STING BREEZER SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)

STING BREEZER SKILL BUILD
 


      Pada post kali ini, saya akan memaksakan membuat Sting Breezer Skill Build level 80 (PVE). Sejak awal, saya merasa sangat bimbang ketika membuat Skill Build untuk Sting Breezer. Apalagi setelah melihat post saya sendiri yaitu Lancea Damage Comparison. Sebagai awalan, kalian lihat dulu Video cara memaksimalkan DPS Sting Breezernya ya.



       Nah setelah liat Video di atas, kalian bisa mempelajari cara-cara penggunaan skill yang pas. Soalnya masih banyak player yang kecewa dengan Damage Skill Sting Breezer, padahal mereka belum tahu cara penggunaan skillnya yang benar.




Sting Breezer Skill Build
Sting Breezer Skill Build

Wheel Blade lv 15:
Salah satu Skill Magic di Lancea Skill Tree.Secara damage, DPS dan areanya tidak terlalu besar. Tapi saya tidak ada pilihan lain untuk menaikan skill Magic, karena Deep Pierce memiliki damage, DPS dan area yang lebih kecil. Pada level 6 ke atas, Wheel Blade akan mendapatkan damage tambahan 25% dan efek knockback nya lebih besar.

Hornet Touch lv 1:
Hanya sebagai skill penolong saya ketika dalam keadaan terpojok. Hornet Touch bisa menahan serangan yang masuk ketika kita menggunakannya. Memang durasi Stance/cast Hornet Touch tidak begitu lama, yaitu hanya kurang dari 1 detik. Sehingga kalian perlu menggunakannya pada waktu yang tepat, jika tidak maka akan sia-sia saja.

MP Recovery lv 6:
Selain untuk PVE, saya juga sering ladder Sting Breezer untuk mencari equip epic 80 gratisan. Di Ladder, Sting Breezer memiliki masalah dengan MPnya. Apalagi dengan Build PVE akan membuat konsumsi MP semakin besar.

Harmonize lv 1:
Buff yang bisa membuat status (INT,STR,AGI) kalian sama rata, sesuai dengan status yang paling besar. Sting Breezer tidak akan mendapatkan MATK tambahan dari skill ini, tetapi ATK dan kritikalna akan bertambah.

Shutter Bounce + Stab Screw lv 1:
Persyaratan saja,


Spinning Cut lv 1:
Ini salah satu skill yang membuat saya bimbang, karena memiliki board damage yang besar. Bayangkan saja, pada level 16 maksimal board damagenya adalah 2633% + 132638 (PATK). Pada
Lancea Damage Comparison, Spinning Cut level 16 (Full Cast) bisa menduduki peringkat 7 DPS untuk Sting Breezer. Namun saya masih merasa kurang nyaman kalau Sting Breezer menaikan Skill ini. Oleh karena itu, saya tetap menaikannya sampai level 1 saja,

Lollipop Chups  Vs Fling Fling:
Secara level, kedua skill ini sepadan. Lollipop Chups merupakan Skill dengan serangan fisik, sedangkan Fling-Fling serangan magic. Seharusnya ini bukan pilihan sulit, karena Sting Breezer bermain MATK dan sangat cocok dengan Fling-Fling. Tetapi balik ke Lancea Damage Comparison, Damage dan DPS Fling-Fling lebih kecil dibandingkan Lollipop Chups. Itupun masih belum termasuk susahnya melakukan Full Board untuk Skill Fling-Fling. Jika kita bandingkanya Board Damage dan Cooldownnya:
Fling-Fling lv 16 : 1047% + 42855 (Matk)
Lollipop Chups lv 16: 2677% + 69743 (Patk)
Bisa dilihatkan, perbedaan board damagenya 2.5x lipat. Oleh karena itu, walaupun Sting Breezer saya lebih memilih menaikan Lollipop Chups Max + Skill Ring.
(Baca:  Lancea Damage Comparison)

Spinning Swing lv 1:
Saya menaikan skill ini karena fungsinya untuk mengumpulkan musuh.

Erratic Power lv 6:
Buff untuk meningkatkan Action + Movement Speed dan Final Damage kalian. Final Damagenya tidak masuk ke dalam status, namun damage yang keluar akan ditambahkan.

Scar Maker lv 5 (+1):
Buff untuk meningkatkan Patk dan Matk kalian. Buff ini bisa disebut Permanen Buff bagi Lancea, karena Cooldownnya lebih cepat dibanding durasinya. Dengan menggunakan Skill Ring, area dan damage tambahannya menjadi lebih besar

Wall Maker lv 5:
Buff untuk mengurangi serangan yang masuk, seperti Transitional Damage Engineer.

Flag lv 1:
Skill ini memiliki Iframe 0.3 detik dan bisa menjadi Ekstra Tumble atau skill serangan fisik. Ekstra Tumble bisa kalian lakukan dengan menekan Special attack setelah cast skill. Sedangkan serangan fisik dengan cara menekan tombol normal attack ketika cast.

