GUARDIAN SKILL BUILD LEVEL 70 (PVE)

GUARDIAN SKILL BUILD

      Tadinya mau istirahat dolo membuat skill build, karena lumayan capai mikir dan ngetik. Tapi teman di DN INA minta rekomendasi Skill Build Guardian Lv 70 (sebut saja Toso :P), jadi aja saya harus membuat skill build baru. #curhat mode# 

        Nasib Guardian di cap 70 ini tidak terlalu cerah, karena masih jarang nest 70/BDN yang mau membawa Guardian. Walaupun masih ada harapan untuk nest dengan Fire Party, tapi masih jarang sekali yang minat. Jujur ya, terakhir kali saya pakai Guardian waktu cap 60 (hampir setaun lalu di DN SEA), jadi tidak pernah test ngebuild Guardian level 70. Tapi saya akan berusaha mencari skill build yang cocok untuk PVE dan MT.




Guardian Skill Build
GUARDIAN SKILL BUILD

Charge Bolt lv 1:
Berguna untuk mengurangi light resist sebesar 15%.

Block lv 7:
Menurut saya level 7 saja sudah cukup untuk dapat full bubble. Kalau MAX kadang-kadang bubble sudah Full tapi block masih belum habis, jadi saja agak susah untuk casting skill atau terkadang cancel. Jika kalian ingin casting skill yang penting diusahakan ketika buff Block sudah hilang, sehingga kemungkinan cancel akibat block tidak terjadi.

Heal lv 12:
Wajib max

MP Recovery lv 5:
Guardian kalau Conviction/Elemental Auranya aktif terus pasti MPnya akan bocor. Mungkin sekarang bisa sedikit lebih enak karena ada LF, tapi masa harus bergantung sama job lain. Selain itu, max MP recovery juga cukup membantu untuk ladder.

Toughness lv 6:
Efeknya -12% damage serangan fisik, lumayan biar lebih alot dikit.

Sacred Hamering lv 11:
Sebelum di revamp skill ini hanya berdasarkan magic attack tetapi sekarang  physicial attack ikut berpengaruh. Jadinya lumayan juga biar pas pukul biasa lebih berasa, daripada nendang-nendang :P.

Electric Smite lv 13:
Satu-satunya skill yang pedih di PVP/PVE, jadi wajib max + plate skill 20% damage.

Provoke lv 6:
Efek provoke itu 16 detik dengan cooldown 10 detik. Walaupun pada lv 4 (12 detik provoke+ CD 12 detik) sudah pas, tapi saya lebih suka sedikit dilebihkan. Takutnya kita tidak bisa casting provoke tiap 10 detik.


Armor Break lv 6:
Debuff 12 detik dengan cooldown 10 detik. Alasanya sama kaya provoke, saya melebihkan dikit waktu antara debuff dengan CDnya. Bagi yang suka pake skill ini bisa dinaikan sampai lv 10 + 1 skill ring jadi lv 11. Keunggulannya max dibanding lv 6 yaitu Debuff nambah 5%, waktunya nambah 5 detik dan damagenya lebih sakit.

Auto Block lv 6:
Persyaratan saja untuk EXnya, jangan terlalu banyak menaikan skill autoblock. Karena sedikit mengganggu jika terlalu sering block, nanti banyak casting skill yang ke cancel.

Stance of Faith lv 3:
Menurut saya lv 3 saja sudah cukup untuk full Bubble. Selain itu di nest 70 banyak situasi yang mengharuskan kita lompat, kalau SOFnya kelamaan nanti malah kena hit (stomp dll).

Divine Punishment lv 9:
Alasan saya menaikan sampai lv 9 sebenarnya untuk ladder :P.. Reflek ini skill juga lumayan berguna ketika Mobbing

Iron will lv 7:
Perbedaan iron will lv 1 dengan max itu hanya diwaktu buffnya. Kalau saya sih pasti lebih milih max, karena lumayan untuk menambah keras lebih lama 7 detik. Walaupun saya tidak bisa MAX karena kendala Skill Point yang kurang.


Elemental Aura lv 5:
Skill yang cocok kalo kita bergabung ke Fire party (Pyro/Seleana + Adept + Ripper). Penambahan Ice + Fire def juga berguna untuk lawan monster/boss element Ice/Fire.

Conviction Aura lv 4:
Aura yang biasa saya pakai ketika  sedang solo DG/Ladder/party sama priest/LF.

