DRAGON NEST DPS CHART (UPDATE)

Dragon Nest DPS Chart


       Update terbaru DPS Chart bisa dilihat di: New Dragon Nest DPS Chart. Itu saya belum sempat menghitung semua JOB, karena ada kesibukan. Semoga aja bisa cepat selesai...

       Dragon Nest DPS Chart menjadi perdebatan yang terus terjadi antara para player di Dragon Nest. Mereka saling mengunggulkan Job kesayangan masing-masing. Kali ini, saya akan menghitung berdasarkan kesetaraan Equip. Aturannya hampir mirip ketika saya menghitung Skill EX Level 80 Damage Comparison. Bedanya adalah Physician dan Elestra kali ini termasuk dalam hitungan.
        Saya memperhitungkan Cooldown Debuff/Buff, sehingga tidak ada peningkatan DPS yang luar biasa ketika ada Speed Buff , Low HP, Divine Avatar dll. Semua mekanisme Debuff/Buff disesuaikan dengan sampai Update terbaru. Jika ada kesalahan perhitungan atau pertanyaan bisa langsung ditanyakan, sehingga saya bisa cepat memperbaiki atau menjawabnya. Selain itu, tolong baca penjelasannya juga agar tidak terjadi kesalah pahaman.




Penjelasan Awal:
  • Semua Equip untuk masing-masing job di kalkulasikan sama rata.
  • Blue Jade yang digunakan berdasarkan status Job, khusus untuk Crusaider saya hanya menggunakan Intellect Jade.
  • Red Jade yang digunakan berdasarkan tipe Job yaitu MATK atau PATK.
  • Saya tidak menggunakan Element Jade.
  • Semua Jade yang digunakan merupakan Superior/Advance Jade level 70.
  • Ring = Magician/Destruction Downy (Epic level 70)
  • Earring dan Necklace = Berdasarkan Status Job (Intellect, Bear, Wind)
  • Semua Damage diasumsikan tidak kritikal

  Setelah dihitung menggunakan Equip Simulator, damage untuk masing-masing job bisa dilihat pada tabel dibawah ini:

Class Damage


Perhitungan DPS:
  • Board damage yang digunakan sesusai dengan Skill Simulator level 80 terbaru.
  • Diasumsikan setiap skill berhasil mengenai musuh (Full Hit).
  • Skill yang saya gunakan adalah 5 DPS terbaik untuk masing-masing Job.
  • DPS Skill yang diambil diutamakan adalah skill di Jalur masing-masing Job.
  • Board Damage Skill yang saya gunakan adalah pada Level Max.
  • Beberapa Skill menggunakan Skill Ring +1 untuk mendapatkan Peak Level.
Top 5 DPS Skill 
Top 5 DPS


Perhitungan Full Buff:
  • Buff atau Debuff di asumsikan berhasil mengenai musuh.
  • Buff atau Debuff untuk masing-masing Job disesuaikan dengan Update terbaru di Dragon Nest Korea.
  • Perhitungan Debuff/Buff disesuaikan dengan cooldown. Rumus yang saya gunakan adalah Fungsi Buff (+atk/Damage/-cooldown) x Waktu Buff / Cooldown Buff.
Contoh:
Divine Avatar
Efek: Menambah Patk dan Matk, Lama Buff 20 detik dan Cooldown 125 detik
Perhitungan: (Selisih PATK/MATK x Lama Buff) / Cooldown

Beyond Time (Fast Forward)
Efek: -80% Cooldown, Lama buff 15 detik dan Cooldown 120 detik.
Perhitungan: 80 x 15 /120 = 10
Artinya: Diasumsikan berarti -10% Cooldown Buff Berlangsung permanen.

* Kenapa saya harus menghitung Buf/Debuff dengan cooldownnya? karena ada beberapa masukan agar saya bersikap adil dalam menghitung perbandingan damage.
Alasan saya menggunakan metode ini ada di Lancea Damage Comparison


DRAGON NEST DPS CHART
DPS Chart

UPDATE
  1. (9 Februari 2015) Kesalahan Perhitungan DPS Spiral Edge Windwalker.
  2. (8 Maret 2015) Elemental Lord Boost
  3. (26 Maret 2015) Sniper dan Dancer Skill Boost (Tanpa menghitung DPS Wind Shot Sniper)
  4. (29 Maret 2015) Penambahan Efek Buff Illusion Dance untuk Dancer Class dan Menghilangkan Efek Buff Wide Stinger untuk Sprit Dancer.
  5. (20 April 2015) Mulai proses perhitungan DPS Full Buff (Metode 2) dan Update Boost. Harap bersabar butuh waktu lumayan lama.
  6. (5 Juni 2015) Mencoba perhitungan DPS yang agak lebih Real dengan One Minute DPS (Potensi DPS yang bisa dihasilkan semua Job dalam waktu 1 Menit) di lapangan.


1. Gear Master
      Dari awal perencanaan membuat DPS Chart ini, saya sudah yakin bahwa Gear Master akan menempati posisi pertama. Mechanic Mode + Tower menjadi kombinasi DPS yang luar biasa, sehingga berhasil membawa GM ke posisi pertama. DPS Gear Master akan turun bila mengahadapi Boss Nest/Raid yang bisa menghancurkan Tower dengan skillnya atau rajin bergerak. Perlu ada kemampuan yang baik untuk melalukan Full DPS (MM+Tower), karena cukup rumit untuk dimainkan.
     Dalam tabel Top 5 DPS, secara teori Gutling Gun Tower MAX menjadi TOP DPSnya terlebih ketika melakukan kombo Tower + MM. Tapi dalam kenyataanya, Gutling Gun Tower memiliki range yang sangat kecil, untuk melakukan Full Hit perlu menempel dengan Boss/Monster. Oleh karena itu, kebanyakan Skill Build Gear Master saya tidak menaikannya sampai MAX. Saya lebih memilih Chainsaw Tower dan Cannon Tower saja yang MAX.

2. Shooting Star
      Akibat Update terbaru Sniper dan Dancer Skill Boost, Shooting Star harus rela DPSnya turun. Pengurangan damage Splash menjadi pukulan yang telak untuk Shooting Star. Sehingga DPS Rank Splash EX harus turun ke peringkat 2 dan Mine Thrower berhasil menduduki peringkat pertama. Saya sendiri lumayan kecewa, karena saya lebih sering menggunakan Splash EX daripada Mine Thrower. Mine Thrower memang memiliki DPS yang lebih besar sekarang, tapi DPSnya tetap tidak konsisten. Perbedaan ukuran dan gerakan Boss bisa membuat DPS Mine Thrower turun.
 
3. Moonlord
     Semenjak Cap 70, Moonlord sudah menjadi Warior Job yang paling banyak diminati dan berhasil menggeser Gladiator. Skill Pasif level 65 yang membuat DPS Moonlord sangat besar di Nest/solo dungeon. Pembatasan MATK di Raid Nest yang hanya bisa 2x MATK kota bisa menjadi hambatan untuk Moonlord tipe Pure Int, tapi bisa diatasi dengan menggunakan element. Moonblade Dance EX merupakan Top DPS skill di Moonlord, bahkan DPSnya 2x  lebih besar dibandingkan dengan Crescent Cleave EX.

4. Artillery    
      Artillery merupakan salah satu job serangan jarak jauh yang sangat saya sukai, karena untuk melakukan mekanisme skillnya tidak membutuhkan waktu yang lama (seperti Sniper). Artillery Skill Revamp membuat DPSnya semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan adanya Fatal Tracking Arrow yang damage/DPSnya sangat besar. Jika Artillery  memiliki Critical sangat kecil, maka jangan berharap dapat melakukan Fatal Tracking Arrow lebih sering.
      Hal ini saya alami pula ketika melakukan Solo Volcano Nest Easy Mode. Saya menggunakan Build Equip non Critical (Pure MATK) dan hasilnya Fatal Tracking Arrow jarang sekali keluar. Yah mungkin karena Critical Resist Boss di Volcano Nest lebih besar dan ada peningkatan Crit Cap pada level 80. Oleh karena itu, saya mulai berfikir untuk menaikan skill Wise of Owl MAX untuk cap 80, tetapi itu perlu merombak Skill Build saya.
      Top DPS skill untuk Artillery adalah Swift Shot. Board Hit MAX yang bisa dilakukan Swift Shot ada 9.5x Board Damage, namun itu sangat tidak mungkin dilakukan (hehehehehe). Semakin jauh kita dari Boss/Monster maka Board damagenya akan berkurang, tapi mendekati Boss pun sangat beresiko kematian. Walaupun ada Mekanisme baru Swift Shot EX bisa di Cast melalui Extension Core, tapi itu cukup sulit dilakukan dan damagenya pun tidak sebesar ketika kita cast sendiri. Diantara Top 5 DPSnya, skill yang paling konsisten DPSnya adalah Tracking Arrow EX. Oleh karena itu, DPS Artillery masih kurang konsisten sehingga dalam kenyataanya masih bisa turun peringkat.

