SAINT SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)

SAINT SKILL BUILD

         Awalnya saya belum berencana untuk membuat Saint Skill Build ini, soalnya Saint saya di Dragon Nest SEA belum level 80. Skill Build ini adalah pesanan salah satu teman di Facebook yang membutuhkan gambaran build level 80. Sebagian besar build ini tidak jauh berbeda dengan Skill Build Saint level 70. Saya masih tidak menaikan Toughness dan Block untuk Cap 80 ini. Salah satu perbedaannya adalah saya menaikan Avenging Wave dan First Aid.



Saint Skill Build
SAINT SKILL BUILD

Charge Bolt Lv 21:
Skill serangan kesukaan saya di Cleric Skill Tree, karena damagenya yang besar, cooldown yang cepat dan bisa mengurangi Light Resist 15%.

Heal lv 14:
Wajib MAX untuk semua Cleric

MP Recovery Lv 4:
Ini saya naikan hanya untuk keperluan ladder saja, karena konsumsi MP pada cap 80 lebih boros.

Tidak ada Block dan Toughness:
Saya sudah terbiasa tanpa Block sejak cap 50, karena saya memang jarang sekali mengunakannya. Selain itu, menggunakan skill pada saat Buff Block aktif dapat memungkinkan skill kita gagal cast. Permasalahan terkena Hit, Saint memiliki Def dan Mdef yang besar jadi terkena Hit ada kemungkinan tidak mati 1x hit. Saya lebih suka menghindari skill Boss daripada harus menahannya dengan Block, karena kadang-kadang ada skill Boss yang tidak bisa di Block.

Lightning Bolt + Mind Breaker Lv 1:
Persyaratan

Chain Lightning lv 17:
Skill yang sangat berguna di PVE, karena damagenya yang lumayan besar dan damagenya bisa melompat 10x.

Detonate lv 1:
Damagenya tidak terlalu besar, saya lebih sering menggunakan skill ini untuk membatalkan skill musuh, seperti trap di AAON (nest hell 70).

Semua Buff MAX:
Wajib untuk suport anggota party, khusus Striking saya menggunakan skill ring +1.

Holy Burst lv 11:
Skill dengan area yang luas dan damage yang lumayan besar, sangat cocok bagi Saint tipe PVE.

Avenging Wave lv 1:
Counter Attack yang dapat menjaga kita untuk berdiri tegak ketika di Hit Monster.

First Aid lv 1:
Skill akan aktif bila terkena hit musuh. Jumlah heal yang didapatkan berdasarkan pada MATK kita. Selain itu, kita akan Buff mendapatkan 10% pengurangan damage.

Lightning Relic lv 6:
Persyaratan EX saja.

Healing Relic Lv 17:
Wajib MAX

Cure Relic lv 1:
Pada cap 80 ini, saya menurunkan Cure Relic ke level 1 untuk menghemat Skill Point. Selain itu, saya menggunakan Skill Plate -20% Cooldown sehingga cooldownnya menjadi 20 detik dan waktu relic 18 detik. Perbedaan 2 detik saya rasa tidak terlalu besar.

Bind Relic lv 8:
Blind Relic EX memiliki debuff +20% fisik/magic selama 5 detik. Debuff tersebut berpengaruh pada Boss Nest juga, sehingga untuk support DPS saya menaikan ini MAX, agar cooldownnya lebih cepat dan waktu muncul relicnya lebih lama. Bagi yang berniat agar debuffnya permanen bisa menggunakan Skill Necklace +1 dan Skill plate (-20% cooldown), tetapi skill necklace itu bentrok dengan Holy Shield.

Miracle Relic lv 1:
Skill ultimate ini hanya untuk Suport saja, sehingga tidak perlu untuk dinaikan sampai level 2.

Holy Shield lv 4: (+1)
Skill heal yang sangat berguna untuk diri sendiri atau teman party. Apalagi ketika party dengan Melle DPS yang sering kena HIT monster.

Shock Relic lv 11:
Shock Relic EX tidak akan mengecewakan para pengguna Saint khusunya tipe PVE. Hal tersebut dikarenakan Damagenya 3x lipat dari Shock Relic NON EX (untuk 1 relic).


Skill Plate:
1. Heal (Cooldown -20%)
2. Healing Relic (Cooldown -20%)
3. Miracle Relic (Cooldown -20%)
4. Cure/Bind Relic (Cooldown -20%)
Optional: Holy Shield (+20% debuff duration), Holy Burst/Chain Lightning (Damage +20%)

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

18 comments:

  1. kaka bisa posting pendapat/komentar kaka tentang job-job DN nanti setelah update lvl 80 ? :) :) :) :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini ada kemungkinan saya Update Chart Damage untuk EX 80 dan tentang Ladder 80 juga..

      Delete
  2. yeh curhat yg blm 80 saintnya
    sungguh tersirat sekali itu maknanya

    ReplyDelete
  3. Skill build PvP nya gk ada ya min?

    ReplyDelete
  4. Belum buat SKill Build PVP...
    masih Fokus PVE dolo

    ReplyDelete
  5. Wand Mastery perlu gak sih di JOB saint ini di cap 80 ?

    ReplyDelete
  6. diliat sejak saint revamp...
    max light relic atau min. lv 16 bagus buat damage.
    mini relic after blessing strike nya lumayan.
    dan right bolt di nest VN riskan buat deketin boss2 nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener ada yg pernah analisis kalau Light Relic Max DPSnya jadi makin besar..
      Sayangnya DPS Relic itu gak stabil sih, jadi saya agak2 mikir juga nih

      Dan perlu ada Analisis lebih dalam lagi

      Delete
  7. Yang PVE dan Ladder gk ada ya gan???
    yah kalau ambil skill PVE ragu damagenya gan di PVP,nanti kecil takutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw PVP paling Detonate max aja buat ngebunuh

      Delete
    2. brarti chain lightning ama detonate max ya???

      Delete
    3. CL aja yg max, Detonate max cmn buat PVP

      Delete
  8. bruh, toughness gak diambil si saint jadi lembek gak? soalnya healer musti mati terakhirkan? trus buat mainin jade sebaiknya INT-VIT / INT - Mag ATK / INT - Light ATK ada masukan gak bruh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak terlalu lembek2 amat sih kan cmn kurang 10% aja hehehe..

      Kalau Jade sih Armor saya INT + VIT dan Weapon Light + INT/VIT (kadang2 buat raid)

      Delete
  9. Build saint Cap 90 nya ad gk gan

    ReplyDelete