RAVEN DAMAGE COMPARISON (Physical, Hybrid, Full Dark)

Raven Damage Comparison

       Beberapa hari lalu, ada salah satu komentar yang meminta saya menghitung DPS untuk job-job yang bermain Element. Berhubung saya sedang tidak memiliki banyak waktu sekarang ini (Efek banyak Event dan kerjaan), jadi saya akan membandingkan satu Job saja. Job yang saya pilih adalah Raven, karena penggunanya di Dragon Nest SEA atau INA banyak sekali. Selain itu, masih banyak yang merasa kebingunan untuk Gearnya.


        Saya perhatikan ketika Online di Dragon Nest INA, lebih banyak Raven yang menggunakan Full PATK (Physical). Alasannya karena memang mereka menggunakan Dual Line Skill Build, jadi agar Skill di Line Rippernya lebih besar damagenya. Selain itu, kendala lain dalam bermain Full Dark adalah harga Tough Earring dan Necklace yang mahal. Build Gear lain yang sering saya lihat adalah Hybrid Gear. Maksud dari Hybrid Gear bukan di Skill Buildya ya, tetapi semua Jade untuk senjata dan ring menggunakan Dark, sedangkan earring dan necklace tidak menggunakan Tough.
        Oh ya, saya juga pernah mendapatkan komplain Top 5 DPS skill Raven di post DPS Chart. Mereka menanyakan apakah saya salah menghitung tentang DPS Fan of Edge. Bagaimana bisa Skill itu menjadi Top DPS di Raven. Nah Post kali ini akan membantu kalian yang merasa bingung kenapa bisa Fan of Edge menjadi Top DPS Skill. Apakah Fan of Edge akan tetap menjadi Top DPS apabila menggunakan Full Dark Gear?



Gear Character

    Seperti sebelumnya, langkah pertama untuk menghitung Raven Damage Comparison adalah membuat simulasi Gearnya dulu. Kali ini saya mengunakan Equip untuk Level 80 dan Gear yang lumayan bagus.

Physical Raven
Physical Raven


Hybrid Raven
Hybrid Raven


Dark Raven
Dark Raven


Keterangan:
  • Armor yang saya gunakan Asteroid Lancea +10 dengan Superior Life Vitality dan Wind Jade level 70.
  • Weapon yang saya gunakan Ruler (Ladder Weapon) +10 dengan Superior Wind, Destruction untuk Physical Raven, dan Superior Dark Jade untuk Hybrid dan Dark Raven.
  • Costume yang saya gunakan adalah Epic Costum.
  • Ring : Black Dragon Ring + Destruction untuk Physical Raven dan Superior Dark Jade untuk Hybrid dan Dark Raven.
  • Earring + Necklace: Tough untuk Dark Raven dan Black Dragon (Legend) untuk Hybrid dan Physical.
  • Premium Heraldry level 70 (tidak 3rd Option)
  • Unique Heraldry level 70
  • High Talisman untuk level 70

Perhitungan Damage:
  • Patk yang saya gunakan adalah nilai rataan.
  • Hit Damage saya gunakan Hit terbesar. Applause EX terkadang memiliki 2x Damage, tapi saya hanya menghitung normal hitnya saja.
  • Defence musuh yang saya gunakan adala 29948 (mengurangi 26% serangan), sesuai dengan Def Boss Volcano Nest.
  • Saya tidak menghitung Damage Kritikal.
  • Saya menggunakan Skill ring +1 untuk Mortal Blow dan Rain Drop.
  • Saya menghitung Final Damage
  • Buff atau Debuff yang saya gunakan adalah Applause dan Punishment EX = 7% Dark Resist dan Fade = 35% Patk.


Damage Raven

Physical Raven
Physical Raven



Hybrid Raven
Hybrid Raven


Dark Raven
Dark Raven



DPS Raven

Physical Raven
Physical Raven


Hybrid Raven
Hybrid Raven


Dark Raven
Dark Raven


    Bisa dilihat pada Physical Raven, DPS tertingginya masih tetap Fan of Edge. Namun untuk Hybrid dan Dark Raven Rake EX lah yang memiliki DPS tertinggi. Disini sudah sangat jelas, bahwa semakin tinggi Dark Attack mu maka Skill di Line Raven akan memiliki DPS semakin besar. Namun bagaimana jika kalian menggunakan Hybrid Build (Menaikan Skill di Line Ripper) ? Build Gear manakah yang paling cocok. Oleh karena itu, saya akan memberikan damage dan DPS comparison.