5. Physician
     Wah siap-siap saya dimarahi para pencinta Adept nih, kok bisa ya DPS Physician di atas Adept. Top DPS skill di Physician adalah Magma Wall. Setelah Physician Skill Boost, Injector berubah menjadi Element Dark dan tanpa Cooldown (Baca baik-baik "Tanpa Cooldown"). Tapi agar bisa Tanpa Cooldown, Injector EX harus mengenai musuh atau teman. Selain itu, Damage Poison Break EX dan  Poison Charging EX pun meningkat. Saya sarankan untuk Physician setelah Pacth harus terus Spam Skill Disease EX setiap kali Delay, karena itu akan membantu DPS kalian terutama Poison Break EX dan Poison Pool.

6. Majesty
     Saya pribadi sangat senang Majesty bisa masuk Top 10 DPS, karena Majesty adalah job favorit saya. Sejak Cap 70, majesty sudah terkenal dengan damage Gravity Switchnya yang besar, namun untuk casting full hit membutuhkan waktu yang lumayan lama dan beresiko. Pada cap 80, Gravity Switch EX memiliki mekanisme skill baru yaitu bisa langsung Full cast dengan menekan klik kanan/kiri dan ada tambahan damage 80%.  Mekanisme Skill baru ini bisa membuat casting time Gravity Switch menjadi lebih cepat yaitu hanya 1 detik. Selain itu, damagena akan semakin besar ketika Lowest HP Bar. Walaupun seperti itu, resiko terkena hit atau cancel cast masih tetap dimiliki oleh Majesty. Apalagi agar membuat damage Gravity Switch lebih sakit, kalian harus melakukan "Ritual" membuka kaca, Magic Steal (yang gampang cancel), menunggu Gravity Ascesion Debuff  dan berharap glacial spike berhasil membekukan musuh.

7. Windwalker
      Sangat mengherankan bukan kenapa Windwalker bisa ada diposisi 7. Hal ini dikarenakan Acrobat Skill Boost yang membuat Windwalker bisa melakukan Reset Ultimate Skill ditambah dengan 2x Ultimate damage ketika Showtime. Secara teori, Windwalker bisa melakukan ultimate skill setiap 8 detik sekali.
       DPSnya bisa hancur berantakan ketika Windwalker terus gagal melakukan Reset Ultimate Skill dan itu saya alami  ketika mencobanya di Volcano Nest. Saya terus melakukan kombo  untuk mereset Ultimate dan hasilnya banyak gagalnya ditambah bonus terkena banyak serangan dari boss (padasaat pertama kali). Jadi, para Windwalker jangan senang dulu ya, karena DPS ranknya akan turun jika kalian gagal melakukan Reset Ultimate. Bahkan saya hitung, jika gagal melakukan Reset Ultimate terus menerus posisi DPS Windwalker hanya menduduki peringkat 20an #LOL. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit Tips untuk mereset Ultimate Skill dengan atau tanpa Air Pounce.


8. Crusader
     Crusader bisa rank 8? serius? hahahaha itu yang menjadi pertanyaan teman saya ketika saya memberitahu Chart ini. Sejujurnya posisi DPS Crusader sangat dipengaruhi dengan kehebatan Crusader dalam melakukan Judgement Hammer EX. Bisa kita lihat, Judgement Hammer EX menjadi Top DPS Crusader (Bila Full Hit). Kenapa saya bilang bila Full Hit? yah karena sangat sulit melakukan Full Hit Judgement Hammer EX bila Boss bergerak dan berukuran kecil. Full Hit hanya bisa dilakukan pada Boss Raid yang berukuran Super Besar. Pada perhitungan saya, jika Crusader melakukan Judgement Hammer EX kurang dari 1/2 Full Hit, maka DPS ranknya akan jatuh ke posisi 20an.

9. Gladiator
    Saya sedikit kecewa dengan Gladiator, yah walaupun dia tetap masuk ke Top 10 DPS, namun belum bisa melewati Moonlord. Alasan utamanya adalah kesulitan dalam melakukan serangan jarak dekat. Dua skill dengan DPS terbaiknya adalah Hacking Stance EX dan Finish Attack EX.
     Faktanya adalah Gladiator kesulitan dalam melakukan Full Buff pasif level 65 agar berlangsung permanen, bayangkan saja Gladiator harus melakukan 10x serangan fisik dengan jeda kurang dari 5 detik untuk mendapatkan Full Buff. Selain itu, Hacking Stance EX Full Hit sangat jarang dilakukan, karena cukup beresiko gagal atau di hit boss. Sedangkan, Finish Attack EX memiliki Damage yang luar biasa bila HP Boss rendah, DPSnya tidak besar bila dilakukan pada HP Bar Awal. Oleh karena kondisi tersebut Gladiator masih jarang digunakan sebagai main DPS di Party Raid.

10. Sniper
     Sniper merupakan Job di Archer Class yang paling jarang ditemui di Dragon Nest SEA atau INA. Hal tersebut mungkin karena pengaruh Artillery yang memang unggul jauh secara DPS. Saya tidak mengatakan bahwa Damage Sniper itu kecil. Kekurangannya adalah Skill DPSnya memiliki Cooldown yang lama.
      Arrow Shower EX (rank 2) dan Siege Stance EX (rank 3), kedua skill itu memiliki damage yang besar tapi cooldownya terlalu lama yaitu 40 dan 45 detik. Jika saja cooldown keduanya dikurangi setengah, mungkin Sniper bisa masuk ke deretan Top 10 DPS (walaupun tidak bisa melewati Artillery). Kelemahan lain dari Sniper adalah Casting Skill untuk Full hitnya terlalu lama, sebut saja Arrow Shower EX dan Siege Stance EX. Selain itu, untuk mendapatkan full hit Arrow Shower EX harus berada di posisi yang benar, karena perlu diingat damage arrow di udara hanya 10% Board damage dan yang mendarat adalah 90%. Wah saya terlalu banyak mengungkapkan kekurangan Sniper, semoga saja pengguna Sniper tidak marah.
      Wah saya senang sekali, karena DOA saya di Paragraf kedua itu akhirnya terwujud. Pada Sniper dan Dancer Skill Boost terjadi perubahan yang lumayan besar untuk Sniper terutama di cooldown skillnya. Pada DPS Chart di atas, saya tidak bisa menghitung DPS dari Wind Shot, karena di Dragon Nest SEA belum Update. Para pecinta Sniper pasti akan merasa senang, karena Rank DPSnya melompat jauh dari posisi 22 menjadi 10. Saya yakin jika DPS wind Shot sudah bisa dihitung maka DPSnya akan bisa menandingi Artillery.
    
11. Adept
     Adept merupakan salah satu Job yang DPSnya lumayan konsisten untuk segala ukuran Boss dan situasi. Mungkin karena itu banyak orang lebih menyukai Adept bila dibandingkan Physician. Skill Top DPSnya adalah Magma Wall EX (sudah pasti), namun kalian pasti heran kenapa Ice Palm bisa menjadi nomor 2. Alasan pertama adalah saya menghitung pada Adept tipe MATK (ingat ini perhitungan sama rata alias non Element), jika Adept bermain Fire attack mungkin akan mengubah susunan DPS skill. Alasan kedua adalah memang Ice Palm memiliki Board Damage yang lumayan besar, bila berhasil Full Hit.

12. Ripper
     Ripper memang memiliki DPS yang menjanjikan di Cap 80, karena memiliki 2 skill unggulan yaitu Cripple Punisher dan Artful Chaser EX. Cripple Punisher berhasil meningkatkan posisi DPSnya berkat Update Ripper Skill Boost. Secara Teori Shadow yang muncul pada saat melakukan Cripple Punisher dapat melakukan 2x Shift Blow, 2x Artful Chaser EX dan 2x Izuna drop EX.
    Kenyataanya ternyata berbeda, ketika kita menekan tombol Shift Blow, Artful Chaser atau Izuna drop, maka char kita akan diam sebentar lalu bisa hit. Sehingga hal ini cukup mengganggu Full Hit Cripple Punisher dan cooldown yang berkurang tidak maksimal. Selain itu, Shift Blow dan Artful Chaser Shadow memiliki Action Speed Normal (Plate tidak berpengaruh)/ Shadow tidak bisa bergerak mengejar musuh (tidak seperti Shadow Bringer), sehingga kita harus tetap menempel dengan boss. Dikarenakan mekanisme skill yang sulit dan melle attack membuat Ripper tidak begitu diminati untuk Party Raid.