Buzz Off lv 1:
Skill Counter Attack untuk Lancea dengan menekan special attack ketika terkena hit musuh.

Rushing Blade lv 1:
Serangan Tumble + Normal attack, damagenya tidak terlalu besar.

Hovering Blade lv 16:
Skill ini juga yang termasuk membuat saya bimbang. Hal itu dikarenakan kenaikan Board Damage untuk setiap levelnya tidak terlalu besar. Beberapa teman saya menyarankan untuk menaikannya sampai level 6 saja. Tetapi akibatnya saya akan kebingungan menempatkan 10 Skill Point sisanya. Biar tidak semakin bingung, lebih baik saya melakukan Analisi sedikit untuk membandingkan Hovering Blade pada setiap Peak level.
Hovering Blade lv 6: 14.6% + 18
Hovering Blade lv 11: 17.1% + 219
Hovering Blade lv 16: 19.6% + 468
Hovering Blade lv 19: 20.2% + 606
Bisa kalian lihat, secara Board damage peningkatannya memang sangat kecil. Lalu bagaimana jika Hovering Blade Full Hit dikombinasikan dengan Arcane Focus (Skill level 45). Pada Lancea Skill Description, Hovering Blade EX + Arcane Focus bisa mendapatkan Damage Maksimal 69x Board Damage. Oleh karena itu, Board Damage di atas saya akan kali kan dengan Maksimal Hitnya.
Hovering Blade lv 6: (14.6% + 18) x 69 = 1007.4% + 1242
Hovering Blade lv 11: (17.1% + 219) x 69 = 1179.9% + 15111
Hovering Blade lv 16: (19.6% + 468) x 69 = 1352.4% + 32292
Hovering Blade lv 19: (20.2% + 606) x 69 = 1393.8% + 41814
Sudah sangat jelas, bahwa ada perbedaanya 345% + 31050 (Matk) antara Hovering Blade lv 6 dengan lv 16. Sedangkanya untuk level 19, damagenya tidak begitu beda jauh. Oleh karena itu, saya hanya menaikannya sampai level 16 saja.
(baca :Lancea Skill Description)

Spear Hand lv 16:
Spear Hand menduduki peringkat 6 DPS untuk Sting Breezer. Kelebihan skill ini adalah damagenya bisa 2.4x lipat bila kita berhasil melakukan serangan tepat di tengahnya. Dengan kata lain, kalian harus menempel dengan musuh. Sedangkan bila melakukan Full Cast, damage maksimalnya hanya 1.5x damage dengan range yang lumayan jauh.

Piercing Strike lv 16:
Jika kalian pertama kali menggunakan Sting Breezer sebelum level 80. Pasti kalian akan berfikir bahwa Piercing Strike Ex memiliki damage yang biasa aja. Apalagi untuk meledak, tombaknya membutuhkan waktu 8 detik, sehingga membuat ledakannya menjadi sia-sia (karena musuh sudah gerak/kabur). Untungnya pada level 80 ada Poking Beehive EX yang berhasil menyelamatkan DPS/Damage skill ini. Sehingga pada Lancea Damage Comparison, DPS dan Damage Piercing Strike EX + Poking Beehive EX berhasil menduduki peringkat 1 DPS Sting Breezer. Kenapa Sting Breezer harus melakukan kombo ini? karena tombak akan langsung meledak bila kita melakukan Poking Beehive EX dan Board Damagenya pun akan meningkat 3x lipat.

Dent Blow lv 13:
Berbeda dengan Flurry, saya tidak akan merasa bimbang untuk mengambil skill ini. Jika kita lihat Board Damage, skill ini memiliki Board damage yang lumayan kecil untuk skill level 32. Dent Blow EX pada normal hit, bisa melakukan Damage Maksimal 2.8x Board Damage. Sedangkan bila dikombinasikan dengan Arcane Focus (seperti Hovering Blade) maka damagenya akan meningkat menjadi 4.3x Board damage. Sangat lumayan bukan? hal itu lah yang membuat Dent Blow EX + AF berhasil menduduki peringkat 3 DPS pada Lancea Damage Comparison.

Arcane Focus lv 4:
Tidak ada yang terlalu spesial dengan skill ini, jika kita melihatnya dari sisi Damagenya saja. Tapi coba perhatikan kegunaanya dan Cooldownnya. Arcane Focus bisa memberikan permanen Buff Light Attack dan Light Resist. Selain itu, bisa dikombinasikan dengan Hovering Blade EX dan Dent Blow EX, sehingga membuat damagenya menjadi lebih besar.

Poking Beehive lv 11:
Skill EX level 80 yang berhasil menduduki peringkat 2 DPS Sting Breezer. Poking Beehive memang memiliki Damage dan DPS yang besar, tetapi kegunaan lainnya jauh lebih besar. Poking Beehive EX bisa membuat Damage Piercing Stike EX meningkat 3x lipat.