Divine Avatar lv 2:
Teman saya kalau skill ini cukup level 1 saja, tetapi saya memilih level 2 biar ada tambahan dikit distatusnya pas avatar. 

Guardian Force lv 5:
Super armor + barier skill ini sangat berguna di nest, terutama buat job yang super armor + low def/HP. Saya pakai tambahan skill ring +1 untuk skill ini, karena menambah ketebalan bariernya sehingga tidak mudah pecah. 

Justice Crush lv 7:

Skill serangan guardian yang sakit juga di PVE/PVP setelah Electric Smite. Jadi jangan ragu-ragu untuk menaikan skill ini MAX.


Skill Plate:

1. Guardian Force (-20% Cooldown)
2. Electric Smite (+20% Damage)
3. Justice Crush (+20% Damage)
4. Divine Avatar (-20% Cooldown)


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

8 comments:

  1. Guard Full Tank.
    Jade Nya Apa Ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih normal aja..
      Life Vit dan Bear

      Dengan senjata Life + Light/Destruc..

      Delete
  2. Saya mau tanya...
    Rencananya kan saya mau buat char Cleric yg akhirnya jobnya jadi Guardian...
    Nah pertanyaanya, Skill" Guardian (dan skill" yg ada di Cleric & Paladin) itu lebih ke arah Magic (Light) atau Physical?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya Guardian gak punya banyak skill serangan, lebih banyak skill block atau buff..
      Skill di Paladin yang line Crusader itu semuanya Light Attack dengan dasar MATK + PATK, kecuali Lightning Zap yang MATK..

      2 Skill Guardian yaitu Guardian Force dan Justice Crush punya element Light dengan dasar PATK..

      Kalo di cleric sih guardian pasti ambil skill yang PATK..

      Kalo di lihat emang sebagian besar skill di Cleric,Paladin dan Guardian itu element Light..
      Yang non Light itu lebih ke Normal Element dan PATK..

      Delete
    2. Berarti, skill" Guardian itu mayoritas berelemen Light (walaupun ada yg non Light) dan make PATK, kan? (Bisa dibilang sama kaya' skill" lasernya Smasher)
      Berarti kalo gitu, main statsnya cuma STR + VIT dong?

      Tapi saya pas searching di Google & Baca" di grup FB DNI katanya yg harus dinaikin itu STR + INT + VIT...
      Nah, INT-nya itu buat apa, ya? [-(
      Apa buat nambahin MP supaya ga cepet habis atau buat nambahin Magic Deffnya, ya?

      Terus berdasarkan pengalaman admin, damagenya lebih sakit pake Destruc / Light?

      Delete
    3. Saya sih tidak pernah pakai INT untuk Guardian..
      Bisa jadi pengguna INT itu untuk meningkatkan Regenerasi MPnya..
      Tapi damage atau DPSnya bakal lumayan berkurang kalo dicampur INT, karena guardian tidak memiliki Buff Judge Power seperti Crusader..
      Jadi saya tetap menggunakan STR + VIT..

      senjata saya menggunakan Element Light..
      Terutama setelah Justice Crush diubah menjadi element Light..
      Ditambah banyak debuff light resist dari Charge Bolt/Lightning Zap/Smite..
      Dan ada Buff Light Attack dari Elemental Aura..


      Delete
    4. Ok, masalah Stat & jade dah clear...
      Trus Heral yang dipake apa saja & kombonya gimana?

      Delete
    5. Hmm ok Herald ya..
      Saya pake Health, Life vit, Bear, Destruc, Tent, Iron wall, Fatal, Blessed
      Kalo MP berasa bocor di PVE, bisa ganti blessednya ke Energy/Vigor

      Kombonya sih yang pasti selalu pake Armor Break setiap kali delay..
      Usahain pake Charge Bolt, Light Zap sebelum pake smite..
      abis itu baru lanjut Justice Crush..

      Soalnya CB, Zap, Smite punya Light Resist 15%..

      Satu lagi kombonya, pake Stance of Faith + 10x Divine Ascension..

      Nah ini build kan lbh ke tanker dan jadul..
      untuk PVE, Skill di Guardiannya bisa ikutin Post Build Guardian terbaru saya..
      Tinggal kamu sesuaikan dengan cap 70 aja, soalnya itu Cap 80..

      Delete