13. Elestra
    Job Ice Stacking yang satu ini sangat diperlukan untuk segala jenis party dan element. Lalu bagaimana bisa job Support menjadi peringkat 12 DPS? ini semua karena buff terbarunya yaitu Frozen Burst. Sayangnya, Frozen Burst hanya akan membantu Elestra untuk melakukan Solo Dungeon. Jangan pernah berfikir menggunakan Frozen Burst ketika sedang berada di Party Nest atau Raid.
      Alasan Pertama adalah Frozen Burst tidak dapat digunakan bersamaan dengan Ice Shield. Bayangkan saja Elestra no Ice Shield, maka kemungkinan besar skill kita bisa batal dan damage yang diterima lebih besar. Alasan kedua adalah Frozen Burst membuat Elestra hanya bisa membekukan musuh dengan 2 skill saja yaitu Freezing Field EX dan Blizzard (LOL). Selain itu, Sorceress juga mendapatkan pengurangan Hit damage di Glacial Spike, sehingga DPSnya tidak terlalu mencolok ketika Frozen Burst. Jika saya menghitung DPS tanpa Frozen Burst, Elestra hanya menduduki Posisi 3 terbawah.

14. Barbarian
     Kenapa Barbarian bisa berada di posisi ke 13? karena efek Barbarian Skill Boost. Dalam perhitungan saya, DPS tertinggi Barbarian adalah ketika HPnya dibawah 20%, karena dapat cast Super Circle Swing (10x Damage)  setiap 25 detik sekali. Kendalanya adalah  Barbarian tidak akan terus mempertahankan HPnya dibawah 20% untuk menjadi DPS. Nyatanya kehadiran Barbarian di Party hanya untuk Suport DPS saja. Lalu bagaimana DPSnya ketika 100% HP? Barbarian hanya akan berada di 3 Terbawah DPS.

15. Inquisitor
     Semenjak ada mekanisme baru di Skill Consecration yaitu meningkatkan 5x damage Grand Cross dan 3x damage Holy Burst, membuat peringkat Inquisitor meningkat. Kelebihan Inquistior adalah memiliki debuff  - Light Resist yang lumayan besar. Namun dalam perhitungan kali ini saya menghitung debuffnya sesuai dengan cooldown, jadi peningkatan damagenya tidak terlalu besar di grafik. Oh ya saya juga agak tidak adil dengan perhitungan Inquisitor, karena tidak menghitung Skill Pasif Shock Trasition. Alasannya adalah saya masih sedikit kesulitan dalam menghitung mekanisme skillnya. Yang saya ketahui hanya ketika monster banyak (Mob), Shock Trasition bisa membuat damage Inquisitor jadi lebih besar, sedangkan untuk Single Monster kayanya tidak begitu pengaruh besar (Semoga ada yang memberi saya pencerahan).

16. Smasher
     Smasher merupakan salah satu DPS yang terkenal di Cap 50 dan 60, namun di Cap 80  posisi DPSnya semakin menurun, bahkan ditinggalkan. Pada cap 70/80, banyak party Nest atau Raid menggunakan komposisi element Party, sehingga Smasher yang merupakan Non Element terkadang tidak memiliki tempat di Party. Selain itu secara DPS, Majesty masih lebih unggul dibandingkan Smasher. Kenapa tidak bermain Dark Smasher saja? ah saya rasa itu ide yang buruk untuk Smasher, karena walaupun bermain Dark tetap tidak bisa mengalahkan DPSnya Majesty. Jika ingin bermain Element, saya sarankan untuk bermain Light saja sehingga bisa menjadi Support DPS di Light Party.
    Top DPS skillnya adalah Laser Cutter EX. Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa Laser Cutter memiliki damage yang besar bila Full Hit. Kelemahan terbesar Laser Cutter EX adalah kita tidak bisa memastikan Boss tidak bergerak atau menjauh ketika menggunakan Laser Cutter EX, karena menunggu Full Hit Laser Cutter EX sama dengan setengah Cooldownya (LOL). Pertanyaan lain mungkin akan muncul adalah Wheeling Staff masuk Rank 3 DPS Smasher? setelah saya hitung wheeling staff level 16 memang memiliki DPS yang cukup besar. Hal tersebut jika bisa mengenai musuh Full Hit, karena Full Hitnya sama dengan 1x Board Damage (Atk) ditambah 1x Board damage (Matk). Kedua skill ini bisa menunjukan bahwa Smasher masih termasuk DPS yang tidak bisa berjalan dengan baik pada semua kondisi Boss.

17. Abysswalker
      Abysswalker merupakan Support DPS favorit saya, karena bisa melakukan Heal dan memiliki Buff atau Debuff. Selain itu dibantu dengan DPS dari Shadow dan Ajna. Pada perhitungan di atas saya tidak mempehitung DPS Shadow dan Ajna, karena cukup sulit dilakukan. Namun saya pernah mencoba DPS keduanya, ternyata Shadow masih lebih unggul jauh dibandingkan Ajna. Oleh karena itu, saya tidak menyarankan untuk menaikan Pact of Ajna Max. Top DPS skillnya adalah Fan of Edge. Jangan heran terlebih dahulu, karena perhitungan saya menggunakan Gear Atk Power (non element).

18. Saleana
     Saya perhatikan semakin hari pengguna Saleana semakin berkurang. Padahal Saleana termasuk job yang memiliki Board Damage yang besar dan sangat bagus untuk solo Dungeon. Yah memang dalam perhitungan saya, rank DPSnya tidak terlalu tinggi, namun ini semua karena saya tidak memperhitungkan Buff Hellfire. Jika di Asumsikan semua Job memiliki 100% kemungkinan kritikal, maka Saleana dengan mudah masuk dalam Top 10 DPS. Selain itu, DPSnya akan meningkat bila kita menggunakan Skill Plate Burning Hand (+ Kemungkinan Trigger).
     Kelemahan terbesar Saleana adalah di Casting Time Skillnya dan itu cukup mengganggu. Dari semua Fire Skill di Elemental Lord, hanya satu skill saja yang memiliki Casting Time cepat yaitu Phoenix Strom. Saya sangat rekomendasikan Saleana untuk dibawa di Fire Party, karena sangat berguna untuk Debuff Fire Resist dan Freeze. Update Elemental Lord Boost, membuat posisi Saleana naik di Chart DPS saya.

19. Tempest
     Sangat mengecewakan bukan? walaupun sudah Update Acrobat Skill Boost, tetapi posisi DPSnya tidak begitu tinggi. Saya sendiri juga merasa kecewa, karena tempest adalah Archer Job yang paling saya sukai. Mekanisme reset ulti yang berbeda dengan Windwalker mungkin bisa menjadi penyebabnya. Tempest perlu menggunakan 5-6 skill di Line Tempest + Willow kick agar cooldown ultimate skillnya berkurang. Astral Illusion memang memiliki Board Damage yang besar setelah Boost, tapi jangan lupa bahwa untuk melakukan Full Hitnya lebih sulit dibandingkan Spiral Edge (Ultimate Windwalker).

20. Dark Summoner
      Perhitungan saya sudah termasuk ke dalam Screamer Skill Boost. Walaupun sudah di Boost, rank DPSnya tetap tidak bisa naik hingga top 10, setidaknya bisa mengungguli Job lain di Kali. Efek dari Boost yang paling terasa adalah kehadirannya di Dark Party semakin dicari. Top DPS skill untuk Dark Summoner adalah Soul Wind level 26. Perhitungan saya, DPS Soul Wind lebih besar 70% dibandingkan dengan Chaos Formation EX di Nomor 2. Banyak pengguna Dark Summoner tidak menyadari kelebihan Soul Wind di atas level 6.
     Jika kita lihat semua mekanisme skill di Jalur Dark Summoner, rata-rata memiliki waktu cast 1-3 detik untuk full hit. Hal ini membuat kadang-kadang skill DPSnya bisa di cancel dengan mudah, contohnya Rampage Claw EX dan Phantom Claw EX. Bahkan untuk Phantom Claw EX banyak Dark Summoner yang hanya menaikannya sampai level 6, mungkin karena casting time full hitnya ya. Beruntungnya Chaos Formation EX berubah mekanime skill, sehingga DS tidak perlu mengorbankan jiwanya demi bisa Full Hit.

