ARTILLERY SKILL BUILD LEVEL 70 (PVP)


        Ada yang protes kepada saya, kenapa akhir-akhirnya ini lebih banyak memberikan rekomendasi Skill Build untuk Level 80 saja. Yah memang agak bingung juga, karena DN SEA dan INA berbeda level cap. Artillery Skill Build Level 70 (PVP) ini saya gunakan untuk Ladder saja. Alasan utamanya adalah karena lumayan sulit untuk Ladder dengan Build PVE, apalagi ketika bertemu dengan Job Melee atau Bringer.



Artllery Skill Build
Artllery Skill Build

Magic Arrow lv 16:
Skill ini memiliki super armor break yang besar, sehingga bisa membatalkan beberapa skill musuh.

Willow Kick lv 1 atau 6:
Beberapa orang menaikan Willow Kick sampai level 6 untuk mendapatkan efek mini cylonenya. Jika kalian ingin menaikannya sampai level 6, bisa mengurangi Magic Arrow ke level 11.

Multi Shot lv 1:
Skill ini juga memiliki super armor break yang besar, namun jaraknya harus agak dekat.

MP Recovery lv 5:
Skill wajib untuk pengguna Artillery di Ladder. Apalagi sekarang MP konsumsi di Ladder DN INA sangat boros sekali.

Aerial Chain Shot (ACS) lv 1:
Aerial Chain Shot hanya sebagai pelengkap saja ketika menggunakan Triangle Shot. Jadi saya tidak perlu menaikannya sampai Max.

Frag Arrow lv 6:

Damagenya di Ladder/PVP memang besar, namun agak cukup sulit mengenainya Full Hit. Selain itu, saya membutuhkan banyak Skill Point untuk meningkatkan skill lainnya. Oleh karena itu, saya hanya menaikannya sampai level 6 untuk mendapatkan versi EXnya saja.

Swift Shot lv 16:
Skill ini memiliki iframe untuk menghindari Skill musuh. Damagenya juga besar bila mengenai Full Hit, walaupun untuk Full Hit kita harus mendekat ke musuh.


Rapid Shot lv 16:
Area luas, jarak jauh dan damage lumayan. Jika musuh terkena lebih dari 2 Hit maka kemungkinan besar akan terjatuh ke tanah. Berhati-hati menggunakan skill ini ketika melawan Bringer di Ladder, karena Rapid Shot EX sangat berguna untuk membunuh kucing (Ajna). Oleh karena itu, pastikan Rapid Shot ini bisa digunakan ketika Ajna baru saja di Summon.


Guided Shot lv 13:
Sama dengan Rapid Shot, skill ini juga biasa saya gunakan untuk membunuh Ajna. Pastikan Ajna terkena Hit oleh skill lain terlebih dahulu, karena kadang-kadang Ajna menjadi Iframe dan tidak bisa kena Guided Shot. Damagenya di PVP lumayan besar, terutama untuk Job yang memiliki Mdef kecil.


Bulleye lv 6:
Debuff ini sangat berguna di PVP, karena akan memberikan penambahan damage. Pastikan Debuff ini selalu mengenai musuh.


Spiritual Excel lv 5:

Buff ini sebenarnya kurang berpengaruh besar di PVP. Saya hanya bingung saja mau dimasukan kemana Skill Pointnya. Jika kalian tidak ingin menaikan Spiritual Excel, bisa memasukan Skill Pointnya ke Arrow Shower lv 1 dan Ulti Sniper level 2.

Sylph Aid lv 5:
Buff wajib MAX buat artillery. Simpan baik-baik Buff ini ketika sedang Ladder dan gunakan pada saat yang tepat. Misalnya saja, saya biasa gunakan Sylph Aid ketika Assassin baru Summon Ajna/Shadow, Divine Avatar dan Fast Forward.

Longbow Mastery lv 4:
Kenapa saya menggunakan Longbow? karena Normal Hitnya sangat berguna ketika kita sedang hemat atau kehabisan MP.


Ankle Shot lv 9:
Skill untuk mengikat musuh beberapa detik. 

Stunning Shot lv 1:
Skill untuk membuat musuh Stun.

Revolution Balista lv 2:
Damage skill ini besar juga di PVP.

Magical Breeze lv 3:
Buff untuk meningkatkan matk dan mengubah serangan fisik menjadi matk.

Detonating Arrow lv 6:
Damage Detonating Arrow lv 6 memang tidak terlalu besar, namun sangat diperlukan untuk membunuh Ajna (Kucing) Bringer. Oleh karena itu, saya tetap menaikannya sampai level 6.



Skill Plate:
1. Ankel Shot (-20%  Cooldown)
2. Swift shot (+20% Damage)
3. Rapid Shot (+20% 
 Damage)
4. Guided Shot (+20% 
 Damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment