MOONLORD (LUNAR KNIGHT) SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)

MOONLORD (LUNAR KNIGHT) SKILL BUILD
   
       Cap 80 sudah 3 bulan, tapi saya baru membuat build Moonlord sekarang. Saya sebenarnya kurang begitu suka dengan Moonlord, sehingga baru sekarang ini menyempatkan diri untuk leveling. Beberapa fakor yang membuat saya malas bermain Moonlord yaitu Jobnya terlalu Mainstream, DPSnya besar dan saya tidak bisa menggunakan Pure PVE Moonlord di Ladder.

      Masalah Moonlord (Lunar Knight) Skill Build level 80, saya masih menggunakan yang mirip dengan cap 70. Saya akan memberikan 2 Pilihan Build PVE untuk Moonlord. Ini efek saya bimbang antara 3 Skill yaitu Circle Beak, Impact Wave dan Cyclone Slash. Ketiga skill itu memiliki kelebihan masing-masing, tetapi saya belum memutuskan untuk memilih Skill mana yang saya naikan Max.        Bisa dilihat di Dragon Nest INA atau SEA, banyak sekali warrior yang memilih menjadi Moonlord. Selain itu, saya agak bosan ketika melihat atau mendengar mercenary atau gladiator yang berubah job menjadi Moonlord. Ini semua karena efek DPS Moonlord yang terlalu besar dibandingkan Warrior lainnya. Walaupun Gladiator bisa mengimbanginya, namun Moonlord memiliki mekanisme DPS yang lebih mudah. Yang paling terakhir adalah saya benar-benar tidak bisa menggunakan Moonlord Pure PVE di Ladder. Tetapi tenang saja, itu semua hanya pikiran subjektif saya saja.


Moonlord Skill Build

Build 1
Moonlord Skill Build


Build 2
Moonlord Skill Build


Circle Break vs Impact Wave Vs Cylone Slash : 
Pada penjelasan awal saya sudah bilang bahwa ketiga skill ini yang membuat saya bimbang. Untuk memberikan sedikit jawaban, saya akan menjelaskan perhitungannya saja.

Board Damage
Circle Break lv 25: 577% + 30981 (Patk)
Impact Wave lv 26: 582% + 31510 (Matk)
Cyclone Slash lv 16: 519% + 19054 (Matk)

Dari ketiga Skill di atas sudah dapat dipastikan bahwa Circle Break memiliki posisi DPS paling lemah. Hal tersebut karena Circle Break merupakan Skill Fisik. Berarti sekarang pilihan antara Impact Wave atau Cyclone Slash.

Board Damage
Impact Wave lv 26: (582% + 31510 ) *1.25 = 728% + 39388
Cyclone Slash lv 16: 519% + 19054  *1.5 = 779% + 28581

Tapi jangan lupa, untuk melakukan full board Cylone Slash perlu waktu 6 detik dengan total 16 hit. Pada Hit pertama Debuff Cyclone Slash sudah mulai berfungsi, sehingga sebenarnya full board Cyclone Slash adalah:

(519% + 19054)/16 = 32.4% + 1191
Hit pertama = 32.4% + 1191
Debuff = +30% Magic damage

Full Board 
- (32.4% + 1191 + (32.4% + 1191)*15*1.3) *1.5
- (664% + 24416) *1.5
- 996% + 36623

Cyclone Slash memiliki Full Board damage yang lebih besar dibandingkan Impact Wave, tapi Full Castnya sangat lama. Jadi sekarang kalian bisa bebas memilih, skill mana yang akan dinaikan. Apakah Cylone Slash, Impact Wave atau Circle Break? Sejujurnya saya lebih nyaman menggunakan Build nomor 1. Alasannya adalah saya bisa mendapatkan keuntungan dari Circle Break lv 6 (Iframe dan Super Armor Break), Impact Wave (untuk mendapatkan Pasif level 65 dan Super Armor Break) dan Cyclone Slash EX (DPS yang lumayan besar).

MP Regen Max:

Saya menaikannya Max karena masih menggunakan Moonlord untuk Ladder, walaupun saya bilang tidak bisa menggunakan Build Pure PVE untuk Ladder. Tapi saya harus tetap ladder tiap minggunya untuk mendapatkan Equip gratisan.

Relieve lv 6:
Menghilangkan debuff dan cooldownya lebih cepat.


Triple Slash + Front Shove lv 1:
Triple Slash hanya sebagai syarat saja untuk menaikan Front Shove. Alasan saya menaikan Front Shove karena memiliki iframe.

Brave lv 9:
Buff yang wajib max untuk meningkatkan serangan kita.

Luring Slash lv 8:

Efek debuff pada level 8 dan 9 sama saja yaitu 50%, sehingga untuk menghemat penggunaan skill point boleh tidak menaikan skill ini sampai MAX.

Eclipse lv 1:
Saya hanya menggunakan untuk mengumpulkan monster kecil ketika Solo Dungeon saja dan menghancurkan super armor break musuh.