21. Light Fury
     Ini job yang lumayan banyak diminati oleh para pemain DN SEA atau INA. Kelebihannya adalah bisa menjadi Full Support sekaligus DPSnya lumayan besar. Skill dengan DPS terbesarnya adalah Ring Strike EX (Bila Full Hit). Lagi-lagi ada kata "Bila Full Hit", tapi kenyataanya memang seperti itu. Damage Ring Strike Full hit memang sangat besar, karena Maksimasl bisa melakukan 25-28 Hit. Kekurangannya Ring Strike adalah waktu yang diperlukan untuk Full hit lumayan lama dan beresiko. Resiko yang terparah adalah mati kena Skill Boss atau teman party kita mati. Oleh karena itu, saya tidak menyarankan LF untuk menjadi DPS. Lebih baik cari aman dengan menggunakan 2 Skill DPS kesukaan saya yaitu Sunshine Spark EX dan Summon Shadow.

22. Raven
      Jujur, hambatan utama saya mempublish ini post karena rank Raven yang kecil di Chart. Saya bingung saja, walaupun diotak-atik bagaimana pun posisi Raven tidak bisa masuk ke dalam Top 10 DPS. Karena secara Board Damage dan Cooldown skill, Raven masih kalah dengan Job-job diatasnya. Tapi Raven memiliki kelebihan yaitu casting time skillnya sangat cepat, yang paling lama hanya The End (Ultimate Skill). Selain itu, Raven sangat unggul digunakan sebagai DPS disegala macam situasi (DPS terkonsisten). Oleh karena itu, Raven masih menjadi salah satu DPS terfavorit di Dragon Nest.
      Skill dengan DPS tertingginya adalah Fan of Edge. Saya ingatkan sekali lagi, ini perhitungan non Element, sehingga Full Hit Fan of Edge lebih besar DPSnya dibandingkan Applause 2x Damage. Oleh karena itu, Raven lebih baik menggunakan Dark Jade, dibandingkan Destruction Jade, karena semua skillnya adalah Dark Attack. Lihat saja, jika meggunakan Destruction Jade, DPS semua skill Dark Attacknya kalah dengan normal skill Fan of Edge (LOL).

23. Blade Dancer
     Sangat menyedihkan ketika melihat 2 job Dancer berada di Peringkat 6 DPS terbawah. Bagaimana pun perhitungannya, saya mash tetap menyukai kedua Job Dancer ini, karena Dancer masih sering dicari ketika Nest/Raid. Top DPS skill Blade Dancer adalah Hurricane Gust EX. Pada Screamer Skill Boost , damage Hurricane Gust dinaikan 30%, namun tetap tidak dapat membantu rank DPSnya. Saya berharap akan ada Dancer Skill Boost di kemudian hari.

24. Soul Eater
      Saya merasa kasian dengan Soul Eater, karena pada saat Screamer Skill Boost dia tidak mendapatkan peningkatan damage. Skill dengan DPS tertingginya adalah Spectre of Pain EX. Spectre of Pain EX memiliki DPS 4.5 Board damage per 7 detik dan itu sangat besar. Sedangkan di posisi kedua adalah Soul Gate EX. Board Hit tertinggi untuk Soul Gate ex yaitu 33.6 Board Hit (Pada saat Boss terkena Stigma of Curse). Namun Soul Gate EX, lagi-lagi menjadi skill DPS yang tidak konsisten jika Boss sering bergerak. Hal tersebut belum ditambah dengan Resist Summon Puppet yang menyebalkan.

25. Spirit Dancer


     Saya ingat sekali ketika awal kemunculan KALI, Spirit Dancer adalah salah satu job yang paling banyak digunakan. Namun semakin hari jumlah dancer semakin berkurang. Padahal fungsinya di Nest atau Raid Party masih dibutuhkan, terutama karena Dance Part II-nya. Skill Top DPSnya adalah Preator EX dan General Dunblade EX. Awalnya saya berniat ingin menggunakan Buff Wide Stinger (90% Crit Chance untuk Skill Preator dan General Dunblade). Namun sara rasa itu tidak akan adil dengan job lainnya. Selain itu, walaupun meningkatkan 90% Crit Chance tetap saja kadang-kadang tidak keluar Critnya. Jika Wide Stinger Buff saya gunakan, Spirit Dancer bisa naik ke posisi 13 DPS.

26. Destroyer
     Sebagai Howler atau Tanker, tidak mengejutkan kalau Destroyer berada di Posisi 5 Terbawah. Sebagian besar skill ketika Low HP adalah Heal/Regenerasi HP, sehingga damagenya tidak akan sebesar Barbarian ketika Low HP. Top DPS skill untuk Destroyer adalah Maelstrom Howl EX disusul dengan Flying Swing EX (Max). Kebanyakan orang (termasuk saya), jarang sekali menggunakan Flying Swing EX sebagai DPS. Saya lebih sering menggunakannya hanya untuk mengurangi damage yang masuk saja.  Seperti Barbarian, pada 100% HP DPS Destroyer tidak terlalu besar.

27. Guardian
     Guardian merupakan job yang selalu naik turun popularitasnya. Apalagi sekarang Party Nest atau Raid jarang sekali membutuhkan Tanker. Mereka lebih memilih Full healer atau Healer DPS, seperti Light Fury. Selain itu, naik daunnya Crusader membuat posisi Guardian semakin sulit untuk diterima di Party. Dulu ketika Elemental Aura dan Conviction dipisahkan kegunaannya, Guardian masih sering digunakan untuk Support Fire Party. Namun karena Guardian Skill Boost, Crusader sudah mulai bisa menempati posisi Guardian.
     Top DPS skill untuk Guardian adalah Divine Ascension EX. Alasannya adalah kita bisa melakukan Divine Ascension EX setiap 2 detik ketika sedang menggunakan Stance of Faith EX. Sayangnya untuk setiap penggunaan Divine Ascension EX membutuhkan 1 Bubble. Jika tidak membutuhkan Bubble, maka DPS Stance of Faith EX (Max) + Divine Ascension EX (Max) sangat besar. Pada Posisi kedua ada Guardian Force yang sekarang bisa kita gunakan setiap 5 detik sekali. Hal ini membuat penggunaan Bubble semakin Boros.

28. Saint
      Saint merupakan job Support Healer yang popularitasnya sedang berkurang. Ini tidak lain disebabkan oleh Light Fury. Light Fury memiliki heal yang besar, tidak terbatas dengan area dan cooldownnya cepat, itu masih belum ditambah Buff Chakra of Healing. Hal tersebut membuat posisi saint semakin tergeser di Party Nest/Raid.
      Top DPS skill untuk Saint adalah  Shock Relic EX, Charge Bolt dan Chain Lightning. Ketiga Skill itu memiliki DPS yang lumayan besar, namun tidak bisa menaikan posisi Saint dari peringkat terbawah. Oleh karena itu, Saint jangan terlalu memaksakan menjadi DPS, nanti bisa dimarahi anggota Party karena tidak fokus dengan Supportnya. Tapi Saint Skill Build saya lebih kearah Support DPS, sehingga saya bisa lebih mudah solo Dungeon ketika leveling atau Daily.



Kesimpulan
     Perhitungan DPS saya hitung hanya pada kondisi yang menguntungkan, seperti Full Hit, Boss tidak bergerak dan tidak ada kritikal. Sehingga dalam beberapa kondisi Nest atau Raid, posisi DPSnya bisa berbeda-beda. Menurut Saya, 10 Job yang memiliki DPS terbaik di Nest/Raid adalah Gear Master, Shooting Star, Moonlord, Raven,  Adept, Artillery, Crusader, Majesty, Gladiator dan Saleana. Namun kita tidak terlalu boleh diskriminasi dengan Job DPS lainnya. Bisa jadi dengan komposisi Party tertentu, potensi DPS mereka menjadi lebih besar.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

132 comments:

  1. Secara Teori (Bila boss tidak bergerak)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti Windwalker ya,, :) :)
      Asli susah kalau bosnya jlan2 dan ukurannya kecil

      Delete
    2. windwalker kan gak harus pakek airpounche buat reset ulti ,
      kalo gak salah 3 detik ny bisa lewat combo , misal blooming kick ex - air poounche - spiral kick
      soalny yg saya liat video , spiral kick walo cast ny gak di udara pun , di hitung di udara

      Delete
    3. biasanya sih kombo saya..
      Blooming Kick EX - klik kanan - Eagle Dive ex - DSK - air Pounce 3-5x - Spirit Shot - Spiral kick..
      itu kalo sukses pasti reset..
      *asal gak kena hit boss aja..

      satu lagi pas lg Show time..
      bisa pake Spirit Shot + spiral Kick EX..
      *asal jangan sampe Hit terakhir Spiral Kick EX keluar..

      Delete
  2. Hahaha mantap... perkira,an kapan ya DN ina cap 80..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masih lama kalo INA kayanya.. pertengahan tahun mungkin..

      Delete
  3. kk Lencea kapan kluar?
    aku pengen banget maen itu
    kk GM SEA ya?