Damage Comparison
Damage Comparison

    Pada Rataan Damage seluruh skill, perbedaannya tidak begitu jauh dan Dark Raven berhasil unggul. Hal tersebut dikarenakan pengaruh dari Dark Skill yang memiliki Damage besar. Bisa dilihat pada Rataan Dark Skill, Dark Raven memang unggul lumayan jauh. Tetapi pada Rataan Non Dark Skill, Physical Raven berhasil unggul. Nilai PATKyang besar sangat mempengaruhi skill non Dark.
    Rataan Top 5 DPS Skill tertinggi masih milik Dark Raven. Empat dari Skill Top 5 Skill di Dark Raven adalah element Dark, sehingga sangat tidak mengherankan jika Dark Raven berhasil unggul. Oleh karena itu, jika kalian ingin memilih Damage besar lebih baik menggunakan Gear Dark Raven.


DPS Comparison
DPS Comparison


     Sebelumnya saya beranggapan bahwa Dark Raven mungkin akan unggul sangat mutlak untuk Rataan Semua Skill, karena Dark Skill banyak sekali yang menduduki Top 10 DPS. Tetapi fatkanya sangat mengejutkan,  Physical Raven memiliki perbedaan sangat tipis dengan Dark Raven (hanya 12 point) di Rataan Semua Skill. Ini adalah efek DPS dari skill Fan of Edge. Bisa dilihat pada DPS Chart Physicial Raven, Fan of Edge berhasil menjadi Top DPS skill dengan jarak yang lumayan jauh dengan Rake EX. Sedangkan untuk Rataan Top 5 DPS Skill, Dark Raven kembali unggul lumayan jauh. Alasannya masih sama dengan sebelumnya, karena dari 5 Top DPS Skill ada 4 Skill dengan element Dark.


Kesimpulan
      Setiap Build Gear memiliki keungulan masing-masing. Full Dark memang berhasil unggul diantara semua Gear. Damage atau DPS Full Dark akan menjadi lebih besar lagi jika Raven menggunakan Skill Build Pure PVE (Full Line Raven + Fan of Edge Max). Kendala terbesar bagi Pure PVE Raven dengan Gear Full Dark adalah Tough Earring dan Necklace yang memiliki harga mahal. Oleh karena itu, Hybrid Raven bisa mencari alternatif Gear untuk Pure PVE Skill Build.
    Full Dark Gear berhasil unggul sangat tipis untuk Skill Build Hybrid (menaikan Line Raven, Ripper dan Fan of Edge) dan itu membuat saya lumayan heran (Bisa dilihat pada DPS Comparison untuk Rataan Semua Skill). Skill di line Raven memiliki Element Dark dengan Damage dan DPS yang lumayan besar. Sehingga Dark Raven masih tetap memiliki DPS yang besar untuk Hybrid Skill Build. Alternatif lain untuk Hybrid Skill Build yaitu dengan menggunakan Physical Gear.








Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

56 comments:

  1. Kk job yg bagus buat pve dan nest apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gear master, Shooting Star, Raven, Lunar Knight (Moonlord), Adept, Artillery, Crusader, Majesty
      Itu semua job yang lumayan sering di cari di Nest 80..

      Delete
  2. kk kalo raven pakai acc manticor old item yg full dark atack bisa?

    ReplyDelete
  3. kk kok ada yg bilang build dark atack g sakit di dn ina, orang lebih milih makai full moon set buat cari pysik atck. truss arti dari 100% dark atack itu smua damge skill raven di X 100%? mohon penjelasan nyah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhitungan di atas itu dah Full Gear Mantap di Cap 80..
      Dan Dark Raven tetep masih unggul dibandingkan Full Fisik, soalnya semua skill Raven itu Dark,,

      Yap pengertian Element itu mirip dengan FD..
      Jadi kalau 100% Dark = +100% Damage Element Dark

      Orang yang bilang Raven Dark gak sakit mungkin salah Skill Build dan Gear..