Counter Exile lv 1:
Menambah satu aerial evasion.


Parry stance lv 1:
Skill untuk memblok serangan musuh, biasa saya gunakan dalam situasi darurat. Jangan lupa ya, beberapa serangan Boss di Volcano Nest tidak bisa di Parry, jadi berhati-hati lah.


Moonlight Splitter Lv 19: 
Salah satu skill yang masuk TOP 5 DPS Moonlord, jadi saya menaikannya MAX.

Crescent Cleave lv 15: (+1)
Jika kalian menaikan skill ini sampai level 15, saya sarankan untuk menggunakan skill ring +1, karena kenaikan damagenya lumayan besar.
Lv 11: 312% +8656
Lv 15: 342% + 12609
Lv 16: 378% + 16434

Perbedaan Level 11 dengan 15 itu adalah 30%, sedangkan level 15 dengan 16 itu 36%.

Halfmoon Slash lv 13:

Satu-satunya skill Moonlord yang memiliki Instan Damage. Secara DPS pun Halfmoon Slash EX termasuk dalam posisi ketiga.

Great Wave lv 2:
Semenjak Revamp banyak yang mengeluh karena hanya hit terakhir skill ini saja yang sakit. Menurut saya itu malah lebih menguntukan kita karena tidak perlu menunggu lama untuk melakukan 4 wave pertamanya. Selain itu, hit damage pada wave terakhir ditambahkan menjadi maksimal 8 hit.

Moon Blade Dance lv 12:
TOP DPS skill untuk Moonlord. Board Damagenya memang tidak terlalu besar, namun Full Boardnya sangat luar biasa. Itupun belum termasuk dengan cooldownnya yang lumayan cepat.


Flash Stance lv 11: 

Beberapa orang merasa Flash Stance tidak wajib untuk Max, karena casting timenya dan cooldown yang lama. Saya menaikannya Max karena Flash Stance termasuk dalam Top 5 DPS Moonlord.

Skill Plate:

1. Crescent cleave (Damage)
2. Halfmoon Slash (Action Speed/Damage)
3. Moonlight Splitter (Damage)

4. Moon Blade Dance (Damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

31 comments:

  1. Saya merasa HMS (belum learn EX nya) dan HMS (sudah learn EX) itu berbeda casting speed nya ._. Dua dua nya saya beri Plate Action Speed -50%, apakah berbeda casting HMS tanpa EX dan HMS dengan EX?
    Kalau soal Pasif nya saya kira tidak ada salah nya, karena menaikkan Stat INT itu cukup sulit dan Equip nya juga mahal, sedangkan menaikkan STR sangat mudah, apalagi harga Bear dan Destructive itu tidak semahal Wise/Intellect dan Magical

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya test Casting Timenya, masih sama saja.
      Yap memang terlihat lebih cepat, mungkin itu Efek Animasi dari serangan keduanya..

      Hehehehe, kalo gear tetap harus menggunakan INT walaupun Intermediet atau Low, karena DPS LK tetap di Skill Magicnya. Apalagi MATKnya bisa naik lumayan besar dengan bantuan Pasif 65nya.

      Delete
    2. casting time HMS berbeda bila sudah ex. yg ex lebih cepat, dan bila diberi plate action speed, slash keduanya juga lebih cepat, jadi memungkinkan untuk segera cast skill lain. untuk LK, memang harus usaha dalam menaikkan INT, karena skill pasif 65 nya menaikkan magic attk dengan dasar int

      Delete
  2. Minta penempatan skillnya bang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu PM saya di Fanpage Facebook aja.
      Nanti saya kasih Penempatan skillnya

      Delete
    2. Tapi kk suka yang Build 1 atau Build 2 ?? :/ ://

      Delete
    3. lebih suka Build pertama sih..
      hehehehe

      Delete
    4. Alesan'a apa milih Build 1 ?? :/
      Sorry banyak tanya :D

      Delete
    5. Saya jarang kepencet Impact Wave..
      Jadi kalau pake Build 2 sayang aja,

      Delete
  3. Hi whats the difference between build 1 and 2? Sorry i could not read this as well. Sorry for the trouble. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill Build 1: Cyclone Slash Max
      Skill Build 2: Impact Wave Max

      1. Based on my calculation, Cyclone Slash have more DPS than Impact (in good Condition or Full hit). The problem is sometime really hard to get Cyclone Slash Full Hit, especially for Boss who Move so much.

      2. Skill Build 1 have one iframe Skill (Circle Break lv 6), but Skill Build 2 havent.


      Delete
    2. Skill build 1 cyclone slash skill only need till 16 not max?