    ReplyDelete
  4. Kasian si SAINT wkwkwkwk =)) =)) =)) =)) =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama juga support..
      pray fo Saint
      ;-( ;-( ;-( ;-(

      Delete
  5. Pyro kok di situ? Padahal dia yang aslinya masuk 5 besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap itu damage non Crit..
      sedangkan Pyro Punya Hellfire sama Burning Hand..
      misalkan serangannya Full crit, Pyro bisa masuk top 10 kok..

      Delete
  6. Kalau Raven Full Dark vs Ripper Full Fire.
    Menang Mana ? :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm..
      kalau pilihannya gt, saya milih Raven Full Dark..

      Delete
    2. Kalau Raven Full Dark. Posisi Ke berapa ?

      Delete
    3. Hmm, rank 12 bisa kok..

      DI kesimpulan sudah saya bahas, sebenarnya Raven tidak perlu khawatir,
      Karena pada kenyataan, Raven merupakan DPS terkonsisten di Dragon Nest..
      Dia bisa menjadi DPS untuk semua bentuk Boss dengan baik..

      Mangkanya, di Dragon Nest SEA/INA, Raven masih menjadi job Favorit untuk DPS..

      Delete
  7. Sniper, Dancer Di Korea Udah Di Revamp .

    SS Di Nerf.

    Kasihan DD yang 1 ini ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah Sniper di Boost banget..
      Saya blum menghitung Damage Setelah Boost, Soalnya blum bisa menghitung seberapa sering Wind Shot bisa dilakukan per menit..

      Masalah SS, jangan di bahas..
      jadi pengen ;-( ;-( ;-(

      Delete
    2. kk Sniper lvl 80 diminatin gg ya diparty

      Delete
  8. Bisa Buat Damage Chart yang Bermain element full Element ?

    ReplyDelete
  9. Wah, itu butuh waktu luang yang lumayan banyak..
    Soalnya saya musti buat Simulasi Equip lagi,
    Tapi kalo cuman untuk satu atau dua char sih OK..
    Kalo buat 30 Job bisa lama..

    ReplyDelete
  10. ane ad GM tpi harus dipikir2 maenny gk asal summon aj kan ribet. mnurut kk kombinasi GM biar sakit di nest gimna ya?
    o iya updatetan baru skrg GM msih no 1 kan. hidup GM!!!

    ReplyDelete
  11. ini terakhir saya update 29 maret 2015 kok dan GM masih tetep no 1..

    Yang jelas 2 Tower GM yaitu cannon tower dan Chainsaw harus terus di summon setiap CD.
    Nah sisanya abis summon bisa maenin MM Tower (Canon +Chainsaw) dan Bebek (mecha bomber EX)..
    segitu aja DPSnya udah besar..


    ReplyDelete
  12. inqui kayaknya udah gak kepake lagi ya? hampir semua blog menjatuhan inqui
    katanya DPS yang gak tinggi, posisi support udah digeser LF
    pengen pensi gua maen dn T_T ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah Support ya gak da yng bisa nandingin LF..
      Tapi Inquist punya tempat sendiri kok di Light Party.
      Soalnya dia masih punya Buff Light + Debuff - light resist

      DPS inquist emang agak ribet, apalagi TOP DPSnya Grand Cross yang agak susah buat kena Full Hit.

      Jangan nyerah, emang kadang2 suka pada Diskriminasi sih. Saya kalau lg mau nest pake Saint malah lebih parah. ;-( ;-(

      Delete
    2. setidaknya posisi saint masih dibutuhkan di nest, LF kan gak bisa ngeluarin relic cure, bind, seenak jidat kayak saint :-d
      nah kalo inqui? support nanggung dps pun gak di anggap ;-(

      andai damage grand cross ditukar ama holy brust ;(

      Delete
    3. kalo di DN SEA, Saint udah agak kurang dianggap..
      Malahan Inquist lebih banyak dicari di Light Party

      Kalo masalah LF sih emang ga da obatnya buat Support DPS, karena mekanisme skillnya gampang.

      Hehehehe, masalah Grand Cross ya gtu de.. Senasib sama Laser Cutter, DPSnya gede cmn casting timenya lama..

      Solusi main Inquist ampe cap 80 sih, join nest/raid ke Ligth Party.. Jangan lupa Healing Relic MAX.. Coba cari komposisi Crusader + Inquist dan 2 DPS Light. Kasih pengertian dikit2 ke orang yang suka diskrimansi job tentang kelebihan inquist..

      Delete
    4. Thanks gan buat pencerahannya, kata2nya memberi semangat ^^
      Setidaknya gua batal pensi :v

      Semoga sukses slalu gan :>)

      Delete
  13. Gan, untuk DN sea / ina sekarang ini, overall class yg biasa dicari untuk party apa ya ? DPS ataupun Support ... Masi galau @@ .. Terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah DPS vs Support, kayanya sih lebih banyak yang pake DPS..
      Support yng paling aman sih Light Fury, soalnya kepake trus ampe Cap 80
      Kalau DPS yang paling aman sih SS atau GM, karena bisa milih mau maen di 3 Party berbeda yaitu Light, Dark atau Ice Party.

      Yang lagi mayan banyak dicari itu Support DPS kaya Inquist dan Crusader untuk Light Party. Dark Summoner untuk Dark Party atau Elestra/Cyro untuk Ice Stacking.

      Delete
    2. Hiyaa, terlanjur bikin dancer, wkwkwkwk ... Tadinya sih mau bikin DS/SE, tp pas di screamer skill buildnya amburadul, terlanjur skill reset dr irene kepake juga >.< ... Daripada bikin dari awal, mending bikin yg lain, pilihan sih ada 4, antara BD/SD dan Saleana/Elestra ... Kalo menurut agan dari 4 pilihan tadi pilih yg mana ? @-)

      Delete
  14. Replies
    1. untung cap 70 kalo gak salah udah banyak de..
      Coba cek aja..

      Delete
  15. mas klo adept full fire dgn raven full dark+agi. agan pilih yg mna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aw aw aw pilihan yang mayan sulit..
      Kalau Simple sih milih Raven..
      Tapi hati kecil saya lebih milih Adept, soalnya Raven udah kaya Job pasaran.

      Delete
  16. Sebenarnya rank job majesty diatas bisa naik lagi karena perhitungan diatas tanpa menggunakan elemental jade dark(damagenya msh bisa naek)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap di atas perhitungan Netral.. Jadi Damage Element Job masih bisa naik lagi

      Delete
  17. Gmn caranya biar GL bisa setara sama Lk yaa gan..? Soalnya ane udh jatuh cinta bgt ma GL.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. GL bisa melebihi LK sih, tapi Equipnya agak harus di atasnya. Selain itu, kalau pintar menjaga Buff Pasif 65 Full, DPSnya gak beda jauh sama LK. Agak Repot sih emang, saya aja berharap mekanisme Pasif 65 GL bisa diubah dikit2.

      Delete
  18. yg bikin physician naik ke rank 5 apa gan?... dari dulu job gw ini sering dittinggal nest krn g dibutuhkan, jadinya cuma char PVP meskipun GG... yihaaaa hidup Physician !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Physician secara Teori Skill bisa Rank 5, karena punya Skill No CD kaya Injector EX.
      Tapi kalau baca keterangannya, DPSnya gampang turun, ke posisi bawah2.

      Delete
  19. sebentar lagi DN INA cap 80...pertanyaan ane untuk job LK masih aman kah di cap 80 nanti ??? soalnya udah males leveling buat job baru lagi :v udah terlanjur jatuh hati sama LK :3 terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. LK sih gak usah khawatir..
      Masih tetep kepake kok, secara dia masih masuk Top 5 DPS juga..

      Delete
    2. sipp deh...makasih mas vrooh buat infonya..sekses selalu (h)

      Delete
  20. Gan kalo Artilery bakal aman ga di cap 80, mungkin ga bakal di geser WW?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amaann Artillery sih tenang aja..
      Kalau mau lebih aman jadi Dark atau Light Artillery..

      Delete
    2. sekarang masih angin"an karena blum di Boost..

      Delete
  21. mas posisi raven bakal ke geser yah sama ripper, trs perbandingan damage raven sama ripper gmna ? apa jauh dari damageny ripper.. saya ad 2 job msng2 70 raven sm ripper udah sediain dana.. sblm liat posting ini saya lebih ke raven, pas udah liat posting ini jadi ragu kok raven jauh d bawah.. kl buat damage gmn yah mas raven sm ripper.. takutny nanti uang udah abis buat raven eh malah ripper nnti d 80 yg... hmmm :-s
    jd menurut mas gmna, tetep d raven at alih ke ripper kl punya dana.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah pernah membandingkan DPS Raven vs Ripper kalau gak salah..
      Cuman itu pake DATA yang jadul banget..