      Delete
  4. permisi admin numpang nanya ....

    g mna biar raven tambah sakit damagenya
    and satu lagi
    equip apa yang harus di pake di cap 80
    soalnya ane masih newbie ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pertama dilakukan adalah pake Build yang benar2 serius ke arah PVE..
      Selanjutnya bermain Dark Attack agar lebih besar damagenya..

      Delete
  5. halo mas.. oh iya saya mau tanya, rada bingung sama damage player d DN, aku pnya raven pake senjata HC BDN tp baru +6. aku cm bandingin sebelum pake HC BDN aku pake savior +10.. waktu pake savior cb test damage d MN GN attack 32k applause kena d damage antara 1,8 juta smpe 2 juta sekian.. skrng aku cb bandingin pake HC BDN, tp attackny lumayan jd 39k++ dr 32k, trs aku cb lg d GN MN ternyata attack 32k sm attack 39k++ applauseny ga begitu jauh damageny naik.. yg tdnya 1,8 juta - 2juta pas pake HC attack d 39k msh tetep sama msh keliat 1,8 applausenya ? gmna yah buat ngeluarin damagenya ?? makasih sebelumnya.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh juga ya, seharusnya ATK naik jauh gitu damage Applausenya juga naek.
      Coba di Cek apa Dark Atk waktu pake Savior dan BDN HC sama?
      Satu lagi, apakah kita masuk dengan Party yang sama?
      Kondisi Boss sedang kena Debuff yang lain atau tidak?
      Banyak Faktor sih, kalau mau mengujinya enak dilakukan di TKN HELL Boss 1 (no party), terus lakukan 10x serangan Applause untuk masing2 senjata. Disitu bsa lihat perbedaan damagenya.

      Applause itu skill yang agak spesial menurut saya, karena kadang2 bisa muncul 2x Damage. Biasanya sih 2x damage muncul kalau posisi Cast kita tidak sejajar dengan bagian depan atau belakang Boss.

      Delete
    2. td jg saya test di TKN hell, tp itu solo mas, ini macam2 set percobaannya mas :
      1.full set acc manticore old item set dark.
      2.ring GDN HC old item 2set, neckle & earing lvl 70 set wind
      3.senjata savior +10
      4.BDN HC +6
      nah item yg d atas udah saya ubah2 semuanya tp damageny tetep aja sama.. element dark damage saya 51.10 (ga pake manti old), yg lbh menonjol sama persis di umbra, umbra 55k damageny itu udah saya coba pake semua item d atas..
      mohon bantuannya mas.. ;((

      Delete
    3. wew kok bisa ya..
      Agak aneh juga, saya gak bisa analisa soalnya gak nyoba atau liat langsung..

      Coba pake cara ini:
      1. Lepas semua Jade Wind atau Bear
      2. Lepas semua Acc (Ring, Neck, Ear)
      3. Lepas Skill Jade di Senjata

      Percobaan pertama, kamu pake Savior dulu trus lakuin minimal 3x Applause ke Boss. (BTW Bossnya TKN normal aja jangan Hell, soalnya kebanyakan monster di HEll)

      Percobaan kedua, kamu ganti Saviornya ke BDN HC trus lakuin yg sama.

      *note: Jade di Senjatanya harus sama di Savior atau BDN HC.

      Kalau udah tau mana yang lebih besar, kamu tinggal lakuin percobaan yang sama dengan ubah2 ACCnya.

      Seharusnya sih, BDN HC +6 lebih gede damagenya daripada Savior. Perbedaan damagenya jga bisa sekitar 15-20%.

      Delete
    4. sore ^^, percobaannya udah d coba mas.. gedean pake HC sm ring old GDN HC dr pd manti old, sbb turun jauh attack pas pake manti old mas, oh iya mas kira2 neckle sm earing pakein tough at gmn sekalian ring jg..?? sbbny susah dongkrak damageny raven..
      makasih :))

      Delete
    5. Hehehe Akhirnya sukses juga test damagenya..

