NEW SHOOTING STAR SKILL BUILD LEVEL 70 (PVE)

Shooting Star Skill Build
       
       Ide untuk membuat Build ini setelah Update Boost Screamer pada tanggal 3 Desember 2014 lalu. Pada update itu, ada perubahan untuk skill Mechanic Mode yaitu kita tidak dapat menggunakan skill yang berhubungan dengan Reload (Splash, Mine Thrower dan Biochemical Missile), bahkan katanya Pingpong Bomb pun tidak bisa. Oleh karena itu, saya memiliki sedikit ide untuk merombak Skill Build Shooting Star. Skill build ini tidak cocok untuk Ice Shooting Star, namun lebih ke arah Physical Attack, Light dan Dark Shooting Star.


Shooting Star Skill Build

Shooting Star Skill Build

Tumble + Aerial Evasion : Max

Wax lv 4:

Perbedaaan Max dengan level 4 hanya di cooldown skillnya saja yaitu lebih cepat 1,5 detik. Tetapi karena saya kekurangan dan menghemat skill point, maka saya hanya menaikan sampai level 4 saja.

Stun Grenade lv 11:

walaupun damagenya masih dibawah standar, tetapi kemungkinan stun 65%nya bisa berguna untuk ladder.

Summon Alfredo lv 3  +  Recall Alfredo lv 1:

Skill wajib buat seorang Shooting Star.

MP Recovery Max:
Cap 70 dan Revamp Engineer membuat MP Shooting Star sangat boros, terlebih jika kalian rajin menggunakan Reload dan spam skill.


Vending Machine lv 1: (+1)

Skill yang sangat berguna ketika saya solo dungeon/nest/ladder lalu kehabisan MP/HP, karena pada level 2 potion yang keluar lebih banyak dengan persenan lebih tinggi.

Ping Pong Bomb lv 19:
Wajib Max, cast Ping Pong Bomb EX setelah Reload EX membuat damagenya semakin besar. Bagi kalian yang berniat untuk menaikannya sampai level 21, bisa menggunakan skill ring +1 dan rare weapon +1. 

Reload lv 11:

Wajib max, selain EX barunya Shooting Star, ini skill juga berguna untuk meningkatkan damage skill serangan di Shooting Star Line. Semakin tinggi level skillnya, maka cooldownya semakin cepat. Versi EXnya  menambah 30% damage yang keluar (seperti +30% FD), terutama untuk line shooting star + splash. Jadi sebelum splash diusahakan menggunakan reload terlebih dahulu, karena waktu buffnya hanya 4 detik.

Chemical Granade lv 10:

Berguna untuk support serangan element, karena mengurangi element def selama 18 detik dan cooldownnya 20 detik. 

Mine Thrower lv 15 (+1):

Skill yang berguna untuk boss-boss yang ukurannya besar, karena total hitnya 20 peluru. Semenjak  revamp skill, damage skill ini ditingkatan, tetapi untuk casting skill ini perlu melakukan 2x reload. Mine Thrower EX bisa menjadi TOP DPS Shooting Star bila berhasil mengenai Full Hit.

Biochemical Bomb lv 6:
Skill ini mirip dengan Mine Thrower, buat pakainya harus 2x Reload dulu. Debuff skillnya sudah dipindahkan ke Chemical Granade, namun Biochemical Bomb Ex bisa mengurangi Def dan Mdef 20%.


Alfredo Stomp lv 1:
Kasian ini skill. EXnya ditukar sama Reload, jadi tidak ada alasan untuk menaikan skill ini MAX.


Alfredo Berseker lv 1:
Skill yang berguna untuk meningkatan serangan alfredo, membuat alfredo lebih lincah dan tebal, tapi karena permasalahan skill point saya memilih untuk tidak menaikannya sampai MAX.


Transition Damage lv 5:

Skill yang berguna untuk Nest/Raid 70, karena dapat mengurangi damage yang masuk.

Rocker Jump lv 1:
Setelah revamp, ini skill jadi punya dua fungsi yaitu tumble klik kanan/kiri.