      Delete
    3. There's "Peak Level Skill" in Dragon Nest (Level 6, 11, 16, 21 and 26)
      Peak Level have high damage Increase. ex:
      - Board Damage Cyclone Slash level 1 : 309% + 94
      - Board Damage Cyclone Slash level 5 : 332% + 493
      - Board Damage Cyclone Slash level 6 : 379% + 1863

      Lets calculation the GAP Damage..
      - Level 1 to 5 : (332% + 493) - (309% + 94) = 23% + 399
      - Level 5 to 6 : (379% + 1863) - (332% + 493) = 47% + 1370

      Damage Increase Level 1-5 lower than 5 to 6 (More than 2x Damage). "This mechanic apply to another Peak Level"
      So, I'm just saving my Skill Point to another skill, coz Level up Cyclone Slash to Max Level, didnt give high Damage Increase.

      Delete
  4. So which is more recommended? Im a new player, totally clueless so i cannot make my own judgement. Please do help me ^^

    ReplyDelete
  5. kk kk maksud nya iframe ituh apa ya dan level passive 65 ? dan full board itu aqu jg ga ngerti nih kaaaa.. . . . -_-" tolong jelasin kaaaaa
    aqu baru main. dn jadi kayanya class ini yg damage nya gede untuk aqu yg p'tama x main cocok kali yha biar gampang nyari equip di dungeon/nest

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iframe itu kondisi dimana kamu tidak bisa terkena Serangan..

      Pasif Level 65 ituloh yang mengubah INT menjadi 1.6 MATK
      Full Board Damage = serangan kamu kena 100%
      Misalkan Cyclone Slash, kadang2 kan gak kena 100% karena boss/monster lari atau kabur.

      Hmm damagenya sih Gede, tapi kalau buat pertama main enakan Gear Master sih lebih gampang tinggal Summon Tower, Bebek dan ALfredo doank

      Delete
  6. mau minta pendapat dong gan, LK gw adalah counter build sejak caps70 (parrying stance lvl2, counter slash max+1 = counter per 1sec) klo ditanya knp bikin counter build? awalnya iseng nyoba..ternyata gw suka style main bgini...yg gw bingung adalah pemakaian skill platenya...
    yg dipake sekarang :
    1.great wave (dmg)
    2.hms (action)
    3.mbd (cooldown)
    4.cresent cleave (dmg)

    klo ngeliat suggest ramdan, mbd pake yg dmg aja ya? gw setuju si..krn ternyata klo di nest bahaya pake mbd klo tidak tepat waktu, mendaratnya ngga bs dikontrol..kalo pas ke arah bos lagi cast skill..kelarr...
    pertanyaan kedua, dari 4 skill plate itu salah satunya mau gw ganti ke counter slash (dmg) , dmg nya lumayan besar..lupa tepatnya, pas ngepost lagi gak login dn soalnya...
    gmn mnurut ramdan? karna gw brows2 gak nemu yg ngebahas counter build..thnx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara 4 itu yang bukan DPS cmn 1 yaitu Great Wave...
      Jadi ya terpaksa Great Wave yang diganti..

      Dulu saya sempat kepikiran main Counter SLash, tapi berhubung males kena Hit" jadi males naekinnya. Soalnya LK biasa maen Rank jauh jd jarang ke Hit dan Buff Parry bisa kena Wipe juga.

      Delete
  7. Gan, dragon jade sma plate untuk LK apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wise MAgician Health Lifevit tent shinnig fatal dan Bless/Ultimate

      Armor: INT + Life Vit
      Weapon: INT + Magician/Element (kalau pake ECJ)

      Delete
  8. stat priority-nya gimana bang?
    dan cara masuk SH defense gimana sih buat dapetin ecj :|
    thank you sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Statnya tetep INT..

      SH Def itu Event, jadi tergantung DN-nya mau kapan di ada-in

      Delete
  9. mantep banget ini blog. sangat membantu buat para newbie player kaya ane. Thx

    ReplyDelete
  10. Sdikit curcol mas gan soal LK pve, ga tau knp sy kok mrasa ksulitan ya (agak putus asa) dengan LK/Moonlord, damage nya serasa kurang greget gt, dibanding sy pake DA, pdhal LK sy udah lmyan EQnya,sedang DA EQ seadanya aka gratisan :v, INT pd WR jenis ini seret banget, ga smudah menaikkan STR pd WR lainnya :(, mohon masukan,tambahan,saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh bandingin LK dengan DA sekarang emang gak Adil
      DA masih lebih unggul secara Damage.

      Tapi dilihat dari Patch Note Cap 90-an nanti, LK damagenya dinaikin sedangkan DA dikurangin. Dan Fungsi INTnya juga dinaikan 2x lipat.

      Sekarang sabar aja dulu..
      Dan Persiapkan Gear yang bagus untuk Cap 90

      Delete
  11. kk buatin skill build LK PVE lvl 90 dong. bingung mau naikin yang mana aja

    ReplyDelete
  12. jadi LK fokus up INT+VIT mastah?? STR gk di butuhkan? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak butuh STR..
      Cuman INT + VIT aja
      Atau kamu mau main Crit bisa pake INT + CRit

      Delete