      Kalau ada Dana lebih, enakan maen Full Dark pake Tough Earring + Necklace
      Ring bisa 2 pilihan: Antara DDS/BDN HC Ring atau Skill Ring..

      Delete
    6. TQ ya mas sarannya, oh iya di DN ina besok udah update 80 http://www.gemscool.com/berita/read/2015/06/01/12368/update_level_80 nah ini nih yg saya bingung, kok udah ad equip uniq 80, yg pasti kalah donk equip HC BDN, takutnya nnti gold udah abis banyak, ini rencana mau lanjut enhance schimitiar sm crock HCNy.. ;((

      Delete
    7. owww Glory Set dari Ladder ya? itukan Unik level 70, coba liat lg levelnya..
      tenang aja, kalau udah pake Set Gear BDN HC itu kepake sampe Cap 90 kok..

      Delete
    8. mlm mas, aduuuh bener tuh pas liat di leader yg 70 tp bkn glory.. yg anehnya pas liat d FB dn indo, kok glory 80 ternyata pas di liat bkn hehe.. :-)

      oh iya mas, kn skrng udah ad skill up heraldry +1, jd mnding aku +in mn yah mas, ini urutan + skill saya mas.. chaser : 19,18,18,11,13. raven : 1,11. aku sih rencana mau +in di open edge byr bs +21. kn itu bs dua kali mas + ny dr heraldry sm ring skill. nah, kl pake senjata costume weapon rare set + open edge bisa ga yah at cm buat ring skill aja.. :-? kl emng bs pake cost weapon rare rencana mau pake ring skill aja mau buka + applause sm punish, kl pake BDN HC aduh mahal bgt yg jual 1ny 55k. jd cukup pake earing sm neckle tough aja..
      jd menurut mas gmna nih bagusnya :
      open edge +19 > +21
      applause +18 > +20
      punishment +13 > +15, atau
      cocking DF +11 > +13

      makasih sebelumnya, sangat bermanfaat bgt blognya.. cheer (o)

      Delete
    9. Kalau pilihannya gitu ya pasti Open Edge donk..
      Damage 19 sama 21 itu beda mayan jauh,
      Jujur ya, dah bebrapa bulan jarang OL di SEA dan INA..
      Malahan saya baru tau Heraldy +1 skill..
      Kalau bisa di Stacking sih, Skill ring + Heraldy + Weapon Costume..
      Buat naekin Applause ke leve 21.. :-d :-d

      Tapi kalau cmn bisa 2 Stacking, mending ke Open Edge lg.

      Delete
    10. hahahahahaha aduuh si mas ini.. sipsip dah udah di ambil opennya. :))
      oh iya mas, ini adik saya sekalian mau tanya, dia pake Abyss Walker.. mnding platenya d pake di incarnation of dark, bless of azna, night fall at gmna ya mas..
      TQ sebelumnya ^_^

      Delete
    11. Plate kan bukan Skill ring..
      Skill ACC pake yg Blessing Ajna
      Diantara 3 pilihan itu, saya lebih suka ke Nightfall ya..
      Soalnya itu mayan jadi andalan AW di Cap 80

      Delete
  6. Enaknya pake Ripper line atau nggak ya ? Soalnya kalo untuk solo selalu kehabisan skill karna cooldown semua :v. Minta saran dan penjelasannya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti belum terbiasa ya, saya juga sering kehabisan Skill kok..

      Kalau butuh skill tambahan Bisa kok ambil skill di Ripper Line..
      Paket Hemat ambil sampai Blade Runner aja
      Paket Komplit ambil sampai Izuna Drop
      Saya saranin sih ambil cmn sampai level 1, biar gak terlalu mengganggu Dark DPSnya.

      Nah biar DPS Dark Skillnya gak turun jauh ambil sampai Peak Level aja di level 11 atau 16.
      kamu bisa modifikasi Build Pure PVE saya.
      Misalnya:
      Open Edge, Rake dan Applause di Level 16.
      Rain Drop tetep level 15 +1 (Skill ring).
      Punishment tetep level 13.
      Fan of Edge level 16
      Sisa SPnya cukup untuk naikan Skill Line Ripper ke Level 1.

