damagenya. Saya sih tidak masalah karena masih ada Mine Thrower, tapi tetap banyak yang kurang setuju atas keputusan itu.


Alfredo Beam lv 11:
Jika kalian merasa Alfredo Beam tidak memiliki DPS yang terlalu besar atau tidak fokus, bisa dikurangi menjadi level 1 atau 6. Skill Point Sisanya bisa kalian gunakan untuk skill yang kalian ingin naikan. Kalau saya pribadi sih, tidak memiliki masalah dengan Alfredo Beam level 11, apalagi ini adalah skill ultimatenya Alfredo.


Skill Plate:
1. Transitional Damage (Cooldown)
2. Mine Thrower (Damage)
3. Splash (Damage)

4. Ice Pump Tower (Cooldown) 
Optional: Ping Pong Bomb (Damage), Wax (Cooldown)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

5 comments:

  1. Tanya bang,
    Kebetulan sy pengguna SS juga, itu Demolition/Destroy level 2? bukannya agak riskan ya? soalnya pada saat Cast Demolition kita kan ga bisa kmana2. Mohon pencerahan alasan kenapa Demolition dinaikan ke level 2 ( Sy pake ultimate Horizon soalnya, menghindari hal2 yg ga diinginkan. ex : stomp boss dll. trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju gan, skill ultinya salah ambil kalo menurut saya, Destroy hrusnya cm lv1 soalnya geli dan lama castingnya, lebih cepat dan simple ulti milik GM. lagian juga sama2 bermain P.ATK jadi ambil yg paling berguna saja.

      Delete
    2. Ya lebih simpel yang ult GM sih..
      Tapi Ulti SS kan bisa langsung Full Cast juga

      Delete
  2. yah kalo dari segi build sih
    Udah bagus

    cuman kalo aku sih SS tipe Pure Pve
    mending Stun Grenade poinya pindahin ke Bubble, itu kalo solo sama untuk party juga berguna
    yah kalo ada tipe Ladder nya sih gpp ambil itu

    kalo untuk Ulty mending di lvl 1 in aja untuk ulty SS mending ambil Ulty GM lvl 2
    soalnya Ulty SS susah kalo di Nest lagian , kalo menurut saya nih ulty SS hampir sama saja dgn skill lvl 45 SS

    mungkin itu sedikit masukan dari saya sebagai sesama pengguna SS Tipe ice hahahaha
    yah intinya kalo Build tergantung cara maennya Playernya juga :D

    ReplyDelete