      Kalau dibaca baik" sampai keterangannya dan Kesimpulannya..
      Raven masih tetap unggul dibandingkan Ripper..

      Yah, secara DPS Full Hit di atas memang Ripper Jauh lebih besar, namun tingkat kesulitan Full Hitna juga besar. Apalagi sebagai Job serangan dekat, pasti akan lebih sulit mengenai Skill ke Boss. Mangkanya Raven bisa menyainginya, karena secara mekanisme DPS Raven jauh lebih gampang dengan serangan jarak menengahnya.

      Selain itu, di DN INA atau SEA lebih banyak Dark Party dibandingkan dengan Fire Party. Sehingga potensi untuk diajak nestnya lebih besar Raven.

      Nah sekarang tinggal kamu pilih de..

      Delete
    2. Maaf gan tolong di baca
      Bukannya ripper lebih gede DPS dmage nya???hbis stelah revampkan ripper yang crazy dps manggil bayangan utk di kasih skill lvl 50 ripper

      Delete
    3. Ripper emang Gede DPSnya...
      Tapi Casting Time Skillnya yg bikin DPSnya agak2 melempem..
      Kalau dibandingin dalam waktu + Equip yg sama, maka DPSnya gak jauh2 sama Raven yan punya Cast Skill Super cepet.

      Delete
  22. Belum lama dapet jokian job GM,emang berasa banget beda damage nya walaupun pke eq +5 an sama job lain...tinggal panggil tower, bebek, sama Alfredo (iseng) habis itu pake skill mechanic mode kalo ga salah,segerr dah damage nya
    GM DPS No,1 apakah bakal bertahan di cap 80 nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Sudah Update ampe Cap 80 kok dan GM tetep masih Rank 1

      Delete
  23. mas klo abyss walker gmana ya di cap 80 nnt ? job favorit ane soalnya...emng sih gk se populer LF tpi saya udah lebh suka AW dri awal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo d nest raid /party gan...makasih

      Delete
    2. Wah AW ya..
      Angin2an di Nest atau Raid, masih jarang yang ajak
      Walaupun bisa di Nest jadi Sub Healer di Dark Party, tapi lebih banyak yang milih LF karena faktor keamanan (Chakra of Healing EX)
      Kalau mau Nest di Cap 80 jangan coba2 jadi solo Sub Healer, mending coba join sama party yang sudah ada Healer atau Sub Healer lainnya. Soalnya damage di Nest 80 sakit banget..

      Buat Solo Dungeon AW gak da masalah, masih tetep enak di Cap 80.

      Kalau Raid hampir sama dengan Nest. Buat Raid BDN HC masih jarang yang bawAW di PUB party, kecuali emang Gear dan Buildnya bagus.

      Delete
  24. Barbarian Kalau Full Buff. Whirlwind Bisa Setengah Bar Ke Musuh Kok.
    Tested : Guardian Nest.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whirlwind EX emang punya damage yang besar di PVE dan PVP..
      Tapi cooldownnya yang agak lama bikin rank DPSnya gak bisa di No 1.

      Delete
  25. klo GM kan emang DN ( sea, kdn, cdn. dan eu ) kan emnag udah fix dps no 1 di dn sejak cap 70 update sudah banyak juga forum yg menyatakannya sayang nya klo buat di DN INA ga berlaku karna pemain DN INA sulit menerima kenyataan, jika yg satu di agungkan maka yg job lain pasti protes dan melakukan penghujatan terhadap pembuat blog / sejenisnya makanya jarang ada yg share kek gini player ina karna akan dihina jika ada yg punya job yg merasa tersingung tidak menerima fakta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe saya sudah siap menerima Hujatan..
      Setiap orang pasti punya job kesayangan masing-masing, jadi wajar kalau ada yang tidak suka kalau job kesayangannya dianggap kurang..

      Delete
  26. Mas minta saran donk
    job yg sangat di butuhkan di Nest/Raid selain LF apayah?
    Apakah ntar kalau 80 nnti BB di butuhkan karna udh punya skill keras yg circle swing nya, atau SS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raid Cap 80, biasanya sih SS, GM, Cyro/Elestra, LK/ML, dan Raven.

      BB sekrang udah mayan banyak yang cari, tapi yang punya element Light/Dark.
      Setelah Boost kemren, BB juga bisa jadi Howler DPS..

      Delete
    2. Bang kalau SS di DN SEA apanya yg di NERF?
      dan ap ajh yg revampnya paling bagus menurut agan yg skillnya kuat damage yg tinggi
      kata temen ane raven ada revampnya yg muncul bayangan(shadow) yah?

      Delete
  27. gan kira-kira di DN Ina cap 80 LF sama Saint after Revamp yang bakalan sering diajak nest yang mana ya? sorry ane nanya begini soalnya ane pengguna kedua job ini cuma gold ane paling cukup build salah satunya aja;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. After Boost Saint, masih tetep LF yang punya Support Party lebih baik..
      Soalnya Skill Chakra of Healing EX, Chakra of Energy dan Chakra of Miracle masih mengungguli Support Buff dan Heal dari Saint.

      Delete
    2. kalo bedanya ice gear master ama phsical gear master apaan tuh?

      Delete
    3. Physical berarti kita main Pure Atk Power (no element)
      Ice berarti kita main ECJ ICE (Element Ice)

      Delete
  28. Mendingan GL full Physical atau Ripper full Fire?
    Terus sertakan juga kelebihan & kekurangan dari 2 job diatas, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pilihannya susah ya..
      Saya sih suka yang main Element, karena damagenya bisa bertambah jika kompisisi Partynya bener..

      Paling enak sih, kalau GL yang Light/Pure Dark. Biar bisa join di Light/Dark Party dan damagenya pasti lebih besar.

      Kelebihannya untuk GL sih dia unggul di Low HP (Finish Attack Effect), kalau Ripper memiliki Board damage Skill besar dan Buff yang bagus.

      Keduanya sama2 JOB jarak dekat, jadi agak sedikit beresiko ketika melakukan DPS.
      Gladiator punya pasif 65 yang keren, tapi agak susah/ribet untuk bisa dapet Full Buffnya. Ripper punya Buff element yang keren, tapi durasinya terlalu ngepass.

      Delete
  29. Bang klo majesty banyak yg ngajak nest/raid gk??

    ReplyDelete
  30. Pertama-tama saya mohon maaf kalo komen saya agak pedas

    Saya melihat kekurangadilan disini karena anda hanya menghitung berdasarkan atk power non ele sedangkan hal tersebut pasti jelas menimbulkan ketidak akuratan data pada job elemental yang notabene memiliki buff/debuff ele. Perlu diperhatikan bahwa adil tidaklah harus selalu sama rata semuanya. Kedua anda menyusun chart ini berpatokan terhadap mindset di kepala anda bukan berdasar data yang anda hitung sendiri seperti pada akhir postingan anda menulis bahwa raven adalah top DPS terbaik menurut anda sedangkan anda menulis bahwa raven menduduki rank 22 di atas. Kalimat “ walaupun diotak-atik bagaimanapun posisi raven tidak bisa masuk ke dalam TOP 10 DPS” itu menunjukkan adanya keberpihakan anda terhadap suatu job karena dipengaruhi oleh mindset anda sendiri. Ketiga, kalau perhitungan DPS adalah damage board/ cd sebenarnya itu tidaklah akurat karena pertama walaupun skill itu aktif kita tidak bias menggunakannya secara serentak otomatis cd actualnya berbeda dengan tulisan cd di deskripsi. Missal skill A cd 12s dan skill B cd 15s pada saat anda casting skill B ternyata skill A sudah aktif dan itu berarti cd actual tidaklah sama dengan yang ada di deskripsi singkat kata damage yang masuk itu juga dipengaruhi beberapa mekanisme seperti efektifitas, frekuensi penggunaan, full hit rate, buff/debuff, deff etc. kalau anda berpatok bahwa DPS itu adalah damage per second artinya anda menhitung berapa damage yang dihasilkan per detik dalam lapangan (bukan teori) mungkin memang benar hal ini dipengaruhi action speed tapi perlu diingat bahwa seberapa cepatpun skill itu di cast tetap saja kita baru dapat menggunakan skill itu setelah cd. Banyak fakta di lapangan bahwa terkadang kita juga “run out of skill”. Atau membiarkan skill yang sudah aktif (belum bisa di cast)
    Lanjut masalah dancer. Kenapa buff breeze call dance dan illusion dance tidak dimasukkan padahal itu buff permanen mereka