      Delete
    2. Kalo hybrid untuk Raid, down ya damage nya ? Terus enaknya hybrid atau enggak ? Takut damage down di PVE

      Delete
    3. Kalau Hybridnya gak terlalu Hardcore sih, paling turun DPSnya di Fan of Edge aja..
      Itu asalkan Skill di Line Ravennya tetep pertahankan di level 16,16,16,15+1,13,3..

      Di Raid jarang pake Fan of Edge juga, soalnya agak serem kalau deket2an sama Boss. Takutnya salah Timing malah kena Hit.


      Delete
    4. Kalo korbanin Open Edge untuk Applause sama Rake rugi nggak ? Jadi Open Edge lv 13, Applause sama Rake lv 18

      Delete
    5. Level 13 itu nanggung, Damagenya tidak jauh berbeda dengan level 11..
      Jadi mending Open Edge level 16, Applause atau Rakenya di turunin ke 16.
      Soalnya Damage level 16 sama 18 gak terlalu jauh.
      Sekali lagi ingat Peak Level 6,11,16, 21, 26
      Peak level itu dimana level skill memiliki peningkatan Damage yang besar.

      Delete
  7. permisi gan, agan tau alamat webnya korea dragonnest gk?...
    1 lagi, apa nama aplikasi untuk menghitung demage seperti yang di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh saya tidak tahu web DN Korea yg Official, soalnya pasti pake bahasa Korea..
      Kalau buat Equip Simulator pake ini:
      http://04zone.com/

      Delete
  8. Permisi gan. Mau nanya job lancea yang bagus untuk pvp apa? Dan untuk pve apa? Dan tolong jelaskan alasannya. Saya masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya ada di Post terbaru..
      Intinya PVE Sting Breezer lebih menjanjikan, kalau PVP Flurry..

      Delete
  9. Mas ramdhan saya Raven pure Line skill raven stat town : p.att 65k dark att 81,9 % FD 9 %, mau coba set FD cuma dark att cukup drastis turunnya, saya sudah coba hitung hasilnya : p.att jadi 62 k dark att jadi 61,9 dan FD jadi 41 %
    Kira2 lebih worth mana damage yang dihasilkan, saya ingin coba ganti heraldy 3rd p.att epic 70 ke heraldy 3Rd Fd rare 80
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aw kena jebakan komen hitungan lagi...
      yuk itung pake sampel 1 skill + Full BUff sendiri..
      - Applause EX lv 18 -
      Board Damage = 1093% + 39031
      Koefisien = 1.3
      Efek Debuff = 7% Dark resist
      Fade lv 11 = 35% ATK

      Stat 1:
      PATK = 65000
      DA = 81.9%
      FD = 9%
      Damage = (10.93*65000 x 1.35 + 39031)*1.3 x 1.819 x 1.09 x 1.07 = 2752816

      Stat 2:
      PATK 62000
      DA 61.9%
      FD 41%
      Damage = (10.93*62000 x 1.35 + 39031)*1.3 x 1.619 x 1.41 x 1.07 = 3028888

      Yang menang Stat ke 2..
      Sebenernya Bisa lebih simpel sih..
      Fungsi FD mirip dengan Dark Attack..
      bedanya kalau FD untuk semua element Skill dan Dark Attack untuk Dark Skill..
      Berhubung Raven semua DPSnya dark (kecuali Fan of Edge), jadi penambahan Dark Attack 1% sama dengan FD 1%.

      Perhitungan Simplenya sih gini
      - 65000 x (1 + (0.819 + 0.09))
      - 65000 x 1.899
      - 123435 (berarti PATK kamu diibaratkan segini)

      - 62000 x (1 + (0. 619 + 0.41))
      - 62000 x 2.029
      - 125798

      Sekian

      Delete
  10. bang kalo AW di cap 80 attack power cuma 43k tp dark di dungeon tembus 110% itu udah berasa damagenya apa belum?

