GUARDIAN SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)

Guardian Skill Build
 
      Job Tanker satu ini memang sudah mulai kehilangan peminatnya. Sekarang kalau saya lihat di Party Nest atau Raid, banyak yang lebih membutuhkan Crusader sebagai DPS. Efek kurang dibutuhkannya Tanker untuk Nest atau Raid di Cap 80 ini lumayan menyiksa para Guardian. Banyak yang tidak tahan dengan diskriminasi memutuskan untuk mengubah jobnya atau pensiun. Guardian memang sudah di Boost, tapi itu tidak membuat pemainnya semakin banyak.

      Saya sih sangat menyukai Guardian setelah Boost, apalagi saya bisa mencoba Light Guardian. Semenjak Justice Crush menjadi Light Attack, lumayan banyak Guardian yang bermain Light Attack. Saya pun menjadi bimbang untuk membuat Guardian Skill Build Level 80 (PVE). Oleh karena itu, pada post kali ini saya memberikan 3 Skill Build.






Guardian Skill Build
Build 1
Guardian Skill Build


Build 2
Guardian Skill Build


Build 3
Guardian Skill Build


Charge Bolt lv 1:
Berguna untuk mengurangi light resist sebesar 15% dan persyaratan untuk mengambil Skil Lightning Zap.

Block lv 3-5:
Semenjak Boost Guardian, saya jadi mengurangi level block. Karena Bubble jadi lebih mudah didapatkan dengan Stance of Faith EX.

Heal lv 14:
Satu-satunya Skill Heal, jadi wajib Max.

MP Recovery lv 6:
Untuk mencegah agar tidak kehabisan MP. Terutama jika Elemental Aura terus aktif dan pengguna setia Half Turn Kick.

Toughness lv 0-5:
Skill Build no 1 membuat saya tidak bisa menaikan Toughness, karena permasalahan Skill Point. Toughness memang kadang-kadang tidak saya naikan, karena Cleric Class memiliki Def yang besar. Tetapi jika kalian memiliki Skill Point yang berlebih, sangat dianjurkan untuk menaikan Toughness.

Divine Combo vs Holy Kick vs Holy Relic:
Ketiga skill ini yang membuat saya lumayan bimbang. Saya akan mencoba membandingkan DPS antara ketiga skill ini.

Board damage + Cooldown
Divine Combo lv 26 = 675% + 33170 (Patk +Matk) / Cd = 15 detik
Holy Kick lv 16 = 278% +8337 (Patk + Matk) / Cd = 1 detik
Holy Relic lv 16 = 363% + 9634 (Patk + Matk) / Cd = 14 detik

DPS
Divine Combo lv 26 = 45% + 2211 
Holy Kick lv 16 = 278% +8337 
Holy Relic lv 16 = 26% + 688

Yah jika dilihat seperti ini, Holy Kick pasti mengungguli semuanya. Tapi tentunya kita tidak akan melakukan Holy Kick Setiap 1 detik kan? Karena kalian pasti akan melakukan skill suport atau serangan lain. Selain itu, melakukan Full Holy Kick tiap 1 detik akan membuat MP kalian bocor. 

Sekarang pilihan saya antara Divine Combo dan Holy Relic. Divine Combo memiliki DPS yang lebih besar, namun memiliki beberapa kelemahan yaitu area serangannya kecil, termasuk skill non element dan untuk melakukan full hit (8 hit) kita harus berdekatan dengan musuh. Sedangkan Holy Relic termasuk serangan Light Attack yang damagenya bisa bertambah dengan meningkatnya Light Attack. Selain itu, Holy Relic memiliki area serangan yang cukup besar dan kita tidak perlu berdekatan untuk melakukan full hit. Wah kalau dari penjelasan saya di atas, sudah pasti memilih Holy Relic sih. Tapi kalian bebas kok memilih Skill yang mana, yang penting cocok dengan gameplay kalian.

Sacred Hamering lv 11:
Sebagai pengganti Holy Kick saya lebih memilih menaikan Sacred Hammering. 

Electric Smite lv 11-13:
Perbedaan Damage atau DPS antara level 11 atau 13 tidak begitu jauh.

Provoke lv 5:
Pada level 5, cooldown provoke lebih cepat dibandingkan durasi buffnya.

Armor Break lv 10:
Armor Break yang memiliki efek debuff meningkatkan serangan kita. Sebenarnya pada level 6, cooldownya lebih cepat dibandingkan debuffnya. Namun saya melebihkan beberapa detik durasi debuffnya dengan menaikan Armor Break sampai level 10. Soalnya kadang-kadang saya tidak bisa melakukan Armor Break setiap cooldown.

Auto Block lv 6:
Persyaratan untuk EX.