    .saya tidak mengatakan bahwa suatu job lebih baik dari lainnya atau sebaliknya tapi yang saya ingin katakan bahwa anda tidak bisa membuat peringkat dari job-job hitter di dn karena game MMORPG ini berbeda setiap job dibekali skill sendiri-sendiri dan hal itu masih dipengaruhi oleh banyak hal. Memang playerlah yang dituntut untuk berkreasi membuat build dan memahami skill untuk memaksimalkan damage di lapangan. TAHUkah anda bahwa sebenarnya yang membuat diskriminasi itu tambah menjadi-jadi adalah postingan seperti ini. Banyak orang yang hanya mengikuti dengan pasrah apa yang ditulis oleh orang lain tanpa mereka mencoba untuk merasakannya dalam game. Ditambah lagi banyak orang ataupun newbie yang terjerat dalam kata “ katanya job ini blab bla bla “ akhirnya pikiran mereka terpaku bahwa job ini kuat dan selamanya begitu dan sebaliknya. Lanjut ke masalah AW, Developer menciptakan AW itu sebagai hitter bukan sebagai support. Dapat anda lihat di line tree AW yang semuanya adalah skill serang. Buff dari bless of ajna pun lebih besar dark. Kenapa anda mengatakan bahwa AW itu adalah DPS support? Anda bisa mengatakan bahwa guardian dan crusader itu berbeda lalu sekarang kenapa anda tidak bisa mengatakan bahwa AW dan LF itu berbeda jauh. Asumsi saya mungkin karena mindset anda yang telah membaca beberapa artikel mengenai AW. Hal itu tidak salah akan tetapi akan tetapi kadang kala kita perlu berpikir “ out of the box” untuk bisa menemukan fakta. Saya katakan sekali lagi bahwa saya tidak membela job-job di atas akan tetapi yang mau saya katakan adalah just enjoy the game and don’t think your job is the best. Seperti halnya kita hidup bermasyarakat, jangan menganggap bahwa pendapat diri sendiri paling benar, jangan menganggap suatu job itu kastanya lebih tinggi dari yang lain hanya karena mindset anda berpikiran seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah THx Kritikannya, panjang juga ya..

      Masalah Element Char ini sudah mau saya ganti" datanya dengan yang baru sesusai CAP 80, tapi masih belum sempat sekarang2 in.

      Raven jika dihitung Board Damage + Cooldown Skill memang memiliki DPS yang tidak terlalu besar. Namun sebagai DPS dia sangat efektif, karena memiliki Casting Time Skill cepat dan tidak perlu Cast Debuff macem2.

      Ini perhitungan Potensi DPS terbesar yang dihitung dari penjumlahan 5 Skill dengan DPS terbaik. Saya membenarkan logika kamu, semua skill diatas bisa Maksimal kalau digunakan tepat waktu (setiap CD selesai) dan Full Hit. Tetapi pasti banyak kendalanya sama dengan kamu bilang, misalnya kadang kita gak bisa pake Skill tepat waktu, gak mungkin spam 1 skill terus"an (kasus injector EX ), Full Hit, Casting Time dan perilaku Boss.

      Sebenarnya karena faktor" di atas, Chart ini jelas2 salah dan tidak mungkin terjadi di Game. Dan saya sadari karena chart ini diskriminasi bisa semakin meningkat, terlebih untuk job2 DPS yang di urutan terbawah.

      Untuk Dancer saya sudah menambahkan Breeze Call Dance/illu Dance di Chart, cmn saya malas meng-editnya saja. Masalah penyebutan AW yah, saya setuju kalau AW dibilang Hitter atau DPS karena memiliki Skill yang Full Serangan. Tetapi dilapangan kadang bertugas menjadi Subhealer DPS dan bahkan tidak diperhitungkan sebagai DPS utama untuk Raid/Nest. Saya malah berfikir AW lebih ke Job DPS yang bagus untuk Solo Dungeon.

      Sejujurnya maslah Job Fav saya bahkan tidak ada di Top 10..

      Saya sedang mencari metode baru perhitungan DPS di lapangan yang lebih Real. Next saya akan mencoba melakukan One Minute DPS yaitu seberapa banyak HP Boss yang kurang dalam waktu satu menit untuk semua JOB dengan Gear yang sama. Dengn begitu pasti akan terlihat Job mana yang memiliki kendala dalam melakukan DPS dilapangan.

      Sekali lagi makasih ya kritiknya...

      Delete
    2. Sama-sama :D
      semoga bisa bermanfaat juga bagi yang lain nantinya

      Delete
    3. Mohon agar pertanyaan & statement saya ditanggapi, ya...
      1. Kalau perhitungannya pakai metode One Minute DPS, kemungkinan job" yang fungsinya non Pure DPS, seperti Burst Damager (Crusader, dll), Support (LF, Saint, dll), serta job yang setengah" (kadang DPS, kadang support), seperti Inqui atau AW rank DPSnya bakal turun dong?

      2. Untuk job yang playstylenya melee (Gl, Ripper, Flurry, dll), menurut saya kemahiran & kelincahan jari si pilot juga dapat mempengaruhi (saya tidak bermaksud meragukan kemampuan anda)

      Satu lagi saya lupa, mungkin kalau ingat akan saya reply di bawah...

      Delete
    4. 1. Sebenernya gak One minute DPS sih akhirnya yaitu 125 detik DPS. Disesuaikan dengan Skill dengan delay terlama di 2nd Jobnya. Wah saya belum hitung semua job, baru selsai 3 job. Kalau dikira" sih, Job yang punya Casting Time Skillnya lama bisa turun, karena membuat Skema pengeluaran Skill selama 125 detik gak bisa bentrok" antar skill. Jadi job" yang Casting Time Skillnya lama bisa mempunyai Skill yang bsa di Cast selama 125 detik lebih sedikit.

      2. Ow saya emang jarang maenin melee job. Saya akan membuat Skenario urutan Skill yang memiliki Potensi DPS terbesar. Tapi bener banget kok, kalau di Real Game/Nest/Raid playstyle sangat berpengaruh.

      Delete
  31. Smasher T_T kpan bsa berjaya lgi seperti di masa lalu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabarnya di bulan Juli akan ada Smasher Boost, tapi itu di Korea sih..
      ;((

      Delete
  32. untuk adept perhitungan damage y ,sudah termasuk buff koktail + kombo blm (alkohol+icing mass+ ice beam baru magma wall dengan jumlah buble 5 damage naik 300% )? atau br normal hit ,klo normal hit y bner adept emang g da damage wkwwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Full Buff kok..
      Tapi tenang, Chart di atas belum di Update..
      Pakai metode baru, saya rasa posisi Adept bisa lebih baik

      Delete
  33. Untuk Shock Transition,mungkin ane bisa sedikit kasih pencerahan, jadi disitu tertera Electrocutes nearby enemies, durasi 5 detik,chance 30% , range sesuai level, magic damage : 80% , Jadi ini berguna saat pengeluaran skill Lightning Bolt,Heavenly Judgment, dan Chain Lightning, (katanya untuk Mine Breaker, juga bisa kena tapi rare) .

    Untuk Shock Transition ini cuman berguna dalam hal 1 lawan banyak, bukan 1v1 (T__T) , jadi tidak terlalu bisa diperhitungkan saat melawan Boss yg hanya 1, tetapi selama masih ada anak buahnya disampingnya maybe Shock Transition bisa berjalan.

    Contoh saat cast Chain Lightning, jika jarak antara musuh 1 ke lainnya itu masih dalam range (level 1 yaitu 5 meter) itu bisa memberikan damage tambahan berupa 80% magic damage, tetapi dalam ketentuan chance : 30%, tetapi chance ini tidak terbatas selama 5 detik, jika dalam 5 detik itu, jika Shock Transition berhasil diaktifkan, maka akan ada 30% chance lagi untuk memberikan damage lagi sampai benar" tidak terdapat damage tambahan lagi,

    Jadi dengan adanya Shock Transition ini, sebenernya hit yg diterima musuh berdasarkan skill diatas, bisa saja lebih banyak dari yang diperhitungkan selama jumlah musuhnya tidak 1.

    Gimana gan, patut diperhitungkan gak nih ^_^ ? kelemahannya cuman 1 sih yaitu gabisa dalam 1v1 ^_^
    Mungkin emang Job ini diciptakan untuk membasmi Monster berjumlah banyak wkwk :v

    Thanks sebelumnya udah bikin Postingan bermanfaat gini gan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh..
      Tuhkan berarti bener ya, kalau Single Boss efeknya gak terlalu ngaruh.

      Makasih loh, jadi berguna untuk studi damage Inquist.

      Delete
  34. Kalo dibaca dr awal sampe akhir, post ini muncul karna ktidakpuasan mimin trhadap TAKDIR yg trjadi sama job favoritnya,.... makanya muncullah cerpen(post) ini :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo tebak Job Fav saya apa..
      Next Update gak akan banyak kata-kata kok..
      karena mekanismenya beda jauh.