Gravity Granade lv 1:
Skill mobbing


Gatling Gun Tower + Cannon Tower + Ice Pump Tower lv 1:
Persyaratan, mungkin kalian akan diprotes oleh para Player elemen ES, seperti Elestra dan Adept karena Ice Pump Tower level 1. Bagi saya tidak ada masalah, karena jarang sekali party dengan Adept. Berbeda dengan Elestra, walaupun saya sering party dengannya, tetapi Ice Pump Tower Max tetap kurang berguna. Alasannya adalah kebanyakan elestra di DN SEA hanya menggunakan Staff dan xball level 50 dengan suffix Intellect III. Jadi, tidak ada alasan bagi saya untuk mensuport DPSnya Elestra. 


Mecha Duck + Shock + Siren + Bomber lv 1:

Persyaratan

Demolition lv 1:
Dari awal cap 40, saya kurang suka dengan skill ini.


Splash lv 9:
Wajib MAX, karena ini skill salah satu TOP DPS Shooting Star. Apalagi semenjak Revamp, ini skill menjadi no cooldown. Buat pakai skill ini kita hanya perlu melakukan 1x Reload. Kalau kalian rajin menumpuk Reload sampai 10x, kita bisa cast ini skill 10x berturut-turut
(tanpa cooldown)


Alfredo Beam lv 6:
Alfredo Beam merupakan skill pamungkasnya Alfredo dan damagenya juga besar, tetapi karena alfredo sering melakukannya skill ini dengan random membuat saya sedikit ragu-ragu untuk ambil MAX. 


SKill Plate:

1. Transitional Damage (-20% Cooldown)
2. Pingpong Bomb (+20% Damage)
3. Splash (+20% Damage)
4. Mine Thrower (+20% Damage)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

18 comments:

  1. kak .. itu ACC + HERALDY nya pakai apa aja ..
    newby pakai SS soal nya .. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ACC Saya pake skill ring untuk Pingpong, Vending Machine (kulkas), dan Brainwave..

      Heraldnya: Pingpong, Trasitional Damage, Splash dan Brainwave..

      Delete
  2. kok build ini ga ambil michenic mode bro?tolong dijelasin dong noob nih main SS

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow ini karena update di Screamer Boost nanti..
      Ketika pake Mechanic Mode, skill di Line Shooting Star tidak dapat digunakan..

      Delete
    2. ok thx bro, gue kaga liat diatas udah ada penjelasannya pffft

      Delete
  3. Pas screamer boost nanti apakah dapet reset skill buat SS ?

    ReplyDelete
  4. Mau tanya ka untuk heraldy na pake apa ae ya ?
    Kyk wind dll .. :D
    Mohon pencerahan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Destruc, Wind, Fatal, Life Vit, Health, Tent, Iron wall
      Satu lagi optional, Ultimate atau Bear atau Vigor..

      Delete
  5. maaf kak,Mine Thrower tuh yg mana sih? sy Pake SS tapi dicari2 Mine Thrower ga ketemu :3

    ReplyDelete
  6. Saya sempat membaca soal rebalance Engi yang kedua. Soal MM....
    Tapi saya tetap mengambil MM. kenapa? Yah... alasannya 2.
    1. Untuk melakukan Combo Ulti. Reload EX memang memberi Buff 4 detik penambahan skill bombardment, Tapi lebih efektif menggunakan MM dahulu, baru ulti.(MM menambah Damage dan mengurangi damage masuk). Jika nanti dimasa depan saya tidak bisa melakukan Ulti SS saat MM On, maka alasan ini gugur.
    2. Alasan utama saya mengambil MM. Inframe Buff slama 0.5 detik. Academic adalah class dengan skill darurat paling sedikit dibanding class lain.
    3. Skill tower MM dengan non MM memiliki CD berbeda. Efektif untuk PvP maupun PvE.

    Jika soal Alfredo beam, Cobalah memakai trik Resummon alfredo. :D. Jika tidak tahu, rasanya itu seperti masakan kurang Bumbu. hahahhaha

    Oh ya, saya sendiri mengambil Ulti SS dan tidak mengambil Ulti GM sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran yang Baik..
      Kalo begitu berarti itu Build lebih ke Hybrid atau Ice SS, karena wajib menggunakan MM..