Stance of Faith lv 6 + Divine Ascension lv 11:
      Stance of Faith (SoF) lv 6 memiliki durasi buff (24 detik) dan cukup untuk melakukan Divine Ascension 10x. Semenjak Guardian Boost, Divine Ascension menjadi naik daun karena memiliki cooldown 2 detik. Selain itu, pada saat melakukan SoF kita bisa melakukan Divine Ascension tanpa perlu di hit terlebih dahulu. Lalu kenapa SoF saya level 6? untuk melakukan Divine Ascension kita memerlukan 1 Bubble. Setiap melakukan SoF, Guardian akan mendapatkan 10 Bubble. Sehingga dengan waktu 24 detik saya rasa sudah cukup untuk melakukan Spam Divine Ascension 10x. 
     Bagaimana jika saya menaikan SoF Max? SoF level 11 (Max) memiliki waktu buff 39 detik. Bukan berarti dengan waktu 39 detik kalian bisa melakukan Divine Ascension 19 kali ya, karena tetap saja kalian memerlukan Bubble. Jadi jika SoF max dan tidak ada Bubble yang tersisa, saya harus berusaha terkena hit agar bisa mendapatkan Bubble sekaligus melakukan Divine Ascension dan itu lumayan merepotkan.

Divine Punishment lv 1:
Skill ini sangat berguna untuk mengembalikan serangan lawan dan memberikan serangan area pada musuh yang mendekat. Lalu kenapa saya level 1? karena serangan area dan movement speed untuk Divine Punishment EX tidak terpengaruh dengan level skill.

Iron will lv 1:
Durasi Buffnya terlalu cepat, sedangkan cooldownnya lumayan lama. Peningkatan levelnya pun hanya menambah beberapa detik saja, sehingga saya tidak menaikannya max. 

Elemental Aura lv 5:
Semenjak Guardian Revamp, skill ini menjadi all in one. Elemental Aura dapat meningkatkan semua serangan element (kecuali dark attack).

Divine Avatar lv 2:
Walaupun saya menggunakan Gear Light, tapi tidak mungkin untuk menggunkan Thor Hammer untuk Guardian. 

Guardian Force lv 7:

Skill Buff untuk memberian Perisai dan meningkatkan super armor. Cooldown skill ini dibuat lebih cepat yaitu 5 detik, sehingga Guardian bisa melakukan lebih sering.

Justice Crush lv 11:

Setelah Guardian Revamp, Justice Crush berubah menjadi element light. Hal ini yang membuat saya menjadi pengguna Light Guardian, agar damage Justice Crush menjadi lebih besar.


Skill Plate:

1. Electric Smite (Damage)
2. Justice Crush (Cooldown)
3. Divine Avatar (Cooldown)

Optional: Half Turn Kick / Holy Kick (Action Speed), Heal (Cooldown), Divine Ascension / Holy Relic (Damage)











   
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

33 comments:

  1. pernah nyoba buat job guardian tapi terhenti di tengah jalan gara gara larinya kurang nendang,
    cara buat ningkatin lari ini job?
    maklum pengguna GL sejati jadi suka yg cepet cepet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dua cara beberapa cara biar lari kenceng:
      1. pake sayap Rare / gabung ke guild yang punya sayap Rare
      2. Full Set Kostum Epic = +15% Movement Speed
      3. Cari party sama Acro atau Acad..

      Delete
  2. Skill-skill boss atau momon biasa yang tidak bisa ditahan pake Block apa saja, ya? (buat nambah kehatian"an agar ga asal pake block aja sih :D )

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew saya kurang apal juga sih..
      tapi kebanyakan di Nest 80 Stomp bisa di Block..
      Ada serangan Api yang isa di Block tapi Burnnya sakit. Jadi lebih baik dihindari.
      Ada serangan Cannon yang gak mempan di Block dll

      Saya gak bisa jelasin secara detail, soalnya sebagian besar char Cleric saya no Block. Guardian ada block tp tidak pernah saya pake Nest. hehehehe

      Delete
    2. Trus ada 1 hal yg masih membuat saya bingung, yaitu tentang skill Divine Ascension...
      Di keterangannya disebutkan kalo untuk menggunakan skill ini cukup tekan Normal Attack (atau Klik Kiri Mouse) setelah berhasil melakukan skill defense (SoF, kalo block lom pernah dicoba) dan setiap menggunakan skill DA membutuhkan 1 bubble...

      Nah, permasalahannya kenapa setelah saya berhasil make skill SoF sampai durasinya habis trus klik kiri yg keluar hanya serangan kombo biasa?, dan selain itu bubblenya juga tidak berkurang...

      Pertanyaanya, Apakah cara & langkah saya menggunakan skill DA sudah benar?

      Delete
    3. Trus 1 lagi nih (sorry, lupa)....
      Pake skill DA saat buff Sacred Hammering masih aktif bisa, nggak?

      Delete
    4. Oh.. Buat ngeluarinnya kamu harus dalam posisi "Stance" + Normal Attack..
      Posisi "Stance" itu yang kaya ngeblock dan jalannya lambat.

      Nah kalau kamu pake SoF tapi posisinya normal (bukan Stance), itu DA gak akan keluar..