    ReplyDelete
  11. halu mass numpang tanya apa ring BDN HC bisa menaikkan Dark Atk?
    ,misal saya pake over mancticore aba bisa dark atk tembus sebesar itu?
    anehnya kenapa ring yg begitu kalah tembus sama over manticore yg full dark yaa -_-
    jadi bingung -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga opt Dark Attacknya kok di BDN L ring..
      kamu liat Dark Attack yang mana??
      Yang maen Full Dark itu pake TOugh Ear + Neck, tittle, ring costum dan jade full dark..
      Aku lupa Over manti itu Full set + brapa dark ya?

      Delete
    2. kalo over manti full set+title sama jade full dark ketemunya cma 71,itu bisa tembus sampe 75,itupun 71 kalo main sama LF bisa jadi 99,lah kalo itu 75 main sama LF bisa jadi berapa yaa?, itu pun belum kalo party sama AW bisa jadi top Damage -_-

      Delete
    3. Itu bener2 Full Costume Ring Biru + Tough dan Tittle

      Delete
  12. emng itu title apa mas ?
    Dark atk nya berapa ?

    ReplyDelete
  13. bro mohon ijin saya mau tanyak kalok heraldry khusus itu yg di pakek apa saja soalnyah masik bingung bro sama tanyak satu lagi cara besarin deffend nyah itu yg di pakek apa sajah itu sajah bro terimakasi @Newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heraldry Khusus? yang dtengah?
      enakanya pake Manticore Gravity Ball..

      Def bisa dari Heraldry yang 3rd OPT Def

      Delete
  14. misi gan numpang nanya, equip dari kepala sampe kaki + senjata buat raven itu apa ya yg paling bagus (lv80 di dnsea) beserta jade nya?
    dan acc sprti ring, necklace, earring apa ya (beserta jadenya) ?
    mohon pencerahannya suhu biar ga salah beli x_x

    #Note: pisahin ya suhu buat recommend equip lumayan dan equip yang GG
    thanks before ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standar:
      - Armor Set Epic 80 dari VON/Ladder
      - Armor +6-8 (Jade Wind dan Life 80)
      - 2nd dan Main Weapon +10 (Jade Dark dan Wind 80)
      - Ear + Neck: Wind Benedict (Acc 80, isi Jade Life)
      - Ring: Destruction/Skill RIng opt Dark + PATK (Jade Dark)

      GG sih:
      - Armor Set BDN L +12
      - Armor +12 (5 High wind, 3 High Bear dan 2 High Life 80)
      - 2nd dan Main Weapon +13(High Dark dan Wind Jade 80)
      - Ear + Neck: Toufh (Opt HP AGI STR)
      - Ring: BDN L Ring (Dark Jade)

      Delete
  15. owh gitu ya. oke deh thanks buat sarannya suhu..
    btw mau nanya lagi nih, kalo talisman buat raven (lv70 dan lv80) apa ya?
    sekalian deh sama plate nya suhu (all plate trmksud skill plate)
    maaf ya banyak nanya soalnya saya baru main dn n daripada sotoy mending kan nanya sama yang lebih pro daripada nanti orang intip equip saya malah di ketawain :v
    thanks before ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Talisman + Plate:
      Wind - Destruction
      Bear - Health
      Shinning - Life Vit
      Tent - Fatal

      Skill plate sih:
      Applause, Punishment dan Rake (Damage)
      1 lg milih antara: Rain Drop (CD), The ENd (Damage) dan Crooking deadfall (CD)

      Delete
  16. gan raven yg bagus buat PVE. dark raven kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Dark Raven dengan Skill Build Full Line Raven

      Delete
    2. oh iya gan. boleh ga ane minta skill build nya dark raven? apa aja skil nya yg harus di naikin. maaf ngerepotin

      Delete
    3. Itu ada kok yang Pure PVE d Blog

      Delete
  17. Menurut agan yg paling enak job apa aja
    thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Subjektif banget dong jadinya..
      Buat DPS sih saya lebih suka ke Adept, Raven
      Support lebih ke LF

      Delete
  18. gan klo buat pvp enaknya gear build yg mana?

    ReplyDelete