      Ketika nanti Balance, kemungkinan MM hanya berpengaruh di Ping-pong EX, Chemical Granade dan Ultimatenya.. Tapi ada yang bilang Ping pong EX juga tidak bisa digunakan ketika MM..
      Saya hanya ingin Istirahat tangan saja dengan Build ini, karena selama cap 70 menggunakan build itu lumayan pegel..

      Masalah MM tower, Saya jarang mengeluarkan tower kecuali Ice Pump Tower saja.. MM Tower dengan DPS paling lumayan itu Cannon Tower lv 16, tp DPSnya masih kalah lumayan jauh dengan Reload + Spalsh EX/Mine Thrower.. Karena alasan itu, saya naikan Splash + Mine THrower Max (+1)..

      Resummon atau Recall ya? kalo recall bisa membantu Alfredo Beam full hit dan posisi kita harus menempel dengan boss... Tapi tetap saja tidak ada peringatan kapan ALfredo Beam akan keluar..

      Ulti SS memang lebih sakit kok, cmn saya kurang biasa dengan casting timenya..

      Delete
    2. Umm... trik resummon alfredo itu begini...
      Pada saat alfredo selesai melakukan skill, langsung nonaktifkan alfredo dan summon ulang.
      kenapa?
      karena setiap alfredo tersummon, semua skill pasif yang alfredo miliki akan tereset cooldownnya. Dan untuk skill yang terakhir dia cast, akan memiliki prioritas lebih untuk dilakukan. Kalau menurut saya malah skill build ini lebih ke hybrid, dri pve.(krena ladder).
      saya sendiri membuat guide ss di blog saya.

      Soal skandal ulti ss... kalau saya boleh jujur, saya kadang duet dengan ss lainnya, dan saya sendiri terheran, kenapa banyak ss lebih suka memakai ulti gm, daripada ulti ss sendiri(padahal ulti ss sudah dibalance. Dan saya suka dengan 1 powerful hitnya(atau mungkin saya terlalu banyak menonton anime. Hahahahahahahaha)

      Nanti saya juga akan mencoba ice ss di akhir bulan karena faktor penasaran(105% self buff atk)

      Delete
    3. Kalau saya sendiri lebih menyarankan agar biochemichal diambil hanya +1.
      kenapa?
      memang dari segi damage, skill ini adalah skilk yang damagenya wah., tapi kendala ada di 3 poin
      1. Animasi skill yang lama, sekitar 1,2 detik
      2. Pemakaian 2 bullet
      3. Rata2x orang mengambil skill ini hanya untuk deff down 4 detik. Durasi itu tidak akan bertambah atau berkurang, meski +nya dinaikkan. Bahkan damage biochem +1 sekalipun di cap 70, dengan asumsi rata3x atk 38k-40k, damagenya sudah sekitar 1 juta. Sudah lebih dari cukup :D

      Delete
    4. Trik Alfredonya boleh dicoba juga tuh..
      Maklum SS saya bukan char utama, jadi cmn iseng-iseng buat lengkap semua job di Cap 80..

      Masalah Ulti SS, mungkin saya akan mulai menbiasakan dulu,
      Soalnya dari cap 40 sudah terbiasa dengan ulti Gear Master..

      Ini memang Build PVE + Ladder..
      Soalnya saya masih ambil Stun Granade lv 11 + Biochemical lv 6..

      Kalo Pure PVE, pasti saya akan ambil Mecha Bomber lv 12 dan tetap tidak mengambil MM karena SPnya pasti tidak cukup..

      Kalo BCM, saya tambahin 1 kekurangannya yaitu cuman mengurangi 20% DEF/MDEF saja atau sama dengan meningkatkan 4-5% serangan.. ^^
      Saya di PVE masih jarang2 dipake kecuali musuhnya dalam posisi tidak bsa di Splash atau Mine Thrower..

      BTW, salah kenal ya sesama blogger.. :) :)

      Delete