      Delete
    5. Eh lupa satu lagi, bisa Kok DA pas Sacred Hammering

      Delete
    6. Untuk build 2, agar SP di Cleric Tree yang terpakai bisa 45 kira" level berapa, ya? (takutnya nanti terlanjur reset skill, tapi SP di Cleric Treenya kurang dari 45, jadi ga bisa ambil ulti)
      Sekarang emang saya pake build 2, tapi skill DPS yang dinaikin Divine Combo, bukan Godess Relic (buat nutupin kekurangan SP di Cleric Tree)

      Delete
    7. Kalau pakai Build 2, kamu level 50 aja sudah lebih dari 45 Skill Point Clericnya..

      Delete
    8. Ulti yang Crus kenapa ga diambil?, kan ada PATKnya juga... [-(

      Delete
    9. Ya ada PATKnya + Light ATK juga..
      Tapi saya sih walaupun Crusader jarang banget pake ulti itu, apalagi Guardian.

      Delete
    10. Kalo pake TGW clearnya lama (maklum, pemain solo ;( )
      Trus selain itu kaya Iron Will, maksudnya durasi buffnya singkat tapi cooldownya lama...
      Jadi saya prefer HoD daripada TGW... (bahkan plate skill TGW saya ganti HoD)
      Tapi HoDnya mending tetap lv 1 apa dinaikin ampe' lv 2 sekalian?

      Delete
    11. Hmm..Mungkin karen HoD termasuk serangan yang punya Area besar. Jadi memang benar2 berguna ketika Mobbing di Solo Dungeon. Kalau kamu biasa maen Solo Dungeon + ada Skill Point lebih bole menaikannya HoD ke level 2.

      Saya gak pernah sih pake HoD, soalnya TGW lebih enak untuk Burst Damage dan Keamanan.

      Delete
    12. Cara supaya agar cepat bisa combo 999 pake skill apa, ya?
      Saya dah coba pake HTK tapi lama banget + butuh kesabaran dan kefokusan tinggi, soalnya kalo ga sabar + ga fokus skill HKnya bakal ikut keluar dan alhasil kombonya kereset dari 0 lagi deh... :-b

      Delete
    13. Trus cara agar waktu clear dungeon bisa lebih cepat (dpt rank A atau B) selain besarin damage & nyepatin kecepatan lari gimana, ya? (Soalnya tiap clear dungeon seringnya dapat D)

      Delete
    14. Duh Guardian dipake Solo kombo 999 berat ya..
      mending gak usah, soalnya repot + agak pegel
      Bengong dikit gagal

      Mendingan buat 999, minta bantuan temen yang Sorce aja biar lbh cepet.
      Soalnya Hit Skill Guardian sedikit"..

      Clear Dungeon cepet itu pasti tergantung sama Equip dan Play Stylenya..
      Equip kalau udah bagus tapi tetep Clear lama berarti ada sedikit masalah di Play Style, misalnya timing mengeluarkan skill dan memanfaatkan Debuff.

      Contoh ya, Biasanya sebelum cast Justice Crush EX, saya terlebih dahulu cast Armor Break + Lightning Zap/Electric Smite. Kenapa? karena Armor Break memberikan Debuff +Damage dan Light Zap/Smite memberikan Debuff -Light Resist.

      Tapi saya rasa sih Guardian tetep aja bakal kesulitan untuk Clear cepat, karena fungsinya memang bukan untuk Solo Dungeon. Lihat aja sebagian besar skill serangannya berasal dari Line Crusader.

      Delete
  3. Bsa Req Skill Build Guard Yang Lebih Ke DPS gk ? Thc before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk Cap 80, saya sudah menyediakan pilihan 3 Build..
      Disana bisa dilihat yang mana Build DPS (PVE) yang cocok buat kamu..
      Tapi untuk cap 70 kayanya saya belum buat.. hehehe

      Delete
  4. Bsa bagi link simulatornya gk :D ?

    ReplyDelete
  5. Padahal guardian bagi saya char yg paling menakutkan di PVP set on/off (terlebih off). Bermain guardian di pve tidak begitu semenyenangkan di pvp krn tugasnya hanya provoke, nge tank dan support party dan biasanya item build dan skill buildnya juga akan berbeda dgn pvp. Makanya bbrp user memilih job2 yg versatile di pve/pvp setara ON. Padahal...hmmmm...bisa dibilang guardian adalah "hard carry" nya cleric :D

    ReplyDelete
  6. kalo skill build guardian yg pvp ada gx min

    ReplyDelete
  7. Gan, yg paling cocok buat Tank yg mna?

    ReplyDelete
  8. Gan.. Bisa ngasih Guide untuk bikin light guardian ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Light Guardian cmn tinggal pilihan Skillnya aja...
      Usahakan naikan Skill DPS yg Light Attack
      Dan pake Jade Light..

      Delete
  9. gann, jadenya tuh apa aja klo light guard?
    apa str vit ditambah light aja gitu?

    ReplyDelete
  10. Gan request guardian pvp skill build dong

    ReplyDelete