      Delete
  35. broo, kalo untuk posisi AW di cap 80 gimana ni bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disni ya kurang..
      karena banyak yg gak dihitung, contoh DPS ajna + Shadow
      Update berikutnya pasti lebih bikin senyum

      Delete
  36. broo...? gimana nih nasib barbarian gua...?
    gua dah terlanjur suka ma job BB masak dari lvl 60 ampek 80 gk ada kelebihan yg bikin pengguna BB makin semangat and terkesan buat hapus air mata mereke para pengguna car BB beri saya penjelasan broo tentang job BB.....? thanks kk you are the best

    ReplyDelete
    Replies
    1. BB kan udah ada Circle Swing x10. Itu Skill damagenya udah gede banget..
      Skrng mayan banyak juga Party yang cari BB,,
      Nasib BB masih mending daripada Destroyer

      Delete
    2. setidaknya damagenya mungkin hampir setara dgn finish attack, cuman bisa hit boss di awal :v

      Delete
    3. Malahan ssecara DPS bisa ngalahin FA..
      Serem emang itu Circle Swing x10

      Delete
    4. destroyer kasian amat yah, bru di boost pernah jdi most wanted skrng ditinggalin lgi

      Delete
  37. meski pun destroyer peringkat 3 DPS ke bwh ttp gw tdk akan ganti class lain :d :d malahan scra pribadi sic enakkan pake destroyer klw raid party :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe di Raid ya Destroyer lebih enak, karena bener" jadi Pure Howler yg gak usah mikirin skill" serangan.

      Delete
  38. I wonder which one is the best dps class ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Really Hard to know who The Best DPS in this Game based on Calculation of 5 DPS Skill (like this chart), coz you really need to count a lot of factor in Game, ex Boss def+Skill, casting time skill, etc.

      But in my opinion, Right know The Best DPS in Nest/Raid is Gear Master.
      I dont know why, this kid have a really good DPS Skill. The Problem is you need to work really hard to Summon Tower and use Mechnic Mode.

      Delete
    2. I'm playing this game called a server in Turkey that the servers in the best supporting characters in that light is called the raven is the best DPS character serverice our current http://dn.mayngames.com/
      GE master and Shooting Star so is praised in our serverice but I do not know so says one of the best raven says come one I'm looking at forums out moonlord best one out says magician good nor yapıcağını I really know I want to play as support and damage to the game light fury and I play raven already now , but gear in the master I do not think I can think of to play this resource is secure http://www.dragonnestgo.com/builds/

      Delete
    3. Thanks to google translation http://i.hizliresim.com/0q3POV.png Top 5 Dps our serverice 1.Raven 2.artillery 3.gear master 4.shoting star 5.abyss walker *-* Top 5 Support our serverice 1.Light Fury 2.saint I'm so tired players in turkey servers What are your thoughts on the subject says that from this conversation , but you have an obsession like playing the best the most perfect , unfortunately
      http://www.freedomplays.com/dragon-nest-top-dps-class/
      another says something else very strange each site *-*

      Delete
    4. So the candidate in The Best DPS are Gear Master, Shooting Star, Raven, Artillery and Moonlord.
      In My Opinion:
      Raven is the most consistent DPS in DN. In Party Nest or Raid, he doesnt need to think bout the Buff or Debuff, so he just need to spam DPS skill. Raven have fast casting time skill and easy to Full Hit. Ok Let see another Job.


      Gear Master, based on my calculation have the highst Potential DPS in DN. If the boss didnt move a lot (so tower can do full hit) or player can do a Tower + MM Gameplay and more condition. So GM have unconsistent DPS compare to Raven.

      Shooting Star same as GM, she has a unconsistent DPS too, ex: Shooting Star Top DPS Skill is Mine Thrower EX or Splash EX. Mine Thrower really hard to get Full Hit on Small/Medium Size Boss in Nest. And you need to close to The Boss if u wanna get Full Hit SPlash EX (Wrong Timing = Danger for your life)

      Artillery have a good DPS too, coz her skill have a fast cooldown and high board damage. So why Artillery not to be the Best DPS? coz she have a big different gap DPS in Different Size Boss or Aggressive Type Boss (Move/Skill a lot) and some of her skill really hard to get Full hit, Ex: Swift Shot EX Full hit = 5500% matk++/10s, but nearly imposible to do that.

      Moonlord is one of consistent DPS too like Raven, but his casting time skill not fast enough. So his skill can get cancel more easy. Beside that, Moonlord need to doing some Debuff to get more DPS, ex: Cyclone Slash EX, Brave, Provoking Slam and pasif 65.

      I'm agree with you, Light fury is the Best Support Right know. Even Saint got Boost, he cannt make it to beat Light Fury for The Best Support.

      My obsession is to know the best methode to calculate DPS char, but its really hard. Every single Boss, nest or Raid have different mecanic and a lot factor.

      Right Know, I'm still counting my New Methode of DPS Calculation. You can Check my Facebook Fanpage for the Update.
      THe Title for my New Methode is "125s DPS"






      Delete
    5. I thank the good times

      Delete
  39. Bang skill halfmoon slash ex nya ML itu udah gausah pkai plate action speed lgi kalo di pve kan.ya bang?
    Soalnya Mau.ane cabut buat Mau rubah full pve hehehe

    ReplyDelete
  40. Bro bro, bikin in-depth analysis supportnya LF vs AW vs saint (post-revamp) vs inqui. buat gambaran aja post-revamp nya saint. mulai dari non elemen party, sampe elemental party light, dark, ice, fire. sejauh ini di dn ina masih dominian light, dark, inqui, LF. kasian saint yg sempat menjadi idola kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh nanti ya setelah selesai hitung DPS chart terbaru..
      Kalau analisisnya sampe Party sih pasti makan waktu lama dan repot, soalnya banyak debuff dan buff bertebaran (pasti pusing). ;( ;(

      Delete
  41. Which is the best character in PvP arena ? *-* archer vs vs ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm I dont have much time to play on PVP Normal (Captain, Respawn, etc), but I have a lot of exp on Ladder. In Ladder, I think the best class is Assassin coz they have high damag skill in PVP.

      Delete
  42. Bang, saya mau nnya nih.,,
    Kira kira better pakai LF atau inqui ya ? Pas level 80 untuk support dps nya,,
    Soal nya saya punya char inqui dan LF masih sama sama level 65 :3.,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Full Support vs Support DPS donk kalau gt
      Inquist = Support DPS, biasanya banyak yg cari untuk Light Party
      Light Fury = Full Support/ Support DPS, biasanya dicari oleh banyak Party

      Mau masa depan cerah ya LF, karena banyak yg cari.
      Kalau bosen liat asinan, bole milih Inquist.

      Delete
  43. Kk cba di update lage rankingnya ditambah jop lancea.. kira2 bisa geserkan top 10 nga... jd penasaran posisi lancea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwkw bikin Chart itu lama itungnya..
      kalau yg kaya kemren sih bisa sehari kelar

      Delete
  44. bang itu situs simulator skill nya apa?

    ReplyDelete
  45. Adept -_- tapi klo adept ku pke bdn hc +12 2 set weap dan maen fd bisa bersaing ngga ea :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKwkwkwkkww ya kalau Equipnya sama Potensi DPSnya tetep gedean Physician :P

      Btw, kan udah ada Chart yang terbaru, Lebih lengkap lg dengan angka potensi DPSnya..

      Delete
  46. bang mo tanya antara crussader sama inqui prospekny bagusan mana buat cap 80?
    mo cari yg lbh d butuhkan d Nest maupun Raid party

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh 2 2nya biasa barengan sih ya..
      tapi kayanya lebih jarang Crusader de..

      Delete
  47. Bang Postingan DPS Chart nya sangat membantu, apalagi klo bisa update yang skg, dinantikan dah bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang terbaru masih sedang proses perhitungan cmn masih sibuk sih..

      Delete
  48. bang, mnta testimoni buat dark avenger dong....makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Sekarang DA recomended banget kok buat Nest/Dungeon

      Delete
  49. Kalo Asassin ambil job apaan yang bagus bang ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm
      Suport LF aja
      DPS mending Raven/Ripper
      Suport DPS pilih AW :P

      Nah kamu cocoknya jadi apa, DPS Suport atau Suport DPS?

      Delete
  50. Bang bisa bikin dps chartnya yg dengan critical ga
    Pengen liat posisi masing2 job khususnya saleana yang lagi dikucilkan :(

    ReplyDelete
  51. AW msh menjadi idola saya. Terima kasih

    ReplyDelete