DARK SUMMONER SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE + LADDER)


      Sedang bersantai di siang hari, eh teman saya meminta saran Dark Summoner Skill Build (PVE + Ladder). Ini pasti efek Screamer Skill Boost baru di Update hari ini di Dragon Nest SEA. Dia keberatan kalau harus menggunakan Build Pure PVE, karena agak susah untuk Ladder.

      Sebenarnya yang jadi permasalahan Dark Summoner sekarang ini adalah konsumsi MPnya yang lebih boros. Berhubung saya belum Patch DN SEAnya, jadi belum bisa test seberapa boros MP-nya. Secara teori sih Recent Area mungkin bisa membantu, tetapi kalau diperhatikan cooldownnya agak lama. Sedangkan kita harus menggunakan Sadism Pleasure setiap 9 detik sekali.
      Kembali membahas  Dark Summoner Skill Build (PVE + Ladder), saya menfokuskan DPS pada 4 Skill dengan DPS terbaik berdasarkan perhitungan di Dragon Nest: DPS Chart. Saya menaikan beberapa skill untuk Ladder, seperti Dispair Needle, Spirit Blow dan Skill di Soul Eater Line. Semoga build ini bisa membantu kegalauan teman saya itu.



Dark Summoner Skill Build
Dark Summoner Skill Build (PVE + Ladder)


Tumble + Dummy ghost + Aerial evasion max:

Phantom Guard lv 7:

Buff yang sangat membantu di PVE untuk mengurangi damage yang masuk. Jangan terlalu sering menggunakannya di Ladder, karena MP kalian bisa cepat habis.

Soul Wind lv 26:
Skill wajib untuk PVE Dark Summoner, karena menjadi TOP DPS skill di Dark Summoner.

Spirit Blow  + Dispair Needle :
Ketiga skill ini saya gunakan untuk Ladder saja. Spirit Blow  memiliki super armor break yang besar, sedangkan Dispair Needle memiliki Paralyze yang lumayan besar.

MP Recovery lv 6:
Pada Ladder cap 80, konsumsi MPnya sangat boros, sehingga saya perlu untuk menaikan skill ini.


Phantom Claw  Lv 6:
Walaupun skill ini termasuk ke dalam Top 5 DPS skill Dark Summoner, tetapi casting timenya yang membuat saya harus mengurangi levelnya. Apalagi butuh banyak Skill Point untuk membuat Skill Build ini.

Chain Claw lv 16:
Di PVP atau PVE, Chain Claw EX memiliki kelebihan. Di PVE, ini skill menjadi salah satu Top 5 DPS, sedangkan di PVP skill ini sangat membantu untuk kombo serangan di awal Ladder. Kenapa level 16? karena cooldownya berkurang setiap peak level 6, 11 dan 16.

Ravenge Hand lv 1:
Skill ini sudah di Boost, tetapi DPSnya masih tetap kurang besar. Jadi saya terpaksa mengorbankannya demi mendapatkan banyak Skill Point tambahan.

Phantom Rage + Blitz Claw lv 1:
Persyaratan saja. Hati saya masih belum iklas, karena ini pertama kalinya saya menaikan  Blitz Claw lv 1. Sebenarnya Blitz Claw sangat membantu di PVP, karena memiliki Iframe. Kelemahan level 1 adalah cooldownnya agak lebih lama dari level 16.

Rampage Claw lv 13:

Damage Rampage Claw EX cukup besar di PVE dan PVP. Apalagi setelah Boost, damagenya dinaikan dan itu membuat Rampage Claw EX menjadi salah satu Top 5 DPS.

Increase Soul 4:

Buff matk yang mengurangi HP kita tiap detiknya,

Recent Area lv 6:

Board Damage skill ini di level 6 yaitu 231%. Buff damage selama 15 detik dan total full hitnya 8x. Jadi Board totalnya kalau full hit yaitu 8 x 231% = 1848%, dan itu sangat besar. Tapi untuk full hit skill ini kalian harus dekat dengan musuh, karena range yang kecil. Recent Area untuk Dark Summoner memiliki kelebihan dengan ditambahkan efek baru untuk memulihkan MP.

Stigma of Curse lv 1:

Skill yang berguna untuk menandai monster supaya bisa cast puppet, selain itu skill ini berguna untuk menambah hit damage skill di Soul Eater line. Kalian akan sedikit kesulitan ketika menggunakannya di Ladder, tetapi jika sudah terbiasa dan tahu timingnya saya rasa tidak ada masalah.

Summon Puppet lv 6:

Skill yang sebenarnya berguna di PVE, tapi karena  ada resist untuk beberapa boss nest/raid yang membuat skill ini jadi agak kurang. 

Soul Scream lv 1:
Skill tumble untuk kabur (LOL) atau mendekat ke musuh.

Grudge Formation lv 9:

buff super armor 100% dan meningkatan serangan. Buff yang wajib dinaikan max, karena berguna ketika party dengan job yang super armornya lemah.

Spirit Paper + 
Cling Snake lv 1:
Persyaratan, cursenya lumayan berguna untuk meningkatkan damage.

Soul Gate lv 1:

Soul Gate biasanya digunakan untuk curse dan mengalihkan perhatian musuh di PVP. Bisa juga digunakan untuk menghindari Tracking Arrow Artillery.

Spirit Beast lv 1:

Senasib dengan Soul Gate, saya hanya memanfaatkan Cursenya saja.

Phantom Avenger lv 2:

Ultimate skill favoritenya saya, karena gabungan divine avatar dan spirit boost.

Sadism Pleasure lv 8:
Setelah Patch, ini skill membuat para Dark Summoner pusing, karena konsumsi MPnya terlalu besar untuk skill yang digunakan setiap 9 detik sekali. Walaupun Recent Area bisa membantu, tetapi saya tidak yakin bisa menutupi konsumsi MP Sadism Pleasurenya. Efek barunya tetap menjadi Skill Boost Favorite saya yaitu dapat meningkatkan Dark Attack dan Final Damage sekaligus.

Chaos Formation lv 11:

Pada cap 80, salah satu beban terlepas dari pundak Dark Summoner yaitu harus menunggu beberapa detik untuk Full Cast skill ini. Chaos Formation EX sudah bisa auto Cast dan masuk ke dalam Top 2 DPS Dark Summoner.


Skill Plate: (Suport DPS)

1. Rampage Claw (+20% Damage)
2. Chain Claw (+20% Damage)
3. Grudge Formation (-20% Cooldown)
4. Chaos Formation (+20% Damage)

Optional: Soul Wind (Damage), Recent Area (cooldown),
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

6 comments:

  1. Boleh Req Dark Summoner Pure PVP gk gan ?
    lagi tertarik sama DS tipe build pvp XD
    thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh PVP ya..
      Masuk list dulu aja ya..
      Blum bisa update2 dulu skrng,

      Delete
  2. Yg dimaksud dgn Iframe itu apa ya om ?seperti di keterangan skill blitz claw..thx u..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blitz Claw itu ada Iframe sebentar pas naik ke udara..
      Nah Iframe itu, kondisi dimana kamu gak bisa di Hit musuh..

      Delete
  3. revenge hand bkn ny udh sakit ya skrg @@
    lv 11 aj pvp sakit loh...
    dmg sedot an ny 500 500 500 trs ledakan nya 3k x3

    lv 16 coldown ny jd 18 dtk kan?

    itu klo combo d pupet pvp sakit @@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap sakit emang di PVP,
      Tapi untuk PVE masih agak kurang DPSnya

      Delete