Skill Plate:
1. Dent Blow (+20% Damage)
2. Piercing Strike (+20% Damage)
3. Poking Beehive (-20% Cooldown)
4. Harmonize (-20% Cooldown)
Optional: Lollipop Chups / Hovering Blade / Spear Hand (+20% Damage).

Walaupun Buff Harmonize tidak berpengaruh terhadap MATK Sting Breezer, tetapi saya tetap menyarankan untuk menggunakannya. Terlebih jika kalian lebih sering melakukan Nest atau Raid.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

30 comments:

  1. Replies
    1. Gan mau nanya skil Fling-Fling itu skill yg sebelum Dent Blow atau yg mana ?

      Delete
    2. Skill sebelum Dent Blow kalau di SEA Fling"
      Kalau di INA Spinning Smash

      Delete
  2. mantep bro.. sangat membantu..

    ReplyDelete
  3. KALO sb itu gak suka nest..gak usah kali pake plate harmonize??gmna tu ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak usah gpp..
      pake plate Lollipop Chups CD aja

      Delete
  4. min mau tanya plate heraldy nya apa saja klw memakai opsi 3rd selain FD apa opsi yang bgs selain itu set eq nya dan set ring nya kemudian jade dan talisman nya min tlng ya bantuan nya min :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herald + Talisman: Wise, Magician, Life Vit, Health, Tent, Shining, Fatal, (Blessed/Ultimate)
      3rd OPT agak bingung antara INT atau MATK

      Equip sih standar aja..
      Bisa Full Set Meteor atau 5 Set Armor Ruler (Ladder 80) dan 2 Senjata Meteor

      Ring: bisa Skill ring dengan OPT Light Attack
      Earring+Neck: Intel Downy/Skill yg OPT INT

      Jade:
      - Armor: Wise + Life
      - Weapon: Light + Wise
      - Ring : Light
      - Ear + Neck: Life

      Delete
    2. itu di atas udah di sebut kan..
      Wise, Magician, Life Vit, Health, Tent, Shining, Fatal, (Blessed/Ultimate)

      Delete
    3. min kyk nya kita satu guild ya :D
      oh iya min untuk plate skill poking Beehive kyk nya gk ada

      Delete
    4. wew, saya jarang OL sih..
      Poking Beehive Cooldown ada kok..
      Saya soalnya pake

      Delete
    5. plate poking beehive udh sya cari di TH gk ada nih min

      Delete
    6. Hehehehe lg ga da yg jual ya..
      Apa namanya beda di INA..
      DUh saya gak buat Sting Breezer di INA sih

      Delete
  5. kawowkokwa kalik ya min gpp kan min sya udh ambil job sting breezer

    ReplyDelete
  6. min minta gambar skill combo nya dong!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek deh Video di Post yang ini
      http://dragonesia.blogspot.com/2015/07/tips-leveling-lancea-dragon-nest-ina.html

      Delete
  7. Lancea di gedhe'in apanya min . ?

    ReplyDelete
  8. Gan mau nanya dong, erratic power itu kan kalau lewat 10 second jalannya kan jadi lelet, penggunaan erratic power yang pas gimana ya, saya masih agak bingung dengan cara penggunaan erratic power,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah Erratic Power itu selain Slow bisa ngurangin HP kamu per detik juga..
      Cara gunainnya harus di On/Off

      Misalnya nyalain sampai Slownya keluar, terus matiin selama 10 detik dan nyalain lg..
      Kecuali kamu party sama Healer, jdi bisa nutup minus HPnya tapi slownya masih tetep ganggu..

      Delete
    2. Okok makasih banyak bro buat info nya,, agak kagok juga memang kalau harus sambil on off, cuma kalau lagi aktif erratic powernya,, damage nya maknyooss,, hehe, Oh iya bro, minta saran dong, buat acc sting breezer lv 80 bagus meteor apa benedict? kalau misal skill benedict, enaknya ambil skill apa aja ya kira"?

      Delete
    3. Sorry baru bales, mendekati Cap 90 mending pake Meteor2 aja

      Delete
  9. Min minta pencerahan buat chapter 90 dong, bingung nih kok skill level yg harusnya bisa ambil banyak kok cuma jadi bisa ambil 1 doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap emang ada perubahan di Buffnya,
      Biar lebih jelas baca analis saya tentang Lanceanya aja..

      nah kamu cek juga tuh skill" DPSnya di Cap 90, mana yang OK dinaikan atau tidak

      Delete
  10. kasi gambar skill sama kasi keterangan dibawanya dong gan,... biar gwa tau dan faham sama yang di~maksudkan gan, Bisa gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa buat rincian AWAKNING~nya Lancea gan, kalo udah keluar aja tolong di bikinin ya? *(^_^)*

      Delete